Sunday 15 April 2012

hujan es

waktu menunjukkan pukul 11 siang, hari minggu. aku sedang asyik mengutak atik foto di laptop, ketika tiba-tiba terdengar suara gemuruh di luar. woghhh, suara hujan! eh... tapi hujan suaranya kan ga seramai ini pikirku. tak lama kudengar langkah suamiku dari ruang tamu menuju dapur, di mana aku nongkrong di pojokan seperti biasanya. 'babe, hail rain outside! wanna go out and see?' tanyanya. whoaaa, pantesan berisik, ternyata lagi hujan es! dan padahal udah april! hehe...

dan benar saja, ketika pintu belakang ke arah kebun kubuka, inilah pemandangan yang kulihat dan segera kuabadikan dengan kamera handphone-ku. titik-titik putih di atas rumput itu adalah butiran-butiran es yang jatuh seakan ada seorang raksasa yang menumpahkannya dari langit. beberapa yang menyentuh permukaan tanah segera mencair dan berubah menjadi air biasa, tapi bersamaan dengan milyaran butir lainnya yang masih berjatuhan, akhirnya butir-butir kecil itu menumpuk juga. beberapa bahkan terlihat terpantul kembali ke atas ketika menyentuh permukaan beton, terlihat seperti menari-nari dan berlompatan. lucu deh. gambar kiri bawah adalah butiran hail/hujan es yang segera terlihat jelas di atas keset kaki di pintu depan. 

hujan es, minggu 15 april 2012
gambar kanan atas, butiran es di kebun depan rumah mulai terlihat menumpuk di sela-sela bunga tulip merahku yang mulai bermekaran. gambar kanan tengah adalah ukuran hail yang cukup kecil dibandingkan yang baru-baru ini turun di cina dan mengakibatkan kerusakan karena diameternya yang lumayan besar. dan terakhir gambar kanan bawah, diambil suamiku dari belakang, ketika aku keluar ke kebun dan membiarkan hujan es turun di atas kepalaku. suamiku tertawa-tawa melihat butiran es  berwarna putih nyangkut di kepala dan terlihat cukup jelas karena terselip di sela-sela rambut hitamku.

lalu, bagaimana fenomena alam hujan es ini bisa terjadi? mari kita belajar sedikit mengenai hal ini dengan mengintip wikipedia :-D *lhaaa...kirain dah punya ilmunya, ternyata masih nanya wiki :-p*

yah, namanya manusia, kan otaknya terbatas, ga bisa donk apa-apa kudu dihapal sendiri. buat apa punya wiki dan mbah google. daripada pura-pura tahu, nerangin panjang lebar di blog padahal nyatanya nyontek-nyontek dari internet juga tapi dibanggain sebagai ilmu sendiri, mending jujur terang-terangan kalau memang referensi ilmunya dari internet, ya ga ya ga :-) #gerakan anti ko-pas dan anti nyontek tanpa referensi

jadi kata om wiki, hail itu adalah hujan yang berbentuk padat (jadi aneh nih kalau diterjemahin dari inggirs ke indonesia, sebel!). hujan es ini umumnya berupa butiran es dengan ukuran tak beraturan yang turun dari langit layaknya hujan air. ukurannya bervariasi antara 5-200 mm, dan butiran ini terbentuk oleh sekumpulan badai di langit. dibutuhkan kondisi yang ekstrim agar hujan es bisa terbentuk, yaitu gerakan udara yang naik di dalam awan badai disertai oleh turunnya suhu udara di bawah titik beku.

semakin besar ukuran butiran es, semakin tinggi kecepatan turunnya dari langit. ukuran butiran yang sampai ke permukaan bumi dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain karena proses mencair, gesekan dengan udara, angin, dan interaksi dengan air hujan dan dengan butiran-butiran es lainnya. di beberapa tempat seperti yang terjadi di cina beberapa hari yang lalu, butiran dari hujan es mencapai ukuran yang membahayakan dan bisa mengakibatkan kerusakan, seperti memecahkan kaca mobil, meninggalkan bekas hantaman di bodi mobil, dan seringnya merusak tanaman para petani.

jika ingin melihat jenis-jenis hujan es, dan bencana-bencana yang pernah ditimbulkannya, coba ketik kata kunci 'hail rain' di google atau google image. ini gambar yang aku peroleh.


iseng-iseng jadi penasaran, gimana ya rasanya pas hujan es, kita pas di tengah sawah dan ga ada tempat berlindung? kalau butiran es-nya relatif kecil seperti yang baru saja kualami sih ga terasa apa-apa, tapi kalau ukurannya lumayan besar seukuran bola pingpong tapi berupa es padat, mungkin rasanya seperti berdiri di golf drive range, dan ratusan orang memukul bola golf-nya kencang-kencang ke arah kita. bukan sekedar benjol lagi, mungkin akibatnya bisa lebih fatal. jadi jangan coba-coba berdiri di lapangan golf yang buat latihan mukul bola ya. eh jadi ga fokus, maksudnya kalau pas hujan es dan es-nya besar-besar jangan coba-coba keluar rumah, gitu lho! #eh di indonesia ga mungkin ada hujan es dink ya, aman lah berarti :-p

demikian sekilas info mengenai cuaca di inggris hari ini...




.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

2 comments:

  1. lho, bedanya sama hujan salju itu apa mbak?
    berarti disono ada hail rain, ada snow rain yak? *halaah bahasanya ngawur :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekaliiii! salju itu ringan banget, turunnya melayang-layang saking ringannya. lalu menumpuk pelan-pelan dan lembuuttt banget kalau disentuh. kalau hujan es atau hail itu bentuknya butiran2 es bulet2 gitu, bener2 es batu! bayangkan kalau ukurannya gedhe-gedhe, bisa ancur kaca mobil, bisa benjol kepala orang lewat, bisa robek payung-payung hahaha... barusan tuh minggu kemarin hujan es di china ngancurin mobil-mobil yg diparkir di jalanan. kalau salju mah kagakkkk karena lembut dan enteng :-)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...