Monday, 31 August 2026

istri bule halu

netizen indonesia pasti udah ngga asing lagi sama mamak-mamak sunda seorang influenser diaspora yang tinggal di italia namanya "diah giorgino".

aku tahu sih nama-nama diaspora konten kreator yang terkenal, ada si teh diah itu di itali, ada si nanda gita dan si yosi di belanda, ada rina di texas, dan lain-lain. tapi aku memang engga follow diaspora sama sekali, meskipun mereka terkenal. alasannya karena aku cuma follow diaspora yang aku sudah pernah ketemu langsung atau sudah pernah kopdaran. kalau yang belum pernah, entah seterkenal apapun, aku kok engga pernah tertarik untuk follow. karena ya engga butuh tahu kehidupan mereka. kan aku juga seorang diaspora, jadi ngapain ngepoin kehidupan diaspora lain juga yekan?

mereka biasanya juga follower-nya kan orang indonesia yang penasaran kehidupan istri bule di luar negeri itu kek gimana sih. lha kan aku juga di posisi yang sama, jadi ya ngga penasaran lagi gitu lho, pegimane sih.

itulah kenapa aku engga pernah follow diaspora konten kreator, ya karena kehidupan kami kurlebnya udah sama, engga perlu kepo-kepo lagi. dan sejak tinggal di luar negeri memang level kekepoanku itu menurun drastis dan hampir musnah ngga berbekas, hihi.

tapi karena mereka memang sering viral kontennya, dan karena beberapa diaspora yang temenan juga sama aku, ternyata selalu ada aja satu dua yang follow diaspora konten kreator itu, jadi kadang-kadang memang video viralnya lewat juga di berandaku.

teh diah dan keluarga

seperti halnya pagi ini.

video teh diah di italia itu lewat, yang ngomongin soal kehidupan istri bule di luar negeri yang engga seindah yang dibayangkan dan diimpikan oleh kebanyakan perempuan indonesia. karena ya memang kenyataannya hidup di luar negeri itu memang kudu bener-bener mandiri, semua kudu dikerjain sendiri. 

ini sebenernya topik usang ya. fenomena seperti ini sudah berlangsung selama puluhan abad, engga cuma kejadian kemarin sore. bahwa kehidupan di luar negeri terutama di negara-negara barat yang notabene sudah maju itu, semua urusan kerumahtanggaan itu dikerjain sendiri. kehidupan dengan pembantu rumah tangga dan asisten, tukang kebun, sopir, dll itu sebenernya cuma ada di negara-negara berkembang yang masyarakatnya pendapatan per kapitanya masih cenderung rendah dan sangat rendah, jadi pola kebutuhan pemakaian asisten rumah tangga jauh lebih tinggi.

alasannya karena gaji mereka jauh lebih kecil, jadi masih sangat terjangkau oleh masyarakat umum.

di luar negeri, gaji asisten rumah tangga harus memenuhi syarrat gaji minimal, dan engga ada atau sangat jarang sekali orang biasa yang bisa menjangkau. topik ini sebenernya sudah sering banget kubahas dan kutulis. beberapa tulisan lamaku tentang topik ini ada di tautan berikut bagi yang mau mbaca-mbaca pemikiranku seputaran pembantu di luar negeri dan kenapa begini kenapa begitunya.

Otakkukusut: pembantu

Otakkukusut: titip anak

Otakkukusut: supermum itu mitos!

Otakkukusut: mental ndoro

tuh, udah sering kubahas kan?

nah, masalahnya, video si teh diah yang viral itu banyak disalahpahami oleh para netizen yang budiman. dari komen-komen yang kubaca, kalau bisa dikategorikan, akan ada minimal 4 kelompok kategori yang ngebahas video tentang ribetnya jadi istri bule ini. meski tujuan awalnya si teteh ini baik, untuk berusaha ngingetin kalau mau nikah sama bule itu jangan halu, alias mikir yang enak-enaknya doank. karena tata kehidupan di negara bule memang engga kayak di indonesia atau di asia pada umumnya, yang mana pekerjaan rumah sehari-hari itu bisa dilimpahkan ke orang lain alias ke asisten rumah tangga.

sementara kalau udah tinggal di luar negeri dan ngurus kerjaan rumah itu, semua kudu diurusin dan dikerjain sendiri dan kudu harus benar-benar mandiri. capek? ya jelaslah. itu yang sebenernya mau disampaikan di video. tapi reaksi penonton malah mbeleber kemana-mana, seperti biasa hehe.

