Sunday 25 March 2012

coldplay

sebagai salah satu grup musik yang aku suka sejak lagunya 'in my place' nge-hits beberapa tahun yang lalu, aku tak pernah tahu mengenai coldplay lebih detil. baru sejak aku tinggal di inggris, kebetulan grup musik ini memang asli dari inggris, aku lebih mengenal kelompok musik ini meski hanya vokalis-nya saja, yang bernama chris martin. itu juga hanya sebatas tahu namanya, namun tak juga tahu berita atau seluk beluk gosip seputar kehidupannya.

a rush of blood to the head, nama album pertamanya, aku tak punya. cuma tahu in my place, hits-nya saja. lalu album kedua X&Y, aku download komplit ke ipod-ku termasuk hits-nya fix you. album ketiganya viva la vida, kuperoleh sebagai hadiah ulang tahun dari suami yang waktu itu masih berstatus pacarku. dan album terbarunya mylo xyloto aku belum punya, tapi lagu paradise-nya memang terdengar enak di telinga.

yang aku tidak tahu, adalah ternyata mereka punya satu album lagi sebelum lagu in my place nge-hits, yang berjudul parachutes rilis tahun 2000. dan yang aku tidak tahu juga sampai minggu kemarin, adalah fakta-fakta mengejutkan mengenai kelompok musik ini terutama sang vokalisnya. sudah lama aku tahu kalau ia menikah dengan bintang film terkenal hollywood mantan pacarnya brad pitt, yang bernama gwyneth paltrow, tapi aku sama sekali tak pernah mengikuti kisah gosip kehidupan mereka.

selain karena tak punya banyak waktu untuk mengikuti gosip-gosip infotainment selebriti-selebriti tenar ini, juga karena berita-berita tentang mereka selalu klise dan itu-itu saja. tak ada menariknya dan tak begitu banyak manfaatnya buatku pribadi. sekilas mendengar tentang ini dan itu saja yang mampir di telinga.

sampai minggu lalu, out of the blue, yang terjemahan bahasa indonesianya entah kenapa jadi "tak ada hujan tak ada angin" dan bukannya keluar dari biru (hehehe), tiba-tiba aku tahu banyak mengenai chris martin hanya dalam satu hari saja setelah iseng-iseng berselancar di internet setelah mendengar lagu paradise di radio.

dan untuk pertama kali aku benar-benar kagum dan salut dengan seorang bintang rock. sebelumnya, stereotype seorang penyanyi setenar chris martin memang selalu negatif. kehidupan tenar mereka tak bisa jauh-jauh dari alkohol, obat-obatan dan kekacauan hubungan dalam rumah tangga. sangat jarang bintang terkenal yang hidupnya biasa dan lurus-lurus saja, karena memang jadi kurang kontroversial untuk konsumsi media.

tapi si chris ini, alamak... benar-benar merubah pandanganku.

ternyata ia adalah seorang ayah yang baik, seorang yang sederhana dan low profile, tidak sombong, tidak juga merasa dirinya tenar dan penting, bahkan sama sekali tidak pernah merasa ganteng. makin banyak kutahu tentang coldplay kemarin itu, semakin aku kagum. 

di band, ternyata pendapatan dibagi sama rata, meski si chris yang lebih banyak menulis dan mencipta lagu. ada aturan keras di band yang mengharuskan anggota band untuk dipecat jika sampai terlibat obat-obatan terlarang, atau ketergantungan alkohol. mereka juga sellau menyisihkan sebagian pendapatan band untuk disumbangkan ke badan amal, seperti kelompok grup dari irlandia, U2.

asal mula terbentuknya band coldplay juga ternyata cukup unik. chris dan will, drummernya, dulu satu sekolah. karena keduanya bertampang jelek jadi tidak pernah dilirik cewek, tidak punya pacar dan tidak populer di sekolahnya, mereka akhirnya menekuni bakat bermusik. si chris karena selalu merasa tidak ganteng (wooo, padahal... #glek), ia selalu merasa kurang percaya diri, bahkan setelah menikah lama dengan gwyneth, ia sering masih tidak percaya kalau itu benar-benar terjadi. 

seperti mimpi, katanya. cowok jelek yang dulu ga pernah dilirik cewek dan ga laku koq punya istri pemenang piala oscar dan mantan pacarnya brad pitt, cowok terseksi sedunia! ternyata, si gwyneth memang satu-satunya cewek yang ia pernah jatuh cinta. tak seperti bintang superstar lainnya yang selalu dikerubuti cewek dan gonta ganti pacar, chris tak pernah punya hubungan serius dengan siapapun sebelum menikahi gwyneth. doh... 

tapi memang pembawaan chris yang rendah hati tadi, selamanya sepertinya ia akan tetap merasa seperti itu. meski kini coldplay adalah salah satu band terbesar di dunia, keempat anggotanya masih merasa seperti orang biasa. mereka berempat tak punya mobil dan selalu ke kantor studio rekaman mereka di london dengan bersepeda, jalan kaki atau naik bis kota. chris sendiri juga seorang vegetarian sejati.

ada satu cerita, di mana mereka harus manggung di O2 arena, sebuah stadion pertunjukan yang besar di london dan entah bagaimana chris harus menuju ke stadion untuk manggung dengan naik kereta bawah tanah, bareng-bareng dengan para fans-nya yang berjubel untuk datang ke stadion, namun lucunya tak ada seorangpun yang mengenalinya di kereta!

keren banget ya, begitu humble dan sederhana... (padahal sewa limousine juga bisa kalau mau!)

anggota band yang lain juga selalu mengatakan hal yang sama. jika tidak ada jadwal manggung atau rekaman, mereka dengan bebas dan leluasa bisa naik bis kota di london, jalan kaki pulang ke rumah, lewat halte-halte bis, tanpa seorangpun yang mengenali atau peduli kalau mereka adalah anggota band terkenal kelas dunia.

dan cerita yang paling lucu menurutku, satu hari si chris berdiri di luar studionya ketika seorang supir taxi iseng-iseng menyapanya dan berkata "hei, tahukah kamu, kalau wajahmu mirip sekali dengan penyanyi terkenal itu, chris martin?"

chris kaget, berpikir sejenak dan menjawab "hei, tahukah kamu, kalau aku memang chris martin?" 

lalu apa reaksi si supir taxi tadi? "hahahaa...ah kamu bisa saja becandanya. oh ya, katanya dia memang tinggal di daerah dekat-dekat sini sih". kata si supir taxi sambil ngeloyor pergi. 

chris asli pun cuma bisa melongo!




.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

4 comments:

  1. hmmmm mosok mereka kemana2 pake capucon (eh apa itu namanya, pokoknya wajahnya ditutupi pake topi jaket gitu) ya mbak? sampe fans-nya gak ngenalin?

    aku kalo kemana2 naik bus juga gak ada yg kenal tuh mbak *emang situ siapeee?* wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, karena fansnya beranggapan kalau artis besar ga bakal mungkin mau naik kereta, jadi orang ga yakin kalau itu memang mereka gitu lho. ketemu juga dicuekin, paling orang berwajah mirip lah, seperti kata supir taxi di akhir cerita :-p

      Delete
  2. jadi mau jadi supir taksi nih.... kalau artis di indonesia lebih ketahuan kalau artis ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga mau hihi... langsung kita culik ya kalau ketemu chris di pinggir jalan lagi bengong hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...