Friday 1 April 2016

spring has sprung

ahhhh, akhirnya musim semi pun tiba!

pagi ini aku keluar rumah dengan ceria. sejak jam di inggris mundur satu  jam hari minggu kemarin itu (hah?! jam bisa mundur? bisa donk, nanti aku cerita terpisah ya tentang jam mundur ini), siang hari memang sudah mulai terasa lebih panjang. musim dingin pelan-pelan berlalu, langit ga gitu gelap dan hawanya ga lagi mendung melulu.

seperti halnya pagi ini.

hanya bercelana jeans, ber-t-shirt dan berjaket tipis, akupun melenggang keluar. maklum hari jum'at, waktunya dressing-down, casual day. berasa mau jjs di jakarta lah hehe. sudah musim semi ini, pikirku. pasti cuaca sudah hangat dengan langit secerah ini. paling ga sudah sekitaran 10 derajat selsius lah, minimal itu yang kurasakan. akupun berjalan seperti biasa ke arah mobilku yang kuparkir deket jalan raya.

enaknya kalo cuaca sudah cerah dan suhu sudah hangat. ga perlu lagi repot-repot pake jaket musim dingin yang tebal dan berat itu. t-shirt dan jaket tipis pun jadilah. sepatu juga tinggal comot karena ga usah perlu repot dulu pake thermal legging atau kaos kaki tebel lagi. alih-alih perlu sarung tangan atau topi. bye-bye winter gear!

pagi ini langit terlihat biru cerah. udara segar dan matahari bersinar ceria. bunga-bungapun mulai terlihat bermekaran di taman depan dan belakang rumah. jenis bunga penanda musim semi tiba di sini adalah bunga daffodil. bunga ini bisa ditemui di mana-mana. di setiap taman, di pinggir-pinggir jalan, di kebun, di pematang ladang yang kosong, dll.

sumber: wiki

warnanya yang kuning cerah, dengan berbagai variasi warna untuk jenis daffodil yang lain, mengundang keceriaan menyambut datangnya musim semi.

selain daffodil, bunga lain yang jadi ciri khas datangnya musim semi adalah bunga cherry. di jepang, bunga ini lebih dikenal dengan sebutan bunga sakura!

bunga cheery di inggris disebut cherry blossom. jenisnya juga banyak. ada yang pink keputih-putihan, ada yang putih saja, ada yang pink saja, ada yang pink tua, bahkan ada yang fuchsia atau merah jambu. trus ada yang bunganya tipis, ada juga yang kelopak bunganya bertumpuk-tumpuk.

cherry blossom selain terkenal di jepang, juga tumbuh di mana-mana di negara-negara empat musim di eropa.

pengalaman pertamaku ketemu bunga ini sewaktu aku tinggal di budapest-hongaria dulu. eh ternyata di inggrispun bunga cheery banyak juga dan mudah ditemui. ketika kami pindah ke rumah kami yang sekarang ini, akupun memutuskan untuk menanam satu di belakang rumahku. meski belum setua pohon cherry di pinggir-pinggir jalan dengan bunga yang rimbun itu, pohon cherryku pun sudah mulai berbunga tiap kali musim semi tiba.

aku, di bawah pohon cherry blossom di budapest
musim semi 2006

bunga cherry memang selalu mekar lebih dulu sebelum daun-daun baru bermunculan.

siklusnya memang diawali dengan bunga mekar terlebih dulu. setelah bunga cherry mekar, baru daun-daunnya muncul satu persatu. setelah itu sekitar akhir musim semi, bunga-bunga cherry pun mulai berguguran. sementara itu daun-daunnya terus tumbuh dan menjadi rimbun dari musim semi sampai musim panas.

di akhir musim panas menjelang musim gugur, daun-daun ini mulai berkurang pelan-pelan. lalu terus berguguran sampe akhir musim gugur menjelang musim dingin. ketika musim dingin tiba, pohon cherry biasanya sudah gundul tak berdaun sama sekali. hanya tersisa ranting-ranting kokoh yang seolah-olah tertidur menikmati dinginnya musim, sembari mengumpulkan energi untuk menyambut musim semi berikutnya.

energi yang tersimpan inilah yang dipergunakan bunga-bunga cherry untuk mekar pertama kali ketika suhu mulai menghangat di awal musim semi. kalo pengin liat foto-fotonya per musim, silakan google dengan kata kunci "cherry blossom four season".

sungguh cantik sekali melihat bunga cherry bermekaran di bawah sinar mentari musim semi yang mulai menghangat. menyibak kabut malam dan hawa dingin sisa-sisa musim yang lalu. aku pun tersenyum.

eh tunggu dulu...

begitu aku masuk mobil, muter anak kunci dan ngeliat dashboard, waks!!! ternyata suhu pagi ini cuma 3 derajat selsius saja sodara-sodara, hahaha....

yahhh, aku tertipu!

*happy april fools' day*

6 comments:

  1. Ada temen tinggak di UK, katanya sudah cerah ya? Di sini masih 1 digit juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, wiken ini udah beneran hangat, hari ini 14, besok 16, London 18 :-) masih 1 digit di mana tuh.. brrrrr

      Delete
  2. Udah mulai banyak keluar rumah yaa,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah hangat. sebenernya ga juga sih, ,tiap hari juga keluar rumah karena harus ngantor. tapi kalau udah hangat lebih banyak aktivitas di luar rumah :-)

      Delete
  3. Replies
    1. iya bu, apalagi di jepang, lebih romantis rasanya (kayak udah pernah ke sono aja) hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...