Wednesday 9 December 2015

tiny origami - 8mm

siapa sih yang ga kenal kata 'origami'? kalo ditulis pake hiragana gini nih bentuknya おりがみ.

kata ini berasal dari bahasa jepang yang artinya adalah seni melipat kertas. sejak kita sekolah di taman kanak-kanak, pelajaran seni melipat, menggunting, dan menempel sudah diajarkan sejak dini.

terlepas dari akhirnya seseorang jadi mahir atau malah ga bisa sama sekali, itu sih tergantung bakat, minat, dan ketrampilan masing-masing individu. perkembangan kemahiran seseorang dalam suatu hal memang ga bisa terlepas dari minat dan bakat orang tersebut. kalo ga suka ya ga bisa dipaksa ya kan.

simbol origami

makanya setelah tumbuh gede dan dewasa, ada orang yang bisa ngegambar bagus, ada yang ga bisa ngegambar sama sekali. ada yang bisa bikin kerajinan tangan dengan mudah dan tangannya trampil bikin ini itu, ada yang disuruh ngelipat kardus hajatan aja ga bisa haha. ada yang mahir ngejahit dan nyulam, ada yang masukin benang ke lubang jarum jahit aja ga becus.

begitulah...

namanya juga manusia. ada yang berbakat di satu hal, dan ada yang bakatnya di hal yang lain. kalo sama semua bisa bosen atuh ya.

sebenernya sih tiap individu itu punya kemampuan unik sendiri-sendiri. tinggal bagaimana bakat dan kemampuan itu diasah ketika ia mulai beranjak dewasa. kalo bakatnya kurang terdeteksi dan ga dikembangkan, emang jadinya orang tersebut kayaknya ga bisa bikin apa-apa haha. padahal mungkin ia berbakat di bidang tertentu tapi ga pernah diasah aja.

sebaliknya, mereka yang ketahuan bakatnya sejak dini dan terus diasah, biasanya tumbuh dan berkembang jadi orang-orang yang ahli dan mahir di bidangnya. apalagi kalo lalu bidang itu ditekuni dengan serius. tak jarang justru menjadi mata pencaharian. sisanya ya sekedar jadi hobi saja.

contoh, orang-orang dengan bakat suara bagus akhirnya jadi penyanyi, yang bakat nari jadi penari, yang bakat gambar jadi pelukis, yang suka acting jadi artis, yang seneng berhitung jadi pialang saham, yang suka ngibul jadi motivator #eh

***

bakatku dari kecil yang udah terdeteksi sih antara lain manjat pohon (ini mah bukan bakat deh), bikin kerajinan tangan semacam kristik, nyulam, sampe ngejahit dan ngedesain baju. yang ga/belum bisa cuma knitting atau ngerajut, baru mau belajar hehe.

aku juga ternyata suka motong rambut, dan nyanggul (nata rambut). ngegambar ga gitu bagus, tapi aku suka seni melipat kertas atau origami. semua bakat dan hobi itu sekedar bisa doank sih sebenernya, bukan yang sampe jadi hobi, ahli, atau yang sampai dibisnisin, apalagi jadi mata pencaharian. meski masih ada impian buat buka butik khas indonesia #halah

kembali ke origami...

kalo dipikir sebenernya untuk bisa origami juga ga perlu punya bakat khusus deh. semua orang harusnya bisa kalo mau nyoba. wong cuma kertas dilipat-lipat doank kok apa susahnya. cuma rata-rata orang tuh males aja ngerjainnya ya  kan. lagian kalo udah jadi origaminya buat apa coba. dijual juga blom tentu laku. buang waktu ama duit aja. eh tapi bukannya hobi itu emang buat buang-buang waktu ama duit yah, hehe.

sebenernya aku juga jarang banget sih bikin origami. alesannya ya klasik itu tadi. ga ada waktu luang, dan buat apa kalo udah jadi hehe.

cuma pas ethan mo lahir dan aku butuh ngehias kamar bayi aja, aku bikin origami klasik bentuk burung (atau disebutnya crane). yang ngaku bisa origami pasti bisa bikin crane lah, kalo ga bisa berarti masih kudu belajar lagi ga boleh ngaku-ngaku bisa origami hehe. trus crane-nya aku jadiin hiasan gantung di langit-langit kamar.

crane origami-nya si ethan
yg di belakang ya bukan yang depan itu sih mainan buaya ama singa haha

yang belum tahu atau belum bisa bikin crane, banyak banget bertebaran tutorialnya di internet. gampang kok. kalo mau lebih jelas, youtube-nya juga banyak. cari aja pake kata kunci "crane origami". ini salah satu contoh tutorial yang kucomot dari pinterest.


