Tuesday, 16 September 2014

nama pasaran

tulisan ini sekedar echo dari tulisan salah satu blogger favoritku, bli andi, yang berjudul "tidak ada di google".

kenapa sudah dibahas orang lain tapi aku mau bahas juga di sini? ya karena aku kan pengin eksis juga ngebahas topik tersebut, yang memang dari dulu udah hinggap di kepala tapi belum sempet nulis atau ngebahas aja sih #alesan

***

topik utamanya sebenernya adalah soal nama.



pernah denger ungkapan, 'apalah arti sebuah nama' = 'what's in a name' yang dipopulerkan oleh pujangga inggris, shakespeare, di karyanya yang amat terkenal, romeo-juliet itu? aku sih jarang denger, wong nonton pertunjukan karya shakespeare aja ga pernah hihi.

padahal udah pernah sampe ke kota di mana pujangga itu dilahirkan yang sampai sekarang theaternya sangat terkenal itu (cerita kunjungan ada di postingan ini, ini dan ini). tapi ya gitu deh, cuma lihat-lihat gedungnya sih udah, tapi nonton pertunjukan karya pujangga klasik terkenal kok belum ada minat yah. dasarnya aku memang wong ndeso mungkin, seleranya kurang elit hihi.

Juliet:
 "What's in a name? That which we call a rose
 By any other name would smell as sweet."
 Romeo and Juliet (II, ii, 1-2)
cuplikan karya shakespeare, sumber dari sini

memang ada sebagian orang yang berpendapat kalo nama itu ga gitu penting. makanya ada saja orang tua yang ngasih nama anaknya ngasal. yang penting ada namanya. rata-rata orang jaman dulu yang kurang gaul emang gitu sih. masak ngasih nama anak 'kliwon' atau 'sabtu' atau 'pon', hihi. kurang kreatif ya. udah gitu cuma satu kata, tinggal nyomot dari nama hari pas anak lahir, atau hari pasaran pas anak lahir, atau dikasih nama bulan pas anaknya lahir. simpel banget idenya hehe.

tapi seiring majunya jaman dan tambah ruwetnya kemajuan teknologi serta maraknya pemakaian internet di hampir seluruh lapisan masyarakat yang bahkan sampe ke desa-desa, tingkat kreatifitas orang tua dalam memberikan nama anak juga berevolusi lho.

nama anak-anak jaman sekarang terdengar jauh lebih canggih dari nama-nama bapak ibunya atau kakek neneknya dulu. akibat pesatnya perkembangan informasi melalui media televisi dan internet pula, banyak nama-nama anak indonesia sekarang yang dicomot dari nama-nama orang terkenal di luar negeri, jadi namanya sudah tidak 'berbau' indonesia lagi. bahkan ada yang menamai anaknya dari nama pemain sepak bola terkenal idola bapaknya!

yang paling sering nemu sih, zidane... hehe

***

sekarang coba kita main search engine, atau mesin pencari di internet.

bisa pake mbah gugel yang lebih populer, atau bing sebagai alternatif. coba masukkan nama 'zidane'. pasti nemunya yang paling atas ya zidane si pemain bola, hehe. nama 'muhammad arif zidane' yang asli indonesia mungkin akan susah nemunya karena terlalu banyak nama zidane di mana-mana. dan kata beberapa website forum nama bayi, nama zidane memang nama pasaran di perancis, meski ada yang debat kalau asal katanya lebih condong ke kosa kata arab karena orang tua zidane keturunan algeria yang berbahasa arab.

terlepas dari asal muasal kata zidane dari kosa kata bahasa mana, yang tentu artinya jadi beda-beda, yang pasti nama zidane makin populer dipakai oleh para orang tua untuk memberi nama anak laki-laki mereka. bukan hanya di perancis, tapi sampai ke indonesia juga.

jadi kesimpulannya zidane itu nama pasaran :-)

***

sekarang coba kita gugel nama kita masing-masing. apa yang kita temukan dari mesin pencari? apakah kamu langsung ketemu profil dirimu sendiri, entah itu profil linked-in, fesbuk, twitter, instagram, path, blog, myspace, multiply, friendster? #kembali ke masa lalu, hihi

kalau iya, berarti namamu unik, alias bukan nama pasaran!

tapi kalau kamu susah nyari profilmu sendiri dari hasil mesin pencari karena terlalu banyak orang lain yang  mempunyai nama yang sama persis dengan namamu di luar sana, berarti namamu nama pasaran, maap yah, hehe.

