Saturday 15 August 2015

supermum itu mitos!

intro

wah, lumayan lama nih ga ngeblog, sampe kena 'omel' si una :-p

rada berdebu dikit jadinya otakkukusut karena jarang dikemoceng! pasti udah pada kangen yaaaa.... ada yang kangen ga sih? ga ada yah? ya udahlah #garing

setelah lama ga posting, ide tulisan kali ini berasal dari salah seorang pembaca blog yang komen dan nanya tips-tips gimana caranya jadi supermum. eh bukan dink, lebih tepatnya gimana caranya bisa ngerjain semua kerjaan rumah sendiri plus ngurus baby/anak (tanpa asisten rumah tangga aka pembantu), tapi semuanya bisa beres. yah, rada-rada supermum juga sih kedengerannya #bangga #dikeplak


hmm... kasih tahu rahasianya jangan yah :-p

kalo mau jujur, tips jadi supermum sih sebenernya ga ada!

karena aku bukan konsultan yang ahli ngibul kalo hidup kita begini solusinya harus begitu, aku bukan pula seorang motivator yang hobi ngajak-ngajak atau memotivasi orang lain untuk berbuat ini itu supaya begini begitu, jadi ya aku mau nulis pengalamanku saja yah. sambil berbagi kisah hidup tentang hiruk pikuk keseharian menjadi seorang supermum, eh... maksudnya jadi ibu, istri, dan juga seorang wanita pekerja.

jadi sebenernya ga ada tips-tips-an lah.

nah, setelah nanti ceritanya dibaca, lalu ada beberapa poin yang bisa dicontoh ya silahkan diterapkan. kalo ada yang bisa diambil manfaatnya oleh pembaca yang juga berada pada situasi yang ga jauh beda dengan situasiku ya aku ikutan seneng. karena hidupku saat ini ya memang begini ini rutinitasnya. ngantor iya, ngurus rumah iya, ngurus suami iya, ngurus anak iya.

dan syukurlah so far so good alias semua beres. kan supermum! :-)

tapi kalo ternyata setelah baca postingan ini ga ada satupun poin yang cocok untuk diterapkan, ya sutra lah ya, ga perlu repot-repot.

***

sejak kita lahir ke dunia, hidup kita ga jauh-jauh dari dikelilingi oleh persoalan demi persoalan setiap hari. maksudku, sehari-hari kita memang dihadapkan pada persoalan hidup yang datang bertubi-tubi ga pernah berhenti ya kan? siapa sih yang ga pernah punya masalah? satu selesai, yang lain muncul. begitu terus-menerus.

urusan ngerjain kerjaan rumah tangga sehari-hari juga masalah lho! apalagi bagi ibu-ibu yang kerja di luar rumah kayak aku, masalah besar itu.

dari waktu hidupnya yang sebagian besar abis di kantor dan di jalan, tapi di rumah masih harus mikirin suami, anak, ngepel, nyedot debu, ngurus taneman, beberes dapur, cuci piring, cuci baju, cuci mobil (yang punya mobil tentu saja, yang ga punya boleh nawarin diri nyuciin mobil tetangga, haha), masak, beres-beres rumah, beres-beres kamar, beres-beres dapur, nyetrika, buang sampah, benerin genteng bocor #eh, dan lain-lain dan sebagainya!

gimana urusan keseharian di rumah ga jadi masalah, kalo baru ngetik jenis-jenisnya aja udah capek saking banyaknya, apalagi ngerjainnya yah, haha.

source

sayangnya mau ga mau persoalan dan masalah hidup sehari-hari itu memang harus dihadapi. jadilah kita disibukkan untuk mengatasinya dari waktu ke waktu. non-stop! bahkan ga jarang persoalan hidup terlalu banyak menyita waktu hingga beberapa orang lupa untuk rileks, santai, atau pergi piknik :-p

tahu kan akhirnya gimana nasib orang-orang yang kurang piknik? hidupnya stres, hobi ngeluh, ga nyante, emosian, dan suka pamer tingkat ke-stres-an mereka ke orang lain lewat sosial media! #uhuk #haha

padahal hidup itu sebenernya simpel kok (kata supermum)!

apalagi kita semua sama-sama punya 24 jam sehari untuk mengatasi persoalan-persoalan hidup yang perlu diselesaikan setiap hari. kuncinya sih sebenernya cuma ada 3 doank ga perlu banyak-banyak, yaitu; waktu, tenaga, dan kemampuan/skill.

kalau kita punya tiga-tiganya, masalah atau persoalan apapun pasti akan tuntas, termasuk ngurus rumah tangga sehari-hari, ngurus suami, ngurus kerjaan (bagi yang berkarir), ngurus keuangan keluarga, ngurus anak, ngurus tetangga (kalo sempet) haha.

tentu saja situasi dan kondisi tiap orang dan tiap keluarga beda-beda. tapi serumit apapun situasinya, asalkan ada waktu, tenaga, dan kemampuan untuk mengatasi persoalan, pasti hidup akan lebih rileks, jadi ga perlu piknik udah nyante hehe.

mari kita bahas satu persatu ketiga kunci tersebut.

