Wednesday 6 May 2015

kawat gigi 4

halo semua #sok_akrab

dengan sangat terpaksa aku akhirnya ngerilis satu postingan lagi bertema kawat gigi!

tahuuuu, tahuuuuu, aku udah tiga kali nulis dengan tema yang sama, dengan konten yang beda-beda tentu saja. bahkan di postingan terakhir, panjangnya sampe kayak ular naga! ini link-link-nya:

kawat gigi - rilis 23 desember 2010
kawat gigi 2 - rilis 27 april 2012
kawat gigi 3 - rilis 22 februari 2013

tapi rupanya, tiga kali posting tentang kawat gigi, masihhh saja ada yang nanya ini itu lho. padahal pertanyaan serupa udah pernah ditanyain penanya-penanya terdahulu dan udah dibahas jawabnya, tapi ya gitu deh. tetep ada saja yang kelewatan ga baca komen dengan teliti, dan akhirnya pada nanya lagi pertanyaan yang sama.

aku kan capek ngejawabnya kakaaaaa! #halah

ga dink, aku hepi-hepi aja  kok ngejawab. karena setelah aku cek kolom komen emang udah bejubel penuh sih, terutama di postingan kawat gigi 2! kalo aku yang baca juga kayaknya males ah ngecek komen satu-satu, mending langsung nanya aja, hehe.

maklum lah sampe sekarang tuh postingan kawat gigi 2 emang selalu jawara.

paling banyak yang baca jadi selalu nangkring paling atas di statistik blog otakkukusut. mau dilihat datanya per hari kek, per minggu kek, per bulan kek, atau sepanjang masa kek. total jendral yang ngebaca postingan kawat gigi 2 sampe hari ini pas ngedraft tulisan ini tanggal 29 april 2015 jam 11.40 pagi waktu inggris, udah mencapai angka 52.308 aja lho. cuma satu postingan itu padahal, ck ck ck.

fantastis sekali!

bukti nyata orang indonesia banyak yang giginya ga rapi, hihihi
dari atas ke bawah,  dari jumlah kunjungan sepanjang masa, bulanan,
mingguan, sampai harian, selalu kawat gigi 2 yang jawara!

ini membuktikan kalau orang indonesia itu giginya ga ada yang rapi yah, hahaha…#dilempar gigi palsu. pantesan banyak banget yang ngubek-ubek mbah google cuma buat nyari info tentang pasang kawat gigi, dan akhirnya mendarat dengan mulus di blog ini.

***

aku jujur ga ngerti lho gimana orang-orang bisa pada nyasar kemari.

kalo aku google 'kawat gigi' aja ga ada lho otakkukusut di situ. banyakan yang nongol di paling atas mah postingan-postingan standar dan membosankan ala iklan gitu-gitu lah! atau yang kopas-kopas isinya mirip-mirip bukan karena pengalaman pribadi, tapi posting cuma buat ngejaring pengunjung aja biar dapet duit dari ad-sense #dikeplak

e tapi tapi tapi, karena rating pengunjung postingan tentang kawat gigi di blog ini lumayan tinggi, kalo ada dokter gigi atau ortho yang mau pasang iklan di sini silahkan lhoooo. bayarnya ke aku pake poundsterling tapi yah, karena aku ga terima rupiah, cih #ditoyor

karena angka pageview yang fantastis itu pula maka akhirnya aku punya ide brilian untuk posting tentang kawat gigi sekali lagi! kalau tiga kali posting belum cukup, mungkin emang harus posting yang keempat kali biar pada kekenyangan yah, hehehe.

dan karena hampir semua segi perkawatgigian udah pernah kubahas di postingan-postingan sebelumnya, maka kali ini aku hanya akan posting mengenai frequently asked questions atau pertanyaan-pertanyaan yang paling sering banget ditanyakan oleh para pembaca saja.

bisa sih kalo mau tau jawabannya tinggal baca-baca komen di postingan seri satu sampe tiga. tapi ternyata sudah terbukti kalau kebanyakan pembaca tuh suka males baca komen. jadinya pertanyaan yang udah dibahas sebelumnya ditanyain lagi, lagi, dan lagi! kan cape deeee....

oh ya, nanti pertanyaannya akan aku kategorikan yah, dari yang paling sering ditanyain, sampe ke yang pertanyaan ga nyambung atau malah curhat hehe.

harapanku mudah-mudahan kalian yang pengin tahu jawabnya tapi males ngubek-ubek komen yang udah pernah ditanyain, bisa baca langsung di postingan ini. jawaban pertanyaan juga merupakan ulangan jawaban yang sama yang pernah aku berikan ke si penanya di kolom komen. aku edit lagi tentunya biar ga terdengar alay dan lebih enak dibaca.

jadi sejujurnya, ini tuh cuma postingan kopas doank sih. cih, ga kreatif! ya tapi gimana donk, kalian yang maksa sihhhh, hehe.

***

dan inilah daftar faq-nya:

kategori #1: lama waktu yang dibutuhkan sejak pasang kawat sampe bisa ngedapetin gigi rapi ala senyum pepsodent

ini nih kategori pertanyaan yang semua orang penasaran pengin tahu jawabnya, karena udah pada ga sabaran. ya kan ya kan. pasti semua penginnya hari ini pasang kawat besok pagi bangun tidur langsung giginya cakep kayak tom cruise. oiii, bangun oiii, jangan ngimpi mulu hehe.

ada banyak pertanyaan mengenai hal ini, tapi karena mirip-mirip maka aku rangkum jadi dua pertanyaan saja. kalo abis baca ini masih nanya lagi, kayaknya kudu ke dokter mata deh haha.

tanya:
berapa lama rata-rata waktu yang dibutuhkan pergerakan gigi yang memakai kawat hingga bagian yang sela, rongga, atau ompong setelah pencabutan bisa rapat kembali?

