Monday 23 August 2021

smoothie detox

tulisan ini tadinya sebenernya berjudul "olga kuyyyy"

tema ini sudah lama pengin aku tulis sejak aku jadi rajin olahraga beberapa bulan lalu, meskipun tadinya sama sekali blas jarang gerak badan. kenapa tiba-tiba jadi rajin? dan kenapa tulisannya ganti judul jadi "smoothie detox"?

mari kita simak bareng-bareng kenapa-kenapanya. pendek aja ini ya karena ini lagi kebangun jam 4 pagi dan ngga bisa tidur lagi gara-gara badannya kaget karena kemarin udah mulai detox hari pertama, hehe. eh malah pengin ngetik blog.

mari kita kupas runut dari awal.

resep smoothie harian komplit di akun instagram


***

tadinya hidupku biasa-biasa saja.

ukuran badan juga biasa-biasa saja. artinya ngga mengalami perubahan drastis yang luar biasa karena hal-hal penting yang terjadi dalam hidup misalnya migrasi ke eropa, menikah, punya anak, kehilangan/berduka dll. karena biasanya perubahan-perubahan hidup yang signifikan seperti contoh-contoh yang kutulis itulah yang biasanya menjadi penyebab perubahan drastis pula ke badan kita. misalnya nih, pindah benua tiba-tiba ukuran badan jadi membalon, atau mengecil.

karena setiap perubahan itu membawa level stress tertentu entah karena suasana baru, gaya hidup baru, teman baru, lingkungan baru dll, yang biasanya orang jadi gila makan, atau malas makan. perubahan drastis dalam hidup itu cenderung akan merubah pola hidup secara keseluruhan, jadi sedikit banyak memang menjadi pemicu perubahan fisik juga.

meskipun demikian, kepindahanku ke eropa tahun 2005 yang lalu ternyata malah engga membawa perubahan fisik apapun. dalam artian bentuk badanku ya gitu-gitu aja. berat ya masih sama, stabil di sekitaran 45-46 kg. naik ngga pernah banyak karena sulit gemuk, turunpun ngga banyak juga karena rajin makan, hahaha....

setelah menikah tahun 2011 pun, badanku engga berubah. berat juga stabil di kisaran angka itu meski memang jarang banget nimbang karena angkanya sama aja ngapain dicek melulu, ya kan?

perubahan drastis pertama terjadi ketika aku hamil!

ya iyalah, bawa-bawa bayi di perut selama 9 bulan lebih hehe. ketika trimester pertana, beratku malah sempat turun ke angka 42, kurus banget. bagi yang rajin ngikuti blog ini, kalau baca-baca tulisan sekitaran tahun 2012-2013, pasti sering kusebut perjalanan kehamilan sampai si ethan anakku umur setahunan lah, aku dulu rajin ngetik.

penurunan ini disebabkan oleh apalagi kalau bukan perubahan hormon yang gila-gilaan, morning sickness yang bikin aku ngga bisa makan, sensitif terhadap bau yang bikin aku ngga bisa ke dapur, buka kulkas, apalagi nyium makanan. 

ya kurus lah!

trimester kedua mulai deh, nafsu makanku kembali normal bahkan jadi gila sayur dan buah, yang tadinya ketika sebelum hamil aku hampir sulit banget makan sehat. sampai di akhir kehamilan beratku terus naik seiring naiknya ukuran janin, sampai waktu melahirkan aku ditimbang jadi 53 kg.

naiknya memang ngga banyak, dan keseluruhan badanku pas hamil itu ngga berubah, masih persis kayak sebelum hamil sambil bawa helm ditaruh di perut gitu doank, alias perutnya aja yang buncit, bagian tubuh lainnya ngga berubah.

ethan lahir dengan selamat melalui persalinan normal dengan berat 3.5 kilo. plasentaku yang kuminta dari rumah sakit untuk kukubur di rumah, beratnya mungkin ada sekitaran 0.5 kiloan lah ya. jadi praktis sehari setelah melahirkan berat badanku langsung turun ke 53 - 4 = 49 kilo.

perjalanan selanjutnya sebagai ibu melibatkan berbagai hal. dari menyusui asi full sampai ethan umur 4 tahun (baca tulisanku memberi asi: we-el-el ini), sampai kusapih lalu akhirnya aku disibukkan oleh urusan membesarkan anak, ngurus rumah, suami, dan tetap kerja full-time.

