Friday, 27 April 2012

kawat gigi 2

PERINGATAN KERAS!!!

BAGI YANG TIDAK SIAP MENTAL, JIJIK ATAU KEBERATAN UNTUK MELIHAT FOTO-FOTO GIGI HOROR DI POSTINGAN INI, DIHARAP SEGERA MENUTUP LAMAN SAAT INI JUGA. SELURUH FOTO DIAMBIL SETELAH GIGI DIBERSIHKAN, MESKI BEBERAPA BEKAS PEWARNA MAKANAN TIDAK SELURUHNYA BISA DIHILANGKAN.

postingan ini adalah sambungan postingan sebelumnya berjudul kawat gigi bagian 1, silakan klik di sini: http://www.nayarini.com/2010/12/kawat-gigi.html

dan ini adalah website tukang gigiku di inggris:
http://www.cambridgeorthodonticpractice.co.uk/page/9/case-studies/

ini pak Wiltus Botha, yang menangani aku selama 2.5 tahun ini. nurse-nya kadang dapet si jessica kadang dapet si paige. http://www.cambridgeorthodonticpractice.co.uk/page/5/the-team/

karena banyak yang penasaran ketika mendengar kabar bahwa kawat gigiku sudah dilepas setelah 2.5 tahun, berikut ini aku posting foto-foto gigiku, sebelum dan sesudah pemakaian kawat. dari ratusan foto yang kukoleksi untuk dokumentasi pribadi yang kuambil setiap bulan sekali sebelum atau sesudah pengencangan kawat di klinik perawatan, sebagian kupilih untuk kutampilkan di sini.

disclaimer: postingan ini memuat foto-foto perubahan gigiku dari awal perawatan pemakaian kawat gigi yang dimulai dengan pencabutan beberapa gigi yang tidak dibutuhkan, pemasangan kawat, progres perubahan pergerakan gigi dari bulan ke bulan, sampai dengan pelepasan dan pemakaian retainer/penyangga gigi. keseluruhan proses memakan waktu hampir 2.5 tahun lamanya. pemasangan kawat dilakukan pada bulan desember 2009, pelepasan kawat pada tanggal 24 april 2012 kemarin.

gigi orang dewasa komplit berjumlah 28 gigi asli ditambah 4 buah gigi bungsu, total 32 buah gigi, yang tumbuh di rahang atas sebanyak 16 dan rahang bawah sebanyak 16. tak peduli ukuran rahang, semua manusia mempunyai gigi sejumlah 32 buah. jika rahang orang tersebut ukurannya mampu memuat keseluruhan ke-32 gigi yang tumbuh sejak gigi susu tanggal, maka ia takkan bermasalah.

dalam kasusku, ukuran rahang atas dan rahang bawahku terlalu kecil untuk memuat keseluruhan ke-32 gigiku. walhasil, gigi-gigi ini berusaha mencari ruang untuk tumbuh, dan mau tak mau satu-satunya ruang yang tersedia adalah keluar dari mulut. inilah penyebab utama gigi tonggos atau gingsul (bertumpuk), karena tidak ada cukup ruang di dalam rahang.

faktor lain yang memperburuk kondisi ini adalah ukuran tiap buah gigi yang agak besar dibandingkan gigi normal. jika rahang kecil ditumbuhi gigi berukuran kecil tentunya tidak akan timbul masalah berarti. jika rahang besar ditumbuhi gigi ukuran besar, juga takkan ada masalah. tapi jika rahang besar ditumbuhi gigi kecil, akibatnya giginya jarang-jarang atau bersela. sebaliknya jika rahang kecil ditumbuhi gigi besar, pastinya akan sesak dan tak cukup ruang di rahang. inilah yang terjadi dalam kasusku.

dan inilah foto-foto transformasi gigiku dari yang tadinya berantakan, agak tonggos menjorok keluar dan kurang rapi tumbuhnya, menjadi gigi senyum pepsodent :-)

ini foto-foto rahang atas. dari atas ke bawah, aku susun menurut kronologi waktu. paling atas adalah foto ketika aku diharuskan mencabut atau mengurangi jumlah gigiku yang terlalu banyak di rahang atas karena rahangku terlalu sempit.

walhasil 2 buah gigi bungsu di bagian belakang harus dicabut, 1 gigi geraham besarku sudah hilang sejak lama karena berlubang dan tak lagi bisa ditambal, ditambah 1 gigi geraham kecil yang harus kurelakan untuk dibuang. 

setelah pencabutan 4 gigi ini, maka jumlah gigiku di rahang atas kini hanya tinggal 16-4 = 12 buah saja. kini ada cukup ruang bagi ke-12 gigi yang masih tersisa untuk bergerak dan dirapikan dengan kawat. pelan-pelan gusi yang tadinya kosongpun terisi dengan gigi di sebelahnya dan lama-lama rongganya pun menutup rapat.

gambar paling bawah adalah penampakan rahang atas setelah kawat dilepas. lengkung gigi kini sempurna dan rapi.

*senyum pepsodent*





kini giliran rahang bawah. seperti halnya rahang atas, rahang bawahku juga terlalu sempit untuk bisa memuat sebanyak 16 buah gigi, sehingga jumlah gigi harus dikurangi. walhasil, 2 gigi bungsu di belakang harus dicabut.

lalu 2 buah geraham kecil juga harus dibuang untuk membuat cukup ruang. sayangnya 1 gigi bawah bagian depanku sudah lama hilang entah kapan dan di mana, lupa. jadi praktis kini aku cuma punya 11 gigi saja di rahang bawahku. 

tapi memang hanya sebanyak itulah yang bisa ditampung oleh rahang sempitku supaya gigiku tidak maju keluar dan berdesak-desakan seperti sebelumnya.

akhirnya setelah proses pengawatan, pelan-pelan rongga di sela gigi di sisi kanan dan kiri menutup, dan kini penampakan rahang bawah terlihat rapi dan lengkungnya sempurna.

*senyum pepsodent*


sengaja foto-foto ini kupasang bersamaan, penampakan samping kiri dan samping kanan. tampak rongga di antara gigi yang terbentuk setelah pencabutan.

perhatikan pula gigi depan bagian atas yang agak maju alias tonggos karena terdesak oleh gigi-gigi yang lain yang tak cukup memperoleh tempat untuk tumbuh di rahangku yang sempit.

pelan-pelan rongga inipun menutup dan gigi depan yang terlanjur maju dan ingin melarikan diri :-p, bisa ditarik mundur lagi ke belakang.

dan kini setelah kawat dilepas, penampakan dari sisi sebelah kiri dan kanan terlihat sangat jauh berbeda dari sebelum memakai kawat. ajaib yah? 

*senyum pepsodent*





nah, ini foto-foto keseluruhan penampakan mulut. paling atas adalah foto 2.5 tahun lalu sebelum memakai kawat. kelihatannya sih oke-oke saja ya, padahal pas masih tonggos itu :-p



ini foto ketika berkawat.





dan ini adalah foto sekarang setelah copot kawat. cakep yah *halah*
*senyum pepsodent*


akhirnya...

inilah foto-foto penampakan dari depan, sejak sebelum berkawat, ketika berkawat sampai setelah kawat dilepas. 

perhatikan pergerakan gigi dari waktu ke waktu. it's magic!!! padahal ngilunya minta ampun terutama setelah kawat dikencangkan, setiap 6 minggu sekali.

sebenarnya yang paling sakit sewaktu kawat dilepas sih, pas bracket yang warna bening itu dicatut satu persatu, rasanya seperti giginya mau dicabut tapi tanpa dibius sama sekali. 

aku sempat teriak-teriak juga keras-keras sampai menarik perhatian seluruh klinik, persis seperti tawanan perang yang ketangkep dan masuk kamar penyiksaan. sumpah! horor banget!!! ga lagi-lagi deh, kapok :-p

untunglah, kini semua rasa sakit dan ngilu itu sudah lewat. meski masih harus pakai retainer mungkin selama beberapa bulan ke depan, dan hanya bisa dilepas kalau mau makan saja (gambar sebelah kanan) untuk memastikan kalau gigi yang sudah rapi tidak bergerak dan berantakan lagi, tapi aku lega! satu lagi impian masa laluku untuk mempunyai senyum pepsodent kini terkabul. senangnya :-D

ada yang pengin pasang kawat gigi juga?

KARENA BEGITU BANYAKNYA PEMBACA YANG ANTUSIAS DENGAN POSTINGAN INI, MAKA AKU MEMBUAT TULISAN LAGI YANG LEBIH DETIL DAN RINCI MENGENAI KAWAT GIGI, HARGA, JENIS, DLL. SILAKAN KLIK TAUTAN POSTINGAN KAWAT GIGI BAGIAN 3.

BAGI KALIAN YANG TIBA-TIBA PENGIN NANYA SESUATU SETELAH BACA POSTINGAN INI, EITTT! TUNGGU DULU. BACA DULU POSTINGAN KAWAT GIGI 4 YANG ISINYA frequently asked questions, PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG SUDAH SERING DITANYAKAN DAN SUDAH DIBAHAS. SILAHKAN MELUNCUR KE SANA.




.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

218 comments:

  1. saya tuh suka salut sama orang orang yang pake gigi kawat... sekarang ada tulisan yang detail sekali... kalau di lihat hasilnya ok ya.... semoga tambah percaya diri ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap mas :-) seperti halnya rambut, perlu disisir dan dipotong supaya rapi, seperti halnya kulit perlu digosok pakai sabun mandi, seperti halnya kuku perlu dipotong supaya bersih, kalau punya gigi tidak rapi dan ada kesempatan untuk merapikan, kenapa tidak ya kan?... saya dari dulu udah percaya diri sih, cuma sekarang tambah dikit lagi hihihi... gigi yang rapi juga membantu meningkatkan kesehatan rongga mulut karena memperkecil kemungkinan infeksi dan penyakit2 gigi lainnya.

      Delete
  2. jadi inget postingan yg dulu, kalo mbak Nay pengen banget pasang kawat gigi tapi belum ada "dana" :)
    btw, kenapa pasti pepsodent yg dibawa2 ya? salah apa dia? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya...akhirnya terkabul keinginanku, setelah nabung tentunya .. soal pepsodent, harusnya ga nyebut merk ya maap hihi... senyum colgate deh haha #eh merk lagi

      Delete
  3. kok gigi atas bawahnya gak simetris ya mbak ? aku ada masalaha nih sm behel bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, karena gigi bawahnya ga genap, cuma 11 buah (ganjil) jadi ga simetris dg gigi atas hihi...