jawab:
lamanya bervariasi tergantung banyak hal, di antaranya: jenis behel yang dipakai, ada yg cepat nariknya, ada yang pelan-pelan. kalau yang cepat narik, biasanya rasa sakit dan linunya lebih parah. trus tergantung jenis pengencang dan jenis behel yang dipilih. karena metode damon beda dengan metode yang pake karet elastis, misalnya.

lalu tergantung juga jenis elastis atau karet yg dipakai dan periode penggantiannya. kalau lebih sering diganti (alias rajin cek-up) ya lebih cepat prosesnya. trus tergantung kondisi gigi dan gusi juga mudah gerak atau agak susah. terakhir, tergantung lebar gap/space juga, semakin lebar tentunya semakin lama

tapi as a rule of thumb (pada prinsipnya), rata-rata antara 6 bulan sampe 1 tahun baru kelihatan benar bedanya dengan sebelum pake kawat. kuulang lagi ya, antara 6 bulan sampe 1 tahun!

kalo mau rajin, ambil foto-foto posisi gigi sebulan sekali dari berbagai sudut. trus setelah 6 bulan atau setahun bandingin, kayak foto-fotoku di postingan kawat gigi 2 itu. jadi biar bisa ngeliat pergerakannya tiap bulan, sekalian buat kenang-kenangan atau dokumentasi.

yang paling penting sabar aja kalo cuma baru make satu bulan, jangan galau kalo belum kelihatan ada perubahan. perawatan behel emang lama dan perlu kesabaran tinggi, jendral!

tanya:
berapa lama rata-rata waktu yang dibutuhkan pergerakan gigi geraham (kecil) untuk nutup ruang yang kosong setelah pencabutan?

jawab:
gigi geraham (kecil) meski ukurannya lebih besar dari gigi-gigi yang lain dan (katanya) lebih susah digeser karena (katanya) akarnya lebih kuat, yang pasti tetep bisa digeser. jadi ga perlu khawatir!

tapi karena jarak rongganya biasanya agak jauh, jadi emang butuh waktu agak lama aja. sementara untuk gigi geraham besar seharusnya ga ada yang perlu digeser karena letaknya udah paling belakang dan justru fungsinya untuk jangkar kawat giginya. dan yang dicabut untuk ngasih rongga buat narik gigi pada kasus yang tonggos biasanya emang geraham kecil, bukan gerahan besar.

untuk rongga karena pencabutan gigi yang lain yang biasanya ga selebar gigi geraham, tentu saja waktu yang dibutuhkan relatif lebih cepat. tapi secepat-cepatnya ya ga bisa dalam hitungan hari juga. emang sulap, hehe. tetep paling ga butuh 3 sampe 6 bulanan juga. intinya sih cuma satu, sabaaaaaaarrr!

***

kategori #2: pertanyaan-pertanyaan seputar masalah pencabutan gigi menjadi kategori kedua terbanyak dari pertanyaan yang sering dilontarkan para pembaca. aku coba rangkum di bawah ini yah.

tanya:
kenapa sih mau pake kawat gigi itu musti cabut gigi dulu? kan takut? kan horor? kan sayang padahal gigi yang mau dibuang sehat-sehat aja? kan jadi ga rela?

jawab:
pada lebay kan yang nanya? hihi...#dikeplak

iya emang rasanya ga rela lihat gigi bagus harus dicabut. tapi kan memang ruangnya ga cukup jadi memang harus dikorbankan. aku udah bahas ini tuntas di postingan kawat gigi 3, coba baca-baca lagi kenapa-kenapanya.

kalau giginya semua masih utuh, memang sebaiknya dicabutnya kiri satu dan kanan satu. ya supaya simetris. kalau ga simetris kan lucu apalagi kalo gigi atas hehe. kalau gigi bawah ga simetris sih ga papa, kayak gigi bawahku yang jumlahnya ganjil. tetep manis lah kalo senyum #krik

tanya:
emang bisa ya gigi yang gak goyang itu dicabut?

jawab:
pada intinya semua gigi baik sehat maupun goyang bisa saja dicabut. tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini kecuali makan kepala sendiri hehe...#garing

tanya:
sakit ga sih pas cabut gigi?

jawab:
ini kayaknya pertanyaan paling aneh deh, hehe. sama aja kayak nanya, sakit ga sih kalo ditonjok? haha… ya sakit lahhhhh. 

tapi kan teknologi kedokteran gigi jaman sekarang udah beda jauh. udah lebih nyaman. ada obat bius lokal, ada obat bius total, jadi pas dicabut ya ga berasa. cuma pas ditusuk jarum suntik buat ngebius aja masih berasa lah, kayak digigit semut doank kok, masak ga berani sih, cemen ah, haha.

nah setelah bius ilang baru berasa deh pegelnya di rahang hihi, seru banget bisa nakut-nakutin pembaca. 

tapi ya pasti disuruh minum obat penghilang rasa sakit donk abis cabut gigi, dan resepnya biasa dikasih sama dokter giginya. bisa paracetamol, atau ibuprofen biasanya. jadi kesimpulannya ya cabut gigi itu ga sakit-sakit amat! lebih sakit ditinggal pacar selingkuh lhoh! suwer!!! :-p

tanya:
pencabutan gigi sebelum pasang kawat harus sekaligus atau satu per satu?

jawab:
kalau pengurangan giginya harus dilakukan semua sisi, sebelah kanan dan kiri, pencabutan biasa dilakukan bertahap.

kanan dulu dicabut semua, lalu setelah gusi yang kanan sembuh gantian gigi-gigi yang kiri yang dicabut. tujuannya biar tetep bisa ngunyah makanan, gantian hehe. kalau kedua sisi dicabut sekaligus ya ga bisa makan nanti. kalo kuat puasa seminggu ga makan mah boleh aja hehe.

sakitnya ya emang harus dua kali, ga bisa sekaligus. tapi mending mana sakit dua kali tapi masih bisa makan, apa sakit satu kali doank kalo kanan kiri dicabut bareng-bareng tapi ga bisa makan seminggu! hihi sakitnya tuh di siniiii #nunjuk perut

tanya:
berapa jumlah gigi yang harus dicabut?