***

sampai sinipun sebenernya ngga ada yang istimewa. 

beratku ya mentok di situ-situ aja, 48-50 kg-an lah naik turun. itu tanpa pakai diet, ngga pernah olga, ya cuma aktivitas harian aja. yang paling bikin stress mungkin kerjaan ya. itu kali yang bikin beratku stabil, mikirin kerjaan terus haha. 

eh rajin ngga sarapan alias puasa keto juga sih. kalau itu emang udah sejak kecil aku ogah sarapan (pernah kubahas di tulisan berjudul sarapan).

ini foto pas nimbang kemarin pagi sebelum mulai detox

sampailah akhirnya ke awal tahun 2020 ketika negara api menyerang!

alias virus corona menyebar ke seluruh penjuru dunia. semua kebiasaan hidup seperti kita udah tahu, jadi terkena imbasnya. yang tadinya tiap hari senin-jum'at ngantor, jadi kerja di rumah. yang tadinya anakku tiap hari sekolah, jadi kadang boleh masuk, kadang disuruh homeschooling sama pemerintah inggris. yang tadinya jalan-jalan tiap liburan, jadi ngga boleh dan emang ngga mau kemana-mana dulu supaya aman, sampai penyebaran si corona ini benar-benar sudah bisa dikendalian, dan herd immunity sudah tercapai di planet bumi ini.

selama kurun waktu pandemik inilah rupanya yang akhirnya memicu perubahan tubuhku.

dari yang tadinya gitu-gitu aja, eh kok ya bisa juga berubah hehe. satu lagi pemicunya sebetulnya engga cuma karena pandemik sih, tapi selama tahun kemarin 2020 itu, usiaku memang menginjak usia bagi perempuan untuk memasuki masa menopause! jeng...jeng.....

jadinya kombinasi lah ya, pandemik juga, menopause juga. komplit!

***

taunya kalau menopause gimana? 

meski tiap perempuan beda-beda, tapi sebagai patokan, rata-rata usia menopause itu sekitaran 45-50 an lah. ada yang lebih awal, ada yang telat juga. sama lah kayak kapan mulai mens pertama gitu tiap perempuan kan beda-beda juga. hal-hal yang dialami seputaran kedua siklus alamiah itu tentunya juga bervariasi.

nah, pas tahun lalu itu aku mulai ngerasain gejala-gejalanya. hot flush ada kali sekitaran 5 kali an gitu. meski beberapa wanita lain lebih sering dan berlangsung lama, tapi aku kok ngga sering ya dan sekarang udah berhenti hehe. hot flush itu adalah ketika tidur tiba-tiba badan itu jadi panas membara, keringetan parah sampai basah kuyup!

tentu ada beberapa gejala lain tapi badanku cuma ngalamin hot flush, dan perubahan siklus bulanan jadi lebih pendek tapi lebih berat mensnya.

gejala ini tiap perempuan bisa beda-beda, ada juga yang jadi depresi, post-PMS blues, dll. mudah-mudahan aku ngga sampai ngalamin deh ya. mirip pas lahiran kan juga ada beberapa yang kena baby-blues. syukurlah aku lempeng aja waktu itu pas punya anak, mudah-mudahan melewati menopause ini juga lempeng, amin. 

nah, kedua kombinasi pandemik + menopause inilah yang akhirnya ternyata pelan-pelan merubah fisikku juga setelah puluhan tahun stabil aja.

sadarnya sih karena dipicu oleh beberapa kejadian.

salah satunya adalah ketika satu hari aku lagi video-call-an ama ibuku trus ibu yang seumur-umur ngga pernah komen apapun tentang badanku, karena ya memang ngga pernah berubah itu tadi, eh bilang "kok kamu gemukan ya?" bwahahaha.....

padahal sih pas nimbang cuma naik jadi 53 kg doank! tapi ternyata itu numpuk di pipi semua haha. bayangkan dari yang sama sekali ngga pernah denger komen seperti itu dari ibu sendiri, tiba-tiba kalimat pertama itupun keluar juga. kayak kesamber petir di siang bolong kan haha #lebay

kedua, adalah ketika aku iseng-iseng nyoba pakai baju pengantinku lagi (ceritanya kutulis di sini, tulisanku pertama tahun ini), eh ngga muat donk bajunya, haha...

lalu alarm-pun berbunyi, nguingggg....nguinggg.....

