Monday 14 December 2015

arab banjir

kita semua pasti udah tahu kalo negara-negara di kawasan jazirah arab itu hidupnya dikelilingi padang pasir yang identik dengan kata kering, tandus, panas, dan berdebu! ga heran kalo media beberapa minggu kemarin itu (ga papa ya rada basi dikit hehe, baru sempet ngetik soalnya...) sempat dibikin heboh gara-gara ada berita kalo arab lagi banjir! kok bisa? bagaimana mungkin? apa yang salah? bahkan ada yang bilang, jangan-jangan kiamat udah deket, hehe.

kita bahas yuk kenapa arab banjir.

aku sendiri belum pernah ke arab. kalo ke abu dhabi sih pernah sekali, transit hehe. ke dubai lebih sering, transit juga nongkrong di bandara ga kemana-mana. suamiku justru yang hobi bolak-balik ke saudi karena kerjaan dia emang ngurusin klien-klien di timteng ama afrika utara atau disebutnya negara-negara MENA (middle east north africa).

sumber

saking seringnya ke arab, paspor dia tuh visa saudinya udah banyak banget. apalagi cap imigrasinya udah bolak balik lah. karena biasa saudi ngasih visa berlaku untuk 6 bulan. kalo dah mo abis biasanya langsung apply lagi jadi bisa ke sana kapan aja. berpaspor inggris pun ternyata masih perlu visa juga ya kalo mo ke arab, kirain paspor ijo doank yang kemana-mana kudu bikin visa. ga jadi pindah warga negara inggris deh kalo gitu #halah

ga dink, alesan aku ga mau pindah warga negara bukan karena itu kok, tapi karena alesan yang lebih rumit dan udah pernah kubahas tuntas di sini.

saking seringnya kudu ke arab, kami sempet kepikiran gimana kalo pindah ke dubai aja. selain bebas pajak penghasilan jadi bisa ngumpulin duit lebih banyak hehe, juga lebih anget ga dingin banget kayak di inggris. lha tapi trus aku kerja apaan donk di dubai? jadi ibu rumah tangga bisa cengok atuh, ga terbiasa hehe.

dan saking seringnya ke arab, pas kemarin rame-rame banjir itu juga suami pas lagi di riyadh donk ikutan kebanjiran haha. karena temen kerjanya yang orang-orang arab sana banyak banget, tentu saja mereka lalu  ngobrol seru tentang banjir di arab. kenapa bisa banjir, apa dampaknya ke kehidupan orang lokal, kenapa jadi berita utama di media internasional, dan lain-lain.

begitu tugasnya selesai dan nyampe rumah, suami cerita ke aku lah dengan hebohnya.

nah, gara-gara cerita itu aku jadi ada ide nulis postingan ini. di luar yang suamiku ceritain aku ya kurang tau menahu. kalo ada yang masih penasaran, tanya orang arab sendiri yak kalo pengin tau lebih banyak lagi. atau tanya di sini nanti aku minta tolong suami nanya koleganya yang orang arab asli dan berdomisili di sana hehe.

***

untuk nambah info, aku coba gugel tentang kenapa negara gurun bisa juga kebanjiran sambil sekedar baca-baca. baru nyadar kalo selama ini persepsi kita tentang negara-negara gurun yang panas, tandus, kering dan jarang hujan, ternyata salah besar!

bencana banjir di arab pun ternyata bukan baru-baru ini saja lho. kejadian tahun 2009 malah sampe masuk wiki karena menelan begitu banyak korban. kudu lebih sering baca berita internasional nih aku kayaknya, jangan cuma ngikutin kasus 'papa minta saham' ama artis berinisial 'nm' yang tertangkap di hotel karena punya usaha sampingan aja! d'oh...

lalu kenapa banjir di arab bisa parah banget gitu?

alesannya banyak ternyata sodara-sodara. dari yang alasan ilmiah berbasis ilmu pengetahuan, alasan kontroversial berbasis ilmu ngawur dan tebak-tebakan, sampe alasan berbau keagamaan hehe. biasalah namanya juga arab, apa-apa yang terjadi di sana pasti dikait-kaitkan sama religi. udah lumrah itu sih. tergantung kitanya aja percaya apa ga.