      Delete
  4. hasilnya bgus, beda bgt sebelum dan sesudah pake behel. jd pengen jg, wlopun dokter blg gigi gw mash tergolong rapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau udah rapi sih ga perlu dikawat ya hehe

      Delete
  5. mantep<harusnya gini donk pake behel itu buat perawatan bukan buat gaya2an ky anak alay

    thanks mba udah bagi2 info jd tmbh pngn make behel buat perawatan jg

    mmmmmmmmmmm,,,,mba pasang behel brp duit.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo pake behel juga, biar giginya rapi dan sehat :-) wahhhh, kalo soal berapa duitnya susah atuh jawabnya, aku pasangnya kan di UK, hehe... beda pastinya dengan harga standar di Indonesia (eh kamu di Indo kan? hehe)... coba aja survey dulu tanya-tanya, dan cari rekomendasi dari pasien terdahulu. biasanya sih tambah mahal kualitas perawatan dan pelayanan tambah bagus, ada harga ada rupa lah ya. tp jangan sampai bayar kemahalan juga dapetnya standar. kalau bisa sih cari yang murah tapi bagus hasilnya, tp kaeknya agak susah ya hehe... selamat berburu dokter gigi :-)

      Delete
  6. Nice info... aku jg pake behel.. bru cabut 4 gigi sbuln yg lalu... Berapa lama waktu yg dibutuhin bwt ngisi space gigi yg dcabut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata dokter/tukang giginya sih, waktu yg dibutuhkan bervariasi, tergantung jenis behel yg dipakai, ada yg cepat nariknya, ada yg pelan-pelan. kalau yg cepat narik, biasanya rasa sakit dan linunya lebih parah hehe.tergantung juga jenis elastis atau karet yg dipakai dan periode penggantiannya. kalau lebih sering diganti (alias rajin cek-up) ya lebih cepat prosesnya. selain itu proses ngisi space tergantung lebar gap/space juga, semakin lebar tentunya semakin lama. untuk kasusku di atas, butuh 2.5 tahun dari awal pasang sampai dicopot. jenis behel model transparan merek ICE (http://iceclearbraces.com/). cek-up periksa progress dan ganti elastis setiap 5-6 minggu sekali. semoga membantu.

      Delete
  7. sudah sejak dulu aku pingin banget pasang behel karena susunan gigiku sangat special :v wkkkkkkkkk . dan setelah menabung cukup lama akhirnya kesampaian juga.......:D
    6 bulan yang lalu aku sempat konsultasi ke bebepa dokter gigi. dari ke 3 dokter gigi yang aku datangi semuanya mengatakan kalau pingin pasang behel gigiku harus dicabut 4 buah (2 atas & 2 bawah).rasanya takut banget, horor dech!!!!!!!!!!!!! (rasanya kayak mau ujian skripsi :D)
    setelah melalui pertimbangan yang matang aku memutuskan memilih salah satu dokter gigi di sebuah kota kecil di JAWA TENGAH.
    setelah konsultasi, aku langsung disuruh foto rontgen dan buat cetakan gigi, trus seminggu selanjutnya gigiku yang bawah dicabut satu... 5 hari berselang gigiku dicabut lagi.... semiggu berselang 2 gigi atasku dicabut.

    setelah 6 bulan pemasangan kini susunan gigiku udah agak mendingan sich, dibanding sebelum pemakain behel........
    mungkin nanti setelah 2tahun. usunan gigiku udah rapi...... amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, nanti setelah 2 tahun foto-fotonya di-sharing ya mas :-) yang penting sabar aja, pasti hasilnya bagus hehe

      Delete
  8. 6 bulan sudah aku psang behel dan 4 gigiku pun harus dicabut :v wkkkkkkkkk

    ReplyDelete
  9. mba pakenya yg damon system pa yg bysa????
    tp keren hasilnya,lw kata aril"kalian luar biasa"{giginya mksdnya} hehehehehehe
    kemaren saya dah nanya ke Dr.spes ortho,,,katannya behel damon itu 16 jt.,,,,,,,,bener yah sgtu????????mba brpa duit pasangnya??????
    gigi saya kan parah bgt tuh mba,,,bisa g yah kira2 jd rapi bgt
    pa mba pny friend yg pny gigi parah bgt trus jadi cakep abys dibehel??????????
    thanks,,,mhn di bales

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo... makasih messagenya. aku pake ICE (http://iceclearbraces.com/), damon system beda lagi, transparan jg sih tp ga sebening ICE (http://damonbraces.com/). dan keduanya memang lumayan mahal. 16juta untuk damon itu ga gitu mahal sebenernya ya kalau di indonesia. karena dulu temenku pasang yg standar aja udah 10jutaan katanya. karena aku tinggal di inggris, jadi pasang dan perawatan behelku di inggris juga, jadi ga bisa dibandingkan harganya, pastinya lebih malah berkali-lipat dari pasang di indonesia karena biaya ortho-nya di sini kan ortho inggris juga :-) kalau memang gigimu parah banget, investasi 16jt kaeknya worth it lho, ga nyesel deh, memang mahal sih, tp pilih yg ICE apa damon, dijamin puas hasilnya. kabar-kabari ya kalau dah pasang :-)))

      Delete
  10. halow mba..mba gigi yg atas yg dicabut klw ga slah lihat gigi premolarnya cmn satu aja yg dicabutnya knpa ga kiri kanan?
    krn aku sdah dicabut 2 gigi bungsu skrg gigi premolar mau dicabut juga kiri kanan... kebayang aja gigi tetap msih bagus trs dicabut rasanya ga ridho hehehe... mohon petuahnya ya..thanks ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... iya emang rasanya ga rela lihat gigi bagus dicabut, tapi kan memang ruangnya ga cukup jadi memang harus dikorbankan.
      untuk kasusku, premolar atas memang cuma dicabut satu (sebelah kiri - coba perhatikan foto palinggggg atas). sebabnya karena di gigi sebelah kanan atas, aku sudah kehilangan 1 gigi molar, beberapa tahun sebelumnya. daripada terlalu banyak ruang kalau premolarnya juga dicabut, jadi mending pakai ruang dari bekas molar saja (kelihatan koq di foto paling atas kalau molar kananku sudah hilang satu).
      kalau kamu giginya semua masih utuh, memang sebaiknya dicabutnya kiri satu dan kanan satu. ya supaya simetris nantinya. kalau ga simetris kan lucu hehehe....
      goodluck yah dengan behelnya :-)

      Delete
  11. Allow mbak, wah jd pengen bgt pasang kawat nih, coz gigiku rada2 maju dikit kl di liat dr samping. btw mbak tinggal di UK ato di indonesia, kl tinggal di Indonesia bolak balik donk cek up nya ato gmn??
    kira2 untuk harga dengan hasil sebagus itu berapa y kalo di indonesia. di mana ya kl di indonesia mencari dokter yg master mslh kawat gigi yg bisa menghasilkan gii tonggos jd senyum pepsodent kayak mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. allow jugaaa :-) makasih dah mampir. wah nanyanya borongan nih hehe..jawab langsung aja ya. aku tinggal di UK, jadi ga perlu bolak balik. mending pasang kawat dekat domisili/tempat tinggal saja, kalau ga ya boros di ongkos bisa lebih mahal dari kawatnya :-)
      di indonesia coba ke dokter gigi yang bonafit kalau mau hasil bagus. konsekuensinya, ya harganya lebih mahal. dulu banget temenku pasang di indonesia (th 2004-an) dia kena 6-7jutaan belum termasuk harga cek-up. aku pernah nanya tahun yg sama di rumah sakit siloam gleneagles, harga pokoknya 10jutaan belum termasuk cek-up. tapi aku ga jadi pasang di indo, keburu pindah ke eropa.
      harga juga sangat tergantung pada jenis kawat yg kamu pilih. ada banyak macam, dari yang biasa dan murah (yg model kawat biasa) sampai yang tekhnologi muthakhir (biasanya transparan atau keramik jadi ga kelihatan kalau pakai kawat), yang pastinya lebih mahal.
      jangan tanya harga di UK ya, pastinya beda jauh berkali lipat hehe. sekarang mungkin di indo bisa sekitaran 15-20jt kali ya. nanya-nanya aja dulu ke dokter gigi kamu, kalau pas periksa/bersihin gigi. kalau dia ga punya lisensi pasang kawat (ga semua dokter gigi terima pasang kawat soalnya), coba minta rekomendasi dokter gigi mana yang bisa. biasanya antar dokter gigi kan saling kenal, atau paling ga tau informasi seperti itu. goodluck yaaaa :-)

      Delete
  12. Mbk, mau tanya...klo uda selesai pemasangan susunan gigi yg sudah rapi bs kembali seperti semula gk? Gmn cara tidak terjadi seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung masing-masing orang, ada yg kembali seperti semula dg cepat, ada yg lambat, ada yang permanen ga berubah2 lagi (alias tetep rapi). karena gusi dan jenis gigi orang kan beda2 ya, ada yg kuat ada yg gampang goyah. yg gampang goyah kemungkinan memang balik lagi ke posisi awal.

      nah, maka dari itulah setelah perawatan selesai dan kawat dicopot, kudu pakai retainer (di foto yg kayak plastik itu). tp retainer juga jenisnya macam2 tergantung harga hehe. yg tradisional sih yg dari semacam plastik pakai kawat tapi bisa dipasang copot itu, seperti gigi palsu. jadi base-nya nempel di langit2 mulut. kalau punyaku ini model moulding, jadi dipasang ke gigi seperti pasang sarung bantal gitu deh, dan karena bening jadi ga kelihatan kalau pakai retainer.

      fungsinya agar supaya gigi yg sudah rapi ga goyah dan balik lagi. pemakaian retainer lamanya bervariasi, kembali lagi tergantung kondisi gigi dan gusi si pasien. kalau gampang goyah, pakainya tiap malam kalau tidur, mungkin sampai berbulan-bulan, lalu pelan-pelan pakai seminggu sekali sampai berbulan-bulan, lalu pakai agak-agak jarang, baru akhirnya tidak pakai sama sekali. temanku ada yg kudu pakai retainer sampai tahunan, eh giginya tetap gerak lho, berusaha balik lagi ke posisi semula.

      kalau kasusku, aku sekarang sudah tidak pakai retainer lagi karena setelah pakai tiap hari, aku langsung loncat ke pakai seminggu sekali, abis itu copot total, gigiku tetap tidak goyah. total cuma pakai retainer 6 bulan.

      masalah terbesar dg pemakaian retainer karena bisa dicopot dan pasang sendiri, jadi kita kurang disiplin, lupa, malas, dan ogah-ogahan, karena memang di mulut rasanya ga nyaman. ada yg ganjal gitu. karena kurang disiplin inilah, banyak yg giginya kembali lagi seperti semula karena malas pakai retainer setelah kawat dicopot.

      semoga membantu :-)))

      Delete
  13. Padahal pasang kawat n bracketnya aja uda mahal sampe jutaan ea tp kok masih bs kembali seperti semula....heheh....makasih ea mbk atas info nya salam kenal saya hanny.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hanny, salam kenal kembali. ya teorinya sih ga kembali lagi ya, tapi seperti udah aku jelasin, kadang2 pasiennya yg bandel dan ga disiplin itu tadi hehehe... kalau disiplin pakai retainer sih ga bakal balik koq. kalau gigi udah kuat nancep kan ga bakal ke mana-mana. tapi juga jangan lupa, gigi manusia memang tidak berhenti bergerak, sampai kita tua. karena seperti halnya rambut dan kuku, gigi kan juga 'hidup' hehe :-)

