Tuesday 27 March 2012

password management

siapa yang pernah kelupaan password?

pasti semua pernah, ngaku sajalah ga usah malu-malu. mau tahu tips-nya bagaimana supaya kita tidak lagi pusing dengan password yang berbeda-beda di tiap akun hingga sering bikin pusing kepala?

jangan heran kalau di era globalisasi ini masih ada saja orang-orang yang lupa password sendiri, padahal dulunya juga dikarang-karang sendiri, 'doh! di artikel kali ini, aku ingin berbagi pengalaman mengenai password management atau pengelolaan kata kunci (halah diterjemahin malah kedengarannya absurd ya), yang mudah-mudahan bermanfaat. tulisan ini adalah murni berdasarkan pengalaman pribadiku, dan apa yang kuterapkan dalam mengelola dunia per-password-an ini. aku tidak melakukannya karena disarankan oleh orang lain, atau membaca artikel-artikel tips-tips-an. kalau memang ada juga yang merumuskan hal yang sama dengan rumusku ini, mungkin hanya kebetulan saja. karena ide dasarnya memang sangat sederhana, jadi siapa saja juga bisa menerapkannya, kalau mau :-)

ada 2 langkah utama untuk memiliki password management yang baik versi aku, dan tak akan pernah terlupa untuk selamanya *ini sih lirik lagu cinta* #eaaa.

pertama:
pilih 2 atau 3 password utama

kedua:
buat list atau daftar akun-akun yang memerlukan password tersebut

eh, gitu doank? maksudnya gimana? ga jelas banget rumusnya, hehe...berikut ini penjelasan beserta contoh-contohnya supaya penjelasannya benar-benar jelas sejelas-jelasnya ya. semoga *fingers crossed*

1) password utama
password utama adalah password yang kita pilih dan harus kita ingat di otak dan simpan di memori kepala. jangan ditulis di manapun, jangan beritahu siapapun. karena password itu sifatnya rahasia! sttttt....

jangan punya password utama banyak-banyak, cukup 2 atau 3 saja maksimal! supaya ga bakal pernah lupa. misalnya kita punya 3 password utama, gunakan password utama nomor 1 untuk hal-hal yang rada-rada ga penting seperti akun-akun jejaring sosial, email, biro jodoh #eh, dan lain-lain. password utama nomor 2 dipakai untuk urusan kerja di kantor -bagi yang berkarir ya-, terutama untuk akses komputer kantor, akses ke software kantor misalnya MRP, SAP, software purchasing, software HRD dan lain-lain. dan kalau dua dirasa kurang cukup, password utama nomor 3 bisa dipakai untuk urusan keuangan, misalnya akses online banking dan lain-lain.

coba perhatikan ketiga pengelompokan password tersebut. kelompok 1 adalah kelompok urusan santai, kelompok 2 adalah urusan pekerjaan yang termasuk serius, dan kelompok ketiga adalah urusan keuangan yang pastinya paling serius. setuju kan? hehehe...

dalam memilih password utama, usahakan kalau bisa agak panjang misalnya tanggal lahir kucing kesayangan ditambah initial pacar pertama *ihiyyy*, atau nama kota asal lahir dikombinasi dengan tanggal lahir nenek, dan lain-lain. yang pasti pilih yang orang ga bakal kepikiran, dan unik. tapi sekali kita pilih, harus kita ingat di kepala, jangan sampai lupa dan jangan sampai bocor ya. apalagi dibagi-bagikan gratis, ga boleh! pamali! :-D

2) buat daftar akun
nah ini langkah berikutnya setelah kita punya password utama, buatlah daftar nama akun-akun yang kita punya di selembar kertas. langkah ini penting! karena kalau tidak didaftar, ya sama juga bohong, tips password management-nya tidak akan berjalan dengan sukses. akibatnya ya lupa lagi-lupa lagi :-p

"lho, tapi kan password itu rahasia? koq malah dibuat daftar piye toh jeng?"

tunggu dulu. daftar ini adalah daftar akun, bukan daftar password.

"maksudnya?"

gini... aku pakai contoh konkrit saja ya supaya jelas maksudku. misalnya kita sudah pilih 3 password utama sebagai berikut:
1) kancil08042005 (kancil adalah nama kucing binatang kesayangan, yang lahir tanggal 8 april 2005)
2) kambing12011970 (kambing adalah julukan pacar pertama yang sudah putus beserta tanggal lahirnya)
3) jambi01012010 (adalah kota kelahiran ditambah tanggal lahir anak anjing kesayangan)

nah sesuai aturan di atas, semua akun-akun kita di jejaring sosial atau layanan email akan memakai password utama nomor 1. contohnya, seperti halnya aku yang punya akun email di yahoo sampai 2 buah, akun google 3 buah, 2 akun facebook, 1 multiply, 1 myspace, friendster, twitter, skype, dan lain-lain dan sebagainya, maka jika akun-akun tersebut aku buat daftar dan aku beri nomor urut, maka daftarku akan menjadi seperti ini:

01_yahoo_satu (boleh ditambahi alamat email di daftar ini, yang sifatnya tidak rahasia)
02_yahoo_dua
03_google_satu
04_google_dua
05_google_tiga
06_facebook_satu
07_facebook_dua
08_multiply
09_myspace
10_friendster
11_twitter
12_skype
dan seterusnya...