***

waktu

meski semua orang punya 24 jam sehari, selalu ada saja orang-orang yang merasa kebanyakan waktu, tapi sebaliknya banyak juga orang yang merasa kekurangan waktu.

orang-orang yang kebanyakan waktu biasanya hobi ngerjain aktivitas-aktivitas ga penting dan ga ada manfaatnya tapi tetep aja dikerjain karena ga ada hal lain yang lebih penting dan lebih manfaat buat dikerjain. contohnya: debat kusir di sosial media haha... kurang kerjaan banget lah itu!

sementara orang-orang yang kekurangan waktu, bisa dikategorikan lagi jadi dua.

kategori pertama adalah mereka-mereka yang benar-benar sibuk karena banyak sekali hal-hal penting yang harus dibereskan dan tiap keputusan yang mereka ambil menyangkut hajat hidup orang banyak, hingga tiap detik milik orang-orang seperti ini sangatlah berharga. contohnya: para pemimpin yang baik dan budiman (dan ga korup), petinggi-petinggi perusahaan/ organisasi, pekerja-pekerja sektor pelayanan publik seperti dokter, perawat, dan lain-lain.

kategori kedua adalah orang-orang yang dalam hidupnya selalu merasa kekurangan waktu tapi sebenernya bukan disebabkan karena waktu mereka ga cukup, tapi lebih karena manajemen waktu yang kurang baik. contohnya: ibu-ibu yang suka ngeluh kerjaan rumah keteter, haha. aku ini mah #krik

source

kalo kategori pertama sih solusinya aku ga tau. tapi kategori kedua solusinya gampang. kalau kita bukan termasuk orang penting dengan jabatan setingkat presiden atau perdana menteri tapi ngerasa sok sibuk sampe kekurangan waktu, solusinya adalah ciptakan waktu. gimana caranya nyiptain waktu?

caranya dengan manajemen waktu yang lebih baik.

mulai pikirkan dan buat daftar di kepala atau di secarik kertas, kegiatan atau aktivitas-aktivitas apa saja yang kita lakukan sehari-hari dan masing-masing biasanya butuh waktu berapa lama. lalu kategorikan aktivitas mana yang penting, mana yang manfaat, mana yang rada penting, mana yang rada manfaat, dan mana yang kurang penting, atau kurang manfaat.

setelah itu mulailah sedikit-sedikit kurangi melakukan hal-hal yang ga perlu, ga penting, atau ga manfaat. terapkan skala prioritas dengan benar.

contohnya: sibuk mantengin facebook sampe lupa masak! penting mana facebook apa masak buat suami dan anak yang nangis kelaperan? di manakah skala prioritasmu wahai emak? hehe. tapi cuma contoh kok itu, ga ada lah ibu-ibu yang sampe seperti itu di muka bumi ini!

sejak aku punya ethan, demi menciptakan waktu tambahan, percaya ga percaya aku hampir ga pernah lagi nonton tipi. jarang banget lah, ga kayak semasa belum punya anak. sengaja aku korbankan aktivitas yang dulu bisa memakan waktu berjam-jam itu karena memang waktu itu kurang kerjaan hehe.

tapi setelah ada anak, dengan ga pernah nonton tipi lagi, maka aku punya waktu ekstra beberapa jam setiap hari untuk ngerjain aktivitas lain yang lebih penting di rumah.

dan dengan ga pernah nonton tipi, ternyata juga aku ga kangen tipi lho hehe.

ga ngerasa ketinggalan info juga karena aku masih sempetin baca berita-berita online meski ga se-intens dulu sewaktu belum punya anak. paling kalo suami lagi nonton dan aku pas duduk santai di ruang tamu ya ikutan nonton juga meski rata-rata kalo ga acara olah raga ya nonton kartun-nya si ethan.

aku juga jarang ikut acara kumpul-kumpul. entah yang ala bule atau ala ibu-ibu indonesia. ga pernah arisan, ga pernah dateng ke kumpul-kumpul temen kantor di luar jam kerja. karena sejak ada anak, prioritasku sekarang adalah rumah beres, suami anak keurus, dan tetep segar berangkat ngantor ga kecapekan karena ikut kegiatan-kegiatan yang ga perlu.

takut dibilang kuper? dicap sombong? kurang piknik? biarin aja, itu urusan yang ngecap. yang penting mah hidupku hepi, rumahku beres, karirku lancar. orang lain mo jungkir balik ya silahkan, hihi.

kan ga lucu kalo rajin sibuk arisan sana sini, dandan heboh cakep selangit, eh rumahnya berantakan kayak kapal pecah, anak ga keurus, suami makannya beli warteg melulu #krik

pamali! pamali! lol...

