Monday 23 August 2021

jurnal #21hari

nah, ini jurnalnya akan aku update secara berkala ya.

yang belum baca postingan sebelum ini, boleh dibaca dulu, mengapa jurnal ini ada. biar nyambung lah...




hari ke-1, minggu 22 agustus 2021

kuputuskan untuk memulai detox ini hari minggu saja karena itu hari paling santai di antara hari-hariku yang lain. jadi kalau badanku selemes apapun karena kurang makan, ya ngga papa, wong ya biasanya juga ngga ngapa-ngapain hehe.

kalau biasanya aku ngga pernah sarapan, untuk melakukan smoothie detox sesuai aturan ini, jadilah aku sekarang sarapan. smoothie pertamaku kupilih smoothie hijau ringan. resep silakan intip instagram reels ya. komplit dari bahan sampai cara bikinnya udah divideoin semua.

enak sih rasanya, kirain bakalan gimana gitu.

soalnya kan tiap ngejus buah jarang banget dicampur sayuran. dan selalu ditambahin gula dan susu kan supaya manis. tapi untuk detox ini harus benar benar bebas gula dan lemak. jadi kupikir tanpa gula atau susu rasanya bakalan zonk, ternyata ngga juga sih, seger aja malahan, dan cepat habis hehe.

efek ke badan:
paginya sih badanku oke-oke aja tapi pas sorenya baru terasa efek kekurangan kandungan gula di dalam darah. mungkin karena badanku syok juga yang terbiasa nyemil tiap sore jadi engga, minggu sore itu aku rada uring-uringan, hahaha.

malamnya aku bikin smoothie merah tua, masih dengan campuran sayuran. tapi kalau pagi tadi cairannya pakai air kelapa, kalau malam aku pakai susu almond yang tawar tanpa gula. dan smoothie kedua ini ternyata rasanya lebih nikmat. habis juga semug raksasa. setelah itu malamnya sebelum tidur rasanya lapar haha.

di sela-sela dua smoothie itu, aku nyemil 2 butir telur rebus, 1 pagi 1 sore, untuk maksi, aku makan 2 potong dada ayam kukus.

hari ke-2, senin 23 agustus 2021

aku kebangun jam 4 pagi, karena pengin ke toilet. biasanya juga suka kebangun gitu tengah malam terutama kalau sebelum jam tidur aku minum kebanyakan, jadi kandung kemihnya penuh duluan sebelum pagi. dan biasanya juga, abis dari toilet tidur lagi sampai pagi, normal.

tapi ngga tahu kenapa, atau mungkin karena sistem tubuh masih syok, aku ngga bisa tidur lagi selepas buang air kecil. jadilah kuputuskan untuk pindah ke kamar sebelah dan nulis blog haha.

lahirlah tulisan sebelum ini yang berjudul smoothie detox itu.

menjalani hari kedua terasa jauh lebih ringan dibanding hari pertama kemarin. alasannya simpel. karena aku kerja kan, jadi pikiran terfokus ke kerjaan. dan aku memang kalau udah kerja suka lupa kalau lapar haha. smoothie sarapan senin pagi aku bikin yang ringan lagi dan agak segar kali ini. lebih didominasi buah-buahan warna gonjreng dan ngga pakai sayur. iseng aja coba-coba.

eh ternyata rasanya malah kemanisan.

padahal blas tanpa gula. mungkin melon dan apelnya sih yang bikin manis. malah ngga habis jadinya, ada sisa sedikit dan akhirnya terbengkalai karena aku sibuk kerja lalu kubuang sorenya.

nyemil tetap dua butir telur rebus 1 pagi 1 sore, untuk maksinya aku skip.

malamnya, aku bikin smoothie hijau tua. kubanyakin sayuran daripada buahnya. rasanya? dari ketiga smoothie di atas, kayaknya ini yang paling menjijikkan hahaha. pas makan sampe suamiku bilang, your face looks yuckieeee.