      Delete
  14. Iya mbk, saya rencana mau pasang tp nunggu ntr klo uda di indo aja....coz Di Taiwan mahal banget lg pula gk bs bebas keluar.....saya lg cari info dokter Di semarang yg ahli orthodontic...klo mbk ada tahu tolong kasih info nya ea? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya orthodontist di luar Indonesia kalau dikurs-in ke rupiah emang jatuhnya pasti lebih mahal, pan beda mata uang :-p
      info ortho, ndak tau kalau di semarang, waktu itu aku nanya di Lippo Cikarang, Bekasi. tp nanti kalau-kalau ada info aku kabari hehehe

      Delete
  15. Halo, kasus gigi kita sama lho.
    Saya juga memakai bracket transparan dengan harga 9 juta. Gigi saya agak tonggos, dan dokter gigi saya menyarankan agar gigi saya dicabut sebanyak 4 buah, 2 di atas dan 2 di bawah. Sebenarnya saya agak takut kalau celah-celah gigi yang telah dicabut itu akan terus ompong meskipun sudah diberi tahu dokter gigi saya bahwa gigi-gigi tersebut nantinya akan bergeser. Tapi setelah saya membaca postingan mbak, saya menjadi tambah yakin dengan yang rancangan dokter saya untuk mencabut 4 gigi saya.
    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh, sama-sama :-) ikut senang tulisan ini bisa meyakinkan pembaca hehehe

      Delete
  16. mbak, hmmm boleh tahu umurnya waktu awal pakai behel? saya bacanya 12 tahun setelah usia kuliah, berarti udah kepala 3? saya sudah 34 tahun, terlambat belum ya untuk pasang behel?

    setelah pencabutan gigi sampai gigi bergeser hingga tak kelihatan terlalu ompong, makan waktu berapa lama? rada tengsin juga kalau ompongnya 4 gigi ya hehehe

    makasiiii

    ReplyDelete
  17. oiya, satu lagi... sakit ga saat dicabut? :D

    -venny-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Venny... wahhh kalo umur pas masang mah yang pasti udah lewat umurnya Venny... ga usah disebutin angkanya lah ya malu2in hahaha... menurut ortho-ku terlambat masang behel karena usia itu cuma mitos, dan sama sekali ga benar dari sudut pandang ilmu perbehelan hehehe... jadi umur berapa saja masih bisa pakai behel, begitu :-)

      mengenai lama waktu yang dibutuhkan untuk pergeseran gigi ompong, susah dipastikan, karena banyak faktor penentunya, seperti kondisi gigi ada yg gampang geser ada yg susah, dan kondisi gusi masing2 individu. nurutku sih rata-rata bisa 6 bulan sampai 1 th sampe nutup sempurna, kaek aku dulu. ya kalo masalah tengsin bergigi ompong sih udah termasuk resiko pasang kawat yah... ga papa lah tengsin sebentar, kan setahun lagi bakal punya senyum pepsodent hehehe...

      cabut gigi sakit? ga lah, kan pakai bius lokal. setelah bius ilang baru berasa hihi.. tapi pasti minum obat penghilang rasa sakit donk abis cabut gigi, dan resepnya biasa dikasih sama dokter giginya :-)

      semangat yah....

      Delete
  18. skrang msih mahal ga ya???
    ini aku kan punya gigi patah n lubang posisinya ketiga dari belakang(yg blkang bru mau numbuh kyaknya)...udah bolak balik ditmbal..pengen di cabut aja tpi ntar kan jadi ompong...kira2 klo dipsang behel bisa ngurangin renggang ompong ga yaa...kan yg bagian gigi depan aku juga agak kurang rapi...udh gitu yg pling blkang giginya bru mau numbuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaeknya kawat gigi ga bakalan tambah murah deh, ada juga tambah mahal dari waktu ke waktu hehehe....
      karena kasus tiap orang beda-beda lebih baiknya dikonsultasikan dulu deh ke dokter gigi supaya jelas nanya-nanyanya sampai puas dan bisa sekalian diperiksa kondisi gigi dan kasusnya :-)

      Delete
  19. Hallow,, :)
    Saya mau nanya, ada pengaruhya g kalau gigi bungsu dicabut? Sempet konsul sama dokter gigi, katanya entar bibirnya jadi mati rasa gt,, bener g ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah?! mati rasa? blom pernah denger hahaha... gigi bungsuku udah dicabut semua dan bibirku oke-oke saja tuh. ngawur aja tuh dokter hehe... memang pencabutannya perlu operasi khusus di rumah sakit dan kudu bius total sih, ga bisa di tempat praktek, mungkin kalau metode pencabutannya salah, bisa mematikan syaraf bibir? gitu kali maksud dokter itu. tapi kalau kejadian begitu berarti operasi pencabutannya yang salah donk bukann krn ga punya gigi bungsu hehe... di sini rata2 orang2 bule ga ada yg punya gigi bungsu karena begitu numbuh langsung dicabut semua karena emang useless dan bikin sakit gigi doank ;-p

      Delete
    2. Saya juga kaget, padahal saya konsul juga di RS n dokter bedah mulut,

      Ia mgkin gt maksut dokternya, tapi kan serem juga, pertama kali bedah, dibilang ada kemugkinan mati rasa bibirnya :(

      Ok thank you atas infomasinya :)

      Delete
    3. sama-sama :-) yahhh dokter kan juga manusia hehehe...

      Delete
    4. Mau nanya 1 lg nie :D
      Ganti kawat behel gigi di damon berapa bulan ya?
      Thank you :)

      Delete
    5. maksudnya lama perawatan pakai damon berapa bulan gitu? waduh ga tau yah aku pakai ICE dulu, bukan damon. kaeknya tergantung kasus per kasus juga sih, yg pasti damon kan lebih mahal dari kawat gigi behel jenis biasa jadi mungkin bisa lebih cepat rapinya :-)

      Delete
  20. Kak ..saat pke retainer bs sakit ngilu gag sii?? Brsa ky d tekan gigi nya ..
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau makenya setelah behel dilepas ya ga gitu ngilu karena giginya udah terbiasa ditekan. tp kalau udah agak lama ga pake trus pake lagi, rasanya ngilu lagi, tp 2-3 hari jadi terbiasa lagi koq, ngilunya pelan-pelan ilang, asal dipake terus tiap malem :-)

      Delete
  21. Mo tny lg nih..
    Awal pke retainr gigi agk goyang ga ka??.. Soalny ak ngalamin yg spt itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama, gigiku jg agak goyang pas baru pake, hehe... katanya sih gpp lama2 bakal menguat sendiri. sekarang aku udah ga pake gigiku udah ga goyang lagi :-)

      Delete
  22. sist kayaknya aku harus cabut 2 gigi atas ni ,
    untuk pencabutannya 2 sekaligus atau satu2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kanan kiri biasa satu2 jadi tetep bisa ngunyah makanan, gantian hehe. kalau dua sekaligus ga bisa makan nanti...

      Delete
  23. Replies
    1. yah, begitulah. but NO PAIN NO GAIN, mannn... semangat!!! :-D

      Delete
  24. wah ctrl+D dulu ah
    curhat dikit ya sist , saya pernah pasang behel, tapi gigi saya gk 'mundur' karena dokternya cuma cabut satu gigi bawah saja, padahal kan kalo mau mundur harusnya cabut2 bag atas, saya sudah curiga sih sebenarnya ,gimana bisa mundur kalo gk dicabut bag atasnya, tapi saya ngikut aja ,toh dokter tau yg terbaik untuk kita
    ========
    *time skip
    pas udah beberapa tahun dokternya bilang struktur gigi saya sudah maksimal, alias gk isa mundur lagi cuma agak rapi saja, saya sedikit kecewa, dokternya beralasan gigi saya gk dicabut karena sayang katanya, itu gigi sehat dan nanti susah cari kerja --"
    2,5 tahun waktu saya serasa terbuang sia2 hwa hwa
    saya sebenarnya masih punya keinginan untuk pasang behel lagi , tapi masih takut sama cabut giginya, bayangin prosesnya aja bisa keringat dingin --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahhh sayang sekali tuh ya 2.5 tahun udah ngilu2 tp ga maksimal hasilnya, heu heu... baru dengar ada dokter gigi yg ga mau cabut gigi karena sayang hihi... aku sih suka heran deh ada orang yg takut cabut gigi, aku dulu koq semangat 45 ya?! hehe... apa karena saking penginya punya gigi bagus jadi ga peduli sama cabut, sama behel atau sama operasi, semua diterabas tuntas...

      kalau emang masih mau ngerapiin lagi, hayuk atuh cabut 2 aja gigi geraham kecil atas kiri kanan trus ditarik mundur. aku bisa tuh rapi, dan ga sakit koq... janji deh hehe

      Delete
  25. soalnya tu dokter tetangga saya sist
    dia juga bilang kalo cabut gigi bisa pengaruh sama nyari pekerjaan =="

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngaruhnya sama nyari kerjaan gimana sih, ga ngerti deh... emang kalo ngelamar kerja ditanya pernah cabut gigi berapa gitu ya? hahaha... ga masuk akal tuh dokter... kecuali mo masuk ABRI atau jadi polisi gitu diitung giginya ya? kayaknya ga juga deh hehehe ada-ada saja!

      Delete
  26. gk tau juga deh , searching2 sih emang gk ketemu CMIIW
    tapi dia pengalaman sih katanya suruh pasang gigi palsu soalnya jumlah gigi ngaruh buat ngelamar kerja (di LN) , tapi gk tau juga deh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasusnya hampir sama kaya saya. niat mau mundurin tapi malah gak dimundurin haha sabar ya kita senasib cuman agak beda aja ceritanya dan susunan giginya jg udh pasti beda :v

      Delete
  27. Kak mau tanya, biasanya kalo jeda antara foto gigi ke mau dipasang behelnya brapa hari?
    Trus, ada ga kasus yg dicabut itu cumen 2 gigi geraham atas aja, ga pake cabut geraham bawahnya juga, makasi kak
    -putri-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi putri, foto itu biasanya satu paket sama konsultasi sih, itu masih tahap awal banget. abis itu kan masih kudu tahap persiapan (baca kawat gigi 3 deh), yg bisa melibatkan pencabutan gigi dan diagnosa. nyabut gigi ini bisa beda-beda juga tergantung kasusnya. ada yg musti cabut kiri kanan, atas bawah, atau empat-empatnya dan biasanya ga bisa barengan, jadi kudu nunggu gusinya sembuh dulu, bisa 1-2 mingguan. dari konsultasi sampai pasang behel aku dulu kira-kira 2-3 bulanan gitu deh lupa-lupa ingat hehe, karena cabut gigi kan kudu booking juga, yang kadang-kadang ga langsung dapet slot kosong jadi musti nunggu. ga tau deh di indo mungkin dateng bisa langsung cabut yah? karena proses ini jedanya dari foto gigi ke pasang behel bisa beda-beda. yg pasti kalau setelah difoto dokternya bilang ga perlu cabut gigi sama sekali, pasang behelnya bisa langsung alias cepet. yg bikin lama kalau pake cabut gigi dulu dan nunggu gusi sembuh.

      kalau kasusnya gigi di rahang bawah sudah rapi, ga sesak dan posisi semua giginya sudah bagus, ya cuma gigi di rahang atas saja yg perlu dikurangi lalu ompongnya dirapikan dg cara dibehel. rahang bawahnya ga usah. harga behelnya juga biasanya cuma bayar separo (kalau di inggris sini begitu sih). kalau pasang atas & bawah baru bayar penuh.