***

waktu bli andi nulis tentang bagaimana beliau memberi nama anaknya, dengan cara memastikan kalau namanya tidak muncul di mesin pencari gugel berarti bukan nama pasaran, aku jadi tergelitik untuk komen di postingan tersebut, yang berakhir menjadi percakapan seperti ini (printscreen):

percakapan tentang nama pasaran di blognya bli andi (tautan ada di atas)

yup, seperti sudah kujelaskan ke bli andi, namaku 'nayarini' memang unik dan bukan nama pasaran #bangga. karena unik dan bukan berasal dari kata tertentu atau dari kosa kata bahasa tertentu, arti nama 'nayarini' memang ga ada, karena memang tidak terdaftar di dalam kosa kata bahasa manapun.

sedangkan nama keduaku 'estiningsih' yang bukan nama keluarga (surname) seperti halnya orang barat (pernah kubahas di sini dan di sini), ternyata sangat pasaran. buktinya banyak banget di fesbuk yang namanya 'estiningsih', apalagi di gugel haha.

tapi kalau keduanya digabung menjadi nama lengkapku dan digugel, tentu saja gugel akan langsung nemu 'aku'!

***

makanya di profil blogku, dari dulu aku tulis seperti ini:

kau takkan keliru! :-p

memang ga bakal keliru karena di seluruh dunia ternyata menurut hasil pencarian gugel atau bing cuma ada satu 'nayarini estiningsih' hihi. entah kalau di tempat lain di puncak gunung di sebuah desa pedalaman mana gitu, ada juga nama tersebut tapi ga pernah berinteraksi sama sekali menggunakan internet, ga punya profil online, ga pernah ngirim email, dan sangat gaptek teknologi jadi jejak-jejaknya ga bisa ditelusuri dan ga ada di mesin pencari. bisa saja sih, tapi kok sangat kecil kemungkinannya yah.

tapi meski nama 'nayarini' unik, sebenernya banyak banget lho nama cewek 'naya' doank, atau 'naiya' atau 'naila' atau 'nayla' atau 'nailah' atau 'naylah', atau 'naira', atau 'naura' yang kayaknya makin populer belakangan ini. dan banyak juga nemu nama 'naya rini' di akun fesbuk, tapi ga disambung, alias terdiri dari dua kata terpisah.

satu-satunya profil 'nayarini' kedua di dunia yang aku nemu, adalah nama milik seorang cewek yang berdomisili di qatar, meski nama lengkapnya adalah 'franya nayarini'. cakep yah namanya...

cuma ada dua pemilik nama 'nayarini' di seluruh dunia! horeeee...


***

nama unik memang jadi lebih gampang diingat sih.

atau gampang dilupakan juga karena ga umum? menurutku sih gampang diingat. buktinya aku masih selalu ingat nama-nama temen-temenku yang unik-unik dan ga pasaran sejak jaman sd dan smp dulu. yang namanya pasaran biasanya lupa, kalau ga ya ketuker-tuker sama nama teman lain yang kedengeran mirip-mirip, jadi susah diingat si siapa yang mana.

di antara banyak nama unik yang aku ingat, beberapa di antaranya adalah om 'susilo kusdiwanggo' si ketua osis-ku dulu jaman smp, trus ada om 'poltak hotradero' selebriti twitter yang ocehannya selalu kuikuti meski nama 'poltak' sangat pasaran, tapi 'hotradero' nya sangat unik.

lalu tentu saja bakal presiden kita yang meski nama aslinya sangat pasaran yaitu 'joko' dan 'widodo', tapi karena setelah diutak-atik-gathuk nama beliau malah lebih dikenal sebagai 'joko-wi', maka saat ini di seluruh dunia cuma ada satu 'jokowi', karena tadinya kata 'jokowi' memang bukanlah sebuah kosa kata atau sebuah nama utuh.

nama anak-anak jokowi tiga-tiganya juga ternyata cukup unik lho. rakabuming, kahiyang, kaesang, meski kalo digugel harus dengan nama lengkap sih baru nongol profil-profilnya. sumber dari wiki kok ternyata ada anak ke-4 juga ya! #eh?

ada lagi satu nama temenku yang sampe sekarang masih kubilang sebagai salah satu nama paling unik yang pernah kutahu. kira-kira orangnya bakal ngamuk ga ya kalo kuekspos di sini? hmm, kayaknya ga sih, maap yah om hehe. anaknya baik hati, tidak sombong dan rajin menabung kok setahuku :-D

om idep namanya unik!

dialah 'deffarmen mehan' alias om idep! meski ternyata nama 'mehan' rupanya adalah nama belakang atau nama keluarga yang umum dipakai di negara barat (eh, baru tahu ternyata om idep keturunan barat). tapi nama 'deffarmen' termasuk unik karena ketika digugel, profilnya langsung nongol di paling atas.

