Monday 30 October 2017

berburu titi

oke, setelah sabtu kemarin aku sempat panik gara-gara tiba-tiba si blackie divonis koit sama bengkel, tulisan kali ini berisi cerita sambungan postingan sebelumnya berjudul bye blackie.

sepulangnya dari bengkel, di rumah aku sibuk mikir, nimbang-nimbang dan bolak-balik meriksa kertas print-an dari dealer yang kudapat hari jumat kemarin. kira-kira mobil apa ya yang bakalan ngegantiin blackie? sempat posting di fesbuk juga minta bantuan teman-teman buat ngasih masukan dari tiga opsi yang tersedia. eh, bukannya tambah mantap, malah makin bingung hehe.

curhatan di fesbuk

akhirnya, aku yakinin diri sendiri mau fokus ke satu model mobil saja dari tiga model yang ditawarin dealer kemarin. dari segi harga, tentu saja mobil kecil bermesin paling kecil yang paling hemat di kantong. audi model a1 memenuhi kriteria itu. malah kalau mau yang baru gres baru keluar pabrik juga masih terjangkau kantong dengan skema pembayaran yang ditawarin dealer.

tapi, udah terbiasa nyetir a3 (si blackie) atau kadang bawa a6 punya suami (si chromie) - cerita tentang kenapa mobil-mobil kami dikasih nama itu ada di link ini - tiba-tiba bawa a1 kok kayaknya berasa menyusut ya, haha.

lucu sih mobilnya, kecil dan imut. kayak mini-nya mr bean lah.

pilihan model kedua tetep a3, seperti si blackie, tapi tentu lebih muda umurnya. yang tersedia kemarin itu ditawari umur 2 tahun saja, masih mulus kinclong dan spedo-nya masih rendah. kayaknya oke juga sih. yang ini juga harganya masih oke lah. sebelas duabelas sama a1 baru.

eh tapi, sejak dulu aku tuh pengin banget deh punya mobil balap/sport. dan audi tentunya punya juga donk model ini. kecil lincah tangkas, dan yang paling penting bisa ngebut haha.

kalau boleh ngimpi sih maunya beli sport audi yang super keren itu, apalagi kalau bukan model R8. hmmm, tapi harganya musti ngejual rumah, tanah, sawah, dan seluruh harta benda dulu euy. itu juga masih kurang kali, hihihi. sudahlah lupakan saja keinginan punya R8, ngayalnya ketinggian. kalo cuma sekedar foto-foto doank dan duduk-duduk manis di kokpit sih bisa. tinggal ke dealer dan bergaya di situ karna biasanya setiap dealer audi selalu punya satu buat pajangan doank.

kapan ya, punya yang ini :-p

***

udah ya ngayalnya...

kembali ke dunia nyata. masih ada satu model audi sport lagi yaitu audi tt (bacanya titi), yang kayaknya mungkin bisa terjangkau nih #intip_dompet

padahal kalo mau jujur, saat ini tuh tabunganku lagi ludes des des sejak pindah rumah oktober tahun kemarin itu. lha kok mobil satu-satunya malah koit!

baru juga beberapa bulan ini ngumpul tabungan dikit, eh ibu minta umroh (kebetulan mumpung pas ada barengannya - adikku). ya udah namanya anak yang baik hati tidak sombong dan rajin menabung, kukasihin deh buat umroh. insyaallah berangkat akhir november ini. mohon doanya ya pemirsa, semoga lancar dan selamat selama perjalanan pergi dan pulang, aminnn.

nah, kalau mau si titi ini, bukan titi dj, titi kadarsih, atau titi kamal lho ya, sepertinya aku harus ngerayu mas suami buat bayarin karna duitku kurang, dan kurangnya banyak haha. tapi emang keren sih, si titi ini, dibanding model yang lain.

kenapa imanku lemah begini ya, ga tahan godaan barang bagus, hiks.

akhirnya aku mulai ngerayu, eh diskusiin keinginanku ke misoa. setelah ngerasa mantap, akupun mutusin kalo  aku akan nyari model titi yang seken (bekas). tapi yang ngga terlalu tua umurnya juga lah, ntar bengek lagi kayak si blackie. sama aja boong. ngga pengin yang baru gress juga. supaya harganya terjangkau kantong.

