Tuesday 6 August 2019

matur nuwun

ini masih berhubungan ama kursus renangnya si ethan, meski ceritanya bukan tentang belajar berenang.

hari minggu beberapa waktu yang lalu, kebetulan suami sedang asyik pengin menikmati acara olahraga di tv jadi dia agak malas nganterin si ethan kursus. akhirnya aku sendirian jadi supir taxinya si ethan deh.

sampai di kolam renang, semua biasa aja.



yang agak luar biasa ya biasanya aku dan suami berdua ngantar si ethan dan nonton dia pas belajar berenang, tapi kali ini cuma aku sendirian yang nungguin dia di pinggir kolam.

minggu-minggu sebelumnya, biasanya aku dan suami duduk di barisan bangku sebelah kanan kolam barengan sama ibunya ollie yang juga bawa-bawa adiknya si ollie yang masih bayi. biasanya bayinya kalau ngga tidur pulas, paling ngoceh sendirian di carseat nya dia sih. ngga pernah rewel atau nangis, blas, jadi ngga ngeganggu. persis si ethan waktu masih bayi, sekalipun dia ngga pernah nangis, happy baby. adiknya si ollie ini ternyata juga sama :-)

cerita-cerita tentang masa-masa batita si ethan yang blas ngga pernah nangis, ada di sini buat yang kepo-kepo, silakan dibaca-baca kenapa dan bagaimana ceritanya kok ada bayi yang ngga bisa nangis. penasaran kan? 😜

sementara di deretan bangku sebelah kiri kolam, biasanya ortunya si maia yang milih duduk di situ. siapakah si maia ini? jawabnya bisa baca-baca cerita seputar belajar berenang di postingan terdahulu di tautan ini, ini dan ini.

***

nah, karna pas hari minggu yang agak luar biasa itu aku cuma datang sendirian, aku tetap duduk di sebelahnya ibu si ollie, tapi karna suamiku kali ini ngga ikutan, bangku panjangnya masih rada kosong gitu.

ngga lama, si maia datang dan kalau biasanya bapak ibunya dia juga nganter, eh hari itu kok ya samaan kayak aku, tapi cuma bapaknya si maia yang nganterin, ibunya engga ikutan. mungkinkan ibu si maia juga nonton tv acara olahraga kayak suamiku? hehe, bisa jadi.

minggu itu memang pas lagi seru-serunya ada formula-1 di silverstone, pas tour de france rame juga, trus cricket final inggris lawan selandia baru yang akhirnya inggris menang secara dramatis, trus tenis wimbledon juga seru banget.

nah, bapak si maia ini akhirnya duduk di sebelahku, jadi ngobrol bertiga ama aku dan ibunya si ollie.

yah obrolan basa-basi gimana anak-anak kemampuan berenangnya makin maju lah. blah blah blah gitu. dan karena mereka juga tau kalau aku juga ikutan kursus renang juga minggu sebelumnya (cerita tentang belajar berenangku ada di tautan ini), iseng-iseng bapaknya si maia nanyain, gimana lesnya? ada kemajuan? biasa lah, basa-basi juga pastinya.

aku jawab, yah namanya masih pemula, masih gaya batu 😆

trus muka dia jadi agak serius gitu. kok bisa sih udah dewasa tapi ngga bisa berenang? tuh kan, semua bule pasti heran kalau tahu kok ada orang yang ngga bisa berenang. karna bapak si maia nanyanya tulus gitu, ya aku jelasin aja kalau di negara asalku emang banyak yang masih ngga bisa berenang blah blah blah.

lalu dia nanya, emang asalku dari mana? 

indonesia!

