Wednesday 30 March 2016

awas hantu!

aku ini orangnya penakut... banget!

jangankan sama hantu beneran, sama cerita hantu saja udah keder. nonton film horor hampir ga pernah. memang aku selalu berusaha menghindar dan mencoba mengelak kalau ada tawaran, atau diajak temen. dulu banget sih pas masih belum ngeh soal hantu-hantuan ini, film sundel bolong semacam yang main suzanna gitu pastinya ya nonton aja. lha waktu itu kan ga banyak pilihan ya acara tv-nya hehe.

kalo nonton film horor di bioskop apalagi, lebih parah! sampe kebawa-bawa ngimpi karena layarnya gede banget kan, jadi hantunya jadi berlipat ganda gitu ukurannya hihi.

kebetulan dulu rumah nenekku persis di belakang gedung bioskop, deket kuburan pula. sewaktu masih anak-anak kami suka ngintip ikutan nonton film apa aja yang lagi diputer, dari pintu belakang yang biasanya emang suka dibuka dikit buat lewat udara segar. kalo orang dewasa sih ga bakal muat kalo maksa lewat, tapi anak-anak apalagi kurus kerempeng kayak aku gini bisa dengan mudah nyelinap keluar masuk sama anak-anak yang lain, hehe.

maklumlah gedung bioskop tahun segitu belum jaman ada 21, cineplex, etc, mana ada yang pake pendingin ruangan. kursinya aja masih kursi besi dan ruangannya gede kayak aula kelurahan gitu doank, rata! haha.

film bioskop jadul

tapi jaman-jaman tahun 80-90-an, dunia per-bioskop-an dan perfilman indonesia memang sedang jaya-jayanya. apalagi di kota kecil seperti kota kelahiranku.

kebanyakan film-film jaman dulu itu ya film lokal. pemainnya suzanna, barry prima, rhoma irama, eva arnaz, trio warkop, haha. ya gitu deh. film barat biasanya jarang yang diputar di bioskop kota kecil. kalopun ada biasanya film action, atau film india. selebihnya ya film-film karya anak-anak negeri. meski kebanyakan temanya ga jauh-jauh dari hantu, komedi, atau laga.

tapi lumayanlah ya jaman dulu geliat dunia perfilman indonesia lebih seru dibanding sekarang yang jelas-jelas sudah hampir dikuasai total oleh hollywood.

kembali ke soal film horor.

gara-gara sering ketakutan pas nonton film horor sewaktu kecil di bioskop atau di tv jaman dulu (layarnya masih hitam putih padahal hehe), sejak itu aku malas nonton film yang rada serem. yang rada-rada aja udah males apalagi yang serem beneran semacam 'the ring' itu. dibayar semilyar juga ogah deh! kalo kena serangan jantung saking takutnya trus mati kan duitnya mubazir ya ga? #haha

***

rasa takut

kenapa sih ada rasa takut?

'takut' adalah salah satu bentuk emosi alamiah dalam diri setiap manusia. ketakutan itu hasil dari pembelajaran atas kejadian-kejadian yang dialami oleh diri sendiri maupun oleh orang lain yang lalu tersimpan dalam memori otak. rasa takut dikendalikan oleh pusat syaraf bagian otak tengah yang  bernama amygdala, sebagai kontrol tubuh untuk menghadapi tekanan atau stres.

rasa takut akan menstimulasi otak supaya menghasilkan hormon yang lalu menginformasikan tubuh untuk bersiaga, berjaga-jaga, dan mengantisipasi risiko atau bahaya. kalau manusia ga punya rasa takut, pasti jumlah penduduk dunia ga akan sebanyak ini, udah punah dari dulu. ada yang balapan terjun ke jurang, ada yang nyoba terbang dari puncak gedung, ada yang motong-motong badan sendiri, hiiii. lha kan ga ada rasa takut. ga takut mati, ga takut sakit, ga takut apa-apa hehe.

hasil survei mengatakan, takut sama hantu juga rupanya termasuk salah satu dari sekian banyak bentuk rasa takut yang paling dominan. selain rasa takut yang lain yang lebih dominan seperti, takut kematian, takut hewan tertentu, takut ketinggian, takut air, takut teroris, dll. jika rasa takut ini sudah tak terkendali atau menjadi irasional atau ga  masuk di akal lagi, disebutnya fobia. setiap individu mempunyai tingkat rasa takut yang berbeda-beda terhadap sesuatu.

sumber

ada yang takut laba-laba (aku sih ga), ada yang takut hantu seperti diriku, ada yang takut ketinggian, ada yang takut miskin #eh

kenapa sih orang takut hantu? apanya yang ditakutin? padahal ketemu hantu aja ga pernah!

hmm, kenapa ya? mungkin karena memori-memori yang tersimpan dalam otakku tentang hantu sejak kecil itu emang bener-bener serem. meskipun sebenernya memori-memori itu juga hanya berasal dari gambar, film, atau sketsa hasil karya manusia, yang dipublikasi, lalu aku lihat dengan mataku, merasa takut, dan akhirnya terekam lalu tersimpan di otakku sebagai hal yang aku takuti. bukannya memori karena pernah ngelihat hantu beneran!