mari kita lihat alasan-alasan tersebut secara campur aduk plus bakal aku sisipin juga cerita suami berdasarkan hasil ngobrol dengan temen-temen kerjanya di riyadh yang orang-orang arab asli.

kata wiki: arab saudi terkenal sebagai sebuah negara yang datar dan mempunyai banyak kawasan gurun. gurun yang terkenal ialah di sebelah selatan arab saudi yang dijuluki "daerah kosong" (dalam bahasa arab, rub al khali), kawasan gurun terluas di dunia. namun di bagian barat dayanya, terdapat kawasan pegunungan yang berumput dan hijau. hampir tidak ada sungai atau danau permanen di negeri ini, tetapi terdapat sangat banyak wadi. beberapa daerah subur dapat ditemukan dalam endapan aluvial di wadi, basin dan oasis.

hmm, ternyata di arab itu ga ada sungai!

pantesan aja kering dan tandus ya. karena pada dasarnya emang sungailah yang menjadikan sebuah wilayah itu hijau karena sungai adalah sumber air tawar untuk keperluan dasar semua makhluk hidup. tanaman kan perlu air untuk hidup, apalagi hewan dan manusia. dan menurut tautan ini yang bersumber dari riset oleh bank dunia serta perserikatan bangsa-bangsa, bukan oleh media abal-abal lampu merah, karena kondisi geografis-nya lah negara-negara di jazirah arab dan afrika utara (atau MENA) itu paling rentan terhadap kondisi iklim yang sangat ekstrim dibandingkan negara-negara lainnya di seluruh dunia.

macam-macam bencana alam di wilayah MENA (sumber)

kalo ga hujan mereka kekeringan, kalo hujan dikit mereka langsung kebanjiran! hadeuh...

perlu diingat negara-negara MENA itu ga cuma arab saudi doank lho, ada yemen, oman, djibouti, mesir, somalia, ethiopia (ingat bencana kelaparan dan kekeringan sekitar tahun 80-an lalu?), sudan, eritrea dll. negara-negara ini memang sama-sama terletak di dekat laut merah.

bedanya, arab saudi mungkin adalah negara yang duitnya paling banyak dan paling kaya minyak dibanding yang lain. meski banyak duit juga ternyata pembangunan infrastruktur untuk mengatasi kekeringan dan banjir belum cukup untuk mengatasi tantangan kondisi geografis dan alam yang sering ga menentu. apalagi negara lain yang ga punya duit banyak yah.

makanya seringkali bencana kekeringan dan banjir di wilayah ini jadi isu internasional karena memang parah luar biasa.

***

kalo menurut koleganya suami yang asli orang sana, pemerintah mereka katanya kurang begitu memperhatikan pembangunan infrastuktur untuk menampung debit air berlebih yang suka-suka datang tiba-tiba. alesannya karena emang di sana hujan tuh jaraaaaaaaaang banget.

ya iyalah emang bogor hehe.

karena jarang banget hujan, kenapa repot-repot bikin selokan atau kanal ya kan? kalo selokan atau kanal airnya tiap tahun kering terus ga ada airnya, paling cuma kepake sekali dua kali dalam setahun doank. dari segi investasi ga menguntungkan banget lah. karena ga ada selokan itulah, kalo ramalan cuaca tiba-tiba bilang mau ada hujan, kantor-kantor pada tutup lhoh. sekolahan juga. pokoknya aktivitas normal berhenti deh, udah kayak mo ada bencana nasional gitu lah. hujan biasa lho itu padahal.

karena emang kalo ada ramalan hujan itu artinya pasti bakal banjir. dan perlu diinget di sana ga ada yang namanya sungai!

dan mereka udah tahu jadi daripada kejebak dan ga bisa pulang mending di rumah aja ga usah kemana-mana. gitu cerita temen-temen suami. lucunya pas suami ke sana kan semua jadwal udah direncanakan. nah pas ada kabar mau hujan, tiba-tiba seluruh ruangan kantor jadi kosong gitu, orang-orang pada pulang semua padahal jam kantor belum habis haha. suamiku disuruh balik ke hotel cepet-cepet kalo ga mau kejebak.

