Tuesday 7 April 2015

salju pertama

meski saat ini inggris udah masuk musim semi, ga da salahnya ngebahas salju ah #maksa

sebagai orang indonesia tulen, yang lahir dan gede di jawa tengah yang sama sekali seumur-umur ga pernah bersalju, tentu saja aku dulu ngimpi pengin ngelihat dan megang salju. siapa sih yang ngga? apalagi yang pada hobi nonton drama korea yang setingnya pas di musim dingin, pasti langsung pada ngebayangin megang salju deh. ngaku saja, hehe.

tapi tentu saja ga gampang ngewujudin impian untuk ngelihat salju, kalau nasib emang ga berpihak.

dari seluruh rakyat indonesia, kalo mau diitung mungkin cuma sekian persen yang sudah pernah ngerasain salju. selebihnya dari lahir sampai mati, cuma pernah ngeliat salju di tipi doank. tentu saja karena untuk ngeliat salju orang indonesia kudu pergi keluar negeri dulu, ke negara-negara empat musim. dan perginya kudu pas lagi musim dingin dan juga harus pas saljunya turun.

jadi ga gampang lho buat nyari momen yang tepat!

bisa jadi udah direncana jauh-jauh hari pergi ke negara tertentu, eh pas nyampe sana pas ga ada salju. kecuali kalo tinggal lebih lama sepanjang musim dingin sih lain soal. itupun belum tentu semua negara empat musim di musim dingin mengalami turun salju juga. jadi ya semacam untung-untungan lah.

dan pastinya untuk bisa pergi keluar negeri apalagi ke negara empat musim yang bersalju juga butuh duit banyak. jadi ya memang cuma mereka-mereka yang berkantong tebal saja tentunya yang bisa dan mampu. maka ngeliat dan ngerasain lembutnya salju bagiku waktu itu cuma sekedar mimpi saja. berani mimpi juga udah lumayan lho hehe. sapa tau jadi kenyataan kan, you never know!

***

dan akhirnya nasib baik memang berpihak padaku.

waktu itu tahun 2003, eh 2004, eh... tahun berapa ya, lupa! haha, cek paspor lama dulu bentar ya. iya, 2004, berangkat 14 februari balik 6 maret, aku dikirim ke korea selatan oleh perusahaan elektronik tempatku bekerja di bekasi dulu, untuk training selama 5 3 minggu. itu saat pertama kali aku terbang pake pesawat, pertama kali punya paspor, pertama kali keluar negeri, dan pertama kali punya visa, hihi. ndeso lah pokoknya!

kami berangkat satu rombongan delapan orang dari kantor, terdiri dari 6 cowok indonesia, dan dua cewek 1 indonesia (aku), 1 korea (manajer).

visa korea, visa pertama seumur-umur, hehe

sebelum berangkat, kami dikasih tau, kalo waktu itu udah mau masuk musim semi di korea sana. jadi kami yang asli indonesia bertujuh berangkat nekat cuma modal jaket biasa doank. ya lagian orang indonesia juga mana ada yang punya jaket buat musim dingin sih, lha seumur-umur ga pernah butuh kan, hehe.

eh pas nyampe sana, masih di dalam bandara padahal, ternyata dinginnya lebih dingin dari yang kami kira, sampe gigi-gigi pada ngegelutuk semua haha. salah kostum!

untungnya para cowok dibawain, eh dipinjemin jaket musim dingin dari kantor di korea sana sama yang ngejemput di bandara. sementara aku, karena cewek sendiri dan badannya kecil sendiri, jadi semua jaket yang dibawain kegedean semua. ya udah deh terpaksa bertahan pake baju lapis-lapis sama jaket yang kubawa dari indonesia. kebetulan jaketku lumayan tebal sih, karena baru beli di blok m yang khusus jual jaket musim dingin. jadi ga saltum banget-banget lah.

selama di sana, kami sibuk training tentu saja. jalan-jalan juga sih kalo wiken (nanti acara jalan-jalannya aku posting terpisah). cuaca lumayan terang dan kering, meski tetep dingin dari pagi sampe pagi lagi.

sampe di awal maret, ketika kami sudah mau pulang dan cuma tinggal seminggu lagi di sana, tiba-tiba cuaca berubah drastis. korea dilanda badai salju yang langka, yang katanya cuma terjadi sekali dalam 100 tahun, hingga melumpuhkan seluruh ruas jalan dan tol, banyak yang kejebak salju dan ga bisa pulang, di mana-mana macet parah, sampe kalo ga salah menteri transportasinya mengundurkan diri deh! cmiiw...

orang korea sendiri ngegerutu dengan badai salju yang tiba-tiba ini.

ya karena mereka udah bosen kali lah, salju lagi salju lagi hehe. dari bayi udah keseringan lihat salju. eh pas udah ngarepin musim semi ternyata masih diguyur salju juga, ya pada ngomel-ngomel. sementara kami bertujuh orang indonesia yang seumur-umur blom pernah ngeliat apalagi nyentuh salju, eh tahu-tahu dikasih pengalaman ngerasain salju pertama yang turun ga disangka-sangka, tebel banget, ditambah badai pula. ya kami malah girang bukan kepalang, haha.

ketebak lah.