ambisius sih, karena resep pagi ngga ada sayur, kupikir yah sayurnya digabung aja pas resep sore gitu, ternyata zonk ahaha. eh tapi setelah suapan ke 5 terbiasa juga sih, dan abis semangkuk gede, lebih karena lapar kali ya hehe.

hari ke-3, selasa 24 agustus 2021

aku kebangun lebih awal dari jam normal lagi. udah dua kali berturut-turut nih, selalu kebangun kepagian, entah kenapa. pastinya karena lapar haha. tapi ada satu lagi yang aku rasakan sebagai hal baru setelah dua hari menjalani diet ini. yaitu bau mulut!

kalau biasanya kita tidur malam pasti gosok gigi dulu donk. lalu kumur pake listerine kalau aku sih.

nah biasanya semalaman tidur itu kan bakteri di mulut tetap sibuk bekerja ya. ini yang bikin setiap bangun di pagi hari nafas pasti bau naga hahaha. tapiiii...herannya, pagi ini pas aku bangun, mulut itu rasanya beda lho, lebih kesat! dan ngga gitu bau pastinya. nah, ini menarik kan.

apa karena makanan yang kita konsumsi berubah, jadi mengubah juga aktivitas bakteri mulut?hmmm...kita tunggu besok pagi masih kesat atau cuma kejadian sekali donk.

sampai malam hari ketiga, badanku kayaknya udah mulai terbiasa nih, gais. udah ngga merasa lapar banget kayak kemarin-kemarin!

hari ke-4, rabu 25 agustus 2021

hari keempat, aku mulai bangun normal, ngga kepagian lagi, mungkin badannya sudah mulai stabil lagi. dan bau mulut masih sama, tetap kesat, jadi benar kayaknya ya. makanan yang kita makan itu kebanyakan masuk kategori kurang sehat, meski makanannya sudah masuk ke sistem pencernaan tapi residu halusnya menyebabkan aktivitas bakteri di mulut semakin banyak selagi kita tidur.

sejak cuma konsumsi sayur buah dan protein dengan jumlah sangat terbatas, tanpa gula, garam, lemak, karbo, ternyata bau mulut di pagi hari jauh berkurang! siplah...

untuk maksi hari ini, aku bikin makanan yang agak beda dibanding kemarin-kemarin. karena udah agak bosen dengan telor rebus aja sebenernya, aku coba bikin dada ayam panggang.

resepnya gampang pakai banget, bahannya cuma dua saja. dada ayam dan terigu tawar.

dada ayam panggang tanpa bumbu


caranya iris ayam memanjang seukuran jari tangan lalu gulingkan ke terigu, kibaskan supaya cuma tipis aja yang nempel. lalu panggang deh. ngga pakai tambahan apa-apa lagi ya. jangan juga dicolokin ke sambal terasi pas makannya haha.

oh ya, satu lagi nih.

beratku kan 51 kg pas mulai detox ini, pagi tadi aku nimbang udah mulai oleng kiri timbangannya asikkkk. cuma turun 2 kilo sih jadi 49, tapi minimal mulai kelihatan lah ya hasil detoxnya. 

semangat!!!

hari ke-5, kamis 26 agustus 2021

hari ini aku dapet bulanan. sejak kemarin sebenernya sih. 

tapi hari kedua biasanya deres banget jadi yah agak lemes hari ini apalagi ditambah detox. tapi pas ngetik ini udah sore hampir jam 5, lumayan lah lemes-lemes tapi ngga sampe nyerah meski lagi mens juga hehe.

ngga ada yang istimewa untuk dilaporkan hari ini. resep smoothie tadi pagi ama malam masih akan tayang di instagramku, dan untuk maksi tadi ngabisin sisa dada ayam kemarin. udah gitu aja.

hari ke-6, jum'at 27 agustus 2021
 
terakhir kerja sebelum wiken panjang karena di inggris sini hari senin tanggal merah, asik.

