Monday 31 July 2017

delapan delapan #02

jumat...

pak mantan bos janji nelpon sekitar jam makan siang. aku yang udah deg-degan nungguin kabar. walaupun udah siap atas segala kemungkinan kalo pak bos mundur ngga jadi ngerekrut aku, tetep aja sih aku kok jadi galau ya. meski udah lama kerja di kantor yang sekarang dan udah enak, kadang emang aku ngerasa bosan dan jenuh dengan kerjaan yang itu-itu aja. kayaknya pengin ganti suasana gitu lah...

karna berada di zona nyaman kelamaan itu terkadang juga ngga bagus lho buat karir! #ngomong_sama_kaca

inget ngga postinganku beberapa waktu lalu kenapa kami akhirnya jual rumah dan pindah? ya karena selain jarak yang kejauhan, aku ngerasa gelisah gitu lah tiap lima tahun sekali (makanya postingannya kukasih judul repelita). kegelisahan itu kami siasati dengan pindah rumah, tapi rupanya aku masih ngga sreg juga meski kerjaan sekarang udah nyaman, jarak perjalanan ke kantor udah ngga sejauh dulu lagi. mungkin aku memang butuh suasana baru.

alasan ini rupanya yang memotivasi aku untuk nekat ngajak mantan bosku makan siang dan ngobrol tentang kerjaan baru, waktu itu.




hapeku berdering...

"halo", sapa si mantan bos di ujung telepon. setelah basa-basi sebentar, akhirnya si bapak to-the-point bilang gini "kami udah diskusi lagi mengenai uneg-unegmu kemarin. kami sangat menghargai kejujuranmu, dan terima kasih udah ngasih tahu jauh-jauh hari. memang keluarga itu paling penting di atas karir, dan kami sangat mengerti kekhawatiranmu kalo rencana masa depanmu akan berpengaruh ke karirmu, dan juga ke planning kerjaan di kantor ini".

"tapi setelah kami pertimbangkan lagi, kami setuju kalo sebenarnya itu bukan masalah besar, jadi jangan khawatir. kami masih mengharapkan kamu untuk bergabung secepatnya, jika kamu ngga berubah pikiran dan masih bersedia lho. soal cuti melahirkan dan lain-lain, gampang nanti kita pikirkan lagi kalo waktunya tiba. lagian, kamu belum hamil kan?" tanyanya, kali ini rada panik.

"ya belum lah bos, kan baru rencana aja. bisa jadi bulan depan, 3 bulan lagi, 6 bulan lagi, atau mungkin tahun depan. namanya juga usaha kan haha". bos ikutan ketawa, kali ini ketawa tersipu haha.

setelah ngobrol beberapa menit lagi, telpon pun ditutup. aku janji ngasih jawaban final hari seninnya.

phew, ada perasaan lega begitu tahu kalau kesempatan untuk pindah kerja masih terbuka. lhah, padahal kemarin galau karna males pindah, sekarang seneng karna masih bisa pindah. plin plan ya.

***

senin

wiken kami ngga kemana-mana, kugunakan waktu dua hari itu untuk berpikir lama, menimbang-nimbang lagi enaknya gimana. karna hari senin aku kudu kasih jawaban ke kantor baru, jadi pindah atau ngga nya. mereka juga nungguin aku nanda tangani kontrak kerja yang udah dikirim sejak hari rabu kemarin. karena mereka juga butuh kepastian kan, ngga mau di-php. dan begitu kontrak sudah tanda tangan, perjanjian kerja pun hukumnya sudah mengikat.

jadi idealnya kalo hari senin aku tanda tangan surat pernyataan penerimaan tawaran kerja, dan juga kontrak kerja di perusahaan baru, di hari yang sama aku juga harus mundur dan menyerahkan surat pengunduran diriku di kantor yang sekarang.

selama dua hari di rumah, aku udah mikir enaknya nanti gimana ngomongnya ke bosku yang sekarang. alasan apa kira-kira yang akan aku katakan, karna pasti dia akan kaget.

aduh, bikin perut mules...

