Monday 1 February 2016

gudeg eropa

lagi rajin posting resep nih pemirsa, jangan bosen yah.

soalnya aku ini sebenernya suka masak tapi suka males, kontradiksi banget kan. seperti kemarin itu aku tiba-tiba pengin makan gudeg, tapi karena di inggris sini ga bisa langsung ngeluarin motor ke pengkolan sebelah beli gudeg-nya yu jum, ya terpaksa kudu masak sendiri meski lagi males masak. nasib seorang perantau lah. untung semua bahan pas tersedia di lemari dapur. jadilah gubrag gubrug bentar kira-kira 10 menit, selesai deh masaknya.

hah?! 10 menit? secepat itu masak gudeg? yup, secepat itu, cukup 10 menit saja, atau malah kurang.

bagi yang penasaran, postingan ini akan berisi tips masak gudeg ala otakkukusut. dari resep-resep masakan indonesia yang lain, menurutku resep gudeg itu salah satu resep paling simpel sedunia hehe. siapa bilang masak gudeg rumit dan repot?

tapi karena cara masaknya udah kumodifikasi, namanya kuganti jadi gudeg jogja ala eropa saja ya, atau lebih gampangnya kita sebut gudeg eropa hehe. dan karena ini cara masak ala eropa, makanya resepnya kutulis di blog ini walaupun gudeg bukanlah masakan eropa. doh, jadi mumet hehe.

meski cuma butuh waktu 10 menit saja di dapur, dijamin rasanya ga kalah deh sama gudeg asli jogja yang dijual mbok-mbok tiap pagi di belakang hotel ambarukmo, di jogja sana! bedanya gudeg eropa-ku ga pake krecek pedes sama areh ayam. kalo mau pake juga bisa kok bikin krecek pedes sendiri. tapi mungkin ga selesai semua dalam waktu 10 menit hehe. 

trus gimana caranya masak gudeg dalam waktu 10 menit saja?

bahan-bahan dan peralatan:
- slow cooker (alat masak listrik)
- nangka muda rebus kaleng (biasa belinya di toko asia, made in thailand)
- ayam mentah secukupnya, bagian apa saja bisa dipakai, suka-suka
- telur mentah beberapa butir, cuci bagian kulit luar
- tahu tempe kalo ada

bumbu:
- daun salam beberapa lembar (bisa diganti bay leaves)
- laos/ lengkuas, potong-potong
- bawang putih beberapa siung
- bawang merah/ bawang bombay
- ketumbar, bubuk
- jinten, bubuk
- merica putih, bubuk
- kemiri, haluskan
- garam
- gula jawa 1 bongkah
- santan kaleng
- beberapa buah teh celup atau kulit bawang merah/bombay yang banyak kalo ada (untuk pewarna, sebagai ganti daun jati)

cara memasak:
siapkan slow cooker. tata/ susun daun salam dan lengkuas di dasar kuali/ panci slow cooker. susun ayam mentah di atasnya. lalu susun nangka muda rebus dari kaleng (pake 2-3 kaleng). supaya cepet, telur mentah ga usah direbus dulu, bisa langsung disusun di antara ayam dan nangka. ntar pas udah mateng keluarin, kupas, trus masukin lagi ke panci supaya coklat. kalo udah punya telur rebus ya lebih bagus hehe.

karena ini resep permalasan tingkat tinggi, dan biar cepet aja, keprek bawang putih dan bawang merah (ga usah di ulek rasanya ga beda jauh kok hehe). kemiri juga bisa dikeprek aja ntar hancur sendiri pas dimasak. iris bawang bombay ga usah halus-halus. masukkan semua bumbu ke panci. termasuk garam, gula. terakhir masukkan santan kaleng (1 kaleng cukup). paling akhir, letakkan teh celup di empat sudut, usahakan terendam santan.

kalo pas punya tahu tempe, masukin sekalian juga boleh (perlu ditambah santan biar kerendem). nanti di tengah-tengah masak bisa dikeluarin lalu digoreng. jadi deh tahu/ tempe bacem. bumbunya kan sama persis sama bumbu gudeg, jadi masaknya sekalian, hemat waktu hemat tenaga hehe.

gudeg eropa, cuma 10 menit selesai :-)

setelah semua bahan masuk, tutup panci, letakkan di pemanas, nyalakan colokan!