jawab:
yeee, nanya dokter masing-masing atuh, mosok nanya di sini, hehe. 

intinya tiap kasus beda-beda, tergantung kebutuhan rongganya semana untuk narik giginya biar rapi. udah aku bahas juga tentang ini di postingan kawat gigi 3.

tanya:
gigi yang mana yang kudu dicabut?

jawab:
terserah dokter/tukang giginya donk hehe. kan tiap kasus beda-beda.

tapi kalau untuk bikin ruang biar gigi yang tonggos bisa ditarik mundur, biasanya yang dikorbankan adalah gigi geraham kecil (yang di belakang taring itu lho), dengan cara dicabut biasa pake bius lokal saja, ga usah operasi.

kalo ada yang kasusnya ditambah gigi bungsu yang bermasalah, ya harus dibuang juga pake operasi (bius total). sebenarnya gigi bungsu ga harus dicabut kalo cuma untuk pasang behel, karena ga ngaruh dan ga ikutan berperan dalam proses pengawatan. tapi kalo misalnya bermasalah karena tumbuhnya miring, dan bikin sakit gigi karena nusuk ke gusi atau pipi bagian dalam, ga ada hubungannya sama pasang kawat ya, gigi bungsu harus tetep dicabut. waktu itu aku mau diberesinnya sekalian ya dicabutnya emang barengan pas mo pasang kawat. jadi kebetulan aja.

proses pencabutan gigi bungsu memang rada-rada serem. abis dibius, gusinya emang dibedah. dan giginya ga boleh dibawa pulang buat souvenir hihi. karena giginya bakalan dibor dan dihancurin jadi serpihan kecil-kecil gitu. jadi ga dicabut utuh kayak gigi jenis lain. bekas gusinya yang menganga kudu dijahit. pas dibius total sih ga berasa apa-apa. pas siuman aja baru berasa cleng-cleng, tapi abis itu minum obat penghilang rasa sakit kok, ga gitu parah rasanya. seminggu kudu makan yang lembut-lembut, bubur dan sebangsanya, sampe gusinya sembuh.

tanya:
berapa lama gusi bengkak setelah cabut gigi?

jawab:
biasanya semingguan deh gusinya sembuh. kalo berasa linu biasa abis cabut boleh minum paracetamol kok. tapi kalo dah lewat seminggu masih bengkak ya balik lagi ke dokter aja, takutnya ada infeksi.

tanya:
kata dokter abis cabut gigi bungsu bibirnya jadi mati rasa. bener ga ya?

jawab:
hah?! mati rasa? blom pernah denger hahaha. maksudnya mungkin pas dibius sebelum dicabut bibirnya jadi mati rasa ya emang bener. tapi kalo obat biusnya pengaruhnya ilang ya bibirnya balik normal lagi, jadi mati rasanya ga permanen.

***

kategori #3: pertanyaan-pertanyaan seputar masalah biaya pasang kawat gigi.

ini udah aku jabarin panjang lebar juga di postingan kawat gigi bagian 3, silakan cap cus ke tkp ya. tapi beberapa poin yang ga ikut dibahas aku tambahin di sini ya, terutama informasi dari para pembaca yang sudah berbaik hati ngasih tahu soal harga. tapi jangan lupa, info harga ini udah beberapa tahun yang lalu ya. sekarang entah udah naik atau belum (jangan harap harga turun ya hehe), silakan dicek sendiri ke dokter atau ortho masing-masing.

tanya:
berapa biaya pasang behel?

jawab:
1) untuk behel damon yang biasa bukan transparan, biaya 17 juta. biaya kontrol 300 rb per bulan, biaya pembersihan karang gigi dan pencabutan gigi dikenakan terpisah. biaya cabut gigi 300 rb per gigi. sumber yang lain, harga pasang damon behel kisarannya 12-14 juta.

2) kalo behel yang standard harganya 3.5 juta. dokternya menyediakan sikat gigi dan wax yang bisa dibeli di tempat, masing-masing harganya 50.000. biaya cabut gigi per buah 45.000. abis cabut gigi, beli obat seperti antibiotik dan vitamin untuk konsumsi sekitar 3-5 hari 55.000 dan biaya control dan ganti karet 100.000, ditotal sekali kontrol 200.000. kalo sudah tidak ada gigi yang dicabut 100.000 per kontrol berarti. kontrol biasanya 1 bulan 1x atau 3 minggu 1x.

3) behel SWLF synergy (dokter yang rekomendasiin katanya bagus dan harga terjangkau), biaya pertama rontgen 250rb cetak gigi 150rb biaya pasangnya 7jt terus harus cabut 4gigi 1 gigi 250rb, tiap kontrol 150rb. katanya behel damon itu 16 jt.

***

kategori #4: pertanyaan-pertanyaan seputar masalah setelah kawat gigi dilepas.

tanya:
bisakah gigi yang udah rapi kembali seperti semula setelah behel dilepas? gimana cara mencegahnya?

jawab:
bisa! tapi tergantung masing-masing orang, ada yang kembali seperti semula dengan cepat, ada yg lambat, ada juga yang permanen ga berubah-ubah lagi (alias tetep rapi). karena gusi dan jenis gigi orang kan beda-beda ya, ada yang kuat ada yang gampang goyah. yang gampang goyah kemungkinan memang balik lagi ke posisi awal.

maka dari itulah setelah perawatan selesai dan kawat dicopot, kudu pakai retainer. ini udah aku bahas juga di kawat gigi 3 untuk lebih detilnya.

pemakaian retainer lamanya bervariasi, kembali lagi tergantung kondisi gigi dan gusi si pasien. kalau gampang goyah, pakainya tiap malam kalau tidur, mungkin sampai berbulan-bulan, lalu pelan-pelan pakai seminggu sekali sampai berbulan-bulan, lalu pakai agak-agak jarang, baru akhirnya tidak pakai sama sekali. masalah terbesar dengan pemakaian retainer karena bisa dicopot dan pasang sendiri, jadi kita kurang disiplin, lupa, malas, dan ogah-ogahan, karena memang di mulut rasanya ga nyaman. karena kurang disiplin inilah, banyak yang giginya kembali lagi seperti semula karena malas.