jadi kudu kelarin semua tumpukan kerjaan biar selasa nanti ngga dikejar-kejar orang pagi-pagi kalau semua udah kelar. ngga terasa jum'at juga berlalu dengan cepat. aku hari ini nge-smoothie ama maksinya krupuk aja hehe. agak karbo sih tapi sebenernya boleh aja di menu yang disarankan untuk maksi malah ada keripik kentang juga hehe. asal jumlahnya sedikit dan kalorinya dibatasi ya.

hari ke-7, sabtu 28 agustus 2021

sejak melakukan diet ini aku jadi jarang masak. produksi videoku di instagram dan youtube juga kuhentikan dulu karena memang ngga ada yang divideoin.

suami kadang masak sendiri karena kesian kalau nyuruh aku masak tapi dia yang makan haha.

sabtu ini tapi aku mau bikin maksi spesial. berhubung udah seminggu ini muternya cuma seputar telur rebus ama dada ayam doang, kali ini aku mau bikin dumpling. resepnya mudah banget cuma dada ayam, udang, sedikit tepung, bayam dan kucai diblender, trus direbus udah.

enak banget meski tanpa tambahan bumbu apapun.

dumpling bayam ayam udang tanpa bumbu


sorenya karena agak santai, aku masakin si ethan dan suamiku. kami juga sempat jalan-jalan main layangan di lapangan bola sama kebetulan ada acara di desa kami, jadi udah mulai ngumpul-ngumpul gitu deh. tanpa masker dan mudah-mudahan sudah aman karena di inggris sudah mencapai herd immunity.

oh ya, tadi nimbang masih sama belum gerak lagi jarumnya, masih 49! tapi lemak di perut udah kempes sih, seneng deh. kayak tumpukan gajih di pinggang itu jadi lumer gitu sampai jeansku agak longgar hehe, kali itu yah yang hilang 2 kilo wujudnya lemak perut semua haha. 

hari ke-8, minggu 29 agustus 2021

hari ini di desaku ada acara village fete, kayak bazar gitu deh, banyak yang jual-jual barang atau makanan trus duit yang terkumpul disumbangin. tadinya aku ngiler lah lihat berbagai macam kue yang dipajang hehe. tapi syukurlah ngga tergoda dan milih beli snack buah-buahan aja. sayang kan udah capek-capek puasa makanan enak eh lihat cake langsung kalah.

hari ke-9, senin 30 agustus 2021

hore tanggal merah!

rencana hari ini adalah jalan-jalan ke sebuah tempat yang kebunnya sangat luas di dekat rumahku, sekalian ketemuan sama sahabatku yang barusan pindah rumah dari london ke kota sebelah, ngga jauh dari desaku.

mereka udah pindah sejak 3 bulan yang lalu tapi baru sekarang sempat kontak-kontakan lagi dan janji ketemuan.

karena tempat ketemunya nyaman, luas dan bisa piknik, kamipun nyiapin piknik dari pagi. berhubung aku lagi puasa dan cuma boleh makan smoothie eh minum hehe, sama makan makanan sehat, jadi piknik kali ini suamiku cuma bawa makanan buat dia aja. aku cuma makan sisa dumpling bayam yang aku bikin lagi setelah kloter yang pertama habis.

setelah puas ngobrol dan duduk-duduk doank, kamipun melanjutkan dengan jalan keliling kebun yang luas itu. sekalian balapan lari ama anakku ethan, dan bakar kalori hehe.

memang selama 21 hari challenge ini, disarankan juga untuk olah raga ringan. mungkin supaya ototnya ngga kaku dan kalau ada bagian tubuh yang kempes karena lemaknya mulai pada mencair, ototnya tetap kencang gitu ya.

jadi aku masih usahakan tiap hari untuk gerak badan juga sih, minimal star jump harian itu harus, kalau bisa 70-80 kali nonstop. dan kalau pas jalan-jalan gini biasanya aku balapan lari sama anakku hehe.