pas suami nanya, kenapa ama hujan aja pada takut sih, kan ga pake angin puyuh atau apa gitu. jawab mereka, hujan biasa aja pasti banjir dan semua jalanan macet karena ga ada selokan air. oalah, jadi begitu rupanya.

akhirnya suami pun nurut meski masih berasa aneh kenapa hujan yang cuma rintik-rintik aja bikin heboh seluruh kota sampe pada kabur semua. sampe setengah jalan di tol, dia baru ngeh ketika ngelihat jalanan kota di bawah tol udah mulai kerendem air. trus lalu lintas juga jadi tambah semrawut karena semua orang pengin nyampe tujuan di waktu yang bersamaan. genangan air tambah banyak di mana-mana dan nutup ruas-ruas jalan. kacau balau lah katanya.

itu baru hujan kecil lho, ga gitu deres banget.

mungkin kalo yang deres sampe bikin banjir bandang itu yang kayak diberitain di tautan wiki di atas, sampe menelan korban jiwa, ngerusak bangunan dan mengakibatkan bencana nasional.

sebagai orang awam, aku sih mikirnya simpel aja. kan duit mereka banyak ya. kenapa ga bikin kanal penanggulangan banjir apa sih. emang mahal tapi kan minyak mereka banyak. hmm, mungkin ga sesimpel itu deh. karena infrasturktur mereka yang memang ga pernah punya selokan, membangun jaringan pembuangan air akan sangat sulit dilakukan.

kenapa? balik lagi ke kondisi geografis mereka yang ga punya sungai!

***

bandingkan dengan indonesia. bersyukurlah kita yang lahir dan tumbuh di negeri yang lansekap tanahnya bervariasi. ada gunung, lembah, sungai, mata air, laut, danau, hutan dll. di arab dan sekitarnya ga ada gitu. tanah datar doank, kering dan tandus, bermil-mil jauhnya. di mana-mana pasir.

di negeri kita mau bangun saluran air gampang. tinggal gali dikit, keruk-keruk, lalu dialirin ke sungai terdekat. tugas si sungailah yang ngebawa air ke arah laut. kenapa bisa ngalir ke laut dengan otomatis? karena grafitasi! air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah, pelajaran sd, ingat? dengan kontur tanah yang bervariasi, bukan masalah besar bikin saluran air.

bayangkan di arab. gimana bikin saluran air kalo ga punya sungai?

gimana mau bikin sungai kalo tanahnya datar ga punya gunung, sementara air kudu ngalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah? yang ada airnya macet ga bisa kemana-mana. mau dipompa sampe ke laut? jarak daratan dari riyadh ke laut paling deket itu kira-kira sama kayak jarak jakarta - semarang, atau pontianak - palangkaraya. di indonesia di antara dua kota itu udah ada berapa sungai tuh yang semua diciptakan oleh alam, ga usah susah-susah bikin sendiri. udah gitu tinggal ngejaga supaya bersih aja masih pada ga becus ya kan? payah emang...

jadi karena alasan inilah makanya tiap kali hujan dikit, orang arab pada kabur pulang ketakutan banjir. ya harap maklum.

kalo menurut penelitian resmi yang laporannya dirilis oleh badan dunia, kondisi ekstrim yang mengakibatkan bencana-bencana di negara di wilayah arab selain karena faktor alam juga karena faktor manusia. pertumbuhan penduduk yang tinggi di wilayah tersebut (ga ada kontrasepsi kan), lalu tata kota yang semrawut, infrastruktur yang minim dll sebagai penyebab tambahan.

tentu saja berbagai diskusi untuk mencari solusi dari tingkat lokal, nasional sampe regional sudah dibahas dan diimplementasikan.

berbagai lapisan juga sudah terlibat dari peneliti, pemerintah lokal, pemerintah pusat, sampe ke para ahli di bidang terkait. mereka ga ongkang-ongkang kaki doank nunggu mukjizat turun dari langit. berbagai kebijakan pemerintah juga sudah diterapkan untuk mengatasi perkara kekeringan dan kebanjiran yang lumayan pelik untuk dipecahkan ini. baca ndiri deh ya kalo pengin tau lebih banyak.

