Monday, 10 July 2017

filosofi gulma

hari minggu...

tumben banget beberapa hari ini musim panas di inggris beneran panas. biasanya sih seringnya di-php-in sama musim dan cuaca di inggris. katanya udah masuk musim panas tapi masih perlu jaket kemana-mana kalo ngga mau gigi gemelutuk kedinginan, eh giliran katanya udah musim dingin tapi nungguin salju turun udah kayak nungguin si habib pulang dari luar negeri. deuh, merana pokoknya ngandalin musim di inggris itu pasti di-php :-p

yang tinggal di inggris pasti ngerti lah...

gulma di pojok belakang rumah, sebelum disiangi

tapi serius lho, beberapa hari ini panasnya lumayan nampol. jadi kalo pas ngga ngantor dan terjebak di dalam gedung ber-ac dingin banget, ya semua orang mending ngabisin waktu di luar rumah. jalan-jalan kek, kongkow sama keluarga kek, atau tetangga sebelah tuh saat ini lagi barbekiu-an sama sodara-sodaranya. kenceng banget ngegosipnya, sampe aku ngga perlu nguping udah denger semuanya, doh. sambil duduk santai di bangku di kebun belakang rumahku, iseng-iseng aku amati sekeliling.

kebunku ternyata jelek banget sih haha...

maklum sejak pindah rumah aku malessss banget hawanya ngerjain kebun. malah rajin banget ngedekorasi rumah. dulu sih alasannya di luar masih dingin. lha, sekarang hawanya udah panas enak gini, tetep aja males. dasar!

tapi kok, di pojokan situ gulmanya udah numbuh subur gitu yah? perasaan minggu kemarin belum ada deh, cepet amat nongolnya. tahu ngga gulma itu apa?

kalo udah tahu bagus deh. bagi yang belum tahu, silakan disimak ya.

gulma itu adalah tanaman yang tumbuh di tempat yang tidak semestinya. tumbuhnya biasanya karena ngga disengaja ditanam di situ. jenisnya apa saja? banyak. dan secara teori, semua jenis tanaman bisa bersifat sebagai gulma. ngga ada tanaman tertentu yang termasuk gulma. tanaman apa saja, kalo kehadirannya ngga diinginkan di tempat dia tumbuh, maka tanaman itu disebut gulma.

contoh: ada tanaman jagung numbuh di sela-sela sawah yang sedang ditanami kedelai. tanaman jagung itu jadinya gulma. seringnya sih jenis rumput tertentu yang sering nongol tak diundang di tengah-tengah tanaman budidaya, akan bersifat gulma. tapi tanaman yang kelihatannya bermanfaat sekalipun kalo numbuh di tempat yang salah ya harus dicabut karena bukan lagi diharapkan hasilnya, tapi justru akan mengganggu tanaman utama.

setelah disiangi, sekarang pojok belakang rumah sudah bersih dari gulma

filosofinya apa?

sambil nyabutin/nyiangin gulma yang numbuh di pekarangan belakang rumahku, aku tadi iseng-iseng mikir gini. kalo aku biarin gulma ini tambah besar dan berbunga, mungkin bunganya cantik sih. sayangnya dia numbuh di tempat yang salah. dan karna jenis gulma yang kucabutin itu berserakan di mana-mana di kebun belakang, ya ngga masalah kalo kucabutin dan kumusnahkan saja. kehadirannya di kebunku memang ngga diinginkan dan merusak keindahan pojok rumah yang seharusnya cuma berkerikil, bersih dari segala rupa tanaman.

secantik dan semenarik apapun, tanaman gulma yang numbuh di tempat yang salah atau di tempat yang tak diinginkan, memang hanya akan mengganggu. seperti halnya gulma, manusiapun harusnya seperti itu. beradalah di tempat yang pas di waktu yang pas, kalo ngga mau dianggap sebagai pengganggu #lalu_ngaca

kalo orang jawa istilahnya empan papan. tahu membawa dan menempatkan diri. jangan seperti gulma :-)

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...