***

matanya langsung melotot gitu pas aku bilang indonesia. aku sampe kaget! bapak si maia ini masih muda, lebih muda dari aku pastinya. kakak si maia baru umur 8 tahunan, maia 4 tahun. palingan ortunya ya umur-umur 30 sekian gitu lah. ibunya mungkin mendekati 30-an atau lebih muda lagi. bapak si maia rambutnya pirang, keriting kriwil mekar gitu mirip-mirip profesor einstein, matanya biru, jeli, pertanda orangnya cerdas.

pak einstein yang cerdas

sambil mata birunya terbelalak dan tersenyum lebar setelah kujawab indonesia, dia bilang, "apa kabar? senang bisa bertemu dengan orang indonesia di sini" 

gantian aku yang terbelalak meski mataku warnanya ngga biru 😂😂😂

hah?! kok bule bisa ngomong lancar pakai bahasa indonesia? mana ketemunya di bangku kolam renang pula? mana anaknya lagi kursus renang barengan anakku pula? gimana ceritanya? hahaha. jadi heboh sendiri.

setelah itu kami cuekin ibunya si ollie yang bengong doank tanpa tahu sebabnya kenapa tiba-tiba dua orang yang duduk di sebelahnya ganti ngomong pake bahasa planet antah berantah, aku jadi ngerti cerita tentang bapaknya si maia ini.

usut punya usut, dia sejak jaman masih muda umur 19 tahunan, udah sering berkelana ke indonesia, guys!

sampai sekarang kalau dihitung, dia udah bolak-balik indonesia - uk mungkin udah puluhan kali. ternyata dia adalah seorang volcanologist, sebutan untuk seorang ahli atau pemerhati gunung berapi. sejak muda minat dia emang pengin belajar tentang gunung. dan karena di inggris ngga banyak gunungnya, makanya dia milih pergi ke indonesia karena negara kita kan gunung berapinya buanyak buanget! belum lagi yang ngga berapi, ada lagi gunung agung! eh itu toko buku ya 😜



jadi karena dia udah sering ditugaskan untuk riset tentang gunung-gunung berapi di indonesia, oleh universitas cambridge di mana dia bekerja sebagai peneliti, makanya dia bisa bahasa indonesia, lancar dan fasih! udah berapa gunung dia daki, dari sabang sampai merauke. biasanya dia pergi sama timnya dan juga sama orang lokal yang menemani riset tersebut selama berbulan-bulan buat ngumpulin data.

***

pas tahu aku asli indonesia, si bapak ini jadi semangat 45 gitu.

kami jadi ngobrol terus dan lupa ngga merhatiin kursusnya si ethan ama si maia, dua-duanya dicuekin karna ortunya malah sibuk ngobrol tentang indonesia, haha. kayaknya si bapak juga ngga percaya kok bisa ya ada orang indonesia di sebelah dia udah lama tapi ngga tahu. mukaku juga emang muka susah ditebak asalnya dari mana sih, hihi.

padahal udah berminggu-minggu kami nungguin kursus cuma emang ngga pernah sempat ngobrol. baru minggu itu gara-gara iseng malah ketahuan kalau ada bule bisa ngomong indonesia.

sebuah kebetulan yang aneh ya.

dan yang lebih aneh lagi, ibunya si maia bulan agustus ini malah akan ditugaskan ke indonesia lagi untuk beberapa waktu buat ngambil data penelitian juga. ternyata dua-duanya sama-sama peneliti yang bekerja untuk universitas. 

sayangnya, pas kursus hari terakhir, maia sama ollie malah ngga nongol, jadi ethan belajar berenangnya sendirian ama gurunya doank. karna udah masuk liburan musim panas juga sih, udah banyak keluarga yang libur panjang ke luar kota atau ke luar negeri.

mungkin nanti pas kursus musim gugur, moga-moga si ethan akan barengan ama si maia lagi kursusnya. jadi kami bisa ngobrol panjang lebar lagi tentang indonesia. suamiku pas kuceritain juga ngga percaya gitu hihi. bapaknya si maia juga pasti udah cerita heboh ke istrinya.

pas kursus udah selesai, kubilang ke si bapak, "terima kasih ngobrolnya ya pak, senang bertemu dengan anda, sampai jumpa lagi". eh apa jawab dia? "sama-sama, sampai berjumpa lagi, matur nuwun!!!"

lahhhhh, kok dia bisa bahasa jawa juga?! #pingsan 😝😝😝

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...