      Delete
  28. Thank you mbak...jadi lega ama infonya...ngiri liat gigi ompongku akibat dicabut mo pasang kawat karna gito nich...jadi semangat..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama debbie, senang tulisannya bisa membantu :-)

      Delete
  29. Salam kenal mba Nay...
    waktu pasang kawat kususx rahang atas kan gigi geraham besar udah copot duluan, ronggax kembali merapat..itu karena gigi depan yg mundur atw gigi belakangx yg maju juga....kan rongganya beda dgn gigi geraham kecil..soalnya kondisi gigi ku jg seperti itu mba...
    Thanks,Lucy

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali lusi :-)

      wah kita sama donk kasusnya. gigi geraham besarku jg sudah hilang satu, sejak lama sebelum pasang kawat, bagian atas kanan.

      karena rongga rahang atas kanan bekas geraham besar yg ilang itu lebih besar dari rahang atas kiri yg dikurangi geraham kecilnya, terpaksa penarikan gigi dilakukan dengan patokan yang kiri, yaitu mengikuti penutupan rongga yang kecil saja. hasilnya, rahang sebelah kanan ga bisa nutup sempurna seluruhnya karena rongganya kebesaran bekas gigi geraham besar tadi.

      tapi ini ga jadi masalah karena letaknya jauh di belakang jadi ga bakal kelihatan. meski berongga, gigi tetap mudah dibersihkan koq, jadi ga menyebabkan masalah apa-apa.

      oh ya, pas merapat, cuma gigi-gigi depan yang ditarik mundur, gigi belakang ga bisa maju karena gigi paling belakang biasa dipakai untuk jangkar/anker-nya jadi harusnya ga gerak.

      semoga membantu :-)

      Delete
  30. gambarnya detail banget mbak, ada sedikit saran neh, daripada pasang behel di tempat ga jelas, mendingan datengin FKG di kota anda, disana biasanya ada dokter2 yang ngambil spesialis orto, mereka biasanya butuh pasien dan sebaliknya kita juga butuh perwatana yang baik,..minimal mereka tau ilmunya dan didampingi oleh spesialis2 orto yang senior....dari sisi ekonomi cukup membantu kantong kita :) dan dari sisi keilmuan pun kita menyumbangkan susunan gigi kita untuk dijadikan bahan analisa dan diskusi,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saran yg bagus sekali ini :-) nanti aku tambahkan di postingan yg KAWAT GIGI 3 saja ya, karena di sana dibahas mengenai ortho, dokter, dan tukang gigi amatiran, semoga infonya bermanfaat bagi para pembaca, makasih yaaa :-)

      Delete
  31. Eh klo gigi depan sya kan patah trus klo di cabut bisa pke behel gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. gigi depan yg mana nih? yg tengah depan (central incisor) apa sebelahnya (lateral incisor), atau gigi taring (canine)? kalau salah satu dari ketiga gigi depan itu dicabut, bakal ga simetris kalau dibehel. pencabutan biasa mulai dari gigi setelah taring, ke arah belakang. kalau taring ke arah depan (2 taring, 2 lateral dan 2 central) terpaksa hilang atau dicabut, harus pasang gigi palsu untuk nutup celahnya, ga disarankan pakai behel, karena ga akan simetris

      Delete
  32. Ka aq juga baru pakai behell gigi aq juga sudah di cabut..aq mau tanya proses merapatnya gigii yg telah di cabut kira" berapa lama ya ka..

    ReplyDelete
  33. Mau tanya , gigi aku udah rata, tapi rahang terlalu kedepan... Klo pake behel , ni rahang bisa mundur gak ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa, rahang harus operasi rahang, itu operasi besar dan serius, ga bisa dg pake behel saja

      Delete
  34. mantab mba sharing nya..
    saya juga mantan pemakai behel dan skrg alhamdulillah gigi saya yg berantakan sudah rapi..hehe
    tp sayang, saya gak pernah mendokumentasikan foto2 nya...

    @HaryBJ

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh sayang ga punya kenang2an yah pas masih berantakan, hehe...

      Delete
  35. Mbak, sya bru 2 bln pake behel. Tp kasus sya bukan gigi yg maju tp gusi zya yg maju.
    sblm pasang sya konsultasi dn kata dokternya gk perlu dicabut giginya. Jd gigi sy cm dilangsingkan doank. Menurut mbak kasusnya sama gk dgn mbak? Bs mundur gk ya gusi sya wlpn tnpa cabut gigi?

    ReplyDelete
  36. Mbak, sya bru 2 bln pake behel. Tp kasus sya bukan gigi yg maju tp gusi zya yg maju.
    sblm pasang sya konsultasi dn kata dokternya gk perlu dicabut giginya. Jd gigi sy cm dilangsingkan doank. Menurut mbak kasusnya sama gk dgn mbak? Bs mundur gk ya gusi sya wlpn tnpa cabut gigi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban singkatnya, ga bisa. yg bisa mundur cuma gigi. mundurin gusi harus pake operasi rahang, dan itu cukup serius, dan sangat mahal sekali, udah kayak operasi plastik hehe. pernah aku bahas di komen postingan kawat gigi 3 deh kayaknya, ada yg nanya juga.

      Delete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. hi sist, mau nanya dong. saya juga lagi perawatan. awalnya jumlah gigi saya 33. dicabut 1 yg deket taring atas (bukan gingsul). awalnya dokter nawarin mau dicabut 4 gak buat mundurin, tp karena masih belum terbiasa ngerasa sakit sy bilang bagusnya gimana, nah jdnya drg saya fokusin yg depan itu dulu. lalu akhirnya dicabut 2 gigi graham paling belakang atas. jadi jumlah gigi saya sekarang 30, dengan jenis gigi agak besar2. anehnya kok saya ngerasa agak tonggos. tp dokter bilang enggak. apa setelah perawatan ini mesti pakai behel lagi di dokter lain ya buat mundurin gigi?
    thank u before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti itu yg dibuang Baru gigi bungsu bukan geraham meski bentuknya emang sama. Kalo masih merasa tonggos, ya emang kudu dikurangi 4, satu gigi atas kiri, 1 atas kanan, 1 bawah kiri dan 1 bawah kanan biar simetris. Biasanya yg dibuang geraham kecil yg letaknya di antara taring dan geraham besar. Kalo jumlah giginya udah berkurang baru dikawat untuk nutup bagian yg ompong bekas dicabut tadi. Soal rasa sakitnya, no pain no gain hehe. Goodluck yaaa

      Delete
    2. ini udah mau setaun pake behel kok sist. klo ditanya rasa ya memang sakit pake bgt, tapi lama2 ya terbiasa haha. saya pasangnya ke residen di fkg. jadi drg yang ngambil spesialis lagi. yang buat saya heran itu tiap kali ada temennya (drg jg) yg dateng selalu kaya yg heran cz gigi belakang taring saya gak dicabut. tadi saya nanya, kata dokternya itu pake perhitungan, klo dicabut 4 nanti jadi cekung dan gak semua kasus harus dicabut 4 gigi belakang taring. antara puas sama enggak sih jadinya :/

      Delete
  40. wah artikel nya bagus bgt :)
    saya juga pengen nih pake behel tp bentrok ama biaya buat kuliah
    rada bimbang gtu . pilih kuliah apa behel yak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuliah lebih penting untuk masa depan, gigi rapi ga gitu penting. Kalo dah lulus, kerja, punya gaji sendiri bisa pake behel kapan saja. Aku pake behel setelah kerja 12 tahun lho!

      Delete
  41. wah penantian panjang juga ya mbak ;)
    bener juga sih . tp aku kurang pede n minder gtu jadinya

    ReplyDelete
  42. Aku jg baru pasang behel 3 hri yg Lalu karna pasca kecelakaan gigi depan aku patah, dan kata dokter gigi ku harus dicabut yang paling syng.a khasus ompong aku itu didepan.. Btw gigi ompong aku itu masih bisa ketutup ngga yah..????? Tapi brp lama bisa ketutup soal.a yg ompng.a itu di tutupin sama gigi palsu yg bikin aku mendrita klau minum n makan.... Maka.a aku tdk mw pake gigi palsu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo gigi depan memang tidak tergantikan, sekali patah memang kudu ganti pake palsu. Pada prinsipnya semua ompong bisa nutup dg pasang behel, tapi jg lokasi ompong nya harus diperhitungkan. Kalo ompong dari gigi taring ke belakang bisa ditarik kawat supaya nutup, tp kalo ompong depan atas ya ga bisa karena dari segi estetika nanti kelihatan ga simetris. Solusinya mau ga mau emang harus diganti palsu. Depan bawah sih ga simetris ga papa kayak gigiku bawah depan di antara taring yg harus nya ada 4, sekarang cuma ada 3. Semangat ya dg behel barunya :)

      Delete
  43. saya br 2 stgh bln pk behel... sebenarnya bagian gigi bawah sy yg gigi seri tertimpa n taring bwah kiri agak keluar mungkin dikarenakan tumbuhnya gigi geraham bungsu bawah di kiri n kanan tp sudah dioperasi skg.. sedangkan bagian atas terlihat sudah rapi tapi ternyata dokter bilang gigi atas sy agak maju.. saran dokter untuk mencabut gigi tp diberi waktu berfikir.. alhasil sy mengiyakan untuk mencabut , 2 gigi geraham atas sy sudah tercabut lebih dulu( 1 gigi per minggu).. sisa nya minggu dpn bagian bawah 1 gigi terlebih dulu.. tadinya agak was2 tak bisa rapat tp setelah lihat blog kakak , sy jd yakin.. semoga gigi ku bisa jd lebih rapi n lebih PD pastinya ^.^ Amin yahh.. :D *jgn takut buat yg mau gigi nya rapi: lebih cepat dikawat gigi lebih baik* dan seperti kakak nay bilang "harus sabarrr" ya kak? apa lagi drg, ku hrs antriii.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang kuncinya kudu sabar dan percaya pada behel hehe...goodluck yaaaa, semoga cepet rapi giginya :-)

