Thursday 29 March 2012

memori smansadem

hari ini iseng-iseng googling, eh nemu email lamaku di milis smansadem (sma satu demak) yang kutulis Tuesday, January 13, 2009 12:24 PM yang lalu, (nama kuganti inisial saja) untuk menjawab pertanyaan teman-teman lama di sma yang penasaran pengin tahu gimana ceritanya aku bisa sampai kesasar ke eropa. maaf bahasanya campur-campur ala jawakarta (jowo + jakarta). ck ck ck, jawab email saja sepanjang ini, kurang kerjaan apa ya waktu itu *hohoho - keplak sendal*
_______________________________________________________________________
menjawab pertanyaan IS (kedawan ra popo yo Ndra), sekalian nyapa teman2 semua:

gini critanya: satu hari di tanah rantau (minggu lalu ya kalo ga salah), tiba2 aku nemu sapaan "hi" pas ngecek yahoo email, seorang teman lama bernama AHTL minta di-add di Facebook-ku. what a surprise!! kukenal baek sejak SMPN 1 Demak, sebagai M, anak Kadilangu. saking semangatnya, kita akhirnya chat di yahoo lamaaaaaa banget, hahaha...tukar info, bagi cerita soal teman2 lama, kerjaan, dll dll. singkat crita, teringat kembali-lah temen2 lama di demak (rumahku masih tetep persis di depan sekolah-an lho, ga pindah-pindah, tapi cuman ibu sekarang yg menghuni, bapak meninggal tahun 2001).

malam ini aku ga bisa tidur, jadi iseng search di google pake keyword sma1demak, nemu links macem2, salah satunya yahoogroup. walaupun belum member tapi bisa akses baca milis. lebih terkejut lagi ternyata milis ini udah eksis sejak 2001 (padahal aku keluar negeri baru 2005), koq ga tau yah, ketinggalan kereta jadinya, hehehe. karena penasaran siapa aja yg aktif, aku browse deh, quick scan info2 yg diposting sejak 2001, wuihhh, lumayan pegel ni mata. sampe akhirnya subscribe deh, isi form, trus diapprove sama si IS (bapakku dulu suka nongkrong di kios bapak-nya IS di pasar Bintoro, mereka sohib baek. kalo ngobrol ber-2 lamaaaa bgt, kalo bapak IS nganter majalah ke Perumnas, pasti mampir juga buat ngobrol di pinggir jalan sambil tetep duduk di atas sepeda motor). dhuh...memory. ...

itu background crita baru yah. blom njawab pertanyaan :D

sebelum ngejawab, aku usahain critanya seringkas mungkin, karena aku kalo dah ngetik, bisa2 dijilid karena seringnya bablas kebanyakan. yg baca juga bosen. kalopun tetep panjang, mohon dimaafkan ya teman2 yg baek.

selepas SMA tahun 1993, tanpa dukungan biaya dr ortu untuk meneruskan ke perguruan tinggi (aku anak kedua, adikku 4 dan semua masih sekolah, bapak sudah pensiun), waktu itu pilihannya hanya melanjutkan ke sekolah2 yg gratisan. bareng teman senasib seperjuangan yg masih tetep pengin berjuang walau tanpa biaya (MD), kita daftar ke PATN-BATAN (Pendidikan Ahli Teknik Nuklir), dan juga STAN, bareng DI, AN, siapa lagi yah...

SKW waktu itu juga daftar PATN tapi dia ikut UMPTN juga (inget ga kita tinggal di rumah sodara ibu TU kita di Babarsari) - ada artikelnya di sini rumah besar di jogja. oke, singkat crita, MD ambil STAN, aku ambil BATAN, SKW ketrima UMPTN.

lulus PATN tahun 1997, saat itu formasi pegawai negeri sedang ditunda jadi yg harusnya lulus kerja jadi pegawai negeri di Batan, ga kesampaian. pulang kampung ke Demak, dapet kerja di Semarang karena bantuan temen ibu yg punya toko bangunan di daerah Sukun, sebagai penjaga toko. gaji kecil, habis buat kursus inggris dan komputer, sambil nunggu lamaran dari pacar yg saat itu lagi kerja di Jakarta. bukannya merit, tahun 2000 malah bubaran, dan pindah ke Jakarta dalam rangka cari kerja yg beneran (bukan penjaga toko, hehe).