kategori pertama: penonton di indonesi yang setuju dan ngasih semangat

ini biasanya yang memang fans garis keras atau follower si diaspora yang sudah lama kenal banget dengan kehidupan sehari-hari si teh diah ini. mereka cenderung memberikan simpati dan ngasih semangat yang positif di kolom komen. paling banyak sebenernya mungkin jumlah penonton yang masuk kategori ini sih. jadi kalau mau diitung secara statistik, pesan dalam video sebenernya sudah tersampaikan dengan sukses.

yaitu pesan kalau mau jadi istri bule itu jangan halu.

kudu siap apa-apa ngerjain sendiri karena memang kehidupan di luar negeri itu seperti begitu. engga ada pembantu rumah tangga, engga ada asisten, engga ada tukang asuh anak, engga ada tukang kebun dan engga ada sopir pribadi. ini bagi masyarakat normal kebanyakan ya, jangan ngegas dulu pake komen "kan keluarga kerajaan punya semuanya". yaelah...

di sini adanya tukang bantu bersih-bersih yang datang ke rumah dan pulang kalau udah selesai. bayarannya diitung per jam, dan biasanya tarifnya jauh di atas upah minimal. kalau banyak duit ya bisa mbayar lebih banyak jam buat beresin banyak hal di rumah. nyapu, ngepel, sedot debu, setrika, bersihin kamar mandi, londri, bersihin dapur, dll. kalau duitnya dikit tapi butuh bantuan juga, ya paling ngerjain bersih-bersih rumah secara umum saja.

ada juga jasa tukang kebun, yang juga bayarannya tergantung jasa yang diminta. 

intinya kalau banyak duit ya bisa saja pake jasa-jasa tersebut, tapi di sini dan di negara-negara eropa pada umumnya hampir engga ada asisten rumah tangga yang tinggal sama majikannya. kecuali keluarga kerajaan dan para aristokrat yang memang punya staf. kalau orang biasa hampir engga ada yang punya staf di rumah yang tinggal sama mereka 24 jam. 

level kekayaan yang bisa punya staf ini minimal kudu yang udah sekelas konglomerat di negara tersebut. 

ada kok aku kenal secara pribadi ada seorang diaspora indonesia yang jadi staf seorang milyarder di london, itu dia memang jadi staf di rumah si orang tajir melintir ini dan tinggal di sana, di rumah bosnya 24 jam. kalau di indonesia ya ini yang dikategorikan sebagai asisten rumah tangga. tapi di london, cuma level kekayaan si majikan ini yang memang sudah masuk ranking tertinggi orang terkaya di inggris, baru punya staf seperti si temen orang indonesia ini. dan staf nya juga engga cuma dia. ada banyak banget, masing-masing tugasnya sendiri-sendiri. si temen ini tugasnya ngurusin istri si majikan konglo tadi. udah itu doank, engga ngurusi yang lain. karena urusan beberes rumah mereka ada staf khusus sendiri, sopir ada sendiri, tukang kebun ada sendiri dan seterusnya.

karena si temen tugasnya cuma ngurusin si istri majikan, jadi kemanapun si istri pergi ya dia diajak. 

jangan heran kalau lihat postingan sosmednya isinya pesawat jet pribadi, kunjungan ke kota-kota kaum tajir seperti monaco, paris dan sebangsanya. beda level jauh sama kehidupan orang biasa. kukasih kisi-kisi ya, cari orang india terkaya di inggris, si majikan temen ini adalah salah satunya, rumahnya banyak dan gede banget, bisnisnya baja!

rumah majikan tajir

sementara masyarakat umum yang masih kudu ambil kpr buat punya rumah, masih nunggu akhir bulan buat makan enak abis gajian, ya engga akan bisa punya staf. bisanya ya cuma bayar jasa bersih-bersih per jam itu tadi. itupun kalau ada duit lebih dan mau bayar orang lain. kalau engga ya semua urusan di rumah kudu ngerjain sendiri. 

itu sebenernya pesan si teteh diah. dan itu memang 100% benar seperti itu. 