hari ke-10, selasa 31 agustus 2021

aturan hari ini aku kudu ngantor tapi kebetulan suamiku kudu ngantor juga.

daripada ribet, aku ngantornya rabu ama kamis aja deh minggu ini. emang cuma dua hari seminggu sih kebijakannya setelah pandemik. selebihnya kerja dari rumah. karena aku kudu ngurus si ethan, antar dia ke holiday club-nya, daripada terburu-buru mending aku kerja dari rumah hehe.

untuk pertama kalinya dalam waktu 18 bulan terakhir ini aku di rumah sendirian. sepi juga hehe.

hari ini aku nimbang lagi, belum berubah jarumnya haha. tapi yang kuamati, perut makin rata aja dan mulai berbentuk, karena aku juga mulai rajin sit-up.

hari ke-11, rabu 1 september 2021

hari ini ngantor. ngga ada yang istimewa untuk dilaporkan. kerjaan agak santai karena sekolah masih libur jadi masih ada beberapa kolega yang masih cuti.

puasa smoothie masih jalan, lebih cepet rasanya kalau di kantor tahu-tahu udah sore aja. dan godaan ngga banyak seperti kalau kerja di rumah yang tiap ke dapur lihat makanan di kulkas perut jadi keroncongan haha. udah separo jalan lah, garis finish udah kelihatan. semangat!!!

hari ke-12, kamis 2 september 2021

hari ini ngantor lagi. masih sepi dan kerjaan juga ngga gitu numpuk, meski besok pagi ada deadline tapi semuanya sudah disiapkan sejak minggu kemarin jadi tinggal tahap akhir saja.

oh ya gais.

udah beberapa hari ini aku malas sarapan haha. padahal aturannya kan smoothie pagi hari, maksi siang hari, smoothie buat makmal ya.

entahlah, mungkin aku sudah terlalu lama bertahun-tahun jarang sarapan jadi rasanya tiap pagi itu malas gitu lho kalau kudu masukin sesuatu ke mulut. ntar kotor mulutnya bwahaha.

walhasil, biasanya smoothie yang jatah pagi itu masuk kulkas dan baru kusentuh pas deket jam maksi, trus abis itu lanjut maksi sekaligus hehe. gimana ini donk ya ngga sesuai pakem jadwal challenge-nya. kupikir ngga papa juga sih kugeser aja jam sarapanku ke jam maksi, jam maksi jadi jam snacking sore, jam makmal seperti biasa. 

malah jadinya kombinasi smoothie challenge + puasa keto donk yah, hehe

kita lihat saja nanti hasil akhirnya kek gimana. yang pasti aku makin hepi sekarang karena baju-bajuku yang dulu agak sesak udah muat lagi, dan tumpukan lemak di perut udah mulai hilang. pinggang mulai meramping dan bangun tidur di pagi hari engga 'bloated' alias kembung lagi. aseekkkk...

hari ke-13, jumat 3 september 2021

mulai kelihatan hasilnya, gaisss : -)


tadi malam aku rilis foto yang kuambil pagi hari bangun tidur di hari ke-11. beda jauh dengan foto yang kuambil di hari pertama sebelum mulai smoothie challenge ini, yang mana waktu itu tiap pagi bangun tidur perutku selalu buncit!

entah kembung entah kebanyakan makan entah lemak semua makin hepi ngga tahu deh. pokoknya bandel aja, mau aku keto, mau ikutan diet karbonya suamiku, mau ngga sarapan tiap hari, mau olga dan sit-up pun kayaknya ngga berubah juga, bukannya makin kempes tapi malah makin tambun kayaknya haha.

makanya ini aku coba smoothie challenge, kira-kira masih bandel ngga ya si perut yang makin ethan gede kok emaknya makin buncit begini hehe.

