Wednesday, 7 March 2012

old posting

sejujurnya aku sering merasa sedikit kecewa ketika aku membuka link ke salah satu blog yang dipromosikan lewat facebook atau twitter karena judulnya atau kata pengantarnya menarik dan menggelitik rasa ingin tahuku untuk melihat apa isi artikelnya, tetapi begitu dibuka ternyata tanggal rilis tulisan tersebut sudah lewat, alias tulisan lama yang dipromosikan lagi. *jangan tersinggung ya yang merasa, hehehe*

karena rasa kecewa ini sebenarnya berasal dari ekspektasi awal yang tidak terpenuhi. ketika aku melihat judul tulisan tersebut, aku berharap untuk membaca sesuatu yang baru, fresh dan segar. jadi ketika mendapati bahwa itu adalah postingan lama, jadi agak kecewa gimanaaaa gitu. kecuali kalau dikasih tagar atau keterangan #oldposting seperti @enda, paling tidak calon pembaca tahu terlebih dahulu sebelum  memutuskan untuk mengklik link postingan atau tidak :-)

ah, mungkin saja aku yang terlalu berlebihan.

karena aku juga maklum begitu banyak topik tulisan yang memang bisa berlaku sepanjang masa, yang tidak kenal tanggal kadaluwarsa. namun untuk beberapa topik yang memang hanya akan masuk akal kalau dibaca pada kurun waktu tertentu, semisal opini-opini mengenai sesuatu yang sedang trendi atau sedang dibicarakan masyarakat luas saat ini, sepertinya hanya seperti menyajikan makanan basi ke meja makan, ketika tulisan itu diposting ulang beberapa waktu kemudian.

tapi itu hanya pendapatku saja.

pelaku old-posting mungkin mempunyai alasan tersendiri yang masuk akal, yang mungkin aku tidak tahu. sah-sah saja sebenarnya.  suatu saat nanti, mungkin aku juga akan melakukan atau terpaksa melakukan hal yang sama, siapa tahu. misalnya ketika ada sebuah peristiwa besar, dan dulu sudah pernah terjadi. lalu aku ingin orang membaca lagi opiniku mengenai peristiwa serupa yang terjadi pada jaman dulu. sahih kan alasannya?

satu hal yang masih mengganjal di otakku, justru pemikiran mengenai mengeringnya inspirasi atau ide untuk menulis, apakah itu mungkin? lalu bisakah ini dijadikan sebagai alasan untuk melakukan old-posting? seperti halnya mata air yang terus menerus dipompa, akankah suatu hari ia akan mengering, gersang dan akhirnya mati? lagipula tak ada sesuatu pun yang kekal di dunia ini, kan? *holoh segitunya ;-p*

lalu bagaimana mengenai alasan melakukan old-posting karena disibukkan oleh kehidupan, atau karena sibuk di media sosial jenis lain dan tak sempat lagi menulis, apakah ini bisa diterima? bukan posisiku sebetulnya untuk mengatakan iya atau tidak. karena ujung-ujungnya semua tergantung tanggapan para pembacanya juga. bagi yang tidak berkeberatan untuk membaca ulang, atau membaca tulisan lama tapi yang belum sempat dibaca pada waktu diterbitkan, ya sah-sah saja.

sekali lagi ini hanya pendapatku saja.

lagipula siapalah aku ini, hanya seorang blogger baru alias blogger pupuk bawang dan  masih bau ingus. tak elok rasanya nggrundel (jw; bersungut-sungut) ga jelas. bisa-bisa aku kena jewer oleh para blogger senior di luar sana. oleh karena itu, aku cukupi saja nggrundel-ku kali ini. sampai jumpa di per-grundel-an berikutnya :-)




.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...