meski kalau gigi udah kuat nancep ga bakal ke mana-mana, tapi jangan lupa, gigi manusia memang tidak berhenti bergerak sampai kita tua. karena seperti halnya rambut dan kuku, gigi kan juga 'hidup'.

tanya:
sakit ga sih pake retainer?

jawab:
kalau makenya setelah behel dilepas ya ga gitu ngilu karena giginya udah terbiasa ditekan. tapi kalau udah agak lama ga pake trus pake lagi, rasanya ngilu lagi, tapi cuma 2-3 hari jadi terbiasa lagi koq, ngilunya pelan-pelan ilang, asal dipake terus tiap malem.

tanya:
awal pake retainr apakah gigi agak goyang?

jawab:
bener, gigiku juga agak goyang pas baru pake retainer. ini karena gigi-gigi kita terbiasa dikawat seluruhnya jadi begitu kawat dilepas masih agak goyang. beberapa gigi tersebut kan bergeser dan dulunya posisinya bukan di situ, jadi ya wajar saja kalo rasanya agak goyang. justru itulah kita butuh retainer setelah kawat dilepas, supaya posisinya ga gerak-gerak. tapi lama2 bakal menguat sendiri kok giginya jangan khawatir.

tanya:
benar gak sih setelah lepas behel gigi kita gak bakal sekuat sewaktu sebelum menggunakan behel?

jawab:
katanya sih gitu, tapi ga juga sih tergantung masing-masing orang kondisi gusinya gimana. kalo sehat-sehat aja, giginya juga sama masih sekuat yang dulu. apalagi kalo masih muda. kalo tua mah emang dah waktunya ompong kali jadi giginya mulai pada goyang hehe

tanya:
untuk retainer yang invisible apakah warnanya akan berubah jadi kuning setelah pemakaian lama?

jawab:
ga juga. yang aku punya ga berubah warna sama sekali tuh, masih bening sampe sekarang, udah lebih dua tahun umurnya. asal jangan dicelupin ke tinta kuning, cat kuning, atau opor ayam yang dimasaknya pake kunyit yah hehe.

tanya:
setelah lepas behel, apakah bibir yang tadinya manyun bisa balik lagi seperti sebelum pasang behel?

jawab:
kalo sebelum pasang ga manyun, pasti bisa balik lagi lah. tapi kalo udah manyun dari sononya, perlu operasi bibir deh, hehe.

tanya:
bibir kelihatan tebal saat memakai behel, juga sangat dower kalau dilihat dari samping. bisa gak ya bentuk bibir kembali seperti semula setelah melepas behel?

jawab:
sama jawabnya kayak kasus bibir manyun di atas ya.

***

kategori #5: pertanyaan-pertanyaan seputar susunan gigi

tanya:
apakah rahang atau gusi yang terlalu ke depan bisa mundur dengan memakai behel?

jawab:
ga bisa! yang bisa mundur cuma gigi. mundurin gusi harus pake operasi rahang, dan itu cukup serius, dan sangat mahal sekali, udah kayak operasi plastik lah.

tanya:
waktu pasang kawat rongga kembali merapat itu karena gigi depan yang mundur atau gigi belakang ikutan maju juga?

jawab:
pas merapat, cuma gigi-gigi depan yang ditarik mundur, gigi belakang ga bisa maju karena gigi belakang biasa dipakai untuk jangkar/anker-nya jadi harusnya ga ikutan gerak.

tanya:
gigi depan yang patah kalo di cabut bisa pake behel gak?

jawab:
gigi depan yang mana nih? yang tengah depan (central incisor) apa sebelahnya (lateral incisor), atau gigi taring (canine)? kalau salah satu dari ketiga gigi depan itu dicabut, bakal ga simetris kalau dibehel. pencabutan biasa mulai dari gigi setelah taring, ke arah belakang. kalau taring ke arah depan (2 taring, 2 lateral dan 2 central) terpaksa hilang karena patah, kecelakaan, atau dicabut, harus pasang gigi palsu untuk nutup celahnya, ga disarankan pakai behel karena ga akan simetris susunan giginya.

***

kategori #6: pertanyaan-pertanyaan seputar dokter/ortho/tukang gigi


ini sebenernya juga udah dibahas tuntas di postingan kawat gigi 3. jadi cuma beberapa pertanyaan yang ga aku bahas saja yang akan aku tampilin di sini ya.

tanya:
cari referensi ortho yang bagus di mana ya?

jawab:

coba tanyakan ke dokter gigi langganan. dari sana, biasanya si dokter akan memberikan beberapa referensi nama dan tempat praktek. setelah itu, bisa dikunjungi satu persatu untuk investigasi tarif, dan lain-lain.

atau alternatifnya, daripada pasang behel di tempat ga jelas, mendingan datengin fakultas kedokteran gigi /fkg di kota masing-masing. di sana biasanya ada dokter-dokter gigi yang ngambil spesialis ortho, mereka biasanya butuh pasien untuk kelinci percobaan. meski untuk percobaan, minimal mereka tahu ilmunya dan juga tetep didampingi oleh spesialis-spesialis ortho yang udah senior. dari sisi ekonomi cukup membantu kantong karena tarifnya lebih murah. dari sisi keilmuan pun kita menyumbangkan susunan gigi kita untuk dijadikan bahan analisa dan diskusi. jadi simbiosis mutualisme lah, saling menguntungkan.

