Thursday, 22 March 2012

bebas visa

Berikut negara-negara yang membebaskan visa bagi pemegang passport Indonesia. Bebas visa berarti kita hanya perlu passport untuk memasuki negara tersebut. Visa on Arrival (VoA) sebenarnya bukan bebas murni karena kita tetap harus mengurus visa saat kedatangan di bandara tujuan dengan membayar sejumlah uang. VoA ini hanya berlaku untuk kunjungan singkat seperti untuk turis atau kunjungan sosial.
Berikut negara-negara tersebut :
Asia Brunei: 14 hari, Kamboja: 30 hari (Visa On Arrival), Hong Kong: 30 hari, Iran: 7 hari (Visa On Arrival dengan Surat Sponsor), Yordania: 30 hari (Visa On Arrival), Laos: 15 hari (Visa On Arrival), Makau: 30 hari, Malaysia: 30 hari, Maladewa: 30 hari (Visa On Arrival), Filipina: 21 hari, Singapura: 30 hari, Sri Lanka: 30 hari (Visa On Arrival), Thailand: 30 hari, Timor Leste: 30 hari (Visa On Arrival), Vietnam: 30 hari
Afrika Maroko: 90 hari dan Seychelles: 30 hari

Oseania Fiji: 120 hari, Guam: 14 hari (Guam Visa Waiver program), Mikronesia: 30 hari dan Palau: 30 hari (Visa On Arrival)

Amerika Selatan Chile: 90 hari, Kolombia: 90 hari dan Peru: 90 hari
berdasarkan masukan dari salah seorang teman yang sudah ahli jalan-jalan ke turki (silakan lihat foto-foto spektakuler keindahan negeri turki di blog-nya http://exadise.blogspot.co.uk/), sejak 2010 setelah kunjungan presiden SBY ke sana, pemegang paspor indonesia tidak perlu lagi mengajukan permohonan visa untuk memasuki turki. mulai 2010, visa-on-arrival atau voa bisa diperoleh dengan biaya USD25 atau sekitar EUR15, berlaku utk 30 hari, single entry. jadi sepertinya, turki adalah satu-satunya negara eropa yang memperbolehkan wni masuk hanya dengan voa. mudah-mudahan ke depannya negara eropa yang memberikan kemudahan ini akan bertambah.
Eropa Turki: 30 hari (Visa On Arrival)
membaca daftar negara bebas visa di atas, jadi pengin jalan-jalan ke tempat-tempat yang bebas visa itu. melihat nama-nama negaranya sih, ternyata aku sama sekali belum pernah pergi ke luar negeri mengunjungi negara-negara yang tidak memerlukan visa. tak satupun negara yang tercantum dalam daftar di atas yang pernah kukunjungi. jadi ternyata selama ini aku memilih repot-repot membuat visa daripada pergi ke negara-negara yang bebas visa. *cerdas - tepok jidat*

alasan sebenarnya sih karena situasi dan kondisi lebih memungkinkan aku untuk mengunjungi tempat-tempat tertentu di negara-negara tertentu, lebih karena jarak yang relatif dekat atau karena memang harus ke tempat tersebut.

di bawah ini adalah daftar nama negara yang sudah pernah kukunjungi dari ke-206 negara (menurut wiki) di lima benua di muka bumi ini. ga gitu panjang sih daftarnya, tapi lumayanlah daripada lu manyun *dilempar sol sepatu*

Eropa
Hungaria 2005/2006 kuliah (baca deh beasiswa), kadang masih suka ke sana jalan-jalan
Austria 2005-sekarang kalau pengin ke sana, tujuan utama: jalan-jalan
Jerman 2005-sekarang, tujuan utama: jalan-jalan. kadang-kadang business trip urusan kantor
Slovakia 2006, jalan-jalan meski dapet pengalaman serem (nanti deh ceritanya terpisah)
Turki 2006, jalan-jalan kabur dari perkuliahan trus pas balik kena setrap hehehe
Yunani 2006, ceritanya kuliah musim panas, tapi banyakan makan-makan seafood ama maen-maen
Inggris 2006-sekarang, tadinya cuma kuliah, eh...keterusan kerja, eh...ketemu suami, eh...netep :-p
Italia 2007, jalan-jalan sekali. pengin ke sana lagi tapi koq ga suka pasta ama pizza ya *apa hubungannya ya? gubrag!*
Perancis 2007, 2010, yang terakhir jalan-jalan doank maksudnya, eh... malah dilamar, ihiyyy
Belgia 2007, sekali doank beli coklat *holoh beli coklat aja jauh bener!*

Amerika belom pernah dan belom pengin *takut ditahan di bandara kayak film 'terminal'!*

Afrika belom pernah juga, padahal deket dan ke maroko ga perlu visa! gebleg bener, pesen tiket ah!

Australia belom pernah sama sekali, padahal deket dulu pas masih tinggal di indonesia. masalahnya pas deket ga punya duit, pas punya duit sekarang jauh *alesan! hahaha*

Asia
cuma pernah ke korea selatan tahun 2003, waktu itu dibayari kantor sih, bukan jalan-jalan tapi ke sana untuk training :-p selain korea, belum pernah lagi ke mana-mana di benua asia. ke singapura saja belom pernah sama sekali. halah, jangankan singapura, ke jawa timur saja belum! hahaha.... *hush, malah bangga!*

dan aku baru sadar ternyata aku tuh sama sekali ga pernah menginjakkan kaki keluar pulau jawa kecuali pulau bali, itupun baru th 2009 yang lalu. parah ya?! alasan pokoknya ya sama dengan australia di atas. makan saja dulu susah, mana ada duit buat jalan-jalan hehehe...(ga papa miskin yang penting jujur). nah, sekalinya sekarang makan sudah ga gitu susah-susah amat, eh... pengin jalan-jalan ke sana malah jauhhhhhhh. serba salah, wekekekeke....

kalau @trinitytraveler menjadikan jalan-jalan sebagai hobi, yang akhirnya membuat namanya terkenal dan bisa menjadi sumber penghasilan, aku orangnya angot-angotan. tergantung situasi saja pokoknya. waktu itu aku keliling eropa juga karena aku pikir mumpung dekat dan ada kesempatan. karena kalau sudah kembali ke indonesia selesai kuliah, aku mungkin akan berpikir seribu kali sebelum menghabiskan uangku untuk berkunjung lagi.

nah, karena sekarang ternyata aku malah menetap di sini, jadi males lagi deh ke mana-mana karena dekat haha. penginnya malah ke asia yang jauh dari sini, cuma belum kesampaian. mudah-mudahan tahun ini daftarku bertambah panjang sedikit, karena tahun ini aku berencana mudik ke indonesia dan penginnya mampir ke singapura dan malaysia :-) lumayan, nambah dua lagi daftar negara yang pernah kukunjungi. asiknya, aku ga perlu membuat visa. enaknya ke thailand sekalian apa ya? *ngelunjak!*



.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...