      Delete
  44. Hihi jadi rapih ya kak ^^.
    Aku juga make behel baru sekitar 6 bulanan. hasil nya udah keliatan banget padahal baru 6 bulan . Hehe tapi kadang saya males kontrol. Bulan ini telat kontrol . Liat postingan kak nay jadi semangat buat kontrol nih supaya cepet rapihh :D . Walaupun sakitnya tiap abis kontrol itu aduuhh nyut nyutan gak jelas x|

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh, pasti kontrolnya tiap kali datang pake bayar yah, pantesan males hihihi... kalo aku udah paket harganya sih jadi ga bisa mundur2 kontrolnya udah dijadual, tinggal nurut aja. emang kalo abis kontrol dikencengin nyut2an yah hehehe, tapi tambah cepet selesai tambah baik kan, semangatttt! :-D

      Delete
  45. ga sabar deh pengen behel :(
    soalnya lg ngumpulin biaya ..
    katanya pas pertama pake bakalan sakit dan ngilu luar biasa ya :(
    trus kalo mingkem bakal aneh gak sih jadinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakal aneh banget. Ngilu pastinya. Kalau ga gitu ya ga bakal punya gigi bagus, jadi untuk sukses harus berani menghadapi tantangan tersebut :)

      Delete
  46. hem iya ya mbak ;)
    semangat ! senyum pepsodent :D

    ReplyDelete
  47. saya mau nanya kalau saya mau pasang kawat untuk merapikan gigi depan saya yang tidak rata, apakah pasang kawat bisa langsung rata?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung byk hal bisa rata nggaknya, karena kasus tiap orang beda2. lebih baiknya tanya dokter gigi langsung biar jelas. tapi asal giginya sehat, gusi sehat, jenis kawat tepat, ditangani oleh dokter dg baik, pasti bisa rata. jangan lupa butuh waktu, kawat gigi bukan sulap. good luck ya :)

      Delete
  48. Slm knl mb nay, cita2 saya dr kcl jg psng kwt gigi, tepatny smnjk gigi ttp saya tmbuh tdk braturn, satu gigi jd ketua di depan lg (jengil), alhmdlillah stlh lbh dr 30 th cita2 saya dpt trwujud, skrng kira2 sdh 10 bl saya pasang kwt gigi, alhmdulillah giginya sdh rapi, skrng lg pakai rubber bands, kt dkter biar gigitan gigi atas bwh bs klop, tp kdng giginy suka bunyi klek ky agk goyang dkit, itu normal g y mb nay???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika gigi diatur ulang posisinya dg cara pengawatan, mmg sedikit banyak dan mau ga mau akan goyah, itu normal. Nanti pas kawat dah dicopot akan menguat lagi, punyaku gitu. Soal bunyi klek aku ga ngalamin. Mungkin krn katupan gigi atas dan bawah blom sempurna posisinya jd bbrp gigi masih beradu di titik yg tidak semestinya? Cuma tebakanku sih, mending nanya dokternya pas konsultasi berikutnya :)

      Delete
  49. saya mau tanya nih... saya bentar lagi lepas behel, apakah bibir yang tadinya manyun bisa balik lagi seperti sebelum pasang behel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sebelum pasang ga manyun, pasti bisa balik lg. Tp kalo udah manyun dari sononya, perlu operasi bibir deh, hehe

      Delete
  50. Mbak, aku mo nanya
    Gigi geraham nya bergeser berapa lama ke ruang yang kosong?? Soal na aku tanya ke orthodontist disini gigi geraham itu ga bs ato susah digeser krn akar na yang lebih kuat ditambah jarak yg mesti diisi jg cukup jauh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sisi, pastinya berapa lama udah lupa, tp yg pasti Gigi geraham TETAP BISA DIGESER, jgn takut. Geraham kananku digeser ke belakang ga masalah tuh, baik baik saja. Ini geraham kecil lho yah. Kalo geraham besar kaeknya ga perlu digeser deh kan letaknya udah paling belakang Dan justru fungsinya buat jangkar kawatnya. Semoga membantu.

      Delete
  51. thanks sob untuk postingannya...
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. mbak itu foto yg pertama ( penampakan gusi belakang di antara 2 gigi atas) itu gusi nya bengkak ato emang gitu mbak???...soal nya gusi sy juga kayak gitu kondisi nya tp ga sakit hanya agak bengkak kayak yg difoto mbak itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga sakit ga perlu khawatir, meski agak bengkak. Selama perawatan seluruh bagian gusi dan mulut memang bisa bengkak karena gigi-giginya bergerak semua dan ditarik-tarik. Lama-lama terbiasa kok. Don't worry :)

      Delete
  55. alat yang digunakan dokter untuk menarik gigi yang pakai behel itu menggunakan apa ya mbak, apa pakai mesin penarik gigi atau gimana, heheeee jadi takut,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ga perlu takut dillahkaladi. Behel itu cuma jangkarnya doank kok. Dan narik gigi itu ga ada alatnya, kalo ada itu pasti dipake buat nyiksa tawanan perang jaman dulu hehe. Gigi ditariknya pelan-pelannnn banget cuma pake KARET! Hebat kan tenaga elastisitas karet bisa buat ngerapiin gigi. Ayo pasang behel jangan takut :D

      Delete
  56. halo mbak,
    mau nanya, itu gigi depan bawah (seri) apa bener cuman 3?
    kalo bener cuman 3 aja, kok sebelum dikawat udah keliatan rata.


    trus pas pencabutan, apa bener dicabut jg oleh dokter yg merawat kawat gigi mbak sdr, bkn sama dokter yg lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cuma 3 krn yg satu dah lama ilang kayaknya sih dicabut pas masih SD karena numbuhnya gingsul. Gigi bawah memang udah rata, tp tetep dikurangi supaya rahangnya bisa ngatup lebih baik krn atas dikurangi jg. Yg nyabut gigi bukan yg ngerawat. Yg nyabut dentist atau dokter gigi sama gigi bungsu yg nyabut rumah sakit krn pake operasi. Tp yg pasang behel sama ngerawat bukan dentist nya tp orthodontist. Coba Baca postingan yg kawat gigi bagian 3 untuk lebih jelasnya :)

      Delete
  57. Hai mba salam kenal.. Aku baru aja pasang behel nih,
    Untuk kasusku gigi bawah aku dicabut 2.. Karna kasusku aku masuk kategori cameh atau gigi bawah lebih maju.. Aku mau tanya kira2 waktu yg dibutuhin buat ngerapetin gigi yg ompong bekas dicabut itu brp lama ya? Aku pake behel yang biasa bukan kaya yg mba pake hehe.. Kadang suka nangis liat kaca kalo loat gigi bawahku ompong ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, salam kenal kembali :-) untuk gigiyang ompong, mudah-mudahan sih bisa nutup dalam waktu kurang dari 6 bulan. tapi pake behelnya memang perlu lebih lama lagi supaya posisi giginya ga geser-geser lagi. semoga membantu yah... semangat!!!

      Delete
  58. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  59. salam kenal, aku juga ada rencana buat pasang behel tapi masih siapin mental dan duit hahaha soalnya baca-baca di web katanya pasang behel itu sakiiittt makanya siapin mental, oh ya mba biasanya buat penarikan gigi setelah dipasang behel itu setiap berapa bulan sekali ya? aku punya gigi yang besar tapi rahang yang kecil jadi giginya over jet, hal itu ganggu aku dalam hal berkomunikasi terutama, artikulasi yang aku ucapin kadang" jadi kurang jelas

    ReplyDelete
  60. Erna pasang behel tuh nggak sakit kok, sakitnya pas sesudah pulang ke rumah rasanya cuma ngilu bnrnya bkn sakit.
    jadi nggak usah takut, aq sdh jalan 3 bln pakai behel pas awal mw pasang jg sm ada rasa takut pas di pasang behel bakal sakit nggak yh deg2an.
    eh ternyata nggak kok cm tegang aj sampe2 pas awal pasang aq aj tanya dokternya, dok sakit nggak yh pasang behelnya ? ktnya nggak kok klu sakitnya tuh pas slesai pasang behel bakal ada rasa ngilu2 aj.
    jadi g ush takut demi merawat diri demi senyum indah yg di impikan.
    masalah penarikan pasti 3mgg 1x
    thx numpang share pengalamanq

    ReplyDelete
    Replies
    1. @handoyo halim: iya ya soalnya baca" diblog/website kaya gitu, iya deh bismillah aja oh ya kalo ada gigi yang harus dicabut tuh gimana? kita dikasih suntikan biar gak berasa waktu gigi dicabut atau gimana? emang bisa ya gigi yang gak goyang itu dicabut? aku masih belum ngerti aja karena selama ini yang aku tahu gigi yang bisa dicabut cuma gigi yang goyang aja

      Delete
    2. makasih @handoyo halim, udah bantu ngejawab hehe. untuk cabut gigi yang masih sehat, iya donk pasti pake bius lokal biar ga sakit. pada intinya semua gigi baik sehat maupun goyang bisa saja dicabut. tidak ada yang tidak mungkin hehe...

      Delete
  61. Kak, rentang waktu gigi ompong sampai tertutup berapa ya???, sya bru make 1 bln,, kyaknya perubahannya baru dikit

    ReplyDelete
  62. maaf ka mau tanya, gigi kk yang dicabut waktu pake behel itu gigi bungsu atau gigi geraham dibelakang gigi taring? kalo yang dicabut gigi bungsu itu pake operasi atau gimana? kan gigi bungsu tumbuhnya paling ujung. haduh saya ngeri kalo yang dicabut itu gigi bungsu, soalnya liat" di internet prosesnya harus dibedah dulu gusinya, dibor baru diambil terus dijahit, jadi takut buat pasang behel kalo yang dicabut gigi bungsu paling belakang

    ReplyDelete
    Replies
    1. gigiku dicabut 8 buah sebelum pasang behel, dan udah ilang 1 buah sejak lama, jadi total giginya berkurang 9 buah. sampe heran sendiri kok aku ga ompong yah hahaha...

      dari 8 buah yg dicabut itu, 4 nya mmang yg geraham kecil di belakang gigi taring. tujuannya supaya ada ruang/sela buat gigi yng lain buat ditarik ke belakang. proces pencabutan biasa saja di dokter gigi dengan bius lokal, ga pake drama hehe...

      kalo yg 4 lagi yg dicabut memang gigi bungsu belakang. sebenarnya ga harus dicabut juga sih untuk pasang behel, karena ga ngaruh. ga ngasih ruang ekstra juga buat pasang behelnya karena justru geraham besar di belakang dipakai untuk jangkar behelnya, jadi ga ikut bergeser. kalo geraham besar di depan gigi bungsu aja ga geser, apalagi gigi bungsunya memang ga ikutan berperan dalam proses pengawatan.

      kenapa gigi bungsuku tetap dicabut semuanya? alasannya karena tumbuhnya miring, dan bikin sakit gigi karena nusuk ke gusi dan pipi bagian dalam, ga ada hubungannya sama pasang kawat. tapi karena waktu itu mau diberesinnya sekalian ya dicabutnya emang barengan pas mo pasang kawat sih hehe...

      proses pencabutan yg gigi bungsu ini agak beda dg gigi geraham kecil. ga bisa oleh dokter gigi biasa, karena harus operasi dan harus bius total. prosesnya memang rada-rada serem sih. abis dibius, gusinya emang dibedah. yg paling serem sih pas aku nanya apa boleh giginya dibawa pulang setelah dicabut? karena gigi geraham kecilku yg dicabut dokter gigi biasa emang aku kumpulin buat kenang-kenangan haha, gapenting banget!

      eh kata dokter bedahnya aku dikasih tahu kalau giginya dibor dan bakalnya dihancurin jadi serpihan kecil-kecil jadi ga bisa dibawa pulang. prosesnya emang gitu, kalo ga diancurin giginya terlalu besar, jadi ga bisa dicabut utuh gitu deh.

      abis itu emang gusinya yang menganga kudu dijahit karena giginya dah ilang. aku sih pas dibius total ga berasa apa-apa. pas siuman aja baru berasa cleng-cleng, tapi abis itu minum obat penghilang rasa sakit kok, ga gitu parah rasanya. seminggu kudu makan yg lembut2, bubur dan sebangsanya, abis itu gusinya sembuh baru deh pasang behel.

      eh, jadi panjang jawabannya, hahaha...