***

kategori terakhir #7: pertanyaan-pertanyaan umum, testimoni, dan curhatan hehe

tanya:
sakit ga sih pasang behel atau kawat gigi itu?

jawab:
pasang behel tuh nggak sakit kok, sakitnya pas sesudah pulang ke rumah baru rasanya ngilu doank. jadi nggak usah takut.

tanya:
umur berapa sebaiknya pasang kawat gigi? apakah saya terlalu tua untuk pasang behel?

jawab:
menurut ortho-ku (yang aku juga setuju), terlambat masang behel karena usia itu cuma mitos belaka dan sama sekali ga benar dari sudut pandang ilmu perbehelan hehe. jadi jangan percaya kalo ada yang bilang "dah ketuaan ga bisa pake behel". aku dulu pasang umur 34, copot umur 36, sukses aja tuh ga ada kendala. jadi umur berapa aja masih bisa pakai behel, begitu :-)

tanya:
jeda antara foto gigi ke mau dipasang behelnya berapa hari?

jawab:
foto itu biasanya satu paket sama konsultasi sih, itu masih tahap awal banget. abis itu kan masih kudu tahap persiapan (baca kawat gigi 3 deh), yg bisa melibatkan pencabutan gigi dan diagnosa. nyabut gigi ini bisa beda-beda juga tergantung kasusnya. ada yg musti cabut kiri kanan, atas bawah, atau empat-empatnya dan biasanya ga bisa barengan, jadi kudu nunggu gusinya sembuh dulu, bisa 1-2 mingguan.

dari konsultasi sampai pasang behel aku dulu kira-kira 2-3 bulanan karena cabut gigi kan kudu booking juga, yang kadang-kadang ga langsung dapet slot kosong jadi musti nunggu. karena proses ini jedanya dari foto gigi ke pasang behel bisa beda-beda. yg pasti kalau setelah difoto dokternya bilang ga perlu cabut gigi sama sekali, pasang behelnya bisa langsung alias cepet. yang bikin lama kalau pake cabut gigi dulu dan nunggu gusi sembuh.

tanya:
alat yang digunakan dokter untuk menarik gigi yang pakai behel itu menggunakan apa ya, apa pakai mesin penarik gigi atau gimana?

jawab:
haha, ini pertanyaan kocak banget...lol

narik gigi itu ga ada alatnya, kalo ada itu pasti dipake buat nyiksa tawanan perang jaman dulu hehe. behel itu fungsinya sebagai jangkar, sementara gigi-giginya ditariknya pelan-pelannnn banget pake alat yang namanya KARET! haha hebat kan tenaga elastisitas karet bisa buat ngerapiin gigi. bentuk karetnya biasanya nyambung berantai. jadi ga perlu takut, masa sama karet aja takut hehe.

sementara karet cincin atau elastic ring (yang satu-satu itu) fungsinya cuma buat tambahan narik biar nutup sela ompongnya lebih cepet aja, dan cuma fokus di satu titik penarikan. biasanya ditambahin pengait buat masang karet cincin ini.

***

testimoni #1
"sebelum kenal mbak nay, cita-cita saya dari kecil juga pasang kawat gigi, tepatnya semenjak gigi saya tumbuh tidak beraturan. satu gigi jadi ketua di depan lagi (jengil), alhamdulillah setelah lebih dari 30 tahun cita-cita saya dapat terwujud. sekarang kira-kira sudah 10 bulan saya pasang kawat gigi, alhamdulillah giginya sudah rapi. sekarang lagi pakai rubber bands, kata dokter biar gigitan gigi atas bawah bisa klop."

testimoni #2
"saya juga memakai bracket transparan dengan harga 9 juta. gigi saya agak tonggos, dan dokter gigi saya menyarankan agar gigi saya dicabut sebanyak 4 buah, 2 di atas dan 2 di bawah. sebenarnya saya agak takut kalau celah-celah gigi yang telah dicabut itu akan terus ompong meskipun sudah diberi tahu dokter gigi saya bahwa gigi-gigi tersebut nantinya akan bergeser. tapi setelah saya membaca postingan mbak, saya menjadi tambah yakin dengan yang rancangan dokter saya untuk mencabut 4 gigi saya. terima kasih banyak."

testimoni #3
"thank you mbak. jadi lega ama infonya. ngeri liat gigi ompongku akibat dicabut mo pasang kawat. abis baca ini jadi semangat!"

testimoni #4
"saya baru 2.5 bulan pake behel. sebenarnya bagian gigi bawah saya yang gigi seri tertimpa, dan taring bawah kiri agak keluar mungkin dikarenakan tumbuhnya gigi geraham bungsu bawah di kiri dan kanan tapi sudah dioperasi sekarang. sedangkan bagian atas terlihat sudah rapi tapi ternyata dokter bilang gigi atas saya agak maju. saran dokter untuk mencabut gigi tapi diberi waktu berfikir. 

alhasil saya mengiyakan untuk mencabut, 2 gigi geraham atas saya sudah tercabut lebih dulu (1 gigi per minggu). sisanya minggu berikutnya bagian bawah 1 gigi terlebih dulu. tadinya saya agak was-was tak bisa rapat tapi setelah lihat blog kakak saya jadi yakin. semoga gigiku bisa jadi lebih rapi dan lebih pede pastinya, amin yah. jangan takut buat yang mau giginya rapi, lebih cepat dikawat lebih baik. dan seperti kakak nay bilang "harus sabarrr" ya kak, hihi."

testimoni #5
"mantab mbak sharingnya. saya juga mantan pemakai behel dan sekarang alhamdulillah gigi saya yang berantakan sudah rapi, hehe. tapi sayang, saya gak pernah mendokumentasikan foto-foto nya."