***

tenaga

punya waktu tapi tenaga ga punya juga percuma. yang ada malah tepar dan ga bisa ngapa-ngapain. jadi ibu yang juga ngerangkap jadi wanita karir, jadi istri, dan jadi inem, baterenya emang musti alkalin hehe.

tapi sayangnya sekuat apapun seorang wanita, kami ini bukanlah superman, eh superwowan. jadi salah besar kalo ada yang nganggep ibu-ibu yang juga kerja tapi semua urusan rumah tangga selalu beres adalah seorang wanita super. salah besar!

kami cuma manusia biasa kok. bisa capek juga, gampang capek malah. dan tenaga kami tentunya juga sangat terbatas. dan gampang ngamuk juga kalo kecapekan, karena jumlah sisa tenaga itu ternyata berbanding lurus dengan tingkat kesabaran! haha. itu mah aku dink :-p

supermum? ah, itu cuma mitos... mana ada supermum beneran!

source

jadi di balik julukan supermum, sebenarnya kuncinya adalah penerapan manajemen waktu dan tenaga yang lebih baik. caranya adalah dengan memikirkan jumlah pekerjaan yang harus dikerjakan, dan berapa tenaga yang diperlukan supaya bisa tuntas.

kalo perlu minta bantuan.

di indonesia pembantu atau asisten rumah tangga bisa jadi solusi, terutama bagi ibu-ibu yang harus kerja. tapi di inggris beda, di sini jarang/ hampir ga ada rumah yang punya pembantu. meski cleaner panggilan ada sih, yang siap datang dan beberes rumah kita selama beberapa jam dengan bayaran yang lumayan mahal, tapi aku sama sekali ga pernah pake jasa mereka.

selain supaya irit ga keluar duit #uhuk, juga aku kok ga percaya yah rumahku dibersihin sama orang lain. kurang mantab aja kayaknya haha #mental_inem

solusi lain, ya nyari tambahan tenaga dari sumber terdekat, siapa lagi kalo bukan penghuni rumah lainnya. bisa suami, atau anak kalo sudah cukup umur dan bisa bantu-bantu.

hmm...pasti ada yang mikir 'suamiku mana mau bantuin ngerjain kerjaan rumah, kerjaan rumah itu kan urusan istri, suami kan kewajibannya cari nafkah'! #pro_patriarki

hari gini? masih ada suami model gitu? ya itu suwek di elu, haha.

wanita yang berkarir tapi punya suami yang ogah bantu-bantu ngerjain tetek bengek di rumah adalah wanita yang paling sial sedunia.

aku sih ogah, makanya kriteria utama pas nyari suami dulu adalah cowok yang ringan tangan. bukan suka mukul ya, tapi rajin sama urusan kerjaan rumah sehari-hari. kalo kriteria itu ga lolos, ga bakal lah ke pelaminan :-p

untunglah aku nemu suami yang cekatan dan ga segan-segan nyuci piring, bersihin dapur, ngepel, nyedot debu, ngelap perabotan, bahkan masak. di rumahku ga ada jenis pekerjaan khusus buat ditangani istri doank atau suami doank. kami berdua punya tanggung jawab yang sama. siapa yang lagi ada waktu ya harus ngerjain.

misal karena sesuatu hal aku pulang kerja telat, ya suami yang masak makan malam. ga usah nunggu aku nyampe rumah. misal pas suami dinas keluar negeri mobil perlu masuk bengkel, ya aku yang ngurus ga perlu nunggu suami balik, dst. jadi urusan apapun ga perlu macet karena harus nunggu.

aku lahir dan besar di lingkungan keluarga yang jauh dari praktik konsep patriarki. bapakku dulu juga termasuk seorang suami yang ringan tangan. bahkan dulu bapak yang lebih sering masak ketimbang ibu. maklum ibuku wanita karir juga, jualan di pasar dari pagi sampe sore ;-p

jadi aku suka ga habis pikir kalo ada suami yang istrinya juga kerja, tapi suaminya ga mau bantuin urusan rumah tangga dengan alasan, capek! lha si istri kerja apa ga capek juga? lo pikir?

