Tuesday 7 April 2015

cacar air

akhirnya, ethan kena cacar air juga!

sejak dia lahir, aku selalu was-was kapan anakku bakal kena penyakit bentol-bentol yang satu ini. bukan was-was karena dia bakal gimana-gimana sih, tapi lebih was-was karena aku belum pernah kena cacar air sejak lahir!

katanya sih, seumur hidup orang bakal kena cacar air sekali saja, setelah itu imun atau kebal. dan katanya, seumur hidup yang ga pernah kena berarti memang pernah diimunisasi. kalo untuk yang pernah kena dua kali (yang ternyata memang bisa saja), yang kedua itu disebutnya lain lagi bukan cacar air (chicken pox) tapi shingles. sumber info resmi dari dinas kesehatan inggris tentang seluk beluk cacar air ada di sini.


jadi begitu kemarin ethan kena cacar air, aku jadi was-was deh. kira-kira aku bakal ketular ga ya? buat ngeyakinin diri sendiri, barusan aku nelpon ibuku di kampung, buat nanya lagi, aku dulu ga pernah kena cacar air dari kecil itu bener ga sih bu?

jawabnya emang tetep sama. kata ibuku, di antara keenam anaknya, cuma satu ternyata yang pernah kena cacar air, yaitu adikku cewek. itu juga kenanya pas udah sekolah smu, hihi. aku inget banget tuh dia dulu ngamuk-ngamuk pas kena. lha kan jadi bentol-bentol kulitnya, cakepnya ilang deh :-p #diketapel dari cinere

lalu, apa berarti yang lima orang ga pernah kena karena pernah divaksinasi? ternyata ga juga, hehe.

karena dari kami berenam, cuma kakakku yang nomer satu saja yang imunisasinya lengkap. tapi karena waktu itu dia sempat demam dan akhirnya bikin ibuku sama nenekku jera, akhirnya anak kedua (aku) sampai adikku nomer enam, semua bebas vaksinasi, alias ga pernah divaksin atau diimunisasi sama sekali. hadeuh!

tapi syukurlah sampe sekarang semua sehat-sehat saja :-D

tapi ya itu tadi, kalo lagi musim cacar air aku selalu was-was jadinya. apalagi kali ini anakku sendiri yang kena. kira-kira aku bakalan ketular ethan ga ya? apalagi pas baca-baca info dari website tadi kalo orang dewasa yang kena itu menderitanya jauh lebih parah dari anak kecil. kebanyakan harus sampe dirawat di rumah sakit, atau bahkan sampe kena pneumonia! hiks.

jadi kita lihat 10-20 7-21 hari lagi deh, apakah virus cacar air yang nama kerennya varicella-zoster ini berhasil masuk ke tubuhku, berinkubasi dengan riang gembira, dan akhirnya kulitku muncul bentol-bentol juga?

stay-tuned, nanti dikabari lagi ya...

***

sekarang mari cerita soal ethan!

hari kamis kemarin dia tuh masih sehat, ga kenapa-napa. tapi karena bapaknya yang barusan balik dari lisbon ngebawa flu, kupikir pasti ethan bakal kena nih. eh jumatnya karena tanggal merah kami ga kemana-mana, ethan langsung pilek dan malemnya sempet panas sampe 38. tuh, kan bener kupikir.

sabtunya, muncul bintik merah kecil di kulitnya, cuma beberapa, ga banyak. tapi karena kulit ethan emang selalu kering (dia punya mild eczema sejak bayi) dan di beberapa tempat memang selalu terlihat merah, ya kupikir biasa aja. beberapa kali memang kulitnya pernah meradang dan berbintik, trus baik lagi dengan sendirinya, jadi aku ga mikir apa-apa.

eh pas minggu pagi, bintiknya membesar, meski masih belum kelihatan menggelembung. baru hari seninnya kelihatan parah dan mirip cacar air, karena bentolannya udah berisi cairan meski tetep kecil-kecil. bahkan ada beberapa yang nongol di bibir dan lidah, ga sopan banget tuh bentol. untungnya senin masih tanggal merah di inggris, jadi kami masih di rumah. akhirnya kami ke dokter deh periksa, dan bener emang dia kena cacar air! d'oh...

si ganteng mukanya bentol-bentol, tapi tetep murah senyum donk :-)

karena masa inkubasi virus penyebab cacar air ini butuh waktu antara 7-21 hari sampe si penderita kelihatan ga enak badan, aku ga gitu tahu si ethan dapetnya dari mana dan kapan. tentu saja udah beberapa minggu belakangan ini emang banyak anak kecil yang kena sih. jadi ya bisa dari mana saja. apalagi tiap hari dia dititipin (baca titip anak).