jadi sebenernya aku tuh cuma takut pada hantu ilusi, hantu ga nyata, imej hantu, atau hantu-hantu buatan. cih, cemen banget :-)

***

hantu inggris

uniknya, sejak aku pindah ke eropa dan menetap di inggris, ketakutan akan hantu itu ga separah dulu lagi, atau mungkin malah pelan-pelan berkurang dan menghilang. kok bisa begitu? aku sendiri ga ngerti, dan lagi iseng-iseng mau nganalisis "kenapa bisa begitu"-nya.

mungkin nih, karena hal-hal sebagai berikut ini:

1) jenis-jenis hantu di tiap-tiap negara beda-beda

karena aku lahir dan gede di indonesia, semua memori yang kuserap dan tersimpan di otakku tentang hantu itu ya hantu-hantu yang gentayangan di indonesia. banyak kan jenisnya, pasti udah pada tahu. ada kuntilanak, sundel bolong, genderuwo, jalangkung, setan alas, pocong, babi ngesot, dan teman-temannya. silakan ditambahin sendiri.

karena persoalan hantu ini juga masalah kepercayaan lokal, dan tiap-tiap wilayah bisa jadi punya jenis hantu khusus sendiri-sendiri, jadi seringkali cerita-cerita hantu itu berasal dari orang-orang yang percaya akan keberadaan hantu-hantu tersebut, bahkan beberapa ada yang nge-klaim 'pernah' melihat atau bertemu muka langsung dengan si hantu ini, karena mereka (katanya) punya kekuatan lebih atau indera keenam gitu deh! hiiii....takut ahhh *ngompol*

cerita ini lalu tersebar dari mulut ke mulut.

berdasarkan pada eksploitasi rasa takut manusia itu pulalah, kebanyakan justru cerita-cerita menakutkan lebih cepat nyebar, diminati untuk didengarkan, dan lalu dipercaya, dibandingkan topik-topik lain. mungkin ini juga penyebab kenapa film-film indonesia yang laris manis dan masih bertahan diproduksi selalu bertema hantu? entahlah.

nah, pas pindah ke eropa kan otakku  jadi mikir gini, asikkk, di sini bebas hantu :-)

mana ada kan kuntilanak, jalangkung, pocong, atau sundel bolong gentayangan di inggris? dapet visa-nya aja sulit, apalagi beli tiket pesawat, mana punya duit para hantu-hantu itu, hihi.

jadi sejak aku pindah dan menetap di inggris, rasa takut akan hantu itu ga ada lagi. dulu pas di indonesia lihat apa putih dikit deket pohon pas malem-malem udah rasanya jantung mau copot dikira pocong melambai-lambai, eh ternyata cuma kain sarung nyangkut!

kalau pas sendirian di rumah tiap kali ada bayangan atau suara gedubrag dikit langsung was-was jangan-jangan itu genderuwo yang lagi main lompat tali ama tuyul. gitu-gitu deh pokoknya. hidup kok jadi rasanya dicekam ketakutan terus-menerus. pantesan kurus hahaha.

sekarang tinggal di inggris, mau keluar malam-malam kek, mau pulang udah gelap gulita kek, mau di rumah sendirian kek, ga ada tuh rasa takut akan ketemu bangsa mahkluk-makhluk halus itu yang mungkin tiba-tiba nongol, senyum, lalu ngomong "how are you today", hehehe.

lalu gimana dengan orang-orang inggris asli yang yakin bahwa di inggris-pun sebenernya ada kepercayaan terhadap hantu?

sumber

nah itu...

karena aku ga lahir dan gede di inggris, jadi aku sama sekali ga punya memori masa kecil akan hal-hal yang masyarakat sini percaya dan takuti sejak masa kanak-kanak mereka. otakku bersih dari ketakutan akan vampir, casper, pasukan berkuda tanpa kepala di film harry potter, atau jenis-jenis hantu melayang di film ghostbuster itu. kalo orang-orang inggris sini mungkin ngerasa takut akan sesuatu karena angker atau ada hantunya, ya aku ga ngerasa apa-apa. lha ngebayangin bentuknya aja ga ngerti hehe.

kebalikannya sama dengan orang bule yang tinggal di indonesia dan ga mudeng akan jenis-jenis hantu di sana, pastilah juga ga ada rasa takut sama pocong misalnya. bahkan katanya malah ada yang nyebut pocong itu 'jumping candy' karena kan bentuknya emang kayak permen dibungkus hehe.

contoh lain, orang cina di negeri cina sana takutnya mungkin sama hantu-hantu cina yang suka lompat-lompatan di film-film kungfu itu ya. bagi mereka mungkin hantu eropa juga mereka ga akan takut. sebaliknya orang eropa juga ga akan takut sama hantu cina, dst.

dari sini bisa kusimpulkan, kalo ketakutan akan hantu itu sebenernya adalah ketakutan lokal.