      Delete
    2. oh jadi gitu ya ka, jadi dicabut atau engga nya gigi bungsu engga ngaruh buat ruang behel nantinya, aku sedikit lega dengernya, udah kebanyang tuh kalo misalkan gigi bungsu juga harus dicabut buat ruang behel... :D soalnya gigi aku gede" jadi takutnya perlu ruang yang banyak juga buat narik giginya kebelakang...
      gigi bungsu aku sih sampe detik ini belum ada masalah, iya gpp ka jawabannya pnjang juga, biarpun panjang tapi sangat memuaskan dan detil banget, aku jadi puas dengernya.. makasih ka, doain aku ya mudah"an bisa cepet" dibehel buat jadi lebih baik

      Delete
  63. Makasih kk informasinya.....
    Sangat bermanfaat sekali....
    Jadi semangat untuk nabung supaya dapat gigi pepsodent..... ^_^
    Jadi semangat nyari duit.

    ReplyDelete
  64. Makasih banget infonya....
    Sangat bermanfaat sekali.....
    Saya juga dari kecil bercita-cita pakek behel..
    Tapi uang tabungan saya blm cukup..
    Soalny baru 1 th lebih krja....
    Pas baca cerita kk jadi semangat nyari uang buat nabung untuk pakek behel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nesa Miratilova, makasih udah mampir! ayo semangat cari duit dan nabung juga tentunya biar bisa pasang behel, jangan dihabisin buat jajan ama beli baju terus yah hehe...

      Delete
  65. Hai kak nayarini, aku komennya disana sini hehe mdh2 masih dibales :D
    Mmm aku pernah googling buat penahan breketnya di pake kayak ring gitu tapi di fotonya kaka gak ada cincin2nya itu pake apa ya kak? Aku juga gak dipasangin cincin gitu soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap balesnya super telat, sibukkkk, hehe... cincin itu cuma buat tambahan narik biar nutup sela ompongnya lebih cepet ajah. kalo penahan braketnya bentuknya kayak rantai :-)

      Delete
  66. wah, ajaib, hasilnya kelihata beda,,

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. hai ka, tanya dong, itu waktu gigi udah dicabut berapa lama geser jadi gak ompong lagi?

    ReplyDelete
  69. Kak berpa lama perapatan gigi setelah d cabut tu .ak juga d cabut ini tp takut g rapat lagi .nti gigi ku ompong gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama pertanyaannya kayak di atas. minimal butuh 6 bulan ya

      Delete
  70. trus ka kalo udh pasang behel pasti ngilu2 gitu kan, biasanya udah bisa makan normalnya berapa minggu apa berapa bulan? aku baru pake 2 minggu nih ka, kok masih sakit+ngilu2 gitu --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang ngilu2 di awal2, tapi lama2 terbiasa kok. aku dulu beberapa minggu pertama makan yang empuk2 dulu, kayak bubur dan sebangsanya. nasi juga dimasaknya yang airnya dibanyakin jadi agak2 mirip bubur lah. tapi setelah terbiasa dan ga ngilu, kan kudu balik ke dokter lagi buat ngencengin kawat, trus n gilu lagi deh, gitu terus sampe selesai perawatan 2 atau 2.5 tahun hehehe... yang sabar aja!

      Delete
  71. Kak aku mau nny, benar gak sih setelah lepas behel gigi kita gak bakal sekuat sewaktu sebelum menggunakan behel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih gitu, tapi ga juga sih tergantung masing-masing orang kondisi gusinya gimana. kalo sehat-sehat aja, giginya juga sama masih sekuat yang dulu. apalagi kalo masih muda. kalo tua mah emang dah waktunya ompong hehe :-)

      Delete
  72. Mbak gigiku sama dicabutnya sama kayak km gitu tapi kebalikan yg dicabut yg atas 2 bawah 1. Nah buat ngerapetin narik gigi2nya itu km ditariknya pake karet panjang apa pendek? Masa iya gigi aku ditarik satu2 pake karet pendek, yg tadinya ompongnya agak belakang stelah taring ini jd kedepan2, takutnya ditarik satu2 ompong didepan :((( gamau. Km gitu jg gak?? Trs itu kata km kok pake cincin2 gt biar cepet nariknya? Brarti aku minta ke dokternya kek gitu bisa ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu aku ditariknya pake karet panjang yang sambung menyambung dari behel satu ke behel lainnya gitu. Mungkin doktermu metodenya beda? Kan beda behel kudu ditarik pake karet yang beda-beda, jadi mungkin aja metodenya harus begitu. Coba deh lihat di google image ini. Beberapa jenis behel emang pake satu-satu nariknya. Aku bukan dokter atau ortho jadi ga tahu bedanya metode yang pake karet panjang atau yang pendek gimana.
      https://www.google.co.uk/search?q=brace+elastic+bands&biw=1280&bih=939&tbm=isch&source=lnms&sa=X&ei=cWIRVYLaNomP7AbRkIH4Cg&ved=0CAYQ_AUoAQ
      Kalo yang karet cincin itu katanya buat mempercepat proses penarikan aja.

      Delete
  73. mbak klw gg depan tuh di tengah''nya ada gg kecil ,trus sya uda konsultasi ke drg. katanya gg kecil itu di cabut trus kn bakalan renggang nah trus saya uda pke behel bru 5 hari lah , kira" bisa rapat ndak ya trus butuh brp bulan supaya bsa rapet ya,,, nuhun mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya bisa rapat lah, jangan kuatir hehe. berapa lamanya itu tergantung seberapa renggang giginya. kalo sela-nya ga gitu besar, 6 bulan udah rapat kok. kalo yang sela-nya besar mungkin perlu lebih lama. o ya tergantung juga sama jenis behel dan metode penarikannya. semoga membantu ya... yang penting sabar aja.

      Delete
  74. hai ka selamat yah giginya sudah rapi.. ikut seneng lihatnya :) .. oia sya juga slah satu pemakai behel dn baru 4 hari yang lalu 1 gigi saya dicabut. yang mau saya tanyakan kenapa yah sudah h+4 pasca pencabutan gigi, gigi saya masih berasa linu dn gusi juga masih bengkak.. apa kaka juga pernah merasakan hal serupa pasca pencabutan gigi? dan berapa waktu yg dibutuhkan utk pemulihannya ( agar gigi tdk terasa linu dan gusi tdk bengkak lagi) karna jujur saya kurang nyama utk mengunyah makanan saat ini.. trims sebelumnya.. salam gigi sehat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih poppy :) abis cabut Gigi biasanya semingguan deh gusinya sembuh. Kalo linu biasa abis cabut boleh minum paracetamol kok. Tp kalo dah lewat seminggu masih bengkak balik lagi ke dokter aja, takutnya ada infeksi. Makanannya yg empuk2 aja dulu, bubur ayam, misalnya. Salam Gigi sehat juga :D

      Delete
  75. Mbak space gigi nya itu udah bisa di penuhin ama gigi lain kira2 perlu waktu brapa lama mbak...makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Afan tergantung kasusnya biasa antara 6-12 bulan ya. Semangat!!

      Delete
  76. Hai kak nayarini estiningaih, aku mau tny kak, aku idh hampir 3 thn makai behel, bibir aku kelihatan tebal saat memakai behel, bibir ku jg sangat dower kalau dilihat dr samping :'( kira2 bisa gk ya kak bentuk bibir aku kembali sperti semula setelah melepas behel?. kakak dulu jg gt gk kak? Apakah bentuk bibir kakak berubah saat nemakai behel? Dan apakah bentuk bibir kakak kembali sepeetti semula setelah melapas behel kak? Di bls ya kak, dan terima kasih byk kak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi welin. udah 3 tahun belum dicopot ya? rencana sampe berapa lama? *iseng nanya*. iya aku dulu pas make behel juga rasanya bibirnya agak tebel, karena kan di dalam mulut kita ada behelnya. foto-fotoku pas make behel pas senyum juga jelek banget, ga tega liatnya hahaha. tapi pas udah dilepas balik normal lagi kok. kecuali kalo emang bibirnya udah asli tebel dari sononya kayak angelina jolie yah ... eh tapi kan malah seksi hihi

      Delete
  77. Hallo kak.. aku mau nanya nih, aku udah hampir 3thn pake behel, aku pake diluar kota, tapi gigi aku ttp maju (aku pale behel cuma bag atas). terus aku coba tanya2 dokter dkt rumah aku, dan dia bilang gigibag atas aku harus dicabut, kalau gak dicabut mau seribu kali pun konsultasi ke dokter giginya gak akan ada perubahan
    Menurut kakak gimana? Ntar kalo gigi atas dicabut yg dibawah mesti dicabut juga? Atau aku harus pake behel bag bawah juga?
    Sebelumnya trimakasih kak;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ruang buat narik gigi ke belakang kurang tersedia, mo ditarik pake behel sampe 10th ya ga bakal mundur giginya, bener kata dokter deket rumahmu. Emang gigi kudu dikurangi biar bisa mundur. Kalo bagian bawah mundur juga ya harus dicabut juga, total 4 buah jadinya. Gpp kalo mau hasilnya bagus emang kudu dikorbanin giginya. Semangat yaaa

      Delete
  78. Salam kenal kak..
    saya dg uun..
    Saya sudah pakai bracket dari 2009 lalu..
    dan sampai sekarang sudah dokter ke 3 yg menangani, dokter pertama cabut 4 gigi, masih belum mundur karna kasus gigi saya gingsul dan tongos. Gingsul terkoreksi dari dokter pertama tp tongos belum selesai. Akhirnya karna gak maju progress nya saya pindah ke dokter kedua. Dan ternyata buang buang waktu karna masalah gak terselesaikan. Akhirnya saya pindah ke dokter ke-3. Dokter ketiga memberi pilihan, antara saya dikasih perawatan menggunakan damon sistem yg konon katanya bisa melebarkan susunan lengkung rahang atau harus cabut 4 gigi lagi agar tongos saya bisa terkoreksi.
    6 bulan memberikan kesempatan pelebaran lengkung, tongos tetap tidak terkoreksi. Akhirnya saya memutuskan untuk cabut 4 gigi lg. Semua penca butan gigi di pre molar. Karna pertimbangan geraham saya bagus posisinya dan ruang yg diperlukan buat mundurin gak terlalu banyak. Jadi praktis saya gak punya lagi gigi geraham kecil / premolar.
    Sebulan setelah pencabutan, saya ganti tambalan amalgam di beberapa gigi geraham belakang yg ternyata baru diketahui bahwa beberapa gigi getaham udah pada tipis karna lubang dan proses tambal banyak mengikis jaringan gigi. Dari situ saya mulai galau kak. Saya jadi depresi karna menyesali proses pencabutan gigi-gigi sehat saya dan yg tertinggal gigi yg sudah bermasalah..