mau dihindari juga susah ya penyakit yang satu ini. kalo jatahnya pas kena ya udah pasrah saja.

lagian penyakit cacar air itu ga masuk jenis berbahaya kok, apalagi kalo kenanya pas masih anak-anak. jadi bapak-ibu ga perlu panik karena anaknya cacaran ya. kayak aku gini lho, sante saja #halah. o ya, cacar itu ga ada obatnya juga untuk ngebunuh si virus, jadi ga perlu bingung nyari obat kesana kemari, apalagi sampe ke mbah dukun hehe #dikeplak

yang ada cuma pengobatan untuk menolong penderita merasa agak nyaman dengan gejala-gejalanya, bukan penyebabnya. gejala yang dimaksud di sini adalah kulit bentol-bentol itu tadi, yang biasanya menggelembung dan berisi cairan, lalu kempes, lalu mengering dan mengelupas dengan sendirinya. tentu saja karena kondisi ini si penderita jadi ga nyaman karena kulitnya iritasi dan merasa gatal-gatal di sekujur tubuh.

dalam kasus-kasus yang ringan, jumlah bentolan ga gitu banyak. tapi di kasus yang lumayan berat, jumlahnya bisa lebih banyak dan muncul di sekujur tubuh, bibir, mulut, lidah, bahkan di sekitar alat kelamin. ih kesian yah si anak.

***

kata website yang sama nih, untuk pencegahan dan mengurangi penyebaran virus, sebaiknya penderita diisolasi jangan ketemu orang lain terutama bayi dan anak kecil.

jadi yang dititipin, yang sekolah, yang kerja, libur dulu, hehe. o ya, hindari juga ketemu ibu hamil, dan orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang melemah, contohnya para lansia, dan mereka yang sedang menjalani perawatan kanker dan harus dikemo. penderita juga ga boleh terbang kalo diketahui lagi kena cacar air, bisa nyebar ke seantero dunia virusnya hehe. maskapai juga ga akan ngasih ijin lah.

e tapi malah ada lho yang sengaja bikin chicken pox party, atau pesta cacar air (halah, terjemahannya jadi aneh), di mana kalo ada anak yang kena satu, para ibu-ibu malah sengaja ngumpul sama anak-anak kecil mereka yang belum pernah terkena cacar air, supaya malah terinfeksi bareng-bareng, jadi repotnya sama-sama dan sekalian selesai, imun, lalu bebas cacar seterusnya hehe. seru ya :-p

pencegahan paling dini tentu saja vaksinasi. sayangnya di inggris sini vaksinasi cacar ga ada wajib. mungkin emang karena ga bahaya itu tadi ya, jadi dinas kesehatan sini lebih fokus ke vaksin penyakit yang lebih berbahaya. apalagi karena semua fasilitas kesehatan termasuk vaksinasi di sini gratis, jadi mungkin pemerintah mengalokasikan dana vaksin cacar ke jenis vaksin yang lain.

tapi jika memang perlu, vaksin cacar tetep tersedia kok. dan kalo mau divaksin musti rikues dulu, karena emang ga dianjurkan dan ga ada dalam daftar wajib vaksin untuk bayi dan anak-anak. kalopun mau divaksin, harus dilakukan dua kali (kata temenku di jerman yang di sana pemerintahnya ngasih vaksin cacar), tapi ternyata sudah divaksin pun tidak menjamin bebas cacar air seratus persen lho, hehe.

pencegahan yang lain, dengan membersihkan bekas barang-barang yang pernah disentuh penderita, supaya anak atau orang lain ga ikut terinfeksi karena nyentuh barang tersebut. ganti sprei dan sarung bantal lebih sering supaya virusnya ga nyebar, juga dianjurkan.

***

meski obat pembunuh virus belum ditemukan, tapi obat-obatan untuk mengurangi gejala cukup banyak tersedia di pasaran.

untuk mengurangi rasa gatal, bisa diolesi dengan obat jenis salep atau krim, yang di inggris sini bisa langsung dibeli di apotek tanpa resep dokter. di indonesia juga pastinya banyak lah. tapi kemarin ethan aku beliin yang model gel yang disemprotin ke kulit, bukan yang salep. bentuknya tabung berisi cairan bening rada kental, yang fungsinya sama kayak salep atau krim oles, cuma yang ini cukup disemprot gitu aja sih. gampang dan cepet hehe #emak pemalas

nanti kira-kira setelah semingguan bentol-bentolnya kering sendiri dan rontok.

meski jarang terjadi, bentolan cacar ternyata bisa juga komplikasi lho. ini kalo lukanya terinfeksi sejenis bakteri, yang lalu mengharuskan si penderita minum antibiotik. ada juga komplikasi lainnya tapi juga kasus ini sangat jarang terjadi jadi jangan panik duluan, yaitu penderita bisa sampe kena ke sistem syaraf, sampe ke infeksi otak! hadeuh serem.