hari sabtunya, akupun sibuk ngubek-ubek internet, berburu titi seken yang dealernya sekitar sejam maksimal jauhnya dari rumah. jadi kami bisa datangi dan ngga terlalu jauh jaraknya kalau mau bolak-balik ngurus jual beli nanti. akhirnya akupun nemu ada empat buat mobil titi seken yang kusuka dan harganya kurleb ngga beda jauh satu sama lain. aku udah patok pokoknya ngga akan keluar duit lebih dari total yang kusepakati sama suami.

setelah sibuk nelpon sana sini bikin janji ketemu empat dealer mobil yang beda-beda, hari minggunya kami bertiga nyamperin mereka satu-satu. ya namanya mau beli kan musti lihat-lihat barangnya dulu kan. sukur-sukur boleh dicoba (test drive) supaya tahu pas apa enggaknya.

***

titi pertama yang kucoba warnanya putih, umur baru setahun. aku emang pengin punya mobil putih lagi sih, kangen sama whitey (inget whitey kan? yang belum kenal whitey baca deh link postingan tentang chromie di atas tadi). pas nyampe ke dealernya, si mas sales langsung antusias aku suruh nyobain mobilnya. 

eh, pas baru duduk di jok belum juga nyalain mesin, aku langsung ilfil. bau rokok!!

langsung si mas sales maaf-maaf dan janji nanti bisa kok baunya diilangin, pake teknik khusus ada bahan khusus juga bla-bla-bla. aku oke-okein aja sih biar cepet hihi. ya udah ngga papa kalo bisa diilangin. kataku sambil tancap gas. si mas sales duduk di kursi penumpang, sementara mas suami dan ethan nunggu duduk manis di ruang tamu dealer.

cakep sih cakep, tapi bau asap rokok hehe

banyak mainan anak disediain ama mereka, dan biasa calon pembeli dibikinin kopi atau teh gratis sama dikasi snack, biar betah hehe.

oke, ternyata nyetir titi enak juga, larinya kenceng, karna emang mobil balap kan. pendek, kecil dan lincah. fix, aku pengin titi aja, ngga jadi a3  atau a1.

tapi sayang banget euy yang putih ini bau rokok. coba lah liat yang tiga lagi gimana, meski warnanya ngga ada yang putih (dua item, satu abu--abu). dari dealer yang ini, kami nyetir lagi buat ngeliat yang mobil kedua. kali ini titi-nya warna hitam. dan mesinnya lebih gede karna solar. sama seperti yang putih tadi, aku juga boleh test drive muter-muter sampai masuk tol buat nyobain si item. waduh tarikannya mantab, selain mesin gede, juga lari di tol kan lebih leluasa buat ngebut hehe. dan yang paling penting yang ini bebas bau rokok. fix, kayaknya mau yang ini aja deh.

hmm, tapi tetep pengin yang warna putih euy, lebih lucu. item kayaknya kurang greget gitu #halah

sayang yang putih cuma satu dan aku kayaknya ngga yakin deh bau asap rokok itu mau diapapin juga pasti bakal nongol lagi nanti. ngga mau lah bayar mahal tapi suruh nyium bau rokok melulu tiap kali nyetir. ya udahlah item juga gpp.

masih ada dua lagi yang mau kulihat sebelum aku ambil keputusan yang mana yang mau dibeli.

tapi karna seharian itu kami cuma bisa bikin janji dua aja, yang dua lagi terpaksa nunggu hari senin. untungnya kok ya pas kebeneran aku ambil cuti. ngga tahu bakalan ngga punya mobil dan mesti berburu mobil pengganti blackie, tadinya aku cuti cuma buat nganterin ethan kontrol ke dokter aja.

karena janjian ke dokternya baru jam 2 siang, paginya aku bikin janji ama dealer ketiga yang jual titi item, dan jam 4 sore setelah dari dokter, aku bikin janji lagi ama delaer keempat buat ngeliat titi nomer empat yang warnanya abu-abu.

***

singkat cerita, kami pun sampai ke dealer yang ketiga.

ini sebenernya adalah dealer yang sama yang nyervis si blackie, dan ngejual si blackie ke suamiku 11 tahun yang lalu. tiap kali ada apa-apa sama kedua audi kami, kami pun selalu ke bengkel milik delaer ini. salesman dari sini juga yang jumat kemarin ngasih aku print-print-an harga dan jenis-jenis mobil yang kira-kira sesuai bajetku.

cuma sama salesman-nya aku blom bilang kalo sekarang aku udah fix pengin titi aja, ngga pengin model yang lain. tentunya si mas salesman juga blom tahu kalo aku udah nyobain dua mobil titi di dua dealer yang berbeda.