kategori kedua: penonton di indonesia yang ngga paham dan langsung asbun

nah, selalu ya, kalau ada yang setuju pasti ada aja yang asbun. maklum sih, netizen yang belum paham dan engga pernah keluar negeri pasti memang heran kenapa persoalan seperti itu aja diributin. capek ngurus kerjaan rumah tangga sendiri? ya kan tinggal cari pembantu aja susah amat sih? kalau di luar negeri sana mahal, kenapa engga bawa asisten rumah tangga dari indonesia aja? kan gampang tuh tinggal dibikinin paspor, dikasih duit buat beli tiket, terbang di sana, cuz deh persoalan selesai.

gitu aja kok repot! 

ini nih, contoh katak dalam tempurung. engga paham dunia luar, tapi koarannya udah yang paling lantang. udah lantang eh salah lagi, hihi.

pertama, buat ke luar negeri itu engga cuma butuh paspor. karena paspor itu cuma bukti identitas. selain paspor, kudu perlu juga yang namanya visa, yaitu ijin masuk ke sebuah negara tertentu dan ijin tinggal. visa jenis tertentu akan ada pembatasan apa-apa yang boleh dan ngga boleh dilakukan. misalnya visa turis engga bisa dipake buat kerja. kalau mau kerja, harus pake visa khusus kerja dan syaratnya juga beda dengan visa turis.

nah, bagi si asbun, kalau mau mbawa asisten dari indonesia itu kudu pake visa kerja, karena kan ke luar negerinya buat bekerja. otomatis kudu punya si pemberi kerja, yaitu si majikan ini kudu memenuhi semua persyaratan sebagai di pemberi kerja, salah satunya dengan menyediakan hak-hak si pekerja sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan di negara tersebut. undang-undang ini mencakup semua pesyaratan dari pemberian hak gaji, yang harus sesuai dengan standar minimal negara itu, hak cuti, hak asuransi dan lain-lain.

ujung-ujungnya, kalau mau si asisten ini tinggal di rumah si majikan selama 24 jam, gajinya juga kudu memenuhi syarat itu. kalau diitung-itung, bisa jadi angkanya lebih tinggi dari gaji bulanan si suami bule majikan yang mungkin kerja kantorannya cuma butuh dia kerja selama 7 jam dalam sehari. emang mampu? 

intinya, mbawa asisten dari indonesia itu engga bisa main-main. engga sesimpel dan sesederhana kayak mbawa art dari desa ke kota di indonesia. syaratnya panjang dan rumit dan hampir mustahil buat dilakukan kalau mau ngikuti aturan dengan benar. tapi kalau dibawanya diam-diam, pake visa turis, trus pas di luar negerinya disuruh bantu-bantu di rumah alias jadi asisten, dibayarnya pake gaji indoenesia, kalau ditanya dibilangnya sodara deket cuma berkunjung doank, ya itu juga bisa. tapi masuknya ke kategori illegal. 

adakah yang begini? 

ya pasti ada aja sih. apa sih yang orang indonesia ngga bisa akalin? hihi. tapi ya jarang kok, dan biasanya juga engga bisa bertahan lama karena ya memang yang sembunyi-sembunyi itu akan jadi busuk dan tercium juga. kalau mau yang lama dan langgeng punya asisten dari indonesia ya memang kudu ikut aturan ketenagakerjaan setempat. dan itu hampir pasti mustahil.

begitchuuuu.

kategori ketiga: penonton di luar negeri yang paham dan setuju

ini contohnya seperti aku lah. yang memang paham banget kondisi di sini dan mengiyakan pesan video teh diah itu. ya memang hidup di luar negeri ya seperti itu. semua kudu mandiri dan apa-apa dikerjain sendiri. dari sini kita akan bagi lagi menjadi tiga kategori ya:

- yang kewalahan dan akhirnya nyerah

banyak diaspora yang setelah hidup di luar negeri mendapati kalau tata kehidupan yang kudu dijalani engga seenak dan semewah yang dulu dibayangkan, banyak yang engga terbiasa hidup mandiri karena dulunya di indonesia dari lahir bayi sampe gede selalu punya asisten rumah tangga, akhirnya syok. setelah jadi istri bule lho kok ternyata engga bisa ya punya asisten di sini. lho kok ternyata semua kudu dikerjain sendiri ya. 

wadoh, bisa kasar tanganku, bisa ngga mulus lagi jari lentikku, bisa berkerut mukaku kalau kecapean ngurusi semuanya sendiri #abaikan_ini_lebay

akhirnya mereka cari akal muter pikiran gimana caranya supaya bisa kembali hidup enak kayak di indonesia dulu, semua tinggal kasih komando, orang lain yang ngurusin. 