kalo yang istrinya ibu rumah tangga suaminya alasan gitu mah bisa dimaklumi. meski dari pihak istri juga bisa bilang 'lo kira jadi ibu rumah tangga ga capek?' haha...

perang dunia ketiga! #duarrrr

anak juga dari usia dini sebaiknya sudah dikenalkan dengan urusan rumah tangga sehari-hari. idealnya begitu. supaya kalo waktunya mandiri mereka ga bingung mau nyuci kaos kaki aja ga ngerti caranya karena seumur-umur yang ngerjain selalu si mbak asisten #hadeuh

apalagi kalo yang ga punya asisten di rumah, suami model patriarki, anaknya model bos semua, emaknya banting tulang sendirian apa ga kesian tuh. masih nyari nafkah pula.

lain cerita kalo suami dan anak-anak sama-sama menyingsingkan lengan ikut bantu-bantu urusan tetek bengek kerjaan rumah sehari-hari dengan semangat saling bantu dan gotong royong, pasti hidup akan jauh lebih indah.

dijamin deh!

***

skill atau kemampuan 

selain waktu dan tenaga, seorang supermum juga perlu skill atau kemampuan untuk mengatasi persoalan-persoalan yang disebut dengan istilah problem solving (ps). ini juga ga kalah penting dibanding dua kunci sebelumnya.

tentu saja tiap orang kemampuan problem solving-nya beda-beda.

mereka-mereka yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata biasanya hidupnya lebih santai, teratur, sehat, tertib, rileks, dan lebih bahagia. sebaliknya orang-orang yang kemampuan ps-nya di bawah rata-rata, hidupnya selalu dililit persoalan-persoalan yang tak kunjung selesai. alih-alih bisa piknik atau hidup santai.

terkadang justru karena satu masalah ga selesai tuntas, akan memicu masalah berikutnya, begitu terus-menerus. kesian lah orang-orang yang masuk kategori ini.

tapi aku yakin pembaca otakkukusut ga ada yang termasuk di dalamnya :-)

kerjaan rumah sehari-hari, kesibukan kerja di kantor, kesibukan ngurus anak dan suami, dan segala tetek bengek rutinitas juga termasuk persoalan-persoalan hidup yang terus-menerus harus diselesaikan. setiap persoalan itu memerlukan kemampuan ps yang memadai agar bisa selesai dengan tuntas seperti yang diharapkan.

contoh paling gampang misalnya, anak nangis karena lapar.

persoalan kan? solusinya apa? si ibu kudu pergi ke dapur dan masak! (ini kalo ga ada tukang makanan lewat yah, seperti di inggris). masakan matang tapi ternyata piring bersih abis kepake semua. persoalan lagi kan? solusinya apa? beli piring? kelamaan atuh. jadi solusinya si ibu kudu nyuci piring dulu biar anaknya bisa makan! tapi anaknya nangis terus minta digendong, bagaimana si ibu bisa nyuci piring? persoalan jadi tambah kompleks kan? solusinya apa? dst.

kalo sudah begini, kemampuan problem solving seseorang akan menentukan apakah solusi yang akan diambil oleh ibu tersebut adalah solusi cerdas yang bisa mengatasi persoalan yang dihadapi dengan cepat dan efektif, atau justru solusi ngawur yang tidak menuntaskan masalah, tapi malah nambah persoalan menjadi lebih rumit.


source

solusi cerdas bisa jadi si ibu akan menggendong anaknya dengan kain gendongan sehingga pada saat yang bersamaan bisa nyuci piring. ga perlu semua piring dicuci juga, bisa tambah kelaparan atuh anaknya, lol. cuci satu saja yang diperlukan, nanti sisanya dicuci kalo anaknya sudah kenyang dan hepi bisa ditinggal ke dapur lagi.

solusi kurang cerdas misalnya si ibu ngomel-ngomel karena anaknya ga mau nurut disuruh main sendiri dulu karena kudu nyuci piring! akhirnya si anak tambah rewel, perutnya tambah lapar, eh ditambah kena omel ibunya. si ibu abis ngomel-ngomel ke dapur nyuci piring grasak-grusuk ga konsentrasi, eh satu piring jatuh ke lantai dan pecah!

si anak kaget ketakutan karena bunyi piring pecah jadi nangis. si ibu yang udah stres duluan bukannya ngelarang anaknya ke dapur malah sibuk nyari sapu. si anak kena pecahan piring yang berserakan di lantai dan tangannya berdarah. si ibu tambah panik ngelihat anaknya terluka dan lagi-lagi ngomelin anaknya. dan seterusnya. jadi ikutan stres kan ngebayanginnya doank, hahaha.