- oh, ya. si blackie nasibnya sampe sekarang masih blom jelas, masih ngejogrok di pojokan bengkel, terpuruk dia, hiks. paling ntar dilelang sih sama dealernya. sedapetnya duit nanti dikasih ke aku -

berucap selamat tinggal terakhir kali ke blackie, hiks hiks...

begitu nyampe sana dan duduk di kantor si salesman, aku jelasin kalo aku sekarang nyari model titi aja, yang seken, yang sesuai bajet, yang memenuhi kriteria yang aku mau, dan yang paling penting harus bebas bau asap rokok hehe.

lalu diapun mulai ngecek dan nyari-nyari titi yang aku mau di database komputer.

si mas-mas salesman ini seumuran suami. orangnya ramah banget dan santai abis. belakangan kami sadar kalo dia sebenernya direktur sales di dealer itu. salesman-salesman yang lain semua lapor ke dia. ah nasib baik nih dilayani langsung sama direkturnya, siapa tau dapet diskon hehe #ngarep

sambil nyari-nyari mobil yang cocok di komputer, kami bertiga mulai ngobrol. dari obrolan ringan sampe akhirnya soal tempat tinggal. biasalah basa-basi.

eh, begitu dia nyebutin nama daerahnya, kubilang kalo kami juga pernah nyari rumah di daerah situ, sekitar dua tahun lalu sebelum kami nemu rumah yang kami huni sekarang. ada dua rumah baru dibangun dan kami ngeliat-liat satu rumah karna yang satunya lagi udah terjual. tapi karna harga rumah yang kami suka waktu itu agak lebih mahal dari bajet, dan masih ada beberapa kerjaan lagi yang kudu dilakukan sendiri oleh calon pembeli karena rumah yang kami lihat itu belum ada sambungan listriknya haha, jadi kami urungkan niat untuk beli.

males repot!

eh, ngga dinyana ngga dikira, ternyata si mas direktur sales itu adalah pembeli rumah yang pertama, persis sebelahan sama rumah yang kami suka tapi ngga jadi kami beli itu. bisa kebetulan begitu ya. saking semangatnya, aku kasih liat foto-foto rumah yang kami lihat dulu, dan dia ngasih lihat foto-foto rumah dia sekarang. haha, hampir aja kami jadi tetangga!

sejak itu, tambah akrablah kami. malah ngobrol ngalor ngidul ngga jelas dan lupa, buat nyari mobil! haha...

***

kembali ke mobil.

setelah ngecek beberapa mobil seken yang aku suka, lihat-lihat daftar harga, lihat-lihat spesifikasi dan lain-lain, yang bikin aku tambah pusing mau milih yang mana, tiba-tiba si mas salesman bilang gini "tunggu tunggu tunggu, aku ada ide, ngga tau bakalan oke apa ngga di sistem komputer tapi tunggu, akan kucoba".

aku dan suami saling tatapan ngga ngerti dia maksudnya apa.

si mas direktur ketik-ketik di komputer, sambil ngedumel sendiri, kayak setengah ngitung-ngitung di kepalanya, lalu ketik-ketik lagi, ngambil kalkulator, balik lagi ngetik di komputer, ngomong sama diri sendiri lagi, lalu tiba-tiba dia ketawa sambil ngeliatin aku setengah melotot.

"mau mobil baru ngga?" tanyanya ngga sabar.

ngga mau kalah, aku melotot juga ke dia "hah? gila lu ndro! ya mau lah. tapi mana kebeli. aku ngga bisa dan ngga mau over-bajet!" jawabku pasang tameng dan kuda-kuda karna antisipasi salesman tuh selalu pengin duit lebih keluar dari kantong kita ya kan. harus waspada! haha.

"wohhh, jangan kuatir. ini mobil baru gress, tapi masuk bajetmu, bahkan bisa lebih murah!" katanya girang kayak abis menang lomba.

