Tuesday, 17 March 2015

sarapan

kata orang, sarapan itu perlu
kata orang, sarapan itu hukumnya hampir 'wajib'
kata orang, sarapan itu penting agar tubuh energetik sedari pagi
kata orang, ahhhh...banyak deh....

tapi kata ibuku, aku dari kecil males sarapan
kata ibuku, aku nurun nenekku yang juga males sarapan
kata ibuku, kalo aku sarapan seringnya malah mules-mules
kata ibuku, karena mules-mules, makanya aku jadi males


emang bener sih, tiap pagi aku jarang sarapan.

kecuali pas nginep di hotel yang sarapan udah termasuk tarif, jadi ga mau rugi, haha. dan kalo pas wiken nyante di rumah. aku sendiri ga gitu inget, dulu-dulunya kenapa bisa begitu, dan dulu-dulunya kenapa aku berhenti sarapan. pastinya sejak kapan juga udah ga inget lagi.

ingetnya, pas masih jaman sd dulu, ibu sering nyuapin kami ber-tiga atau ber-empat yang sambil disuapin sibuk pake baju seragam merah putih, sibuk ngepang rambut kami yang selalu panjang, sibuk masukin buku pelajaran ke tas, ngecek lagi apa semua jadwal hari itu sudah klop dengan buku yang kudu dibawa, sibuk pake kaos kaki dan sepatu dll.

karena kalo musti nunggu sampe selesai semua lalu duduk manis di meja makan dan baru sarapan selayaknya keluarga-keluarga 'priyayi', pasti kami semua bakalan telat! keluarga kami memang jauh dari kategori keluarga priyayi :-p

lagipula, keluarga kami memang ga pernah punya meja makan, haha.

jadi tiap pagi, di tengah hiruk pikuk persiapan berangkat sekolah, ibu yang sudah bangun dari subuh buat masak nasi dan lauk, tinggal ngisi sebuah piring dengan nasi segunung, plus lauk, lalu kami disuapin satu persatu. selain irit piring kotor, juga cepet, bet bet bet. pake seragam selesai, buku sekolah siap, rambut dikuncir rapi, dan perut kenyang, pada saat yang hampir bersamaan!

mungkin ada yang mikir, time management kami kurang bagus karena semua-mua kudu berbarengan dan terkesan semrawut. tapi menurutku, justru kami efektif dan efisien dalam memanfaatkan waktu yang sempit untuk menyelesaikan tugas sebanyak-banyaknya, haha.

selepas sd, dan setelah kami pindah dari rumah nenek, kayaknya ini masa-masa di  mana ibuku sudah terlalu sibuk di pagi hari untuk nyuapin kami. apalagi masih ada adikku dua lagi yang cowok, yang tentu lebih butuh perhatian. di sinilah mungkin karena aku malas ambil piring sendiri dan malas makan pagi kalo ga disuapin ibu #halah, aku milih untuk ga makan tiap pagi. atau mungkin bener juga kata ibuku, yang kalo sarapan jadinya perutku malah mules.

setelah mules kan harus ke toilet tuh, dan pagi-pagi mana ada waktu buat urusan ini. jadi telat deh kalo pake acara ke toilet segala padahal udah rapi pake seragam sekolah dan pake sepatu. mungkin karena ini pula, aku jadi ga pernah sarapan, menghindari udah rapi-rapi harus ke toilet! karena tiap hari begitu terus berulang-ulang, ga pernah sarapan jadi kebiasaan deh.

sampe sekarang pun, aku masih males sarapan!

mungkin bukan semata karena mules sih, kayaknya udah ga mules lagi kok. cuma malesnya mungkin karena waktu lagi. bisa sih bangun agak awal supaya punya banyak waktu buat ke dapur dan sarapan. tapi kok aku milih mending tidur agak lamaan ya, daripada bangun agak pagian supaya sempet sarapan.

dan lagi, mungkin nih, karena sudah terbiasa jarang sarapan sejak lama, apapun kata orang, badanku sepertinya tetep punya energi untuk memulai aktivitas setiap hari tuh. belum pernah sampe pingsan karena kelaparan maksudnya, haha. meski isi bensin terakhirnya selalu pas makan malam doank dan perutnya ga diisi bensin lagi di pagi hari!

atau mungkin karena kebiasaan (jelek) ini, aku jadi selalu langsing yah? ihiy.... ayo ibu-ibu, hentikan kebiasaan sarapan, biar langsing! haha #dikeplak bapak-bapaknya
dan naga-naganya, si ethan juga males sarapan lho.

meski dia sih ada waktu banyak buat sarapan. tapi karena sebelum aku cabut ngantor, dia selalu nenen dulu, jadi pas bangun dia masih kenyang kayaknya. pas bapaknya ngajak dia sarapan, seringnya dia ogah gitu deh, hihi. mending nongkrong di jendela ngeliatin ayam tetangga dia mah tiap pagi. ditawarin sarapan pasti males, kayak emaknya!

ethan nongkrong di jendela ngeliatin ayam tetangga, tiap pagi

ada ga sih orang yang jarang sarapan juga kayak aku?



2 comments:

  1. Diet ocd deddy corbuzier juga gak boleh sarapan loh mbak:D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...