***

kalau nanti ethan punya adek (mudah-mudahan cewek), penginnya sih mo bikin nama yang unik dan ga pasaran, dan saat ini blom ada di gugel, jadi nanti profilnya bisa langsung nongol kalau dicari di internet gitu. ga tertimbun oleh bejibun nama-nama pasaran lain yang udah banyak nongol duluan seperti nama 'ethan' yang sangat pasaran sekali, hehe. eh aku belum hamil lagi yah sekarang, jangan nuduh lho, awas kalo ada yang ngegosip!

tapi bikin nama baru yang unik dan belum pernah ada di dunia itu susah lho ternyata. bahkan nama 'kugy' tokoh cewek di bukunya dee lestari 'perahu kertas' yang tadinya kukira sangat lucu dan unik itu, ternyata pas digugel adalah nama belakang seorang penulis ternama dari austria! ga unik lagi deh. trus gimana caranya bikin nama unik yah...

salah satu cara yang aku kepikiran sih, pake metode main scrabble!

jadi tinggal dikocok hurufnya, sedapetnya apa, trus disusun acak sambil berdoa moga-moga jadi sebuah kata yang kedengeran bagus untuk dijadiin nama anak cowok atau cewek. dan moga-moga kata tersebut ga terdengar kasar atau ga sopan, atau terdengar aneh, atau tiba-tiba digugel punya arti yang kurang bagus dalam kosa kata bahasa lain.

karena kadang-kadang dilemanya ya itu.

satu nama yang mungkin artinya bagus di satu tempat bisa jadi punya arti jelek, atau jorok, atau ga sopan di negara lain. kan kesian kalau anaknya nanti melanglang buana ke negara tersebut trus diketawain karena namanya punya arti beda :-p

cara lain, mungkin dengan jalan utak-atik-gathuk dari nama-nama pasaran yang sudah ada, tinggal ditambahin dikit atau dikurangin dikit supaya jadi unik. hmm...bisa ga yah. susah juga sih kayaknya haha. bapakku dulu kok bisa yah nemu nama 'nayarini' cuma dari utak-atik nama kakekku 'noyorejo'? bapakku memang kreatip!

***

trus kira-kira si 'franya nayarini' yang tinggal di qatar itu ortunya nemu namanya dari mana yah? tuaan siapa kira-kira aku sama dia yah? #kepoooo

biar ketahuan aja sih, siapa yang duluan pake nama itu, jadi yang lebih muda yang nyontek #hehe

kalo diintip profilnya di linked-in sih, dia mulai kuliah tahun 1993 di universitas 17 agustus surabaya. lhaaaa, aku kan lulus sma dan mulai kuliah tahun 1993 juga! wah bisa jadi kita seumuran nih. bisa jadi tahun lahir kita samaan. tapi aku lahirnya desember tuh, bisa jadi dia lebih tuaan donk, huhuhu.

bisa jadi ortunya dia ngasih nama 'nayarini' duluan. bisa jadi bapakku dulu nyontek bapaknya dia. e tapi kan aku ga tau dia aslinya mana. dan jaman dulu kan ga ada internet, gimana bapakku bisa nyontek nama orang lain? hihi...ah sudahlah, jadi tambah ngaco!

kalau kamu, namamu termasuknya unik apa pasaran?


12 comments:

  1. Wakakaka aku jadi buka Wiki-nya Jokowi, kok ada anak keempat. Waduh.
    Namaku kalau dipisah satu-satu ya pasaran. Tapi kalau gabung kayaknya aku doang :D
    Pernah nemu gugling nemu Siti (t-nya satu) Rasuna kalau ga salah orangnya di Ambon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku kenal Siti (t-nya dua), dia pernah main ke rumahku lho?

      Delete
    2. @una, hihi jadi buka linknya jokowi, wadoh itu anake siapa donk Na, angkat mungkin ya *nebak*. Eh coba ngontak orang yg punya nama sama trus janjian kopdar seru kali ya, sama yg di ambon itu. Aku janjian ama yg di qatar hihi

      Delete
    3. @ririe wooo jadi kalian berdua ini temenan toh, trus janjian ngintip blogku trus komen barengan gitu yah, hihi...makasih ya dah mampir ;)

      Delete
  2. Namaku pasaran, Mbak Naaay... Sayangnya aku gak bisa protes. Lha wong yang ngasih nama kan orangtuaku. Hahahahaha...

    Btw, dari sekarang aku sudah nyari2 nama buat anakku kelak sih. Sejauh ini sudah ada 2 nama yang aku suka banget. Tapi, gak tahu yang satunya bakal aku pake atau gak. Gaya banget ya aku belum nikah aja sok2an udah nyari nama buat anak. hahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ..kan persiapan dini jauh-jauh hari Kim, antisipasi hihi. Eh pasaran ga dua nama itu? :P

      Delete
    2. Kayaknya sih gak pasaran, Mbak. Tapi, bukan berarti belum ada yang pakai juga. Gpp deh, asal namanya jangan pasaran banget. :D

      Delete
    3. Asekkk, pasaran kaek Ethan jg gpp lho Ada serunya jg ternyata. Pas ke supermarket misalnya si Ethan kudorong di depanku, eh Ada ibu2 teriak Ethan Ethan come here, ternyata anak nya lepas haha

      Delete
  3. Hehehe, saya juga ada mbak yang samaan meski hanya nama depan saja hihihi

    ReplyDelete
  4. Namaku pasaran. Banget. Di FB banyak. Banget :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp berarti namanya bagus karena banyak diminati para ortu untuk ngasih nama itu ke anak mereka :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...