keterima di Samsung tahun 2000, kerja di Cikarang Bekasi sampai 2005. di tengah2 merintis karir di pabrik industri elektronik, tahun 2003 aku ngerasa jenuh dan pengin tantangan baru, akhirnya sambil kerja aku ambil kuliah S1 sabtu-minggu yg murah meriah tapi bermutu di Mercu Buana, Meruya. masih belum cukup cape, malam aku kursus bahasa Jepang, dan juga kursus bahasa inggris di LIA dan EF.

karena PATN dulu ijasahku cuman D3, aku transfer ke S1 tp ambil jurusan teknik industri, nambah beberapa SKS karena beda dengan D3-ku. kuliah nyambung berasa ringan karena pengalaman kerja di pabrik sangat membantu untuk menyelesaikan tugas2 kampus (jadi praktek dulu baru belajar teori, hehe).

tahun 2004 Samsung ngirim aku ke korea selatan (seoul) ke Samsung headquater, untuk keperluan training selama sebulan. pengalaman ke luar negeri (+terbang) untuk pertama kali ini terus membekas dan memacu semangat buat nyari tantangan baru lagi setelah melihat kemajuan di negeri orang.

belum juga lulus S1, sepulang dr Korea, aku aktif browsing internet buat nyari beasiswa. rupanya semua sudah digariskan, aku nemu link yg cocok, ngelamar, dan keterima setelah melalui proses yg panjang selama setahun, dari isi formulir, kirim dokumen pendukung, essay, wawancara (via telpon), urus visa, dll, pas satu tahun.

setelah sempat ditahan2 mantan boss di Samsung supaya jangan resign, akhirnya 09 Sept 2005 aku berangkat juga ke Budapest- Hungary bermodal nekat + semangat + uang 400 USD sisa tabungan, dg harapan mudah2an beasiswanya bukan fraud, karena cuman beli tiketnya one-way (uang sangat terbatas waktu itu dan uang beasiswa hanya bisa cair setelah kita tiba di eropa). lebih lengkap soal beasiswaku:
http://www.mespom.org/
kalo pengin nyari2 jurusan2 lain yg tersedia beasiswanya, silakan ubeg-ubeg di sini:
http://ec.europa.eu/education/programmes/mundus/projects/index_en.html
situs ini dikelola oleh para alumni dari indonesia yang mungkin akan menjawab pertanyaan2 awal kalau tertarik untuk mencari beasiswa juga:
http://emundus.wordpress.com/ dan http://indoem.info/

dengan total waktu belajar 2 tahun untuk gelar master dan berkesempatan tinggal di eropa minimal di 3 negara yg beda2, berhak terima uang kuliah + biaya hidup + extra ongkos pulang + holiday total senilai 42,000 euro per siswa selama 2 tahun, erasmus mundus termasuk program yg sangat kompetitif, bahkan beberapa jurusan ada yg menerima uang saku lebih.

aku termasuk salah satu yg beruntung dari sedikit mahasiswa indonesia yg menerima beasiswa ini, dan berkesempatan belajar dan keliling negara2 di eropa di sela2 waktu kulaih (kalo pas libur). belakangan dg gencarnya promosi pendidikan tinggi eropa di jakarta dan ind, mahasiswa indonesia yg memperolah erasmus mundus scholarship semakin tambah banyak. so, yg tertarik silakan nyoba...kalau mau tanya2 silakan japri.

program mespom-ku, univ penyelenggaranya di CEU-Budapest tahun pertama, summer school selama sebulan di Greece, dan ada 2 pilihan untuk tahun kedua, di Lund-Univ Sweden atau Univ of Manchester-UK. aku pilih UK di tahun kedua, lulus bulan Juni 2007 trus wisuda. terpikir untuk coba2 ngadu nasib cari kerja di negeri orang. modal sisa tabungan dan pengalaman kerja di Samsung plus ijazah dr Manchester, dan juga kemudahan visa kerja + imigrasi dari pemerintah inggris untuk para alumni UK, bulan Agustus 2007 aku mulai kerja di TRW-automotive di Durham sbg Lead Quality. credit crunch memaksa aku untuk cari kerja lagi, syukurlah rejeki-ku masih di UK-UK juga, aku mulai kerja sebagai Quality Engineer untuk prsh di bidang design and development of medical devices di Cambridge.

