Tuesday, 9 February 2016

pancake day

yup, hari ini adalah pancake day!

kalo diterjemahin mungkin jadi 'hari dadar'! hahaha. menurut wiki, sebenernya nama aslinya bukan pancake day sih tapi shrove tuesday! apa pula itu? sila klik linknya ke wiki kalo mau. kalo males, nih aku rangkumin isinya yah.

hari dadar adalah sebuah hari yang biasanya jatuh di bulan februari atau  maret sebelum hari rabu abu (ash wednesday) yaitu lent hari pertama. apa itu lent? ini wiki-nya :-) lent itu hari penanda enam minggu sebelum paskah (entah lent itu terjemahannya apa dalam bahasa Indonesia). nah, sebelum memasuki lent, orang merayakan pancake day di mana itu adalah hari terakhir makan 'lemak' atau daging sebelum masuk masa puasa. hari terakhir ini dirayakan dengan cara makan dadar!

lent itu mirip-mirip puasa ramadhan lah ya.

bedanya sehari sebelum puasa ramadhan biasanya orang merayakan dengan makan apa aja, ga hanya dadar hehe. kalo di kota kelahiranku demak-jateng dulu malah ada 'dukderan'. yaitu semacam keramaian dadakan di depan masjid agung di mana para penjual makanan segala rupa tumpah ruah dan pengunjung acara ini tak henti-hentinya makan-makan karena besok sudah masuk ramadhan. kalo ramadhan durasinya satu bulan atau 30 hari (empat/lima minggu), puasa lent durasinya enam minggu (40 hari). kalo di penghujung ramadhan orang islam merayakan idul fitri, di penghujung puasa lent orang kristen merayakan paskah.

untuk lebih detilnya seperti misalnya apa saja pantangan puasa lent dan sebagainya, ga akan dibahas di sini ya. kalo penasaran seperti apa sih puasa lenten itu, coba tanya mbah google, atau tanya temen kamu yang beragama kristen, sekalian belajar toleransi. mosok cuma mereka yang disuruh toleran ketika umat islam puasa ramadhan. kita juga harus belajar untuk toleran ketika mereka sedang berpuasa lenten :-)



sekarang mari kita bahas pancake day...

karena hari ini masyarakat eropa pada khususnya dan dunia barat pada umumnya yang nantinya ikutan puasa lenten atau ga ikutan lagi ngerayain hari dadar, pembicaraan sejak tadi pagi di radio dan ketika udah di kantor pun ga jauh-jauh dari pancake hehe.

orang indonesia pun sebenernya suka pancake lho. buktinya banyak sekali makanan kecil, cemilan, atau jajanan yang berbahan dasar dadar. isinya saja yang beda-beda. cara penyajiannya juga beda-beda. kalo di indonesia ga tau kenapa hampir semua jenis cemilan dadar pasti digulung! tanya kenapa :-p

ada dadar gulung isi kepala, eh kelapa! serem amat ada dadar isi kepala haha.

ada yang isi durian, keju, coklat, pisang dll yang rata-rata semua rasanya manis. kalo yang rasa asin sih biasanya telur dadar gulung ya hehe. kenapa sih hampir semua resep dadar di indonesia selalu digulung? ini sebuah misteri, pemirsa. karena kalo di eropa, amerika, ausie, dan negara-negara barat yang lain dadar itu penyajiannya ya bunder ceper aja gitu, jarang yang pake digulung-gulung.

kalo diliat dari bahan-bahannya, resep dadar sebenernya mirip banget sama resep pancake. dan bikin dadar itu sebenernya paling cepet dan paling gampang, apalagi pagi hari kalo mo bikin sarapan buru-buru, orang inggris biasanya bikin pancake aja, cepet. ga pake takaran juga lho.

untuk pancake itu cuma butuh 1 telor, 1 sendok makan tepung terigu, dan susu cair secukupnya. keenceran adonan bisa disesuaikan kalo mau dadarnya tipis atau tebel. sama saja kalo resep dadar bahannya cuma telor, terigu, susunya diganti santan. kalo pancake biasa ga pake pewarna, dadar biasanya diwarna ijo. bisa dari air daun suji atau pewarna makanan.

setelah dimasak, pancake biasanya dimakan pake pemanis seperti sirup marple, nutella, es krim, selai, buah-buahan segar, atau coklat leleh. kalo dadar, ya tau sendirilah bisa kita isi macem-macem karena orang indonesia emang lebih kreatif hehe.

pancake ala eropa favoritku ada di sebuah resto pancake yang khusus cuma jualan pancake. sayangnya resto ini jauh, ada di kota budapest-hongaria dan pernah aku bahas di postingan ini.


pancake paporit


pancake favoritku ini cukup istimewa karena penyajiannya yang berlapis-lapis tebel sekali, lalu diiris seperti cake. tiap lapisnya penuh rasa bermacam selai, lalu masih disiram kuah coklat yang manis dan kental. super lezat pokoknya. tapi hati-hati ya, karena pancake semacam ini kalorinya tinggi sekali. kalo mau aman jaga berat badan, mending pilih dadar gulung isi enten kelapa aja.

happy pancake day :-)


6 comments:

  1. itu bikin ngileeeer mbak pancake favoritnya *umpetin timbangan >.<* hahaha

    ReplyDelete
  2. Bikin ngiler ni mbak...

    Tapi aku baru tw lho kalo ada hari dadar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya emang jarang terdengar kalo di indonesia, ya maklum mayoritas muslim. yg orang tahu cuma paskah

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...