***

curhat #1
"6 bulan yang lalu aku sempat konsultasi ke beberapa dokter gigi. dari ke 3 dokter gigi yang aku datangi semuanya mengatakan kalau pingin pasang behel gigiku harus dicabut 4 buah (2 atas dan 2 bawah). setelah konsultasi, aku langsung disuruh foto rontgen dan buat cetakan gigi, trus seminggu selanjutnya gigiku yang bawah dicabut satu. 5 hari berselang gigiku dicabut lagi. semiggu berselang 2 gigi atasku dicabut."

curhat #2
"curhat dikit ya, saya pernah pasang behel, tapi gigi saya gak 'mundur' karena dokternya cuma cabut satu gigi bawah saja, padahal kan kalo mau mundur harusnya cabut 2 bagian atas, saya sudah curiga sih sebenarnya, gimana bisa mundur kalo gak dicabut bagian atasnya, tapi saya ngikut aja, toh dokter tahu yang terbaik untuk kita.

pas udah beberapa tahun dokternya bilang struktur gigi saya sudah maksimal, alias gak bisa mundur lagi cuma agak rapi saja. saya sedikit kecewa, dokternya beralasan gigi saya gak dicabut karena sayang katanya, itu gigi sehat dan nanti susah cari kerja. 2,5 tahun waktu saya serasa terbuang sia-sia."

curhat #3
"kasusnya hampir sama kaya saya. niat mau mundurin tapi malah gak dimundurin haha sabar ya kita senasib cuman agak beda aja ceritanya dan susunan giginya juga udah pasti beda."

curhat #4
"makasih kakak informasinya. sangat bermanfaat sekali, jadi semangat untuk nabung supaya dapat gigi pepsodent. jadi semangat nyari duit."


40 comments:

  1. makasih mak.. infonya lengkap bangettt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama mak Tetty, mudah2an bermanfaat. Makasih dah mampir ya mak :)

      Delete
  2. "aku jujur ga ngerti lho gimana orang-orang bisa pada nyasar kemari."
    bantu jawab yang ini mbak/ibu *bingung* :$

    kalo saya nyasar kemari karena blog mbak muncul paling atassss setelah mengetik "kawat gigi, blog" di google :D

    dan sekarang 50%an sudah baca-baca postingan mbak yang lain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo wong Jogja :) Ohhhh gitu yahhh, wahhh blogku nongol paling atassss, terharuuu haha #lebay. Aku mungkin yang ga pernah ngeh atau jarang ngegugel blog sendiri, atau milih kata kuncinya kurang pas jadi ga pernah nemu blog sendiri hehe. 50%??? Lha kok malah jadi betah baca-bacanya... Makasih yaaaa, merasa tersanjung ini jadi rodo sumuk :D

      Delete
    2. Tuhhhh, udah aku coba lagi pake kata kunci yg sama "kawat gigi, blog" tetep blog ini ga nongol sama sekali. Heh baru nyadar, search engine kerja nya beda-beda tergantung lokasi akses (kayaknya gitu yg aku pernah baca). Jadi mungkin kalo diakses dari Indonesia nongol paling atas yaaa... Tapi dari inggris sama sekali ga nongol, hehe. Good to know though, and thanks for letting me know :)

      Delete
    3. hihihi ketauan wong jogja :D
      iya bisa jadi karna lokasi bu, pokoknya seingat saya dulu saya nyoba cari info tentang biaya behel terus ketemunya punya ibu. Ini barusan nyoba pake kata kunci "kawat gigi, biaya, blog" muncul 4 teratas bu blognya ini :)
      you're welcome ibu hehe salam kenal bu, kulo rani saking jogja ndalem e teng banguntapan. Rumiyin SMP kulo teng babarsari #gakpenting tapi ibu pasti tau hihi

      Delete
    4. berarti blog ini populer tapi yang punya ga nyadar ya #nggaya. salam kenal Rani, wadoh dadi kangen babarsari ki, ayam goreng suharti pojokan iseh pora yo, trus sebelah lampu merah mirota kampus haha, malah ngobrol

      Delete
  3. Haii mbak nayarini, saya mau tanya . saya udh 1,5 th an pake retainer setelah lepas behel . tapi 3 minggu terakhir ini saya gk pake retainer nya . setelah saya coba pakai lg kok geraham bawah sebelah kiri saya sakit ya, ngilu . saya takut gigi saya kembali seperti semula . sebaiknya retainer nya saya pakai lg atau gmn ya? Terima kasih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Anissa, kalo lama ga pake retainer trus pake lagi emang ngilu lagi kok. tapi belum tentu karena giginya geser. bisa jadi karena udah terbiasa ga pake aja. tapi kalo ragu, pakai lagi aja ga papa. aku meski udah lepas retainer lama juga kadang-kadang masih pake lagi, cuma ngecek aja kalo masih muat berarti ga ada yang geser. emang ngilu lagi sih. tapi setelah pake seminggu lepas lagi ya ngilunya ilang lagi :-) semoga membantu ya...

      Delete
  4. Kak naya aku liat foto2 dokumentasinya yg pake behel kak kayaknya gak pake ring ya pasang kawat gigi nya? Bener gaksih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Restu, hihi akhirnya nyampe juga di mari. kalo ring yg kamu maksud itu kareng gelang, aku sempet pake di tengah2 perawatan untuk narik giginya lebih cepet buat nutup sela yg lebar di deket taring. kalo karet yg nempel ke behelnya sih bentuknya rantai, bukan ring. rantai dipake dari awal sampe selesai perawatan (diganti berkala). yang ring dipake buat nutup sela aja. ada kok kelihatan di foto pas aku pake ring. foto yg tengah coba perhatiin lagi.

      Delete
    2. restu, di postingan kawat gigi 2 yg foto penampakan samping yang berhadap hadapan, foto keempat dari atas. yang warna putih melintang itu karet ring

      Delete
    3. Bukan kak.. Ringnya dipasang di graham kak.. Katanya untuk narik kawat giginya itu biar rata kan gigiku maju hehe.. Katanya sih boleh pasang boleh ngga.. Katanya lg sih biar cepet hehe.. Aku sih pengennya ngga soalnya denger2 dari temenku yg udah pernah ngerasain katanya sakit banget huhu.. Ringnya dari besi gitu kak tipis nanti diselipin ke setiap graham kedua dari belakang.. Pertamanya dipasang band dulu di graham biar ada space buat masang ringnya itu kak.