itu baru satu episode kecil penggalan kisah hidup sehari-hari yang sangat mungkin kita alami dalam keseharian hidup kita.

kelihatan betapa kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan ketika dihadapkan pada satu masalah, menjadi kunci utama bagaimana orang itu menjalani kehidupan sehari-hari. sesibuk apapun kita, kalau kemampuan ps kita bagus, segala persoalan akan terselesaikan dengan cepat, tepat, dan efisien. teorinya begitu!

jadi kalau ada yang nanya, kok bisa sih mbak, tetep ngantor, ngurus rumah, ngurus anak, ngurus suami, ga pake asisten, tapi semua beres? ya mungkin (mungkin lho ya) karena kemampuan ps-ku lumayan :-) #gubrag #disambit_botol

kalo kita terbiasa mengatasi persoalan yang datang bertubi-tubi, lama-lama kita akan mahir dengan sendirinya. tapi yang ga pernah atau jarang melatih diri untuk memecahkan persoalan, karena mungkin selalu dibantu atau dipecahkan oleh orang lain (misalnya orang tua, asisten, dll), ya kemampuan ps-nya akan tumpul.

seperti halnya semua hal di dunia ini, practice makes perfect.

***

untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan ps ada strategi dan langkah-langkahnya. berikut ini akan aku bahas teori tentang strategi ps dan contoh-contoh sederhana dalam pemakaian sehari-hari di rumah supaya bisa dicoba dan dipraktekkan #kalo_mau

strategi ini sering pula disebut sebagai siklus ps, karena memang langkah-langkah memecahkan sebuah persoalan itu akan terus berulang dan tidak ada titik akhirnya. jadi mari kita serius dikit dan belajar mengenai siklus ps di bawah ini:

source

1) kenali persoalan

siklus ps diawali dengan mengenali persoalan yang dihadapi. meski kesannya gampang, tapi percaya ga percaya, ga semua orang bisa lho mengenali persoalan.

banyak orang yang justru menganggap persoalan itu ga pernah ada jadi dibiarkan, dicueki, atau malah dihindari. akibatnya bukannya persoalannya selesai, tapi malah semakin membesar, atau tetep ngejogrog aja di sana karena ga pernah disentuh, boro-boro dipikirin solusinya.

contoh:
udah tau kalo setelah punya anak aku masih pengin tetep kerja dan berkarir, aku memutuskan untuk mengirim anakku ke penitipan. karena aku sadar urusan anak ini akan jadi sebuah persoalan serius kalo ga dipikirin sedari awal. yang rajin ngikutin postinganku dari dulu pasti tahu deh detilnya :-p

ga asal comot, aku coba teliti dan survei dulu untung rugi kalo anak kudu dititipin, harus dititip ke mana, resikonya apa, dll. yang akhirnya memang kami berdua putuskan untuk ngirim ethan ke day-nursery. satu persoalan selesai, persoalan lain muncul. yang nganter jemput tiap hari siapa? karena aku ngantornya jauh sementara bapaknya ngantor di rumah, ya bapaknya yang dapet kewajiban harian ini. berbagi tugas.

gimana urusan quality time kalo emaknya ngantor dari pagi sampe sore? gimana dengan urusan makan malam kalo aku selalu sampe rumah lewat maghrib tiap hari? siapa yang masak, beres-beres, nyetrika, nyuci baju dan seterusnya.

permasalahan-permasalahan ini sudah kami kenali jauh sebelum ethan lahir. jadi begitu kejadian, minimal secara mental kami sudah siap.

selain itu kami juga sadar kalo kami hidup jauh dari sanak sodara yang bisa dimintain bantuan ini itu. jadi dari awal kami nikah, ekspekstasi untuk minta tolong orang sudah kami buang jauh-jauh.

kami sudah siap mental untuk melakukan apa-apa sendiri, termasuk ngurus anak dan masih tetep kerja. kami sadar waktu, tenaga, dan pikiran kami terbatas, jadi kami berusaha ga ngoyo serta tahu batas-batas kemampuan kami sampe mana. dengan mengenali seberapa besar persoalan, dan seberapa kemampuan kita untuk bisa mengatasi persoalan tersebut, merupakan kunci awal keberhasilan siklus ps.

katanya sih begitu.