bagi yang bener-bener takut sama hantu dan pengin bisa terbebas dari rasa takut ini, solusinya ya pindah saja ke tempat lain yang hantunya beda. pasti deh ga takut lagi. aku nih contohnya :-)

2) tingkat rasa takut tiap orang terhadap hantu beda-beda

dari yang ga takut sama sekali bahkan hobinya nonton film yang serem-serem semacam the ring, makin serem makin menantang katanya, sampai ke yang punya rasa takutnya kebangetan setengah mati kemana-mana minta dianterin buat jaga-jaga kalo ketemu hantu beneran. ketakutan akan hantu ini sebenernya termasuk teror perasaan lho pemirsa. bayangkan! alangkah indahnya hidup ini kalo kita yang takut akan hantu ini ga pernah ditakut-takutin #mbulet


maksudku, ngerasa takut itu ga enak kan. panas dingin keringetan, hidup jadi galau, selalu cemas, dan ga bebas gitu lho. imbasnya ke penurunan kualitas hidup lah #gubrag

jadi kesian banget lah itu orang-orang yang hidup di indonesia tapi takut hantu, karena indonesia jenis hantunya kan buanyakkkk, jadi kemungkinan untuk ketemu salah satu jadi lebih besar probabiliti-nya. aku sih meski takut tapi ya ga gitu-gitu amat lah, kadang-kadang masih pake nalar juga. kalo kira-kira ga masuk akal kenapa musti takut, ya ga? tapi kadang ya nalarnya kalah juga sih sama gambar atau film serem, haha. apalagi kalo dikagetin nongolnya ga bilang-bilang dulu dibarengi musik kenceng dadakan, bikin jantung hampir copot.

ga lucu!

3) tingkat kepercayaan tiap orang (terhadap keberadaan hantu) juga beda-beda

oh ya, sebelum pada protes, kita bedain dulu hantu sama makhluk gaib dalam religi atau kitab suci yah. jangan dicampur aduk nanti rancu. contoh makhluk gaib (yang wajib dipercaya keberadaannya bagi mereka yang menganut ajaran tertentu) itu misalnya malaikat, setan, jin. jadi tingkat kepercayaannya juga harus dibedakan. bagi kaum atheis yang sama tuhan saja ga percaya, pastinya mereka juga ga akan percaya keberadaan makhluk gaib, apalagi hantu.

nah, soal percaya ga percaya sebenernya adalah unsur yang paling penting dalam mengatasi persoalan ketakutan terhadap makhluk yang satu ini!

sedari kecil, seperti udah aku sebutin di atas, otak kita kan emang udah dijejali dan ditakut-takuti hal-hal yang ga jelas seperti bermacam-macam jenis hantu ini. jadi mau ga mau kita dipaksa percaya kalo hantu itu bener-bener ada.

meski sampe seumur segini juga belum pernah ketemu satupun, tapi rasa takut itu udah terlanjur nempel. padahal iya kalo beneran ada, kalo dikibulin doank, sial donk ya kita udah terlanjur takut, haha. udah gitu, karena tiap wilayah, tiap daerah, tiap negara, dan tiap komunitas punya jenis hantu masing-masing, jadi beda negara takutnya juga beda-beda, karena percayanya beda-beda.

contoh, orang bule yang ga pernah ke indonesia kan ga percaya sama keberadaan pocong, kuntilanak, genderuwo, dkk. gimana mau percaya, denger namanya aja ga pernah, apalagi hantu-hantu indonesia ga ada bahasa inggrisnya. jadi mungkin kalo ada pocong beneran tiba-tiba nongol di depan orang yang ga ngerti pocong itu apaan, dan ga pernah tahu sejarah pocong, mungkin bakalan melongo doank ya sambil teriak "hey, jumping candy, what are you doing here?" #hehe

sumber

sebaliknya, karena aku orang indonesia dan ga pernah tahu jenis-jenis hantu di luar negeri, tahunya cuma vampir sama drakula, eh satu lagi casper hehe, jadi aku ga percaya tentang keberadaan hantu-hantu yang bahkan namanya saja aku ga pernah tahu. jadi misalnya aku yang sekarang hidup di inggris ini tiba-tiba ngelihat hantu pangeran ganteng dan gagah naik kuda, mungkin malah aku sapa, "how are you today, sir" :-)

kalo ethan sih sekarang malah hobinya nonton video lagu ghost family di youtube! dan ga takut hehe..

sebagai penutup, karena kepercayaan terhadap hantu ini sifatnya lokal, setelah pindah negara dengan jenis hantu yang berbeda apakah kita masih kudu percaya sama keberadaan hantu-hantu setempat di mana kita tinggal? kan kita ga kenal mereka. apa musti kenalan dulu yah, baru percaya? hi mas dracula ganteng, let me introduce myself, my name is...

eh, apaan tuh di belakang kamu? hiiii... awas hantu!

2 comments:

  1. Walau kita tidak begitu takut hantu di negara asing, tapi kalo nonton film horor bikinan mereka serem juga yah *keseringan diseret temen nonbar film horor

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...