      Delete
    4. Aku udah liat semua kok kak postingan kak naya hehe.. Kalo rantai karetnya aku belum dipasang semua karena gusiku belum sembuh setelah pencabutan gigi.. Masih utang cabut 1 gigi lg..Emangsih biaya pemasangan aku gak semahal kak naya hehe.. Jd mungkin beda penanganannya.

      Delete
    5. ohh, di geraham ya. ga tau aku kalo itu mungkin karena kasusnya beda ya hehe. mungkin bener, metodenya yang dipake ortho-mu beda sama metode yang aku pernah jalani. ga masalah atuh harga beda, bukan soal mahal murah, yang penting cocok dan dokternya bias dipercaya, mudah-mudahan metode apapun yang dipakai, hasilnya bagus. semangat yaaaa :-D

      Delete
  5. Hi Mba Naya,, aq Wahdini
    Salam kenal yah,
    Mau tanya mba, aq udah pasang behel 24 Maret 2016 Dan cabut 4 Gigi dg 2 tahap,,
    Tahap ke 2 d cabut 2 April kmarin,,
    Aq agak aneh dg pencabutan k 2 ini,, Cz Gigi yg d cabut adalah Gigi graham bawah d samping Gigi graham kecil, tepatx Gigi k 5, aneh nya itu seperti masih Ada sisa Gigi yg belum kecabut,, tp kt dokter itu tulang rahang,, apa benar yah?,, rasanya aneh,, beda dengan gigi atas and bawah lainnya yg sudah d cabut.. ( kanan atas bawah Gigi k 4 and kiri atas Gigi k 4 n bawah Gigi ke 5) Rasax kyk kosong,, gmn yah?

    ReplyDelete
  6. Hi Mba Naya,,
    Salam kenal yah,,
    Mau tanya ne mba,
    Sy dah pakai behel 24 maret 2016 kmarin
    Cabut 4 Gigi ( kanan atas bawah Gigi ke 4 and kiri atas Gigi ke 4 bawah Gigi ke 5) anehnya itu d pencabutan Gigi bawah ke 5 tepatnya Gigi graham setelah graham kecil, karena gigix sulit d cabut, sy ngerasa kyk ad gigi yg masih kesisa,, setelah sy taxa katax itu tulang rahang sy,, apa bener yah? Berasa ga nyaman beda ma gigi ke 4 lainnya yg sudah d cabut,, ompongx berasa,,

    Mohon konfirmasi yah,, khawatir ini,, Cz berasa sakit kalau d tekan,,

    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Wahdini, sori baru sempet jawab hehe
      wadohhhh, mosok sih ada gigi yang tersisa di dalam gusi? serem banget (lho malah nakut-nakutin). mungkin itu cuma lodang bekas cabutan yang kerasa ga nyaman aja, mudah-mudahan. sepertinya kalo ada gigi ketinggalan ga mungkin deh.
      tapi emang beberapa gigi bentuknya beda-beda, ada yang atasnya kecil, eh akarnya segede gaban! gigi geraham besarku yg dicabut karena berlobang parah dulu juga gitu, akarnya miring-miring lho! nyabutnya sampe susah banget. untung dokter giginya temen sendiri pas masih di Indo. jadi agak rileks.
      pas udah kecabut, lobang bekasnya nganga gede banget, dan emang rasanya aneh, ga nyaman. tapi pas udah sembuh ga berasa apa-apa lagi kok. mudah-mudahan kasusmu sama kayak kasusku.
      kalo udah seminggu-dua minggu masih ga nyaman, mungkin kudu periksa lagi, ada apakah gerangan di bekas cabutan itu. oke?
      semangat yaaaa....

      Delete
    2. Hi mba naya,,
      Ternyata bener bukan gigi yg tertinggal,, itu uratx yg keliatan,, sekarang udah ketutup Lho,, hadewh Maaf yah,,, aq udah panik parah,, hahahah,,
      Tapi ad yg beda lagi ne mba,,
      Sekarang lagi proses ngegeser gigi neh,, dnger2 giginya jd berasa kayak Goyang gitu yah,, akibat penggeseran gigi? Trus suka tabrakan ga seh antara gigi depan yg atas ma bawah? Cz aq berasa kayak gt,, suka tabrakan gigix,, nyilu gimana gt,,

      Delete
    3. hai wahdini, phewww...lega deh ya hehehe. iya kalo gigi geset ya pasti goyang, makanya diiket semua pake kawat kenceng2 biar ga kabur haha. dan makanya ga boleh makan yg keras2 supaya goyangnya ga tambah parah.
      bener, gigi atas dan bawah pastinya tabrakan, karena masih dalam proses perapian, sampe nanti akhirnya nemu posisi katupan yang tepat antara geraham atas dan bawah. sebelum itu, ya memang belum pas katupannya.
      gpp sabar aja. nanti juga naympe kok ke sana. yg penting semangat. kalo tabrakannya udah bikin sariawan, daerah yg situ dipakein lilin/wax.

      Delete
  7. so far ini blog yang oke punya banget buat ngebahas masalah perbehelan dari A-Z. Saya yang masih newbie pake behel jadi mulai paham. Yang kemaren masih gak rela meratapi kepergian gigi sehat yg dicabut sekarang mulai ikhlas demi senyum tiga jari yang sempurna!. Many thanks mbak! Sending my best regards :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, whoever you are :-) ikut seneng juga kalau postingannya bermanfaat dan nambah semangat. Salam juga :D

      Delete
  8. Hai kak naya..
    Aku pasang behel baru jalan 3 bulan dan sekarang lagi proses penarikan pake karet rantai... Pengalaman kaka dulu pas penarikan giginya jadi ga beraturan ga ya? Soalnya gigi ku posisinya seperti dipelintir sehabis ditarik. Agak serem liatnya jadi ragu proses giginya memang harusnya begini atau malah bukan....
    Salam kenal sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Venni. Salam kenal kembali. Dulu beberapa gigiku juga ada yang dipelitir, atau diputer kok. Itu karena giginya numbuhnya ga bener jadi sekalian diputer sama dokternya. Ga usah galau, wajar kalau ada gigi yang diputer karena posisi tumbuhnya memang 'salah'.
      Salam dan tetap semangat

      Delete
  9. Halo Mba Nay.
    Salam kenal, saya Sarwar.
    Kebetulan banget saya bisa "nyasar" di blog mba yg bermanfaat ini.