akhirnya kami banyak-banyakin foto norak deh, meski waktu itu kamera sakunya masih yang pake fuji film gulung itu lho, yang kudu dicuci dulu ke tukang foto! dan inilah hasil scan foto-fotonya. jangan lupa, ini kejadian tahun 2004 yah, tepatnya 11 tahun yang lalu. jadi ya harap maklum kalo rada-rada burem, hehe :-p

naik kereta luncur, norak yah, ga pernah sih seumur-umur, haha

semua pada ikutan deh, dah tua-tua padahal :-p

maen lempar-lemparan bola salju, wajib hukumnya!

apalagi pas saljunya tebel banget begini

tentu saja mejeng manis, fotonya buat dipajang di dinding

dan aksi norak lainnya, meski bangku ini letaknya di pinggir jalan raya!
orang lewat pasti mikir, nih anak kenapa yah? obatnya blom diminum mungkin, haha

***

sementara bagi ethan, tahun ini salju yang turun tipis di daerah di mana kami tinggal adalah salju pertamanya.

tahun kemarin dia ga ngerasain salju sama sekali karena emang ga ada turun salju. tapi karena saljunya ga gitu banyak dan kurang tebal, kami ga sempet bikin snowman. lagian bahannya kurang banyak kalo mau bikin snowman. baru sejam aja udah cair semua. tahun depan lah mudah-mudahan kami dapet kiriman salju tebal dari langit.

salju pertama ethan, 03 februari 2015

sayangnya pas dulu keluargaku ke sini tahun 2011 dalam rangka kami nikah, pas ga turun salju.

ya waktu itu emang awal maret sampe awal april sih. kadang kalo pas tahun itu ga gitu dingin, bulan maret udah anget suhunya, jadi ga bakal ada salju. sebelum itu adik dan kakakku juga pernah ke inggris pas tahun 2007 deh, pas aku udah mau lulusan kuliah. tapi lagi-lagi ke sininya pas bulan april. jadi ya ga ada salju juga. salah jadwal, haha.

beberapa kali mereka sempat berseloroh tetep pengin lihat dan ngerasain salju sih. karena selain aku, seluruh keluargaku belum ada yang pernah megang salju beneran! kesian...hihi.

dan aku selalu bilang, kalo mau ngerasain salju, ke inggrisnya kudu pas musim dingin. dan kudu tinggalnya agak lamaan karena bisa jadi pas ke sini pas ga turun saljunya. ujung-ujungnya selalu mentok ke 'ga bisa pergi lama-lama' atau 'ke sana pas musim dingin ga kuat ah dinginnya' #halah.

emang gampang-gampang susah sih pengin ngepasin jadwal. kalo cuma pengin lihat salju terus pulang mending ke puncak everest aja kali ya, pasti ga bakal kecewa dan dijamin ada salju tiap saat hehe. tapi ke sananya pake pintu doraemon! ^_^

ada yang ngimpi pengin ngerasain megang salju juga tapi belum kesampaian?

16 comments:

  1. akuuuuuuuh :D
    belum kesampaian ngrasain salju :(

    betewe hebat ya mbak, gara-gara badai salju gitu mentrinya bisa sampai mengundurkan diri, mungkin karena malu ya tidak bisa mengatasi masalah pas badai salju?beda banget ama di sini, kalo belum masa jabatan abis, apapun yang terjadi mah maju teruuuuuss pantang mundur hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya sih Korea cina jepang kaeknya kalo pejabatnya ngerasa ga becus kerja pasti mundur. Di Indonesia maju terus pantang mundur semboyannya hihi

      Delete
  2. Serunya main salju, moga suatu saat bisa deh main2 bola salju ma anak2 hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn, mudah2an impiannya jadi kenyataan mak. boleh juga lho kalo mau maen di mari, ditunggu kunjungannya ke inggris ;-p

      Delete
  3. Pernah megang saljunya aja sih di Fujiyama, moga ada kesempatan megang salju lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh, udah pernah berarti ya mak, impiannya udah terwujud. aminnn, moga2 bisa bikin snowman lain kali hehe

      Delete
  4. waaahhh....saljuuuu....mau dong ngerasain salju mba...apa lagi salju di korea trus ditambah ketemu oppa oppa ganteng...*halah hahaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... trus gandengan tangan sama oppa oppa, trus lari-larian di salju film-nya dilambatin gitu ya... hahaha romantic scene di drakor itu mah :-p

      Delete
  5. Replies
    1. Amiinnnn, moga2 kesampean ya makkkk :) makasih dah mampir...

      Delete
  6. Wihihihi sama aja ya, aku juga norak banget waktu liat pertama kali. Meski udah liat tiap tahun, tetep aja salju itu yang dinanti2, juga sama anak2. Pasti Ethan juga seneng bangt kalo snowman-nya bisa bertahan lama di depan rumah. :)))
    Salam kenal, Mak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto2 noraknya nangkring di blog juga ga mak? Lihat doooonkkk, halah lol. Salam kenal kembali makkk, seru banget cerita2 kurdinya, barusan ngintip ke sana :)

      Delete
  7. Fotonya lucu-lucuuuuu:3 oh ya itu pas di korea mba umur berapaa yaaa? Hihi gak norak kokkk, mngkn akupun kalo bisa liat salju pertama kalinya bakal foto-foto kyk gitu jugaa hihihi



    Ethannya ganteng imut lucu ngomong-ngomong*.*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ada yg naksir Ethan nih... Umur brp ya waktu itu, coba itung kalo tahun ini aku bakal kepala empat! Doh tua bgt sih, haha

      Delete
    2. Hihi gak keliatan tuanya kok mbaaaa:3

      Delete
    3. Dah baca postingan berjudul 'awet muda'? #modus haha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...