***

dari situlah aku mulai berpikir, waini, akhirnya badanku mulai berubah juga!

gimana solusinya kira-kira ya? kalau ngga segera dikontrol bisa bablas keenakan ini, hehe. lalu sejak itulah aku mulai melakukan hal yang selama ini hampir ngga pernah kulakukan sejak lulus sma tahun 1993 yang lalu, yaitu olah raga! haha

waktu itu mikirnya gini.

apa ya yang bisa kuubah dan kulakukan supaya berat badanku tetap terkendali dan engga cepat membalon? apalagi dengan perubahan hormon yang sedang kualami karena usia yang masuk masa menopause ini. sarapan udah ngga pernah. kalau mau keto kayak orang-orang, ya ngga bisa juga karena tiap hari selama bertahun-tahun ini aku emang udah menjalani pola hidup keto alias engga sarapan dan baru mulai makan pas jam 12 siang. 

ngga lucu kan dobel keto haha.

ceritanya lagi rajin olga :-p

jadilah selain tetap menjalani pola hidup keto, aku juga mulai berolahraga. simpel aja olahraganya. kan banyak tuh instruksi senam di yutub, kupilih aja satu yang kupikir cocok, senam deh tiap hari. tadinya kulakukan tiap pagi, lalu pindah ke malam karena lebih cocok dengan aktivitasku yang lain. 

ini kulakukan sampai kira-kira 100 harian lah, non-stop, tiap hari! yang ngikutin instagram-ku pasti tahu deh hastag yang kupakai #workoutdiary waktu itu. tapi, akupun sadar, sebenernya tujuan olahraga ini juga ngga akan bisa menurunkan berat badan.

lhah kok gitu, ngapain olga donk?

waktu itu sih mikirnya karena sejak pandemik ini badanku kayak jadi kurang fit gitulah. pertama karena aktivitas jauh berkurang jadi kurang gerak juga, dan yang kedua karena perubahan hormon menopause ini, jadi makin mudah capek, loyo, ngga segar, dan terasa makin berat mau ngapa-ngapain. jadi targetku olah raga waktu itu cuma mau fit aja dulu, berat badan urusan belakangan. lagipula katanya kalau olga itu justru nambah masa otot ya kan, jadi kemungkinan berat bukannya turun malah naik. 

makanya fokusnya waktu itu cuma pengin badan lebih kenceng, berotot dikit atau toned, badan lebih segar aja dulu. karena memang setelah pandemik setahun lebih itu rasanya makin hari badan terasa makin lembek!

tahunya lembek gini.

ketika di awal-awal homeschooling, kan anakku diwajibkan ngikuti senam pagi di rumah, yang diprakarsai oleh yutuber terkenal waktu itu, joe wicks (contoh videonya ini). supaya makin semangat, biasanya kami bertiga, aku anakku dan suamiku, senam bareng-bareng. di situlah aku sadar kalau badanku itu cuma mampu melakukan gerakan star jump cuma 3 kali dan udah ngos-ngosan kehabisan nafas!!!

menohok sekali kan?

bayangkan ngga fit-nya tuh sampe segitu lho, parah lah. itu kayaknya juga pas belum naik ke 53 padahal haha. makanya karena berbagai akumulasi kejadian itulah, aku jadi rajin olga. 

diantara senam, akupun mulai rajin latihan star jump untuk kardio-nya. targetku waktu itu simpel aja, kalau aku bisa melakukan star jump non-stop selama lebih dari 3 kali tanpa kehabisan nafas aja, berarti badanku lebih fit dari sebelumnya, logikanya kan begitu. ngga usah muluk-muluk lah. badan terakhir dipakai olahraga kelas 3 sma tahun 1993, dan sejak itu ngga pernah ngapa-ngapain kan ya. ngga usah ambisius gitu maksudnya hehe.