untungnya, hari senin itu aku memang ada meeting dengan bosku (yang ibu-ibu british itu lho, sila intip postingan berjudul 'tim global') untuk ngomongin rencana kerjaan beberapa bulan ke depan. kupikir, pas bener ini untuk ngomong kalo aku berniat mengundurkan diri. di dalam ruang meeting (karena cuma kami berdua di situ), setelah sempat muter-muter dan aku pura-pura serius dengan planning ini itu, akhirnya akupun memberanikan diri. agak gemetar juga sih pas mau ngomong.

kan ngga tiap hari kita mengundurkan diri dari kerjaan. jadi ya kurang latihan haha.


kalo dipikir-pikir, sebenarnya aku tuh emang ngga pernah sama sekali mengundurkan diri dari kerjaan karena alasan keterima kerja di tempat lain. selain karna selalu loyal dan setia dengan karir apa saja yang aku jalani baik dulu maupun sekarang, aku tuh orangnya yang betah dan nrimo gitu lho. ngga adventurous banget ya haha.

aku udah pernah bahas hal ini di postingan berjudul 'barisan sakit hati'.

begitu kata-kata itu meluncur keluar dari mulutku, bosku diam sebentar, mencoba mencerna apa yang barusan dia denger. setelah kagetnya berangsur ilang, kamipun ngobrol. selama obrolan santai itu, berkali-kali si bos nanya, kamu yakin dengan keputusanmu? udah dipikirin baik-baik? kujawab, udah lah. kalo belum yakin kan ngga mungkin nekat mundur begini. iya juga sih, kata bos. haha.

sambungnya lagi, oke kalo udah mantep ya aku ngga bisa apa-apa selain memroses pengunduran dirimu ini sesuai prosedur melalui bos besar, lalu ke hrd dan bagian finansial. kalo bisa hari ini bikin surat pengunduran diri yang resmi di atas kertas dan ditandatangan ya? katanya menutup meeting hari itu.

siap, bos!

***

sorenya surat itu kuserahkan ke meja si bos, terbubuh tanda-tanganku di situ. resmilah sudah aku mundur per hari senin itu, 3 juli. cuma aku masih harus nunggu persetujuan perusahaan, apakah permohonan pengunduran diriku disetujui? normalnya sih gitu ya, mana ada sih orang mundur ngga dibolehin. setelah disetujui, baru aku hitung mundur selama 3 bulan ke depan sebelum bisa pindah ke perusahaan baru. 3 bulan! beuh, lama juga ya, hehe.

maksudnya 3 bulan baru boleh ciao sih supaya kerjaan ngga berantakan gitu. sambil nyari pengganti, kan diharapkan masih ada waktu untuk proses pengambilalihan tugas-tugas sebelum bener-bener pindah. tapi kenyataannya sih seringkali 3 bulan aja ngga cukup untuk masa pengalihan tugas ini. dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, orang-orang yang pindah kerja ngga sempet bertatap muka dengan pengganti barunya, karena mereka biasanya baru gabung setelah pegawai lama keluar.

lapangan kerja di inggris itu emang unik-unik gimana gitu sih. ngga gampang cari pengganti karna emang rada susah nyari kriteria pegawai yang pas.
sumber daya manusia inggris untuk bidang kerja tertentu emang pas-pasan kalo ngga mau dibilang kekurangan. terutama sektor industri, kayaknya lebih banyak lowongan kerja deh daripada yang ngelamar kerja.

ini juga yang bikin inbox akun linked-in ku selalu penuh dengan email-email tawaran kerja dari headhunter (agen-agen pencari pegawai yang disewa perusahaan). tentunya email-email itu kucuekin dan ngga pernah kubuka, apalagi kubales. karena emang ngga ada waktu dan aku emang ngga butuh kerjaan baru kan. ini aja kalo ngga karna ditawarin si mantan bos, aku juga ngga bakalan kepikiran untuk pindah kerja.