    ReplyDelete
  79. Ohiya perlu di ketahui saya seorang ibu bernaka dua dan usia saya 33 tahun..
    yg ingin saya bagi di sini adalah.. bagaimana ya saya bisa menghilangkan rasa penyesalan inj ya kak.. ?
    Saya selalu di hantui rasa bersalah dan ketakutan. Takut nanti di sisa umut saya gigi saya habis dan gak bisa ngunyah.. padahal kan saya masih pengen usia panjang dan menunggui anak cucu hehe.. *kepanjangan ya mikir nya..
    ehh tp beneran.. beberapa hari ini saya agak depresi atas penyesalan saya.. kok bisa bisanya saya nekat cabut 8 gigi..
    sampai saya baca postingan kakak jadi agak lega.. ada yg sekasus dg saya..
    memang sebelumnya jg dokter gigi ortho saya pernah cerita kalo banyak kasus jg yg cabut 4 masih belum cukup rahang nya utk menampung semua gigi.. hanya karna ada masalah di gigi yg tersisa inj yg membuat saya makin galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Uun... aduhhh jangan galau donkkk, jadi ikutan galau nihhhh, hehe. sini sini hugs dulu :-) di beberapa kasus memang gigi sehat yang harus dikorbankan bisa lebih dari empat karena rahangnya memang kecil banget, atau ukuran giginya yang gede-gede banget. untuk kasusku, gigi bawah sekarang cuma ada 11 (dari normalnya 16), atas sisa 12 (dari normal 16). untungnya yang kanan atas geraham kecilku masih utuh 2, karena geraham besar sudah hilang satu sejak lama.

      sejak aku punya anak (baru satu sih, meski umur udah mo 40 hiks), geraham besarku yang sebelah kiri justru yang mulai rewel dan bermasalah. atas bawah sekarang ditambal dua-duanya. sementara geraham kecil dua buah udah dicabut meskipun dulu kondisinya sehat. apakah aku nyesel? ga juga sih, karena tiap proses kan emang terjadinya pas beda waktu. dulu pas pasang kawat kedua geraham besarku masih bagus. kalau tahu bakal bolong ya geraham besar aja dulu yang dicabut yah hehe.

      sayangnya kita ga bias meneropong ke masa depan. jadi ya sudahlah. sekarang yang tambalan juga udah mulai sering ngilu. worst case scenario mungkin satu hari harus dicabut atas bawah. ya gpp sih karena masih ada satu pasang lagi yang sehat. dan yang sebelah kanan juga masih utuh buat ngunyah :-)

      jangan lupa, semakin tua gigi kita juga akan semakin berkurang kok kekuatannya dan akhirnya ompong kalo udah nenek-nenek, dan itu alami.

      semoga ga galau lagi yah.

      Delete
  80. Mbak Naya.. makasih banget ya saran dan suggest nya.. semoga galau makin mereda nie say.. apalagi mau lebaran ni.. masak galau ajja ya.. hehe..
    ohiya say dokter ku bilang, masih banyak kok cara utk mempertahankan gigi kita walo tinggal dikit, misal pasang crown sebelum gigi bener bener rusak dan harus cabut. Crown yg bagus mampu bertahan sampai 20an tahun stay di rahang dan melindungi jaringan gigi di dalamnya..
    semoga gigi mbak naya selalu sehat ya.. dan semua masalah teratasi dg baik.. (doa yg sama buat diri sendiri hehe..)
    Sehat dan bahagia selalu ya mbak Naya..
    Tulisannya bagus bgt.. sangat bermanfaat..
    saya jadi malu nie.. punya blog cuma dianggurin..
    mbak naya gak mudik ke INA ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woaaaa, ternyata masterchef kue yaaa, barusan ngintip warungkue.com, keren semua jadi pengin pesen semua haha... Kirim ke inggris nyampe kapan kira2 :-D

      Delete
  81. Hehe iya, masih ada solusi crown atau paling akhir pake Gigi palsu kalo dah ompong semua yah. Tinggal soal biaya aja haha. Amiiinnnn, moga2 gigi kita baik2 saja. Makasih banyak doanya, sama-sama ya buat Uun sekeluarga. Lagi ga mudik, emang ga pernah mudik pas lebaran, hiks. Repotnya dobel soalnya hehe. Syukurlah kalo tulisannya bermanfaat, niatnya cuma berbagi doank. Ayo nulis lagi donk nanti aku BW-in deh #halah :P

    ReplyDelete
  82. Sipp mbak naya... wah kirim ke inggris di jamin gak sampe alias basi di jalan kue nya hehe..
    kalo ke Ina aja ya tak kirim nya..
    Suka sama style mbak naya nie.. hidup simple dan gak terlalu khawatir banyak hal.. mengalir seperti air aja tampak nya..
    semoga aku jg bisa begini ya.. gak banyak mikir dan terlalu dalem mikirin seuatu.. kata suamiku, aku orangnya kebanyakan mikir.. lama lama cepet mati.. hihi.. tar bisa-bisa gigi masih utuh tp udah mati duluan karna keseringan depresi.. naudzubillah.. hehe..

    ReplyDelete
  83. kalo gigi tonggos pas udah pake behel giginya udah rata atau mash keliatan tonggos atau tambah tonggos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan cek postingan kawat Gigi bag 3 ya, maaf telat bales

      Delete
  84. Mba biaya nya selama pake behel berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentang biaya behel sudah dibahas di postingan kawat gigi bagian 3 dan 4, silahkan dicek ya :-)

      Delete
  85. Kak kalau pasang behel apa harus di dokter slesialis ortodonti?

    ReplyDelete
  86. Kak kalau pasang behel apakah harus di dokter spesialis orthodonti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya donk, mosok ke dokter spesialis kandungan, ihh kamu lucu deh :-)

      Delete
  87. berkat postingan mb Naya aku udah cabut 4 premolar, jd total gigi sehatku yg udah dicabut udah 6 sisa gigi inpaksi sebelah kanan atas bawah yg blom
    nah setelah sebulan dicabut baru dokterx mundurin gigiku n skrg udah 2 minggu dimundurin lumayan ada yg mundur sih dikit bgt
    kebetulan sy pakai damon clear, kira2 gigi ompong ini berapa lama mundurnya ya? tp karetnya sy ga begitu tp karet power chain yg dibuat narik mundur nih gigi depannya yg ompong. nah skrg karetnya udah nggak berasa nariknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Ratna, jawabannya udah dibahas di postingan "kawat gigi 4" yaaaa :-)

      Delete
  88. Kak pas abis cabut gigi itu seminggu kontrol gak kak? Terus kaka dikasih obat gak kak kaya rasa betadine gitu warna coklat dimasukin ke dalemnya.. Aku dikasi kak sama dokternya.. Mana diteken yaAllah sakit banget kak ngilu banget ampe teriak2 aku. Terus sempet dikasi juga kaya betadin lg dari suntikan gitu dimasukin ke dalem gusi yg bekas dicabut giginya terus dia lgsg berbusa gitu kak.. Dokter gigiku agak keras gitu kak sakit banget.. 😔 dia kerja di TNI kak.. Aku rekomendasi temen.. Diceritainnya si begitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Restu Amelia. aku dulu ga perlu kontrol. obatnya juga cuma paracetamol penghilang rasa sakit aja, ga pake yg model betadine.

      Delete
  89. Aku dicabut gifi 4 kak yg geraham kecil.. YaAmpun kak ngeri banget tapi pas udah dicabut mah lega.. Tinggal 2 gigi yg atas ni aku belom tunggu gusi yg bawah sembuh soalnya.. Kira2 jarak waktunya berapa lama ya kak.. Penyembuhannya ini lama kak aku si pengennya nunggu gusinya ketutup soalnya susah makan kak.. Berat badan jd turun.. Mana aku punya magh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaraknya biasa seminggu atau dua minggu untuk sembuh. iya emang jadi susah makan, aku dulu makan bubur lauk kornet ama sup yang diblender aja selama seminggu jadi ga usah dikunyah tinggal ditelen aja. jgn ga makan nanti magh nya kambuh. gpp bb turun dikit sekalian diet hehe.

      Delete
  90. Kak aq baru 2minggu pasang behel awalnya si mau sambung gigi yang patah yang posisinya disamping gigi kelinci saya tapi kata dokternya gigi yang patah itu masih gigi susu dan g bisa dipasang mahkota gigi padahal usia saya udah 22thn kebetulan saya juga punya gigi gingsul jadi dokter menyarankan untuk dicabut saja gigi yg patah lalu dipasang kawat gigi nanti gigi gingsulnya ditarik buat ngisi gigi yang dicabut akhirnya saya pasang kawat gigi dan malu sekalu setiap ketawa keliatan bgt ompongnya kira kira gigi gingsul saya beneran bisa pindah tidak ya kesebelah gigi kelinci saya ngisi rongga yang kosong .? Takut g bisa kak kan malu ompong dibagian depan atas pula...