***

dan emang beneran.

setelah rajin senam tiap hari ini, kemampuan star jump non-stop kupun pelan-pelan meningkat. dari 5 kali, jadi 10 kali, 15, 20 dan seterusnya. sampai hari ini, aku bisa melakukan itu 70-80 kali tanpa berhenti!

bayangkan dari cuma 3 kali udah ngos-ngosan, sekarang bisa 70-80 an baru merasa capek. keren ya badan manusia itu kalau dilatih, pasti bisa lebih sehat dan lebih fit. nah, sejak level fitness ku mulai bagus, aku ngga lagi senam tiap hari, paling star jump rutin aja, karena aku pasang target untuk bisa lompat 100 kali non-stop, hehe. iseng aja...

sampai sini aku mulai mikir lagi.

lebih fit udah, sejak senam juga beratku meski ngga turun banyak tapi mulai stabil lagi sih, kali ini di kisaran angka 50-51 kg, tapi ngga pernah bisa nyentuh di bawah 50 lagi. dan, beberapa bulan belakangan ini perutku mulai bloated sodara-sodara. apa ya bahasa indonesianya, kembung kali ya. penyebabnya bisa jadi karena makanan yang kurang sehat, terlalu sering makan makanan asin karena garam itu bikin kembung dan lemak perut menumpuk, hehe.

lingkar pinggang yang tadinya stabil cuma berkisar di sekitaran angka 70-75 cm aja (ngukurnya selalu di pagi hari pas baru bangun ya), sekarang ini udah 78-80 donk. 

alarm bahaya berbunyi lagi! nguingggg....nguingggg.....

meski berbagai upaya sudah kulakukan juga, dengan ngga makan daging merah, mulai ngurangi makan karbo ngikuti suami yang diet karbo selama 3 bulan dan doi udah sukses berhasil nurunin berat sampai 15 kilo, dan upaya-upaya lain. tapi rupanya efeknya ngga juga kelihatan karena menurut perkiraan dan analisaku, ketidakseimbangan hormonal-lah penyebabnya!

kombinasi resep smoothie


***

urusan keseimbangan hormon perempuan ini emang beda sih ama laki-laki hehe.

dan urusan lingkar perut ini memang menurutku sangat penting. tapi kalau yang lain menganggap ngga gitu penting ya ngga papa juga. itu hak masing-masing individu kan, hehe.

tapi memang sejak melahirkan, semua perut perempuan itu ya gitu lah, melar!

karena pernah diisi bayi tentu saja otot-otot perutnya jadi kayak balon dikempesin setelah melahirkan. dan tentunya efek selanjutnya jauh berbeda dibandingkan dengan otot perut yang ngga pernah melar. bukan cuma urusan kerutan di kulit, tapi juga ngaruh ke kebiasaan makan. makanya ibu-ibu itu kalau makan merasa kenyangnya lebih lama, karena ruang yang diisi jauh lebih luas dan dijejali makanan sebanyak apapun ya muat aja, dijejali bayi manusia aja muat kan hehe.

inilah kenapa setelah punya anak, perempuan cenderung mudah gemuk!

kalau lihat video-video senam yang mbak-mbak peraganya perutnya ramping-ramping sampai kayak pinggang belalang saking kecilnya, trus kita ngimpi pengin kayak gitu lagi ya mustahil sih, hehe. bagi ibu-ibu, kondisi seperti itu udah ngga mungkin bisa dicapai, karena kondisi ototnya udah beda. kecuali kate middleton kali ya, hahaha. akupun demikian, ngimpinya sih pengin kayak kate rampingnya, apa daya beda nasib #gubrag

yah, namanya juga usaha...

***

sejak mulai sering bloated yang kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan keseimbangan hormon selama badanku mengalami masa menopause ini, aku mulai nyari solusi lagi, apa ya kira-kira yang bisa kulakukan supaya ngga bloated

perut kembung tuh gini lho, foto diambil tanggal 22 agustus 2021 kemarin
berat 51 kg, lingkar dada 82 cm, lingkar pinggang 78 cm


karena olgapun katanya ngga bisa ngatasi. mau sit up sehari seribu kali kalau emang kembung ya kembung aja, istilahnya gitulah. trus aku kepikirin nyoba detox pakai smootie!

mulailah kucari info-info terkait hal ini dan aku mulai bikin rencana. 

karena untuk melakukan detox selama 21 hari berturut-turut itu butuh persiapan matang. terutama siap mental haha. waktunya juga kudu dipertimbangkan supaya ngga benturan dengan hal-hal lain. dalam hal ini, yang tadinya aku udah pengin detok sejak sebulan lalu, aku tunda dulu karena ada rencana cuti 2 minggu, trus rencana ngecat rumah, ada tamu dan lain-lain, aktivitas seperti itu ngga akan bisa kita lakukan sambil detox kan. 

