Saturday 19 March 2016

andai aku ahok

minjem


andai aku ahok

aku akan tetep maki-maki ibu-ibu yang ketahuan make uang dari dana kartu jakarta pintar yang harusnya dipake untuk kebutuhan sekolah anaknya itu, meski udah tahu kalau hal itu salah.

liat saja sendiri videonya di internet, banyak udah nyebar. udah tahu duit itu diberikan oleh pemerintah dki jakarta untuk apa, tapi tetap disalahgunakan juga. buat belanja beli makan biar kata kelaparan aja ga boleh, apalagi katanya ada yang sampe dipake buat karaoke! ini namanya penyalahgunaan kepercayaan. jadi kalo bukan maling apa donk namanya. masih mending si ibu cuma dimaki-maki doank. kalo di arab, mau ibu-ibu kek, mau janda kek, mau supir kek, maling itu hukumannya potong tangan!

bagi mereka-mereka yang ngerasa kasian ngeliat ibu-ibu itu diomeli dan dimaki-maki, kalian mau ngebela maling atau gimana? maling kalo ketahuan mah semua juga gitu, langsung keliatan memelas, tertindas, dan seolah jadi korban paling merana sedunia. kalo ga ketahuan? ngakak ketawa-ketawa menari gembira karena dipikirnya bisa ngakalin duit pemerintah. ga percaya?

andai aku ahok

aku akan lapor ke polisi biar orang-orang yang buka usaha tapi males bayar pajak semua dijeblosin ke penjara saja.

bukannya malah ngotot pake acara ngelobi minta pajaknya diringanin. ini juga salah satu bentuk maling. kewajiban pajak yang seharusnya dibayarkan ditilep sendiri, begitu ketahuan ngerengek-rengek nangis-nangis minta diampuni. masih mending cuma dibentak-bentak di balaikota. harusnya dibui tuh orang.

bagi kalian yang masih mikir kesian ke si wajib pajak, ke laut aja lah. udah salah ga bayar pajak mah salah aja. jangan berdalih, perusahaan gede yang nilep pajak kok ga diapa-apain. yang usaha kecil kenapa ditindas? eh, kalo dari yang kecil-kecil ga diberesin, lama-lama dibiarin nilepnya tambah gede juga. itu tukang tilep pajak yang gede-gede juga tadinya mulai dari kecil dan dikit-dikit dulu. karena ga pernah ada tindakan hukum, mereka berasa di atas angin, ngerasa terbuai, ngerasa ga bakal terjamah dan ga bakal ketangkep. gitu terus-menerus, akhirnya pajak yang ditilep gede deh. ini sebelum parah, dari pengusaha-pengusaha kecil harus dilurusin dulu mentalnya.

andai aku ahok

aku akan buang semua kendaraan umum yang ga memenuhi aturan keselamatan. kalo rem blong, mobil kebakar, lalu menelan korban jiwa, siapa pula yang rugi, kan rakyat juga.

sopir-sopir mah bisanya cuma mogok kerja doank. kendaraan ga dirawat. dikasih duit buat perawatan pun, ditilep juga buat yang lain. mental maling sudah berurat berakar di hampir semua lapisan masyarakat. sekali meleng ga diawasi, duit apa aja disikat. kalo diawasi dibilang bos-nya ketat, galak, dan pelit karena kesempatan buat bisa nilep ga ada lagi. kalau mentalnya model begini mana bisa diajak maju coba.

nah, kalian yang mikirnya kesian rakyat kecil lah, ini lah itu lah. kalo cuma kesian kesian tapi aturan, hukum, dan moral ga ditegakkan ya jalan di tempat bos. untuk maju itu butuh disiplin tinggi, penerapan hukum yang saklek, ga pandang bulu. mo miskin kek, kaya kek, kalo salah, kalo maling tetep harus ditindak. jadi yang lain belajar untuk ga berbuat hal yang sama. negeri ini sudah terlalu lama yang kayak gini dibiarin, ga diurus, tapi rakyat nuntutnya negara kudu maju, kudu selevel sama negara lain ini itu. tapi ga mikir untuk ke arah sana, yang kecil-kecil harus diluruskan dulu, termasuk cara berpikir korup dan mental-mental maling. sikaaaatttt!


andai aku ahok

aku akan maki-maki itu penyelenggara pameran buku yang memanfaatkan dan sengaja menjebak para pemegang kartu jakarta pintar untuk membeli barang-barang keperluan sekolah di pameran, tapi harganya sudah di-mark up semua.