kalau mo ngobrol, sms aja ntar ku-telpon dr sini. kalau mau chat: add di yahoo indromeo2004 at yahoo dot com. blog-ku buanyak...facebook, friendster, myspace, multiply, dhuh apalagi yah...cuman aku males nulis, banyakan foto2. kalau mau add, google aja "nayarini". dijamin nemu!! kalo ada yg kebetulan ke UK, kontak
aja, pasti dianterin muter2...plan jangka pendeknya masih betah di sini, masih single, ada calon tapi belum ada rencana jangka panjang (orang manchester). kalau ada yg ke UK, nanti ku-kenalin :D *aku nulis ini sebelum nikah ya -red*
pulang ke Indonesia aturan setahun sekali tapi kadang rencana tinggal rencana, tahun 2008 ga sempet mudik, jadi 2009 ini wajib, mudah2an musim panas bisa cuti lama untuk pulang. kalau ada acara kumpul2 pas di jadwal mudik kabarin ya, pasti ikut.

udah ya Ndra, jawabannya ga bisa panjangan lagi...hehehe (pegel tenan tanganku!!). sekarang waktunya nyapa temen2 yg ku-ingat:

mamak - requesku ning FB mu cancel yo, wis diapprove iki
cicip - masih single juga toh...bikin club ijo-lumut (ikatan jomblo lugu dan imut) yukkk :P
skw - kelingan suwito sing omahe sebrang kali ora mas? hehe
ferry - anak pak Cip - kemana yo (tetangga padahal)
dul - terakhir dia di Depkeu Semarang, pernah mampir sekali ke rumah tp pas aku di Jakarta
ririn - tetep nyonya kris kan??? kangen euy
sapto - apa kabarnya dia ?
retno - inget latihan tari lambada pake tongkat pramuka? hihihi
mbak irma, indah, lia, iin, ningrum - temen SMP, beberapa sampe SMA (mbak irma pa kabar, pasti tetep cadel, hehehe, guyon lho mbak, ojo nesu ya :D)
erni - anak pak wedana pake motor merah kalo sekolah, hehe, dulu ke rumahmu ada acara rame2 apa ya, aku ikut rewang, lali aku
charis - kita barusan chat di yahoo, hehe
tohir - masih berkumis, mas? pastinya masih jangkung kan...
ridho - wueehe, ogenki desuka???
andy - ketemu sekali di kereta pas mudik lebaran yo Ndik, suweeee bgt, aku tok wenehi kartu namamu, tetep betah ning pfizer yo...sipppp. ..sippp
iwan - ning ndi yo bocah siji iki, bubar soko Bali berkelana karo si Ipuk trus ilang kabare
indra - matur suwun approval-e yo Ndra, sori balesan-e ngebak2i milis, kedawan
tutuk - yg kuingat rumah-e di sebelah kantor pertanian bogorame
ana - rumah-e alun2 pojokan, keterima STAN trus ilang kontak
catur - ga pendiem lagi toh mas Catur?
erik  - iki sing ayu hidung-e bangir kae yo, hehe
hany - weheee...temen seregu di pramuka. salam pramuka, Han!!!!
maaroh, iki ketua OSIS angkatan mbakyuku
mbak dyah - ini angkatane mbakyuku, rumahnya kauman
fahmi, temen SMP opo SMA yo, lali aku, sing pasti tetangga perumahan
bagus -buyaran, kelingan yen esuk dianter mobil, huehehe
hizbul- curly bul bul, wis ora kriting maneh yo mas (guyon lho iki)....betah ning Brunei?
ipuk -kabar terakhir kerjo ning radio demak
imam -iki sedulurku tapi ilang kontak (kok iso yo....)
aging-mantan tetangga, pindah jakarta
puji, rohmah-teman se-gang, mbak puji terakhir ketemu di ciputat, rohmah ama retno dempet, kemana ya?
doni endut-putune mbah Ali, omah-e tanubayan baru, kabar terakhir lulus STAN, mengabdi di Irian, sekarang ga tau kabar-e
muqorrobin-sampangan, pripun kabaripun Mas?
yuli setiawan-dhisik kelas ngendi yo?

yang ga kesebut, maaf, tolong diingetin, memory-nya terbatas, hehehe. maaf kalo panjang bgt, janji, swear!! email ke-2 dijamin pendek!!! uwis ah, pegel aku + ngantuk (jam 4 pagi, wuih).

salam



.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...