***

2) rumuskan persoalan

maksudnya gimana? maksudnya, tiap persoalan itu harus kita pikirkan, ga cuma dipelototi hehe. karena persoalan yang cuma dipelototi ga akan selesai dengan sendirinya.

contoh:
tiap hari kita pake baju donk. harus bersih donk. kalo ngantor harus rapi disetrika bajunya donk. belum lagi kalo maunya tiap hari gayanya beda-beda kayak aku gini #krik.

tumpukan cucian bisa cepat menggunung kan.

ditambah lagi baju ethan yang bisa ganti dua tiga kali sehari karena kena ketumpahan ini itu lah, dicoret-coret pake krayon lah, namanya juga anak-anak. dan tentu saja ditambah lagi baju-baju bapaknya!

sayangnya kalo tumpukan cucian dipelototin doank ga bisa bersih sendiri, hihi.

jadi harus dipikirkan kira-kira frekuensi nyuci yang paling tepat itu berapa kali seminggu, atau berapa kali sebulan. kapasitas mesin cuci yang tepat yang seberapa, perlu punya pengering listrik apa ga usah, baju-baju apa saja yang perlu disetrika, dan lain-lain.

karena semua sudah dirumuskan dan dipikirkan, perkara londri di rumah meski aku kerja full-time, ga pernah ada masalah. minimal belum pernah ada kejadian yang sampe telanjang karena bajunya kotor semua dan emaknya lupa nyuci haha.

***

3) pikirkan strategi untuk mengatasi persoalan

kadang-kadang, memang dalam hidup selalu ada persoalan-persoalan sepele tapi kalo ga dipikirkan strateginya, hidup seseorang bisa jungkir balik kelilit persoalan yang sama terus menerus. ga percaya? ini contohnya:

rumah berantakan!

rumah siapa sih yang ga pernah berantakan? apalagi punya anak kecil. apalagi anak kecilnya kayak ethan hehe.

ini persoalan pelik yang menghantui hampir semua ibu-ibu pekerja yang keluar rumah tiap hari tapi ga punya pembantu. tapi siapa sih yang ga suka punya rumah yang bersih, nyaman, teratur rapi, setiap saat, setiap hari, atau minimal kalo ada tamu nginep, jadi bisa sekalian pencitraan? haha.

kan bisa stres kalo pulang kantor udah capek, nemu rumah berantakan, tenaga udah habis buat beres-beres, anak rewel, suami ngomel. mana enak hidup begitu dari waktu ke waktu. paling enak itu pulang kerja buka pintu depan nemu rumah yang selalu rapi, jadi bisa duduk di sofa minum teh panas sambil selonjoran, sambil main berhaha-hihi sama anak yang udah seharian ga ketemu.

tapi gimana cara menyiasati supaya rumah tetep kelihatan rapi? setiap waktu? setiap saat? setiap hari? tanpa pembantu? mungkinkah itu terjadi? hihi... #lebay

coba sekarang pikirkan strategi ini.

bayangkan rumah kalian berantakan hancur kayak kapal pecah. lalu bayangkan ada segerombolan orang yang ngeberesin rumah kalian sampe jadi kayak rumah impian, kayak hotel bintang lima, kayak foto-foto di majalah properti, kayak rumah orang-orang luar negeri di film-film hollywood yang selalu rapi. ga ada debu nempel sebutir-pun! asik kan?

source

semua perabotan kinclong, semua pernik-pernik tersusun rapi di tempatnya masing-masing, lantai dan karpet bersih tanpa noda.

kalau rumah kalian misalnya sebersih itu, tega ga sih ngebikin kotor? pasti ga tega deh. apa jatuh dikit pasti langsung dipungut. meja kotor dikit pasti langsung dilap. barang berserakan dikit, langsung diambil dan dikembalikan ke tempatnya. dan ga butuh energi dan waktu banyak kok untuk menjaga kondisi rumah yang sudah bersih untuk tetap bersih.

intinya disiplin diri!

yang butuh energi dan waktu banyak untuk beberes itu kalo rumah ga pernah atau jarang dibersihin.

debu numpuk, barang berceceran, dan penghuninya ga punya kesadaran dan disiplin untuk ga nambah persoalan dengan aktivitas-aktivitas yang bikin rumah tambah berantakan. tapi kalo dari awal persoalan rumah berantakan udah dicuekin, masalahnya ga dirumuskan, apalagi mikirin strategi untuk nyari solusi, ya tiap hari tetep berantakan atuh, mana bisa jadi rapi sendiri :-)

ga ada waktu dan tenaga? coba baca lagi kedua kunci tersebut di awal postingan.