tradisi mark-up ini memang sudah lama juga dipraktekkan sejak jaman orde baru di hampir semua lapisan masyarakat. sudah tradisi, kata wafer roma. semua-mua serba di-mark-up, ga ada lagi yang asli. tujuannya ya untuk maling lagi. dalam hal pameran buku ini, penyelenggara maunya dapet untung lebih gede dibanding kalo pembeli belinya di toko biasa. untung sih boleh saja, tapi kalau kebanyakan dan menjerat calon pembeli dengan cara curang, sudah termasuk menipu. apa hukuman bagi penipu? 10 tahun penjara!

andai aku ahok

aku akan tetap pertahankan karakter tangan besiku dan dikit-dikit akan terus bilang 'you're fired!',demi birokrasi yang lebih transparan. orang indonesia khususnya jakarta itu licin-licin. lebih licin dari belut!

meski ga semua begitu sih, selalu ada pengecualian. tapi selurus apapun, pengaruh lingkungan sekitar yang serba licin ini kadang juga menyeret orang-orang lurus untuk jadi agak-agak licin. yang nekat lurus 100% ga bakal punya temen, alias dimusuhi! ngurus pns di pemda dki yang sudah berpuluh-puluh tahun bekerja dengan budaya selow, nyante, makan gaji buta, dikit-dikit mark-up anggaran, dikit-dikit nilep apa aja yang bisa ditilep, dikit-dikit ngakalin dana biar bisa buat bancak'an, sementara pemimpinnya tutup mata pura-pura ga ngerti dan pura-pura o'on, memang butuh pemimpin baru yang bertangan besi.

udah baca kan proyek hambalang yang disidak kemarin? besi yang harusnya gede di atas kertas, pas dicek di lapangan kecil. pondasi 3 meter, cuma jadi 1 meter. itulah contoh nyata hasil kerja proyek indonesia, semua disunat, di-mark-up, ditilep.

kalo kalian masih berpikir jakarta butuh pemimpin ganteng yang soleh dan rajin ibadah dengan tutur kata lemah lembut dan kesopanan tingkat dewa, atau butuh pemimpin pentolan grup band yang suka nyanyi dan bikin lagu biar para pegawai jajaran birokrasi ga stres setelah dibentak-bentak dan diancam-ancam selama masa kepemimpinan sebelumnya, atau butuh pemimpin seorang haji yang soleh tapi ia juga mantan bos preman yang cukup lama bergelut di dunia gelap perpremanan yang kental dengan urusan suap menyuap, sogok menyogok, intimidasi, ancam mengancam dan seterusnya; sebaiknya kalian pergi piknik dulu ke luar negeri.

ke tempat yang sudah maju dan bebas korupsi di mana pemimpin-pemimpinnya amanah meski mereka sama sekali ga pernah pergi ke tanah suci. atau jangan-jangan ketidaksetujuan kalian dengan pembersihan jajaran birokrat korup karena bapak ibu kalian ada di sono? dan selama ini kalian ikutan makan dan foya-foya dari duit tilepan? ih, gitu kok bangga!

andai aku ahok

aku juga akan dengan lapang dada terima kritik dan saran untuk terus memperbaiki diri, untuk lebih mengendalikan emosi. kalo kalian di posisi yang sama, ngadepin orang goblog atau yang pura-pura goblog setiap saat dan setiap hari memang sering memicu tensi. tapi ga papa, aku akan rela berubah. bukan demi pencitraan supaya kalian-kalian lebih seneng, tapi demi kesehatan pribadi. selalu emosi juga bikin darah tinggi lho. kalo cepet mati, nanti kalian yang seneng donk. kan bikin keki. sudah kerja keras setengah mati, marah-marah tiada henti, masih pula dicaci maki.

andai aku ahok

aku akan lebih sering lagi menggebrag-gebrag meja sampai para pegawaiku sadar dan insyaf kalo mereka tak lagi bekerja untuk pemimpin yang cuma hobi main golf. kalo mereka berkinerja bagus, tak ada yang perlu ditakuti. kalo mereka bener-bener bekerja serius tanpa niat maling, tanpa niat curang, dan tanpa niat ngibuli atasan, pasti juga akan ku apresiasi. kalo perlu, seperti heru, akan kuajak untuk nyalon lagi.

karena kerjaku belum selesai, masih jauh dari selesai, di jakarta ini.

#bukanwargadki
#gapunyaktpdki
#bisanyadukungcumabegini

2 comments:

  1. setuju banget.. saya dukung anda jadi ahok. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. garing banget... saya dukung anda jadi pelawak :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...