Monday, 13 September 2021

tips sukses smoothie challenge


di tulisan ini akan kujabarkan pesan-pesanku buat kalian yang tertarik dan ingin mengikuti jejak perjalananku selama 3 minggu, beberapa tips penting berikut ini akan sangat membantu sukses tidaknya melakukan tantangan yang kelihatan sepele tapi udah banyak yang jiper duluan ini hehe.



1) siapkan mental

kedengarannya gampang dan sepele, tapi kunci sukses tantangan ini adalah mental yang kuat. dalam artian, mau ada pengaruh apapun, kita kudu lempeng aja lurus menuju titik akhir. ngga tergoda oleh apapun, dan seberat apapun. mau bilang ada gofood, ada tawaran makan enak, ada undangan kumpul-kumpul, kudu masakin anak, dan masih banyak lainnya. itu cuma godaan. ngga penting mau disodorin makanan selezat apapun, kalau mentalnya kuat, ngga akan goyah.

banyak yang bilang, ah mbak sih di inggris lebih gampang, di indonesia sulit mbak, makanan enak di mana-mana.

what?! 

dikira di inggris ngga ada makanan enak, gitu? dikira di sini ngga ada makanan indonesia lezat gitu? banyak juga tahu! tinggal beli online datang sendiri diantar pos. trus dikira di rumahku ngga ada makanan gitu jadi aku bisa puasa leha-leha?

kulkasku itu selalu penuh makanan enak! #ngegas

suami dan anakku kan tetep kudu makan, hehe. kadang aku juga masih masakin, tanpa bisa nyicip. lihat mereka makan berdua sambil nelen ludah, sementara aku cuma nyedot smoothie pake sedotan tapi duduk satu meja. kurang menderita gimana coba haha. buka kulkas, ya banyak banget makanan yang bisa saja kumakan tapi aku ngga mau makan, karena mentalku bilang, harus disiplin, jangan tergoda.

jangan juga bilang, yahhh kalau ngga makan nasi mana bisa aku hidup hihi... #lebay

tahu ngga, orang bisa ngga makan sebulan masih hidup, jadi kurang makan jangan takut mati-lah. ngga mungkin. coba pikir itu jaman kekejaman nazi, romusha, kerja rodi. orang ngga dikasih makan sampai tinggal tulang ama kulit tapi dipaksa kerja keras aja masih banyak kok yang bertahan hidup. ya emang jaman sekarang beda, tapi intinya, jangan takut tubuhmu ngga sanggup, pasti sanggup! mental kalian aja yang bilang ngga sanggup hehe.

nah, kalau ngatasin godaan mendasar kek gini aja udah ngga mampu, saranku mendingan ngga usah nyoba deh, percuma :- )

2) siapkan dukungan orang-orang terdekat

ini juga penting. karena biar gimana kita ini makhluk sosial. ngga hidup sendirian, kecuali emang kalian tinggal di goa.

ketika udah kuat berniat untuk melakukan tantangan ini selama 3 minggu, diskusikan dan bicarakan baik-baik dengan orang sekitar terutama keluarga dekat. ajak mereka untuk mendukung. 

jelaskan kenapa ini penting buatmu untuk melakukan ini dengan sukses. jadi selama 21 hari, mereka akan membantu sebisa mungkin karena tahu dan paham kalau kita sedang puasa marathon. dan mereka kudu paham kalau itu ngga gampang, badan kita lebih lemes dan lekas capek dibanding hari normal. jadi ada beberapa aktivitas yang mungkin kita ngga akan sanggup dan mereka kudu memahami itu dan kalau bisa membantu meringankan tugas-tugas harian di rumah.

puasa detox ini beda banget ama puasa ramadhan ya menurutku detox ini jauh lebih berat. kalau puasa ramadhan kan cuma tahan lapar beberapa jam doank, paling lama 18-20 jam di belahan bumi utara. abis itu? boleh makan sepuasnya ya kan? puasa detox beda! emang boleh makan emang boleh minum smoothie tapi ngga boleh makan semaunya! kudu nunggu 21 hari. lama yaaaaa.....

dan selama 21 hari itu, meski aku masih berusaha untuk beraktivitas senormal mungkin supaya menjaga kebugaran dan proses kalori defisitnya tetap berjalan (nanti aku tulis terpisah ya mengenai kalori defisit ini), tapi aku juga merasakan kalau badanku ngga sekuat biasanya.