sumber pinterest

***

biasanya kertas origami yang bisa dibeli di toko-toko buku yang warna-warni itu ukurannya standar 20cm x 20cm. kalo mau yang lebih gede ada yang jual 25cm x 25 cm deh. yang rada kecil juga ada yang jual 15cm x 15cm atau 10cm x 10 cm. yang belum pernah lihat, ini lho bentuknya kertas origami.

kertas origami polos - sumber

kertas origami motif - sumber

***

nah, namanya manusia tuh ya, sukanya pasti kan yang aneh-aneh...

kalo udah mentok sama satu hal, biasanya mulai nyoba-nyoba hal lain yang di luar kebiasaan normal. sama halnya dengan origami, mereka-mereka yang hobi dengan seni melipat inipun mulai iseng. coba deh gugel "origami world record". di situ orang berlomba bikin origami segede-gedenya! bukan yang pake kertas 20cm x 20cm lagi, tapi udah bermeter-meter! haha... keren sih tapi serem banget burungnya segede itu lol

sumber

dan, sebagian origami geek yang lain ga puas dengan lomba origami gede-gedean. mereka putar haluan donk, bikin lomba origami kecil-kecilan! coba gugel pake kata kunci "tiny origami" deh!

saat ini pemilik rekor dunia untuk origami crane terkecil masih dipegang oleh seseorang yang bernama max steiner. kalo origami gede mungkin butuh tantangan tersendiri untuk melipat karena ukurannya yang raksasa, origami kecil juga butuh tingkat ketelitian, kesabaran, dan ketrampilan tersendiri, karena ya ukurannya yang sangat kecil sekali!

mex steiner (ini websitenya) berhasil membuat origami crane dari kertas seukuran cuma 4mm x 4mm. milimeter lho, bukan centimeter! satu cm itu 10 mm, pengingat buat yang rada lupa pelajaran sd hehe. bayangkan sekecil apa tuh ya burungnya haha. ini nih fotonya!

crane origami max steiner - 4mm x 4mm - sumber

kalo mau ubek-ubek mbah gugel, tiny origami yang lebih gede dari itu adalah milik seseorang bernama bernama anja markiewicz yang berhasil membuat crane dari kertas ukuran 9mm x 9mm. itu lebih kecil sedikit dari 1cm. keren yah, ini website dan fotonya. masih ada beberapa sih akun-akun lain yang juga bikin origami kecil-kecil, cari ndiri deh. tapi yang terkenal ya punya si max itu.

crane origami anja markiewicz - 9mm x 9mm

***

sebagai orang yang suka bikin crane juga kalo lagi iseng, aku dulu sering banget minjem duit kertas punya temen, trus aku lipet-lipet jadi burung, trus aku kasih lagi duitnya ke temenku itu. kadang duit yang berbentuk burung itu disimpen temenku dijadiin hiasan di rumahnya, sayang katanya mau make duitnya buat belanja haha.

selain bikin burung crane dari duit kertas, aku juga suka iseng bikin crane kecil-kecil. kalo yang ukuran standar kan udah terlalu mainstream ya kan. tapi paling yang terkecil yang pernah aku bikin tuh masih sebatas di atas 2 atau 3 cm-an lah. kertas origami 10 cm aja udah kecil sih termasuknya, apalagi kalo udah dipotong lagi jadi lebih kecil dari 5cm x 5cm.

tapi setelah tahu kalo ada orang di luar sana yang berhasil dan bisa bikin crane dari kertas ukuran di bawah 1cm x 1cm atau 10mm x 10mm, aku kok jadi tertantang yah!

ga usahlah muluk-muluk mau mecahin rekor dunia yang 4mm x 4mm itu, biarlah si max steiner tetep juara. tapi aku pengin deh bisa mecahin rekor yang 9mm x 9mm itu. maka bisalah ditebak sodara-sodara, aku jadi niat bikin origami crane dari kertas seukuran 8mm x 8mm.

makanya judul postingan ini adalah tiny origami - 8mm!

kalo aku berhasil, nanti aku pelan-pelan pengin berusaha mecahin rekorku sendiri bikin yang lebih kecil lagi ke 7mm x 7mm, lalu 6mm x 6mm, lalu 5mm x 5mm, 4mm x 4mm kayak punyanya max steiner, dan akhirnya 3.5mm x 3.5mm. kalo berhasil, rekor dunia tiny origami pun akan kupegang hahaha #ngimpi

mau ikutan nyoba juga? boleh kok silahkan, kalo bisa haha.