sumber aslinya silahkan unduh laporan lengkap kolaborasi undp (pbb) dan bank dunia yang dirilis tahun 2014 yang lalu dan tersedia untuk umum di tautan ini. cuma 114 halaman doank kok, all in english tentu saja :-)

***

yang jadi permasalahan sih sebenernya bukan soal apakah arab kudu bikin selokan lalu ngebangun sungai-sungai buatan atau ga. tapi pertanyaan kenapa di daerah yang dulunya jarang hujan sekarang jadi lebih sering hujan? kenapa wilayah yang tak bersungai dan jarang hujan dulu ga pernah banjir tapi sekarang jadi lebih sering banjir seperti terlihat pada grafik di bawah ini?

pemanasan global!

makin ke sini makin sering bencana alam. kiamat udah deket atau
pemanasan global? (sumber)

heh, ga salah? bukankah itu cuma mitos? hehe. silahkan yang mau percaya pemanasan global itu beneran atau cuma mitos. kalo biasanya isu pemanasan global suka digoreng sama media untuk kepentingan politik, sama kelompok yang lain isu ini suka digoreng dan dikait-kaitkan dengan isu agama. yang manusia udah ga ada yang bener makanya bencana terus menerus datang silih berganti lah, yang mau kiamat lah, yang akhir jaman makin deket lah dll.

menurutku sih, adalah hal yang pasti kalau bumi itu terus berubah tanpa henti. alam bergerak terus menerus, berevolusi. makhluk hidup tercipta dan punah silih berganti. dalam rentang waktu geologi, manusia itu ga ada seupil-upilnya dari jaman masih hidup di goa sampe ntar pas udah kiamat dan semua musnah dari muka bumi.

pemanasan global cuma satu gejala perubahan alam saja, karena ulah manusia juga. tapi ya emang kudu begitu. bumi makin tua, penduduk makin banyak, bumi makin sesak, sumber daya alam terkuras. pada satu masa, semua kesemrawutan ini pasti akan berujung pada titik akhir. seperti halnya ketika dinosaurus musnah, kita pun akan musnah. kiamat pun sudah hukum alam, bagian dari siklus semesta.

lalu apakah karena arab sering hujan dan banjir itu tanda-tanda kiamat udah deket?

hmm, orang arab sendiri ngeliatnya ga gitu sih. mereka biasa-biasa aja tuh. ga lebay kayak kita yang suka banget ngait-ngaitin arab banjir dengan peringatan dari yang maha kuasa kalo manusia kudu tobat karena kiamat akan segera tiba. yaoloh, orang arab aja masih pada ngantor dan bikin meeting ini itu ama suamiku hehe.

mereka cuma panik kalo hujan karena ga mau kejebak banjir, dah gitu doank. mana biasanya jalanan jadi berlobang kalo banjir, ngerusak mobil. ga ada heboh ngomongin kiamat segala macem. kalopun ada di kitab suci, emang orang arab sendiri ga ngerti? mereka tiap hari ngomong pake bahasa arab lho. baca kitab suci semudah kita ngebaca majalah bobo aja kan ga usah nunggu diterjemahin. toh mereka ga lebay karena kebanjiran. kenapa kita yang jauh malah heboh yah.

trus ada juga yang sibuk ngebahas kalo sudah dekat masanya gurun pasir di arab berubah jadi hijau kembali, maka ketika itu pula kehidupan di muka bumi akan berakhir.

kalo yang ini bener sih. komposisi lansekap bumi itu kan sekian persen laut, sekian persen daratan hijau untuk paru-paru dunia, sekian persen tandus, dan sekian persen es. kenapa begitu? supaya ada keseimbangan, ada ekuilibrium, agar siklus alam bisa muter. kalo komposisi ini berubah, tentu saja keseimbangan atmosfer dan ekosistem juga akan terganggu. kalo siklus alaminya goncang sementara kemampuan kita untuk beradaptasi ga bisa secepat perubahan alam, ya kita punah. gitu doank teorinya, sederhana kan.

sama halnya ketika masa dinosaurus punah lah.

saat itu adalah kiamat bagi mahkluk hidup pada masa itu. lalu muncullah kehidupan baru, yaitu kehidupan kaum pithecanthropus yang akhirnya berevolusi jadi makhluk bernama manusia hingga sekarang, ya kita-kita ini.