***

4) pikirkan pelaku penyebab persoalan

kembali ke persoalan rumah berantakan. selain dipikirkan strategi untuk mengatasi persoalan klasik ini, pikirkan juga pelaku yang menyebabkan persoalan itu timbul pada awalnya.

dalam kasus menjaga rumah supaya selalu rapi, penghuni rumah juga harus disadarkan akan nyamannya punya rumah bersih dan rapi. siapa sih yang ga suka.

kecuali mereka yang lebih seneng hidup jorok yah, makin berantakan rumahnya masih betah, hiiii #jijay. tapi ada lho orang-orang yang mengidap kelainan seperti ini, percaya ga percaya hehe.

kalo di sebuah rumah tangga cuma si ibu yang mati-matian pengin rumahnya bersih dan rapi sementara suami dan anak-anaknya ga punya misi visi yang sama ya kesian ibunya lah. baru selesai beres-beres, udah diacak-acak lagi sama anaknya. namanya juga anak-anak. atau suami yang cuek dan ga ambil pusing sama keadaan kerapian rumah.

bisa bikin frustasi kalo begini ceritanya.

padahal kalo mau jujur, kalo mereka diajak nginep ke hotel berbintang dan nemu kamar bersih dan rapi, rata-rata semua orang yang normal pasti akan merasa bahagia lho. tul ga? tul ga?

trus kenapa pada ga demen sih rumahnya bersih, rapi dan nyaman? ya ga harus sekelas hotel berbintang lah ya, tapi minimal selalu bersih aja kan udah enak.

padahal kalo rumah yang udah bersih selalu dijaga supaya tetep bersih, mau ditinggal ngantor kek, shopping kek, arisan kek, kemana kek, pas pulang ya masih sama toh ya. yang bikin rumah berantakan itu kan ya kita-kita sendiri sebenernya, si penghuni hehe. mosok mau nyalahin tetangga!

kalo penghuni-nya ga ngeberantakin, atau kalo berantakan dikit langsung diberesin saat itu juga ga pake ditunda-tunda, ya rumah ga akan sampe kayak kapal pecah. simpel :-)

***

5) pantau perkembangan dan evaluasi solusi terhadap persoalan seakurat mungkin

halah bahasanya! haha.

beginilah kalo teori dari bahasa inggris diterjemahin, suka rancu. maksudnya gini lho. kalo sebuah persoalan sudah ditemukan solusinya, dan sudah diterapkan, dan berhasil, maka keadaan yang tadinya bermasalah tapi sudah membaik itu harus terus dipantau.

kenapa?

karena kalo ga dipantau maka persoalan yang sama bisa datang lagi dan berulang. kalo dibiarkan terus menerus, persoalan bisa naik level dari persoalan biasa menjadi akut. kalo sudah akut, pemecahannya jadi makin sulit dan lebih kompleks. apalagi kalo ditumpuk sama persoalan-persoalan tak terselesaikan yang lain, bisa tambah rumit jadinya untuk diurai dan dituntaskan.

ngomong teori sih gampang yah, prakteknya mungkin ga akan semudah ngetik di blog hehe.

dan meski ngerasa udah lumayan mahir dengan kemampuan ps-ku, tentu saja masih ada saja persoalan-persoalan harian yang mungkin ga ada atau belum ketemu solusinya, atau ada solusinya tapi mentok dan ga berhasil selesai.

ya kalo hidup ga ada persoalan hambar lah ya. jadi kadang-kadang memang persoalan itu perlu supaya hidup jadi lebih berwarna hehe.

makanya supermum itu ga ada, cuma mitos. yang ada cuma seorang ibu pekerja keras yang selalu berusaha berpikir bagaimana caranya persoalan sehari-hari bisa beres dan tuntas. dan usaha harian yang non-stop ini juga ga selalu berhasil, kadang sukses kadang gagal. namanya juga usaha.

tapi sebisa mungkin memang harus diupayakan agar tiap persoalan selesai sebelum persoalan berikutnya datang menghadang, supaya ga numpuk lalu jadi kewalahan. persoalan hidup kan cuma akan selesai kalau manusia sudah ga hidup lagi.

karena non-stop inilah maka proses ps ini disebut siklus.

***

inget games pacman?

mengatasi persoalan hidup sehari-hari itu kalo dipikir-pikir mirip games pacman deh. aku sih udah lupa-lupa inget mainnya gimana, games jaman baheula euy. tapi seingetku banyak rintangan berupa monster yang muncul secara acak di sana sini dan harus kita atasi terus menerus, kalo ga nyawa kita ilang satu persatu. banyak juga tersedia bonus yang bisa kita incar buat nambah skor.

pacman

karena maen games ini butuh strategi, kecepatan, dan ketrampilan, kalo capek dan berhenti bergerak sebentar kita akan dikejar oleh monster. bener ga sih gitu maennya? haha ga yakin.