kalo sampe komplikasi ini, biasanya gejalanya ga cuma muncul bentol, tapi pake tambahan si anak lemes, lesu, muntah, kelihatan bingung, sakit kepala, sakit leher, sampai ga bisa jalan dan bicara normal, d'oh. untung si ethan masih aktif aja sejak kena. masih main dan ketawa-ketawa, meski sempat hilang napsu makan, tapi kemarin pas makan siang udah rakus lagi hehe.

trus kalo ada yang bilang cacaran jangan dimandiin, ternyata ga juga lho. kemarin aku nanya dokternya ethan ga papa tuh mandi aja seperti biasa. cuma jangan pake sabun dulu karena bahan kimia yang terkandung di sabun bisa membuat kondisi kulitnya jadi tambah parah. makes sense lah ya, penjelasannya cukup masuk akal. jadi cukup air hangat saja. sip deh!

dan untuk obat yang diminum sebenernya ga ada sih.

tapi karena selain cacar, ethan sejak bayi juga punya masalah kulit kering, jadi dokternya bilang boleh minum obat anti alerginya dia (chlorphenamine) yang fungsinya untuk mengurangi rasa gatal (tapi dari dalam). ngebantu dia tidur juga kalo malem jadi ga gelisah garuk-garuk terus. dan emang bener sih pas udah minum obat alergi, plus aku semprotin pake gel, tambah krim harian dia buat kulit keringnya, tadi malem tidurnya pules aja tuh, cuma bangun buat nenen doank seperti biasa. ga pake rewel. 

trus boleh juga sebenernya minum obat pengurang rasa sakit biasa seperti paracetamol, atau ibuprofen kalo bener-bener perlu dan si penderita bener-bener merasa kesakitan. kalo ga ya ga usah aja lebih baik. aku juga ga gitu suka dan rada anti-obat, jadi kalo ethan ga perlu-perlu banget sebisa mungkin aku ga kasih dia apa-apa. yang paling penting dalam kasus si ethan, dia nyusu emaknya tetep kuat meski sempet ga doyan makan. akunya yang tepar, hehe.

tapi ya itu, mukanya jadi bentol-bentol kayak macan totol. dan aku jadi cuti dadakan nungguin dia di rumah, ga bisa kerja. ga tau nih kudu cuti berapa lama, hiks.

cepet sembuh ya sayang...

10 comments:

  1. Masa inkubasi 10-20 hari mbak, selama itu kl daya tahan tubuh lg fit ya virus gagal menyerang alias aman. Jd rajin minum vit C aja buat jaga kondisi tubuh kalau was-was bakal ketularan ethan xixixiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di website nya dinas kesehatan inggris 7-21, yah beda-beda tipis lah sama temen dapet diskon hihi. Iya ini bu digempur buah dan sayur, vit C alami, ga pernah konsumsi yg tablet soale hehe. Moga2 ga kena :-D

      Delete
  2. Udah lama ga baca postingan mbak dan udah lama juga ga chatting lewat fb hihi. Semoga kabar mbak baik-baik aja :)
    Ngomongin soal cacar, selama hidup 20+ tahun aku juga belom pernah kena cacar air dan semoga aja ngga. Kata sodara gatelnya ga nahan, kalo digaruk malah ada bekasnya.
    Semoga si ganteng cepet sembuh ya, mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa, sama sama sibuk kita yaaaa hiks. semoga di sana juga baik-baik kabarnya, makasih dah mampir lagi :-) dan semoga kita ga bakal kena cacar seumur-umur yah, toss lahhh haha

      Delete
  3. Disini mah sangat baik banget, mbak. Sehat rohani dan jasmani. Hehe :D
    Iya, semoga ga kena cacar seumur-umur *toss hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah, semua sehat! Tp masih deg degan aku nunggu masa inkubasi 2 minggu lagi nih hehe

      Delete
  4. cacar air memang salah satu penyakit yang mudah untuk disembuhkan, namun penyakit ini tergolong penyakit yang cukup mengerikan.. karena jika kita terkena cacar air tentunya rasa kepercayaan diri kita akan hilang...
    addeliya

    ReplyDelete
  5. Hai bunda, makasih ya, tulisannya bermanfaat banget.
    Anak saya juga baru saja sembuh dari cacar air.

    Untungnya saya juga baru kena cacar setahun kemaren, jadi ngerawatnya gak terlalu bingung :)
    jangan lupa berkunjung di blog saya yaa :)

    https://reyneraea.blogspot.co.id/2016/12/ketika-darrell-terserang-penyakit-cacar.html

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...