hingga satu masa nanti, jaman inipun akan berakhir karena kerusakan yang kita akibatkan terhadap bumi telah mengganggu keseimbangan semesta. itulah nanti akhir dari era manusia di muka bumi. setelah masa ini hancur, akan muncullah era baru, entah apa namanya. dan entah gimana bentuk makhluk hidup di dalamnya nanti, ya ga ada yang tau. kesimpulannya kiamat itu bagian dari siklus alam.

jadi kalo arab banjir ya ga usah lebay :-)

12 comments:

  1. Kalau banjir di arab mah sdh sejak jaman dulu jg sdh sering terjadi, pun ketika jamannya Rosulullah, yg baru tahu arab banjir skrg, mgkn gak pernah baca sejarah...*sok suka baca sejarah aja, ehh kalau manusia kan awalnya dari pithecanthropus... aku gak setuju pakai banget...gak keren masak nenek moyangku kera....huwaaa...
    Kr setahuku manusia pertama adalah Nabi Adam, sedang kalau makhluk mirip kera itu aku lebih percaya pada keterangan dalam Al-qur'an bahwa ada sebagian bani israel yg melanggar perjanjian dg Allah tentang hari Sabat, kemudian mrk dikutuk menjadi manusia berkepala kera...surat Al-arraf 166. wallahu'alam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kemarin nulis ini cuma riset sehari doank mak, jadi ga sempet mundur sampe ke jaman baheula. tapi udah ditulis kalo kondisi alam di arab itu kalo ujan ya banjir. pasti di jaman Rosulullah atau sebelum itu juga begitu yah. mungkin bedanya jaman dulu ujannya jarangggggg pake banget, jadi banjirnya jg luar biasa jarangnya. lha makin ke sini kok makin sering berdasarkan data penelitian di atas. tapi ya kalo orang2 ngehnya baru2 ini saja mungkin karena dulu ga ada pesbuk mak hihihi
      iyo mak mosok kita dibilang mirip kera yo, sungguh terlalu haha, mak Iro aku masukin kelompok anti-Darwin berarti yaaa hehe... #lhoh

      Delete
    2. hehe...iya mbak..mksd org2 yg menganggap banjir sbg tanda2 kiamat itu lho, knp ga cr inpo yg bener dl...boleh2...kita kan keren n makhluk paling sempurna di muka bumi mbak...msk nenek moyangnya kera...ga cucok cyinnn..wkwkwk

      Delete
    3. mak Iro sungguh kekinian sekali lah cyinnnn wkwkwkwk

      Delete
  2. berasa lagi baca paper, dari awal sampai akhir, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan ini blog sains Tadz, bukan blog dakwah #eh... dijadiin jurnal aja apa gimana ya hehehe #dijewerrrr

      Delete
  3. Saya nggak begitu mengetahui perkembangan internasional niyh, yang nasional aja nggak terlalu diperhatiin apalagi yang internasional hehehe...
    Tapi jelas lah ya kalau nggak ada sungai mau nyerap gimana ya. Ya banjir jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang nonton tipi ama baca koran berarti ya Sandrine... aku juga nih, suka telat info hehe. makasih atas kunjungannya ya :-)

      Delete
  4. Kasihan bener negara Saudi Arabia ini. Bikin sungai aja susah banget. Jangan-jangan insinyur mereka nggak tahu caranya bikin selokan. Ternyata punya banyak sumber minyak tidak selalu bikin sejahtera ya.

    Mbak, kalau mau menggoda orang buat buka link ke penelitian UNDP-nya, dirahasiakan aja jumlah halamannya supaya nggak bikin orang males denger jumlah halamannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dok. dan ternyata tanpa pajak juga ga ngejamin rakyatnya sejahtera semua hehe.
      soal halaman link, haha... aku kok selalu kebalikan ya dok, pasti aku kasi tau halamannya supaya orang ambil ancang-ancang dulu gitu. kalo ga siap mental ya ga usah dibuka. supaya ga kejebak terlanjur buka link eh donlot-nya lama karena 12MB file-nya, kesian kan yg inetnya lemot hehe, aku terlalu baik hati mungkin ya hahaha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...