tapi kalo kita jago main games-nya maka skor kita akan tinggi dan semua angka kita sapu bersih. ibaratnya kalo kita jago mengatasi persoalan hidup seperti jago maen pacman, skor kita akan tinggi dan hidup kita akan lebih nyaman. ga banget ya perumpamaannya, haha! #abaikan #lagi_kangen_pacman

***

kembali ke siklus ps...

kelima urutan siklus ps di atas, kalo rajin dipraktekkan lama-lama akan mengasah kemampuan kita dalam memecahkan persoalan-persoalan harian dengan lebih cepat, tepat, dan efektif. karena sejatinya apapun situasi kita dan bagaimanapun kondisi hidup kita sehari-hari, intinya ya cuma memecahkan persoalan-persoalan hidup dari yang kecil remeh temeh sampai persoalan besar dan serius, tanpa henti.

dari bangun pagi sampai waktunya tidur lagi, hidup kita memang dipenuhi oleh beragam persoalan.

semakin mahir kita dalam mencari solusi untuk memecahkan persoalan-persoalan tersebut, semakin tinggi tingkat kenyamanan hidup. tentunya kenyamanan hidup berbanding lurus dengan kebahagiaan.

jadi kalo bisa disimpulkan, kebahagiaan itu bukanlah milik mereka yang ga punya persoalan hidup, tapi milik mereka yang bisa memecahkan persoalan-persoalan hidup dengan cepat dan solusinya tepat. termasuk mengatasi pekerjaan rumah tangga sehari-hari.

sebaliknya mereka yang kurang mampu memecahkan persoalan-persoalan sehari-hari, pastilah hidupnya kurang bahagia karena selalu terlilit masalah yang ga mampu mereka selesaikan sendiri.

penyakit "tapi kan"

sebelum tulisan panjang ini aku akhiri, jurus terakhir adalah hindari terkena penyakit "tapi kan". pasti deh pas baca tulisan ini dari awal tadi banyak banget yang udah kepikiran di otaknya masing-masing dengan dua kata beracun ini. tapi kan... tapi kan... tapi kan...

hayo ngaku?! hehe.

sekali terkena penyakit 'tapi kan', orang cenderung malas. karena setelah kata-kata 'tapi kan' terucap, niat untuk berbuat sesuatu jadi urung, karena sebuah alasan sudah dibuat untuk ga jadi ngelakuin yang tadinya udah diniatin.

kalo dari awal baca tadi kalian udah mulai mikir 'tapi kan', ya sudahlah berarti tips ini ga bakal bisa kalian terapkan. coba baca ulang, kali ini tanpa berpikir 'tapi kan'. setelah itu renungkan dan pahami, lalu terapkan.

supermum itu mitos

sebagai penutup, apakah ini berarti rumahku selalu rapi, kinclong, dan hidupku selalu nyaman dan hepi?

ya ga juga sih, meski maunya mah dibilang begitu.

tapi tetap saja ada waktu di mana aku ngerasa ga sanggup lagi ngerjain sesuatu karena mungkin lagi kecapekan, ga enak badan, atau penghuni rumah lainnya lagi ga enak badan jadi butuh perhatian ekstra. atau simply karena aku lagi kena penyakit 'malas' dan penyakit 'tapi kan' tadi, atau lagi ga mood beres-beres saja.

jadi kadangkala rumah berdebu karena lama ga disedot, ada kalanya rumah berantakan kayak kapal pecah karena berhari-hari lagi ga mood beres-beres, kadang cucian numpuk, kadang setrikaan menggunung. namanya juga manusia biasa, bukan supermum.

karena supermum itu memang cuma mitos.

kalo pas segala urusan rumah beres, kerja beres, suami dan anak beres, yang ada bukanlah supermum. tapi seorang wanita biasa yang juga gampang capek karena udah kerja dan masih ngurus rumah juga, namun karena manajemen waktu dikelola dengan baik, manajemen tenaga juga baik, suami ikut bantu-bantu gotong royong, dan adanya kemampuan memecahkan persoalan yang lumayan baik juga, maka kombinasi ketiganya lah sebenarnya yang menciptakan sebuah fatamorgana yang orang sering sebut dengan istilah supermum!

demikian...

4 comments:

  1. Pertamax! Haii mbak naaay! Udah lama bgt gak ngepost. Saya kirain ada kenapa2 di kerjaan atau keluarga yg bikin sibuk bgtt. Makasih byk udh kasih saran bagi manusia mubazir waktu kayak sayaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaaaa ternyata ada juga yg kangen gegara lama ga posting. Tapi ga usah balapan komen gpp kok, blog ini mah yg baca silent reader semua jarang yg komen tapi page view naik terus...hehe

      Delete
    2. Mumpung 17 agustus mbak :D. Balap komen dan balap karung *krik krik

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...