    ReplyDelete
  91. Kak aq bru 2minggu pakai kawat malu banget soalnya gigiku ompong karena dicabut kemarin gigi yang dicabut pas samping gigi kelinciku soalnya gigi tersebut patah tadinya saya mau pasang mahkota gigi buat gigi patah tersebut tapi kata dokternya nggak bisa soalnya ternyata gigi tersebut masih gigi susu padahal usia saya sudah 22thn kebetulan saya punya gigi gingsul juga jadi sama dokternya disarankan untuk mencabut gigi yang patah dan pakai kawat gigi untuk menarik gigi gingsul agar mengisi ruang yang kosong yg dicabut tersebut.... kira kira beneran bisa pindah tidak ya kak gigi gingsul saya kesamping gigi kelinci saya...? Soalnya malu bgt kalo ketawa keliatan bgt ompongnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Indah. Bisa kok, jangan khawatir, nanti juga ompongnya nutup! Harus sabar aja, minimal 6 bulan baru keliatan hasilnya. Asal rajin kontrol untuk pengencangan ya. Malu bentar gapapa, kan nanti kalo udah rapi ga gingsul dan ga ompong lagi :-) Semangat!

      Delete
  92. Sy mau nanya kak. Klau pakai bhel karna gigi maju atau tongos kan gusinya maju juga. Tu setelah pake bhel perubahannya. Gusi juga mundur sama dengan gigi (sejajar gusi dan giginya) atau hanya gigi yang mundur gusi masih tetap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gusi ga bisa mundur, yang bisa cuma giginya. gusi itu bagian dari tulang rahang. udah pernah kubahas di postingan kawat gigi 4, silakan ke sana ya :-)

      Delete
  93. Mau nanya kak, aku kan seharusnya kontrol 1 bulan sekali karena ada kesibukan udah 2 bulan lebih ku belum kontrol, kka pernah gak sampe 2 bulan gitu gak kontrol?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Resta, pernah sih kalau pas lagi sibuk atau dokternya yg sibuk, kadang dapetnya lewat duabulan. gpp sih cuma ya memperlama proses perapian gigi aja. kan tiap kali kontrol ganti karet atau kawat tuh, dikencengin lagi. kalo lama ga dikencengin, ya prosesnya melambat. gitu aja sih. segera aja kontrol supaya cepet kelar juga giginya hehe. semangat yaaaa...

      Delete
    2. Waktu kka pas make kawat gigi mudah gak ka timbul karang gigi ?

      Delete
    3. betul. karang gigi lebih mudah terbentuk selama pake kawat, makanya sikat giginya harus lebih lama dan lebih teliti. tempat ngumpet sisa makanan kan jadi nambah setelah pasang behel.

      Delete
  94. Mau nanya kak, aku kan seharusnya 1 bulan sekali kontrol tapi karena ada kesibukan udah 2 bulan lebih aku belum kontrol, kka pernah gak sampe 2 bulan gak kontrol?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Resta Eka Melindra. maaf ya baru bales :-) aku dulu pernah deh sekali karena sibuk juga. ya ga papa sih, meski akan menghambat penarikan gigi jadi lebih lama aja prosesnya. setelah ini harus lebih rajin kontrol lagi ya, biar cepet kelar :-)

      Delete
  95. mba aku gigi taring atas kan ompong klo pake behel bisa rapi ngga yah mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? kok bisa taringnya hilang? ga bisa makan daging donk hehe. masih bisa dink. cuma ya gigi taring itu kan pemanis dan ga ada gantinya. mungkin kalo rongganya diisi geraham kecil bisa saja sih kalau tempatnya cukup dan rahangnya bentuknya bisa pas dengan geraham digeser ke depan.
      tapi kalau rahangmu udah kecil dan giginya udah pas, ya bagian taring yang ompong harus diisi gigi palsu.

      Delete
  96. Mbk pasang behelnya dimana dan apa nama kliniknya? Hasilnya bagus... Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasangnya di inggris, karena domisili di inggris. ini websitenya: http://www.cambridgeorthodonticpractice.co.uk/

      Delete
  97. Kaka saya baru pakai 1 minggu behelnya. Trs timbul sariawan di bagian dalam mulut saya karna bergesekan sama besi di ujung behel, trs setiap hari saya harus memakai wax/lilin di ke dua tmpt, dan sampe kapan ya mbak begitu? Apa ada cara lain biar kulitnya gak nyangkut" ke besinya, soalnya sakit sekali, trs kalo pake wax jujur aja ribet banget apalagi sikat gigi 3 kali dlm sehari dan itu pasti ganti wax/lilin 3 kali jg kan dalam sehari ? Apa kakanya pernah rasain kayak gtu jg ? Atau ada saran yaa kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baru pasang behel memang harus pakai wax terus terusan. Kenapa? Karena behel kan benda asing yang tadinya ga ada di dalam mulut, tapi jadi ngendon di sana dan jadi butuh tempat. Karena itu terjadilah gesekan. Memang kurang nyaman dan bisa menyebabkan sariawan terus-terusan.
      Pencegahannya ya dengan memakai wax. Sampai kapan? Sampai posisi giginya bergeser sesuai rencana si dokter gigi, dan gesekannya berkurang. Sabar aja. Lama-lama pemakaian wax berkurang sendiri kok, apalagi setelah 6 bulan dan giginya sudah mulai terlihat rapi, ga perlu pakai wax lagi deh :-)
      Semangat yaaaa

      Delete
  98. Kak, mau nanya. Gigiku itu super duper berantakan, td sore ortuku ke dokter gigi, mamaku bilang ke dokternya, dokter bilang kalo berantakan itu harus di bedah mulut, baru dibehel. Apakah habis dibedah jd agak susah ngomongnya? Dan barusan saat aku sikat gigi, aku terlalu kuat gosoknya dan saat berkumur perihnya luar biasa, apakah itu bisa infeksi??

    Mohon kak untuk dijawab

    -Ivory-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, kok Taylor Swift giginya bisa berantakan sihhhh? hihiiii..
      Hai Ivory,
      Berantakannya semana dulu? Mosok sih sampai harus bedah mulut, serem amat hehe. Atau mungkin yang dimaksud dengan bedah mulut itu adalah pencabutan beberapa gigi sekaligus yang memang gusinya harus dibedah? Bukan bedah mulut, tapi bedah gusi mungkin?
      Kalau cuma dibedah untuk pencabutan ya nggak akan ngarus ke ngomong. Palingan susah ngomongnya karena masih bengkak aja mulutnya setelah dibius total. Setelah itu ya normal lagi.
      Soal perih pas abis gosok gigi, itu paling karena bagian dalam mulut luka ketusuk sikat hehe. Hati-hati lain kali :-)

      Delete
  99. Hai kak mau nanya dong
    Kasus kita sama banget, aku jg dicabut 4 gigi, 2atas dan 2 bawah
    Tp yg mau aku tanyakan knp muka aku jd gak simetris yaa, padahal gigiku rapi loh. Pipi aku jd besar sebelah kanan, trus alisku sebelah kanan jd lebih turun. Kalo foto selfie sih gak terlalu keliatan, tp kalo foto pake kamera belakang (alias difotoin) jd keliatan bgt muka ku miring. Tapi kalo di kaca gak terlalu keliatan
    Tolong dong. Bisa saran atau ada gak yg punya pengalaman kaya aku

    ReplyDelete
  100. Replies
    1. Hai Fera Febriani.
      Maaf ya baru sempet buka internet! Sibuk banget hehe
      Muka ga simetris mungkin bukan karena susuna gigi, bisa jadi struktur tulang pipinya memang begitu. Dulu pas aku lahir juga mukaku ga simetris lho, kata ibuku. Sampai sekarang juga masih agak kelihatan meski ngga begitu parah. Temenku yg mukanya ngga simetris tetep cantik kok. Dia nyiasatinya pakai model rambut! Jadi rambutnya dimodel tertentu untuk nutupin muka yg agak besar. Coba deh ke salon potong rambut, minta saran di sana.
      Semoga infonya membantu ya...

      Delete
  101. Hallo Kak mau nanya nih,aku baru aja pasang behel sekitar 2mingguan, waktu 2 hari yg lalu saya di cabut giginya yang dibelakang gingsul.. Nah kira2 gigi gingsulku bakal jdi bagus gak ya kalo udh rapi? Terus kata temen2 aku manis gigi gingsul, takutnya gak manis lagi setelah gigi rapi hahaha.. Gimana yah? Terus kalo gak pake retainer gimana? Dokter bilang, gak pake retainer pun terjamin gak bakal gerak kalo di saya katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Dewi Nur, sori ya baru sempet bales
      makai kawat itu akan merapikan seluruh gigi, termasuk yang gingsul jadi ngga gingsul. kalau dulu gingsul katanya manis, setelah ngga gingsul tapi rapi, pasti lebih manis lagi hehe
      kalo dokter bilang ngga pake retainer ngga papa, ya berarti emang nggak papa untuk kasusmu.
      semangat yaaaa....

      Delete
  102. Kak jelasin proses penarikan nya donk? Katanya taring duluan ya yg ditarik? Berarti ada cela ya sebelum taring?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Fitri Ratna Dewi
      proses penarikan biasanya bareng-bareng, ngga satu-satu (dalam kasus umum), tapi kalo ada sela, di bagian itu biasanya ditambahin karet khusus supaya penarikan lebih cepat dan selanya lebih cepet nutup

      Delete
    2. Aku udah setaunan pke behel trs hasil blm maksimal tp aku pingn lepas capek hehe
      Eh mlh di marahin sm doktrny ktny blm rapi blm mundur hrs cabut gigi atas dulu 2 biji hmmmm

      Delete
  103. Hallo kak, aku mau pasang bracket tp aku mau tanya dulu nih ka. Jarak waktu cabut gigi atas kanan dan atas kiri butuh waktu brp minggu? Atau langsung atas kanan dan atas kiri dicabut? Kaya kakak itu kan dicabut, atau langsung dua2 nya atas kanan dan kiri pada hari yg sama? Agak takut sih klo pada hari yang sama. Pengennya dikasih jarak. Hehehehe soalnya kan sakit ka.
    Thankyou.

    ReplyDelete
  104. Hallo kak, aku mau pasang bracket tp aku mau tanya dulu nih ka. Jarak waktu cabut gigi atas kanan dan atas kiri butuh waktu brp minggu? Atau langsung atas kanan dan atas kiri dicabut? Kaya kakak itu kan dicabut, atau langsung dua2 nya atas kanan dan kiri pada hari yg sama? Agak takut sih klo pada hari yang sama. Pengennya dikasih jarak. Hehehehe soalnya kan sakit ka.
    Thankyou.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dokter dikasih jarak kok, nunggu satu sisi sembuh dulu jadi jangan khawatir ya

      Delete
  105. Say aku kn dh pasang behel setaunan ini tp aku blm puas pingn di lepas malh di marahin sm doktrny hehe..
    Ktny hrs ada gigi yg hrs di cabut 2 di rahang atas bingung aku takut jg sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang rongga mulutnya terlalu sumpek ya emang jumlah giginya yg harus dikurangi. ngga papa kok, nanti kalau udah rapi ngga bakal nyesel deh

      Delete
  106. Kak klo gigi dpnnya tumbuh miring kan trs di belakang udah ad gigi nya (double) jdi kalo ku cabut yg dpn itu, yg belakang ditarik kedpn bisa ga ya? Kalo pakai behel. Thx

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...