nah, dengan daftar di atas, kita jadi tahu dengan mudah kalau ingin login ke akun multiply misalnya, maka passwordnya adalah password utama nomor 1 ditambah dengan nomor urutan di daftar yang kita buat tersebut. jadi password untuk akun multiplynya adalah "kancil0804200508" (lihat ada angka 08 ditambahkan pada password utama). contoh lain, misalnya kalau mau login ke akun twitter, maka passwordnya adalah kancil0804200511. gampang bukan?

jangan lupa, password utama "kancil08042005" jangan ditulis di manapun, cuma ada di otak kita dan sekali lagi, itu rahasia!!! sementara daftar yang kita punya, tak akan berarti apa-apa bagi orang lain yang melihatnya tanpa tahu password utama yang kita simpan diam-diam di kepala kita tadi. aman kan?

dengan membuat daftar yang memakai angka 2 digit, kita bisa memakainya sampai 99 kombinasi (dari 01 sampai 99). jika mau lebih rumit, boleh pakai 3 digit (dari 001 sampai 999). dan kalau mau lebih aman lagi, daftar di atas bisa saja kita buat acak, tidak harus urut dari nomor 01, sampai 09. karena sekali lagi ada 99 kombinasi angka belakang yang bisa dipakai. asalkan catatan kita benar, meski urutannya misalnya seperti inipun tidak jadi masalah. 


31_yahoo_satu (boleh ditambahi alamat email di daftar ini, yang sifatnya tidak rahasia)
52_yahoo_dua
84_google_satu
71_google_dua
05_google_tiga
26_facebook_satu
dan seterusnya...

meski resikonya kalau catatan hilang, harus nebak 2 angka belakang dari 01 sampai 99, ujung-ujungnya lupa-lupa juga hahaha...jadi mending dibuat urut saja deh! minimal tahu kalau urutan 01 dan 02 adalah akun yahoo hehehe.

nah, dengan cara yang sama, password utama nomor 2 juga dibuat daftar yang sama. kalau aku sih nomor 2 dan 3 nya tidak punya daftar, karena aku tidak punya terlalu banyak akun di tempat kerja dan tak terlalu banyak akun di online banking. jadi buat apa dibikin daftar kalau isinya cuma 2, hehehe. tapi yang pasti, dengan pengelompokan password utama berdasarkan tingkat keamanan, sudah meningkatkan proteksi  pemakaian password di internet. karena menurutku sangat riskan dan beresiko tinggi jika password rekening bank kita sama dengan password yang kita pakai untuk login facebook tiap hari, yang dengan mudah bisa di-hack itu! waspada dan berhati-hati lebih baik daripada-daripada :-p

satu lagi, jika curiga akun kita mengalami error atau kelainan kelakuan, meski belum tentu kena bajak, segera ganti password. caranya, misal dengan contoh di atas tadinya akun myspace yang ada di daftar nomor 09 dengan password "kancil0804200509", pindah saja ke urutan selanjutnya menjadi nomor 13 (hapus catatan di nomor 09 yang tidak lagi terpakai). jadi sekarang password myspace yang baru adalah "kancil0804200513"!

o ya. kadang-kadang ada juga sistem komputer yang mengharuskan kita mengganti password setiap sekian periode sekali (komputer kantor biasanya memakai sistem ini). dan sistem komputer juga tidak mau memakai password lama yang sudah pernah terdaftar. cara menyiasatinya adalah dengan memilih password utama baru, lalu tambahkan angka 01 untuk periode pertama, lalu 02 untuk periode berikutnya, dan seterusnya. akan ada 99 periode untuk dipakai, jangan takut kurang. aku bekerja di kantorku sekarang ini selama hampir 3.5 tahun saja sampai sekarang baru mencapai angka urut 14, hehehe.

lalu bagaimana kalau password kita sudah terlanjur acak adut, ga jelas juntrungannya dan banyak yang terlanjur lupa? coba buat daftar dulu akun mana saja yang dimiliki, lalu pelan-pelan rapikan. untuk yang passwordnya terlanjur lupa, manfaatkan fasilitas password recovery (biasa selalu ada layanan ini bagi pemilik akun yang lupa password). lalu ubah satu persatu password tersebut dengan satu password utama yang baru dan rahasia, ditambah dua atau tiga digit angka belakang yang ada di daftar. bisa juga dimodifikasi dengan meletakkan angka urutan daftar di depan password, asal jangan lupa rumus mana yang dipilih. sekali diterapkan dan pemakaiannya konsisten alias tidak gonta-ganti rumus, hidup pun menjadi lebih simpel dan sederhana.

gimana? mudah, bukan? selamat mencoba ya... dan mudah-mudahan tidak akan ada lagi alasan lupa password, kecuali kalau tiba-tiba mendadak hilang ingatan atau amnesia. itu sih lain perkara :-)




.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

4 comments:

  1. prok prok prok...
    applicable & bermanfaat mbak :)
    aku yg biasanya lupa itu akun2 yg dulu iseng2 login, kayak langganan majalah AyahBunda, akun ke MarioTeguh club, Kick Andy, dll.
    Dan sampe sekarang juga gak tau tuh gmn nasibnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. iya banyak bgt ya.. apalagi skrg dikit2 disuruh berlangganan dan otomatis musti kasih email dan ...#jeng jeng jeng... buat password baru! nah, kalau dah tau trik-nya tiap kali login akun baru, langsung masukin daftar saja kan, sip sip sip. makasih ya... boleh lho tipsnya disebarluaskan *bantu promo blog colongan* hahaha *hugs*

      Delete
  2. kalau saya sih cuma pake dua password saja.. yang berhubungan dengan financial dan non financial saja.. jadi tidak pusing inget ingetnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jg bisa sih, tp orang suka ganti-ganti makanya mereka lupa :-)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...