kalau tiap hari aku bisa melakukan star jump non-stop selama 70-80 kali, selama puasa ini sampai 40-50 aku udah kehabisan tenaga lho. ya maklum juga karena kadar gula darah pastinya rendah banget. nanti kutulis di topik kalori defisit aja ya, detilnya.

jadi penting banget ya, keluarga dekat kita untuk mendukung kita.

puasa aja udah tantangan berat. kalau keluarga ngga ndukung bebannya jadi dobel gais, mending ngga usah deh daripada fisiknya menderita, batinnya juga ikutan menderita haha. apes banget itu sih.

3) no-excuses

kalau kalian merasa pengin nyerah, ingatlah niat pertama kali kenapa pengin melakukan ini, dan bayangkan hasil akhir dengan semua keuntungan-keuntungan lain dari segi kesehatan badan jika kalian mencapai titik akhir.

karena puasa ini ditujukan untuk detox, yaitu membuang semua asupan 'buruk' yang selama ini kita konsumsi, dan memberikan kesempatan kepada organ-organ pencernaan untuk mengolah asupan yang sehat saja, pastilah tubuh akan berada pada kondisi yang lebih baik daripada sebelumnya.

memang rasa laparnya tak tertahankan di beberapa waktu, tapi itu justru memaksa tubuh untuk menggunakan timbunan cadangan lemak yang selama ini terus menerus ditumpuk tanpa diberi kesempatan untuk dipakai!

selama 21 hari inilah, badan akan memakai semua cadangan yang menumpuk selama bertahun-tahun itu sehingga di akhir hari ke 21, tumpukannya akan menghilang, dan diubah menjadi energi.

4) tetap aktif

satu-satunya cara (selain operasi) untuk mengikis habis cadangan lemak di tubuh adalah dengan defisit kalori (menurunkan asupan makan dengan smoothie), dan dibarengi dengan aktivitas normal + olah raga ringan. kalau puasa tapi rebahan saja, ya badan ngga mbuang kalori juga. jadi selama puasa ini usahakan tetap aktif meski agak-agak lemes, kalau bisa tambah olga ringan.

jangan mentang-mentang lapar banget trus merasa jadi orang paling merana sedunia, biasa aja ngga usah lebay. ngga bikin mati kok, tenang aja. tapi jangan lupa minum ya supaya ngga dehidrasi.

aku selama puasa tetep juga melakukan olga ringan star jump meski jumlah angkanya menurun, dan aku tetep kerja ngantor atau wfh seperti biasa. kadang malah main sama ethan dan kejar-kejaran meski lebih cepet capek dan ngos-ngosan dibanding kalau ngga puasa, tapi itu justru membantu pembakaran lemak tubuh. jadi sebisa mungkin tetap aktif dan tambah kegiatan supaya badan membakar habis semua lemak yang numpuk di tempat-tempat yang ngga kita inginkan. 

bukankah memang itu yang kita impi-impikan?

lebih detil mengenai ilmu sains smoothie challenge ini dan kenapa bisa sukses menurunkan berat badan dengan cepat serta mengikis lemak tubuh, akan kutulis terpisah di artikel selanjutnya berjudul, defisit kalori.

stay tuned...

Wednesday, 1 September 2021

jejak digital

ini lho satu lagi bukti kenapa tiap posting apapun di internet itu kudu hati-hati. jejak digitalnya ngga akan hilang gais...

tadi aku iseng-iseng nyari sesuatu di google, eh kok malah nemu ini, alamak, haha. padahal ini email kutulis dan kukirim ke groupmail tertutup tapi rupanya arsipnya bocor juga untuk umum. 

gila yah.

kubaca lagi seru juga aku dulu, njawab pertanyaan temenku yang cuma satu kalimat aja bisa sepanjang ini. dibuang sayang, aku kopi aja deh ke sini buat kenang-kenangan hehe...

--------------

Monday, 23 August 2021

jurnal #21hari

nah, ini jurnalnya akan aku update secara berkala ya.

yang belum baca postingan sebelum ini, boleh dibaca dulu, mengapa jurnal ini ada. biar nyambung lah...



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...