kebanyakan yang masuk kategori begini, dan yang suami bulenya bisa nyari kerja remote, milih balik ke indonesia dan tinggal di bali. rata-rata lhoh ya. meski engga semua yang tinggal di bali dan suaminya bule, pindahnya karena alasan ini. jangan ngegas dulu!

suami bule

- yang kewalahan akhirnya nerima dan berubah

banyak juga kategori diaspora yang syok dengan kehidupan di luar, dan ngerasa kewalahan karena dulunya selalu punya pembantu, tiba-tiba kudu mandiri. dan mungkin secara statistik jumlah ini yang paling banyak sih, mereka beradaptasi! mereka dari yang tadinya engga bisa dan engga pernah masak jadi bisa masak. yang tadinya engga pernah pegang sapu dan pengki dan hobi beberes rumah sampe kinclong. yang tadinya boro-boro pegang cangkul, jadi rajin berkebun dan sukses berhasil punya kebun buah, kebuh sayur dan kebun bunga sendiri, contohnya si yosi di belanda itu, keren banget deh.

diaspora-diaspora yang sukses beradaptasi ini jadi bukti nyata kalau sebenernya kalau mau usaha itu pasti bisa kok berubah.

meski sejak bayi udah diurusin sama asisten rumah tangga, kalau memang berusaha bisa kok jadi mandiri. rumahnya juga selalu rapi, engga kewalahan dan engga berantakan. anak keurus, suami jadi team ngerjain semua bersama-sama, dan hidupnya enak-enak saja, engga stress. 

- yang engga pernah kewalahan karena udah mandiri sejak di indonesia

banyak juga kategori ini ya, termasuk aku. yang dari bayi sampe umur 50 tahun sekarang ini engga pernah ngalami yang namanya punya pembantu atau asisten. jadi sejak lahir, sekolah dan kerja memang ngerjain semuanya sendiri. engga syok dan engga pernah ngerasa gimana-gimana begitu pindah dan tinggal di luar negeri. semuanya terasa normal-normal saja, biasa saja dan ngalir lancar aja.

tata kehidupan berumah tangga di luar negeri yang memang serba mandiri, ya memang itu yang sejak dulu dilakukan, engga di indonesia engga di luar indonesia. sama saja engga ada yang berubah. 

cuci piring sendiri, cuci baju sendiri, setrika sendiri, beberes rumah sendiri. 

karena aku masuk di kategori ini, ya memang itulah kehidupanku sejak masih di indonesia sampe sekarang. dan aku masih tetap kerja full-time, berkarir, punya anak, dan sebagainya. semuanya terasa normal-normal saja. dan suamiku yang bule dan yang juga terbiasa ngerjain semuanya sendiri, jadi malah terasa enteng karena kerjaan rumah dikerjain berdua. sejak anakku masuk smp dan mulai ikutan mbantuin kerjaan rumah seperti halnya anak-anak di luar negeri pada umumnya, jadi malah makin enteng karena sekarang apa-apa dikerjain bertiga, hehe.

jadi engga ada masalah sama sekali. no drama!

kategori keempat: penonton di luar negeri yang nyinyir

emang ya, kalau ada video viral dan engga ada yang nyinyir itu kayaknya kurang nampol 😁 adaaa aja yang masuk kategori ini. yang bilang ya elu sih engga pendidikan makanya dijadiin pembantu sama suami elo! ada juga yang salah paham dan ngiranya si suami bule engga pernah mbantuin dan istrinya yang orang indonesia mau aja diperbudak, ada juga yang nyinyir cuma karena memang engga suka aja sama si influencer-nya, wkwkwkw 😂

begitulah memang ya suka dukanya jadi konten kreator, ada aja pasti hatersnya. meski sama-sama diaspora sekalipun, memang banyak sih yang berantem, yang nyinyir-nyinyiran, yang adu argumen di internet non-stop. 

engga tau juga sih mereka itu pada kurang kerjaan, kurang adab, atau cuma kurang ajar, hehe.

norak pastinya, tapi yah istri-istri bule itu memang banyak kategorinya, dari yang elegan banget sampe yang norak banget ada semua, komplit pokoknya. namanya juga manusia, semua tipe pastilah ada semua.

kalau kamu diaspora juga, istri bule juga, kamu masuk kategori yang mana?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...