dan inilah foto-foto proses pembuatan origami 8mm x 8mm yang kubikin kemarin di kantor (stttt...), pas lagi bete, pas lagi sepi deadline, dan pas mood-ku lagi bagus. kalo mood lagi jelek dijamin gagal deh, jadi jangan coba-coba bikin tiny origami pas lagi pms, haha.

crane origami nayarini - 8mm x 8mm

catatan: alat bantu yang kupake cuma penggaris besi sama gunting kecil doank karena ga punya tweezer di kantor. ntar kalo bikin yang lebih kecil lagi pastinya bakal butuh tweezer deh! apa sih bahasa indonesianya tweezer tuh? penjepit ya? jepitan? mbuh lah. di internet, ada juga yang pake bantuan tusuk gigi segala hehe.

step 1 - potong kertas bujur sangkar ukuran 8mm x 8mm
kalo bisa cari kertas yang tipis jadi mudah dilipat tapi yg ga gampang sobek 

step 2 - ikuti petunjuk pembuatan crane sampe tahap belah ketupat

step 3 - ini tahap yang mulai sulit, butuh konsentrasi dan kesabaran
tingkat tinggi hehe. alat bantu mulai dibutuhkan di sini
karena jari tangan kita udah kegedean!

akhirnya, crane origami 8mm x 8mm ku jadi juga, phew!
foto paling bawah itu burungnya kutaruh di depan monitor komputer
hampir ga kelihatan saking kecilnya hehe

iya iyaaaaa, mukaku emang lagi jerawatan! #salah fokus

***

gimana? keren kan?

jadi sekarang boleh donk aku nobatkan diriku sendiri jadi pemegang rekor tiny origami 8mm di seluruh dunia! #halah. bisa ga ya setelah ini bikin yang 7mm, 6mm dst? tunggu postingan tiny origami_series berikutnya ya.

mungkin bulan depan, tahun depan, atau lima tahun lagi kalo isengku pas lagi kumat haha.

14 comments:

  1. eh busyet, dah, kerennya, berjuang bikin sekecil upil wuahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh busyet pak ustadz ngupil #eh hahaha... makasihhhh

      Delete
  2. Waaah kereeeen! Telaten dan teliti banget Mbak..

    ReplyDelete
  3. Keren mbak...aku jg suka origami *apa2 kok disukai...hihi...tp blm prnah nyoba yg seupil gt...cuilik tenan ki..mikir keras..kr tgnku gundek2 kyk pisang klutuk je...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, mak Iro ini adalah salah satu contoh individu yang bakatnya luar biasa banyak bangetttt. cobain mak bikin lebih kecil dari ini, bisa lah pasti #komporrrr eh pisang kluthuk enak lho mak hahaha

      Delete
  4. daptarkan MURI mbak! eh salah guiness book of the record, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya yah, trus kira-kira dapet hadiah apa ya. kalo hadiahnya rumah komplit dengan perabotan mau ah #lho

      Delete
  5. aih, imut banget... keren mba... mau dong dibikinin :D
    dl wkt kecil suka liat di tv acara kompetisi di jepang bikin origami mini2 gt pake pinset, takjub liatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaahhh!! Pinset!! Dari kemarin mikir bhs Indonesia nya tweezer ga nemu2, ternyata pinset, haha makasih buuu, jadi ga penasaran lagi hehe. Iya orang Jepang sih harusnya jago origami tp susah nyari data di inet karena mereka upload nya pake huruf jepang, ga nongol kalo digugel pake inggris huhu. Nanti dibikinin trus burungnya disuruh terbang sendiri ke Indonesia ya bu hehe

      Delete
  6. Oke, aku nggak ngerti kenapa ada orang mau bikin burung pipit sekecil-kecil upil gini.. kalo udah jadi, mau diapain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipoto trus aplod ke internet? Hahaha. Mubazir abis emang sih bu dokter, tp mending yg seupil ga ngabisin pohon di hutan daripada yg segede gaban trus buat apa. Eh kalo yg raksasa bisa dipajang dink, haha

      Delete
  7. NIAT ABIS! =))
    Dulu aku suka bikin itu burung, dulu dikasih tau yang ngajarin namanya burung Phoenix, sama ga tuh sama crane *males gugling* Dulu pas SMP, ada temen bikin crane 1000 apa, katanya biar doanya terkabul po opo wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius lo Na? Bikin 1000 biar doanya terkabul? Bwahahaha... *langsung bikin 2000 crane biar doaku terkabul dua kali* wkwkwk Ada Ada aja temenmu :-)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...