"hah? mosok sih? ngga percaya ah. gimana ceritanya kok bisa lebih murah tapi dapet baru? yang seken aja ngga dapet", jawabku masih ngga yakin.

"ohhh, gini ceritanya".

si mas direktur mulai ngejelasin detil itung-itungan di komputer dan kenapa dia bisa masukin bajetku untuk dapetin mobil baru. selain karna bunganya lebih rendah, juga karna pabrik dan dealer ikut ngebayarin uang muka, hohoho. kami berdua (aku dan suami) mulai ngangguk-angguk dan senyumku pun mulai melebar. "yey, aku dapet mobil baru!!!"

kusingkirkan kertas-kertas print-printan harga mobil seken yang penuh coret-coretan bolpen karena udah beberapa hari ini aku sibuk ngebanding-bandingin beberapa buah mobil dan nyari-nyari mana yang paling oke dari semua yang ditawarkan.

lhah, tahu mau dapet baru gini ngapain repot-repot nyari seken hihi...

dan seriusan, begitu aku setuju (siapa sih yang nolak dikasih mobil gress dari pabrik kalo harganya malah lebih murah daripada mobil seken, haha) si mas salesman pun mulai kirim email ke koleganya buat ngirim mobil itu ke dealer yang kami kunjungi. hari jumat nyampe sini, katanya. tapi ini warnanya item.

"yah, kok item sih. ada yang putih ngga mas" tanyaku cepet-cepet.

"ohhh, mau tetep yang putih? bentar, aku minta kirim yang putih aja deh" jawabnya enteng sambil ngetik email kedua minta yang putih. hari jumat nyampe yang putih, kata dia. haha...cepet banget prosesnya beli mobil baru.

sepulang dari dealer ketiga dalam perjalanan ke doktor, aku batalin janji untuk ngeliat yang warna abu-abu di dealer keempat. salesmannya nadanya di telpon rada kuciwa sih calon pembelinya disamber orang haha.

***

kamisnya, aku dan suami balik lagi ke dealer untuk ngeberesin pembayaran, supaya jumatnya mobilnya bisa diambil.

eh begitu selesai, si mas salesman bilang gini "mau kejutan nggak?".

apaan sih si salesman ini gayanya super asoy deh. jualan mobil udah kayak mendarah daging di dia, gayanya santai dan asyik banget haha. pantesan jadi direktur dia. "kejutan apa lagi" tanyaku antusias.

"inget kan kubilang mobilmu sampe besok pagi?" katanya. "mereka ngirim sehari lebih cepet, udah nyampe tuh ada di belakang gedung. mau liat?"

"whoaaaaa.... mau laaaaahhhhhh"

dan inilah foto norakku dengan si mobil baru yang belum dipasangi plat nomor, karna bener-bener baru turun dari truk delivery.  ya maklum lah seumur-umur tiap beli mobil selalu yang seken belum pernah punya yang baru hehe.

kali-kali norak ahhh, kapan lagi :-p

karna besok paginya jumat aku mesti ngantor, kubilang aku jemput mobilnya sabtu aja. dan sabtunya, untuk pertama kali, kusetiri mobil audi baruku dari dealer ke rumah. penumpang pertamaku? si ethan hehe. dia langsung minta pindah dari mobil bapaknya ke mobilku. anak-anak aja tahu yah, mana yang lebih keren haha.

soal nama, aku dan suami mulai berunding lucu-lucuan. karna kami pernah punya mobil putih sebelumnya, nama whitey udah keambil. ngga asyik kalo yang ini dipanggil whitey juga. karna modelnya tt (baca: titi), akhirnya sambil ketawa geli kami sepakat kalo yang ini kami namain whitey-tee (baca: wai-titi).

itu nama inggrisnya.

dan karena plat nomor mobil ini akhirannya YUB, kunamakan mobil baruku dengan nama indonesia juga. perkenalkan sodara-sodara, mobil baruku namanya "mbak titi yubaedah", haha.

2 comments:

  1. Ya Alloh mbaaa rejeki banget yak. Semoga langgeng ama Mba Titi Yubaedah. Hehehe.
    Btw Mba Naya kalo punya sesuatu kayaknya awet ya. Pinter ngerawat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn, alhamdulillah. iya ini mbak Titi Yubaedah nya kudu sering dibawa ke salon buat facial creambath biar tetep cantik ya hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...