ngga lucu ke restoran bareng-bareng lainnya pesen makanan enak aku cuma pesen teh tawar doank!

kembali masuk kerja dari cuti pun kupikir bukan waktu yang tepat untuk mulai detox karena level stress kerjaan akan mulai naik lagi, jadi kuputuskan minggu kedua setelah masuk kerja, aku akan mulai detox smoothie ini yaitu tanggal 22 agustus kemarin.

bagi kalian yang pengin nyoba juga, ini detilnya ya.

aturan detox-nya sbb:

1- ganti menu makanan harian dengan smoothie ketika sarapan pagi dan makan malam. resepnya semuanya akan kuunggah di laman instagram reel-ku ya, komplit, selama 21 hari berarti akan ada 42 resep karena aku bikin pagi dan malam beda resep biar ngga bosen aja. 

2- menu makan siang ganti dengan menu sehat ringan tanpa lemak tanpa karbo tanpa garam tanpa gula, misalnya salad sayuran dengan dada ayam rebus/kukus, atau salad seafood rebus tanpa bumbu, atau salad + tahu tempe kukus, pokoknya sayuran dan protein hewani/nabati tawar aja. ini bisa diskip ya kalau mau yang warrior sekalian detoxnya, biar cepet, sengsaranya sekalian aja haha.

3- di antara ketiga jadwal tersebut, boleh ngemil sehat 2 kali, yaitu antara sarapan - maksi dan maksi - makmal, seperti telor rebus, ketimun, celery stick + cocolan humus dll. menu snack juga selalu aku bagi di laman instagram story-ku.

4- minuman yang dibolehkan, semua yang tawar dan tanpa lemak. air putih, teh tawar, kopi pahit, dll. susu boleh tapi yang nabati dan tanpa tambahan gula, jangan susu sapi ya karena ada lemaknya.

5- lakukan non-stop selama 21 hari terus menerus (3 minggu lah ya). udah gitu doang, gampang kan, hehe

oh ya, demi detox ini, aku yang tadinya ngga pernah sarapan sekarang jadi sarapan tiap hari, sarapan smoothie. dan hari pertamaku detox tanggal 22 agustus 2021 kemarin itu sudah berjalan dengan baik meski pastilah badannya syok juga.

syoknya lebih karena kekurangan asupan gula aja sih, yang pastinya sudah kuperhitungkan. 

meski aku sudah terbiasa puasa keto bertahun-tahun, detox ternyata beda. kalau biasanya puasa keto itu aturannya aku stop makan sejak jam 8 malam dan baru nyentuh makanan lagi setelah jam 12 siang, tapi selama kurun waktu dari jam 12 ke jam 8 malam itu aku makan terus hahaha. nyemil juga ngga berhenti lah. detilnya udah pernah kutulis di sini berjudul puasa 16:8.

pas detox kemarin aku jadi ngga bisa nyemil.

paginya sih oke-oke aja karena selama ini memang pagi ngga pernah makan apapun sekarang dikasih smoothie perutnya ya hepi-hepi aja. eh pas sorenya baru deh, kerasa sengsara. efek kekurangan kandungan gula di dalam darah itu adalah, rada uring-uringan, sodara-sodara! suamiku udah tahu banget hal ini dan udah antisipasi karena aku butuh dukungan dia juga kan selama menjalani detox ini, jadi strateginya dia menjauh aja daripada bonyok haha.

resah gelisah keruyukan keroncongan dan rock 'n roll protes gitulah perutnya nunggu jam makmal yang mana menunya adalah smoothie lagi #gubrag 

salah satu resep smoothie


***

yang nambah rada berat lagi, mungkin karena aku masih tetap kudu masakin suami dan anakku tiap sore untuk menu makmal, demi menjalankan tugas mulia sebagai seorang ibu dan istri, e-tapi begitu masakannya udah matang aku ngga bisa ikutan makan, hehe. bisa ngga ya kira-kira menjalani ini selama 3 minggu penuh ke depan?

mending kutulis aja deh kejadian-kejadian seru tiap hari selama aku melakukan perjalanan detox ini, siapa tau bermanfaat bagi kalian yang mau nyoba #21daychallenge juga.

ikuti kisah harianku di tulisan berikutnya, yang berjudul "jurnal #21hari" klik di sini.

stay tuned...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...