percaya ga, seluruh proses itu cuma butuh waktu 10 menit atau kurang, hehe. trus kapan gudegnya matang dan siap di makan? nah ini yang kudu nunggu lama, hahaha.

kalo pasang di low, bisa sampe 8 jam. kalo bikinnya pagi, ditinggal ngantor pulang sore kan udah siap. kalo pasang di high, bisa cuma 5 jam-an udah siap. siapa yang bilang 10 menit gudegnya siap makan? emang tukang sulap? haha. aku kan bilangnya 10 menit buat di dapurnya doank. makannya ya sabar atuh kudu nunggu sampe nangkanya empuk, ayamnya empuk. 

di tengah-tengah masak, kira-kira setelah 2-3 jam biasa aku aduk-aduk bentar. 

ini juga saatnya buat ngambil tahu/tempe buat digoreng, sama ngupas telur trus masukin lagi. jangan lupa peras dan buang kantong teh setelah seluruh warna teh yang kecoklatan luntur semua nyampur sama gudeg. jangan takut, masak gudeg pake teh ga pahit sama sekali kok, dijamin!

nah, pas gudegnya udah mo mateng (santan mulai mengering), biasa aku mancing tulang dulu. 

gudeg eropa siap saji
selamat makan!

karena ayam yang dimasak pelan biasanya akan empuk banget hancur sendiri dan nyampur sama nangka. warna dan bentuknya sama kadang sampe ga bisa bedain mana nangka mana ayam hehe, tulang ayamnya kan pada rontok tuh. ga mau kan pas enak-enak ngunyah nemu tulang ayam. jadi mendingan tulangnya dikeluarin dulu. gampang kok nyari tulang ayam di antara gudeg. baru deh gudeg eropa siap dinikmati sama telur, ayam, dan tahu/tempe bacem.

oh ya, jangan lupa nasi putih, sambel terasi, dan segelas teh panas :-)

10 comments:

  1. Nayaaaa..
    bener2 dibutuhkam kesabaran tingkat tinggi cuma buat makan gudeg doang kalo di Inggris mah yah Naaay...gila aja sih 8 jam gitu lho bhahahaha...

    Kalo aku mah beneran 10 menit Naay, tinggal melipir ke warung masakan mama Aldi buat beli gudeg lengkap dengan kerecek-nya bhahahaha...
    *emang pemales anaknya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. gudeg asli jogja juga masaknya lama kok Biiiii, semaleman. biasa mbok mbok itu nyiapin bahan2nya malem, trus dimasak ditunggu kayu bakar yang baranya nyala merah itu lho, sampe pagi. ya kurang lebihnya memang butuh 8 jam juga sih hehe. karena masak pake tungku rasanya jadi khas banget. aduh, jadi ngiler lol. paginya siap deh buat dijual untuk sarapan.
      situ mah enak ada mama Aldi. sini adanya mister Aldo hehe. eh tapi si mama Aldinya masaknya juga lama tuh pasti, 8 jam juga bwahahaha

      Delete
  2. Kak Naya,,,itu penampakan gudegnya udah kayak beneran made by mbok mbok jogjes lho, tinggal sambel kreceknya aja belum :-)

    Kunjungan pertama, penuh kesan manis kayak gudeg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya emang diusahain mirip karena pernah tinggal di Jogja 4 taon jadi suka kangen, heu heu.
      Makasih banyak atas kunjungan pertamanya Inna, mudahan betah dan ga kapok :-)

      Delete
  3. keliatannya simple mba. sy juga sukaaa gudeg walo orang sunda tp biasanya beli aja di tukang makanan yg lewat depan rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh ada urang sunda doyan gudeg hehe. kadang emang lebih cepet beli ya kalo ada yg jual mah, kalo ga ada ya terpaksa kudu masak dulu. tapi kali kali coba bikin ndiri deh, simpel banget beneran kok, bukan cuma kelihatannya hehe. makasih dah mampir :-)

      Delete
  4. waaah..enak banget kayaknya nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak beneran lho bunda :-) boleh dicoba resepnya silahkan

      Delete
  5. saya blum pernah bikin gudeg sendiri...
    mantep nih, tp saya blum pny slow cooker :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake panci biasa bisa bu, masak pake api keciiiilll aja yg lama hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...