    Saya berencana pasang kawat gigi yang model tradisional, karena paling murah hehehe. Tapi September ini saya akan berangkat ke Leeds untuk ambil master. Karena mba orang indonesia yg tinggal di inggris, saya ingin bertanya:
    1. apakah mungkin kalau pemasangan kawat gigi di Indonesia tapi proses selanjutnya (seperti pergantian karet per 6 minggu sekali) dilakukan di Inggris?
    2. Kl boleh tahu berapa biaya (dlm gbp) untuk pergantian karet per kunjungan di tukang gigi di inggris ya mba?
    3. Apakah biaya perawatan tsb dicover oleh asuransi NHS yg akan saya bayar pd saat aplikasi Visa?

    Maap ya kebanyakan nanya mba.
    Makasih sebelumnya. ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sarwar, salam kenal kembali :-)
      Maaf ya baru sempet ngebalas, mudah-mudahan belum telat hehe.
      1) coba cari orthodontist di sekitaran Leeds University dan kirim email aja, nanya situasi kamu, dan minta quotation (harga) detilnya.
      2) Dulu aku biaya perawatannya udah all-in-one sama masangnya, jadi aku ga tahu rinciannya kalau cuma perawatan akan kena charge berapa. Lihat jawaban no#1 hehe
      3) Tidak. NHS hanya mengcover kesehatan umum, bukan gigi. Tapi untuk kesehatan gigi, student bias apply keringanan dengan mengisi form tertentu (ada di internet, tapi aku lupa detilnya). Sayangnya, untuk urusan perkawatan gigi masuk kosmetik, jadi tetep ga dicover dan ga ada keringanan.

      Semoga terbantu yah :-)

      Delete
  10. ka ... mau tanya

    untuk peamsangan gigi itu sebenernya di cabut dlo baru pemasangan behel atau pasang behel dlo baru dicabut .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Riana
      Yang bener dicabut dulu (untuk membuat ruang dalam kasus rahang terlalu kecil, gigi terlalu sesak), baru behelnya dipasang untuk merapikan.
      Kalau ruangnya cukup, tapi giginya berantakan, ya ga usah pake acara pencabutan, langsung pasang behel aja.

      Delete
  11. Setelah baca artikel kakak, jadi pingin pake behel, soalnya soalnya Gigi depan ku ada yang nongol satu, gigi taring kayak Dracula posisi yang lain juga ga jelas (jangan2 gigi ku punya pikiran sendiri? Wkwk) plus 2 gigi graham atas berlubang, berhubung masih 17th nabung dulu deh, kan pingin juga punya gigi yang rata kayak temen2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Andy Wicahyo. Dracula juga ganteng lho, hehe. Selamat nabung yah, demi cita-cita punya gigi bagus. Nanti kabar-kabari lagi kalau sudah tercapai cita-citanya yah :-)

      Delete
  12. Hai kak
    Mau nanya dong, apa bener ya gusi bekas gigi yang dicabut setelah gigi lainnya geser, gusi yang bekas dicabut itu bisa sakit?? Terus apakah rongga setelah pencabutan gigi bisa benar" rapat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Pricilia Purnomo, sori baru sempet bales
      gusi sakit? nggak sih, agak bengkak iya tapi seminggu udah sembuh kok. jangan lupa obatnya diminum teratur.
      rongganya asal proses pengawatannya bagus, benar-benar rapat, jangan khawatir.

      Delete
  13. Hai kak,
    Aku mau tanya setelah behel nya di lepas itu gigi kita masih goyang atau udah kuat gak sih kak untuk menggigit makanan? Soalnya kan pas masih pake behel masih goyang gtu giginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai weima, sori ya baru sempet bales. pas dilepas sih masih goyang, tapi kan pake retainer. kalo makan aja retainernya dicopot. asalkan nggak makan yang keras-keras sih nggak masalah. nasi masih oke koq

      Delete
  14. Mantap sekali mbak nayarini, setelah baca jadi yakin ingin benerin gigi tapi apa bisa ya selain gigiku maju kedepan,gigi taring atas gingsul satu buah,gigi taring bawah gingsul semua,(parah),,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Zainuru, maaf ya komennya kelewat baru kebaca sekarang. asal rahangmu ngga maju, semua gigi yang berantakan masih bisa dirapikan kok, jangan menyerah. semangattt

      Delete
  15. Mantap sekali mbak nayarini,jadi yakin ingin benerin gigi tapi apa bisa ya selain gigiku maju kedepan,gigi taring atas gingsul satu buah dan gigi taring bawah gingsul semua di rapiin gitu,,,,

    ReplyDelete
  16. Mantap sekali mbak nayarini,jadi yakin ingin benerin gigi tapi apa bisa ya selain gigiku maju kedepan,gigi taring atas gingsul satu buah dan gigi taring bawah gingsul semua di rapiin gitu,,,,

    ReplyDelete
  17. Mba nanya dong... Dari awal masang behel brecket nya ada yg diganti ga? Misalnya brecket nya dituker posisiny yg terlalu kebawah digeser keatas lagi gitu..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak awal, bracket posisinya udah fix, ditempelnya di bagian titik tengah gigi jadi seharusnya ngga akan diubah posisinya sampai perawatan selesai, kecuali kondisinya parah dan ngegesernya bertahap, mungkin ada dokter gigi yng harus ngeganti posisi bracket. untuk kasusku engga ada yg diubah, cuma dikencengin aja kawatnya secara bertahap sampai akhirnya rapi.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...