***

selasa

aku cuma setengah hari kerja. jam makan siang aku pulang karna sorenya kudu nyetir 4 jam ke luar kota demi tugas kantor. kabar dari bos, dia sejatinya mau ngabari bos besar tentang pengunduran diriku hari senin kemarin, tapi rupanya si bos besar ngga ada di tempat. baru selasanya pas aku udah pulang, si bos berkesempatan untuk ngasih tau bos besar kalo aku mundur.

rabu

aku ketemu bosku di tempat tugas di luar kota. aku emang berangkat lebih dulu kemarin karena malamnya aku nginap di hotel. si bos karna jarak rumahnya lebih dekat ke tempat tugas, dia lebih milih nyetir pagi-pagi aja jadi bisa tidur di rumah.

audit yang kami berdua (aku dan bosku) lakukan sejak pagi hari itu berjalan lancar sampai tiba jam makan siang. masih separo hari lagi sebelum akhirnya aku harus nulis laporan lengkap hasil pemeriksaan sistem manajemen kualitas perusahaan yang kami audit hari itu.

pas jam maksi dan orang-orang keluar ruangan sementara aku sibuk ngetik persiapan laporan di laptop, bosku tiba-tiba ngajak ngobrol serius!
aku deg-degan donk, ada apa lagi nih?

di situ aku kaget banget pas dia bilang, kalo surat pengunduran diriku ditahan bos besar. dia bilang aku ngga boleh keluar kerja. alasannya? karena ternyata bosku sendiri udah mengundurkan diri sejak 1.5 bulan yang lalu dan tinggal nunggu 1.5 bulan lagi sebelum dia bener-bener cabut! bos besar panik kalo kami berdua sama-sama mundur di waktu yang hampir bersamaan, departemen kami gimana? bisa kacau balau, anak-anak ayam itu akan kehilangan induknya #lebay

aku melongo, syok gitu, sementara bosku senyum-senyum ngga jelas haha...

diapun akhirnya cerita semuanya. emang sejauh ini kabar dia mundur dirahasiakan. biar pada ngga heboh aja sih. aku mundur ini juga masih rahasia banget, ngga ada yang tahu selain si bos-bos. karena bosku udah mundur lebih dulu dari aku dan udah disetujui, makanya aku ditahan. kata si bos, besok pagi kamis, aku dipanggil bos besar disuruh ngadep sendiri, mau diinterogasi katanya. hadeuh...

setengah hari itu, aku jadi ngga fokus sama tugas auditku, galau abiz, beuh!

***

kamis 6 juli

besok paginya aku rencana kan nyetir pulang setengah hari, dan sorenya pengin kerja dari rumah aja karna capek. tapi jadi terpaksa ngantor juga setelah mampir rumah sebentar, karena bos besar mau ketemu. bener aja begitu sampe meja kerja dan baru duduk, si jangkung dari jerman itu udah nyamperin aja sambil senyum-senyum penuh arti. karna semuanya masih rahasia, dia ngga ngomong apa-apa cuma mematung aja di deket meja kerjaku sementara aku masih ngobrol sama kolega-kolega di kantor.

lalu kutanya si bos besar, "mau ngobrol sama aku ya pak", dia ngangguk sambil senyum. kuikuti dia dari belakang menuju kantornya. kolega-kolegaku dengan muka penasaran pengin tahu, mengikuti kami berdua dengan pandangan mata mereka. bos jerman pun setengah teriak kayak ngasih pengumuman gitu, "cuma pengin tahu hasil audit kemarin doankkkkk. dah sana pada balik kerja lagi!" hihi.

pak bos besar yang asli jerman ini emang asyik orangnya. tegas tapi kebapakan, ngemong. genius pula otaknya. mikirnya cepet banget sampai kalo diskusi sama dia akunya sering keteteran ngikutin jalan pikiran dan maunya dia tuh gimana haha. doktor lulusan s3 oxford, sih. ngga heran kalo kepinteran. tiap kali liat gaya dia ngomong aku selalu keinget pak bj habibie gitu.

setelah masuk, tutup pintu dan duduk, di kantor si pak bos besar itupun aku diinterogasi.

...bersambung...

2 comments:

  1. Ini pengalaman pribadi beneran ya, bukan hanya cerita kan?

    Blog-ku Dofollow, KOMEN DONK
    http://www.seokontes00.blogspot.co.id/2017/07/federal-matic-oli-motor-matic-terbaik.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. blog ini isinya diary perjalanan hidup mas, ya beneran donk

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...