kombinasi lemak sisa hamil, ditambah lemak pas menyusui selama 4 tahun ditambah lemak yang numpuk harian dari jenis makanan yang kumakan karena meski aku menjalani diet macam-macam tapi ngga ada pantangan makanan, semua masuk sih haha. ya jelas aja numpuk!

eh, ternyata kalau dibandingin foto hari ke-1 dan hari ke-11 kok beda ya, makin kempes aja perutku asik.

kita lihat nanti hari ke-21 gimana hasilnya, apakah akan ada roti sobek bwahaha.

hari ke-14, sabtu 4 september 2021

hari ini jadwalnya malas-malasan saja.

pagi-pagi aku tiba-tiba pengin sop ayam. akhirnya masak deh. eh dada ayamnya habis di kulkas, adanya paha atas banyak banget stoknya anakku buat bikin ayam tepung favorit dia. ya udah deh pake paha juga ngga papa meski agak kurang sehat, hiks.

karena ngga pengin efeknya ke dietku jelek, airnya sampai kuganti 3 kali pas masaknya hehe. biar lemaknya kebuang semua, lalu kulitnya juga kupisahin juga masukin freezer buat nanti kalau udah ngga puasa makan enak, dibuang sayang haha.

setelah ayam empuk, kumasukin aneka sayur dan bawang putih bawang bombai. udah gitu doank ternyata enak lho supnya tetep gurih meski agak hambar.

atas: muffins tiktok tanpa tepung yang zonk 😛
bawah: sup ayam hambar tapi gurih


oh ya, iseng-iseng aku juga bikin muffins dari pisang sisa. kebetulan hari ini belanjaan delivery udah nyampe jadi stok-stok lama kuhabisin dulu sebelum pakai yang segar. 

resep muffinsnya agak zonk tapi, karena di tiktok dibilang ngga pake tepung kenyataannya fotonya aja jelas-jelas ada tekstur tepungnya haha. dasar tiktok demi klik dan view suka bohong kalau bikin resep. akhirnya kumodif deh pake tepung dikit biar sekel ngga hancur aja muffinsnya. lumayan lah hasilnya bisa dimakan. ada manis-manisnya dari pisang matang. 

so, it wasn't too bad at all!

hari ke-15, minggu 5 september 2021

wow, ngga terasa udah masuk minggu ketiga #smoothiechallenge, gais!

cepet juga ya tahu-tahu udah mau kelar semua penderitaan ini hehe. hari ini anakku rada pilek batuk ngga enak badan. yang harusnya dia les berenang jadi ngga berangkat deh, padahal aku udah siap-siap dandan hehe. ngga jadi nih #ootd.

daripada suntuk, akhirnya pas jam maksi aku ke mcdonald, beliin dia happy meals kesukaannya supaya mau makan. eh ternyata abis semua ngga enak badan juga nafsu makannya ngga berubah dia haha.

dan karena tiap wiken itu boleh cheating day, makan sesuatu yang ngga ada di daftar menu challenge, aku ikutan beli ayam gorengnya mcd yang menu chicken select! makannya sih tetep ama salad hehe.

cheating day menu minggu ini


lumayan lah sebagai pengobat kerinduanku akan rasa garam, gula dan bumbu hahaha. gilak kan udah dua minggu puasa rasa enak. kangen juga lah. lumayan wiken ini rada terobati berkat mekdi. besok senin mulai lagi puasanya satu minggu terakhir cihuiiii...

oh ya rencananya aku akan ke resto langganan yang menunya super enak hari minggu nanti untuk merayakan kemenanganku atas #21daysmoothiechallenge ini.

baru mau booking meja dulu nih buat kami bertiga. belum tahu nanti bakalan pesen menu apa. kumasukin sini ya ntar fotonya. dan mudah-mudahan sih abis makan itu ntar perutku ngga balik gembul lagi. kalau balik lagi lhah zonk donk ya udah tahan lapar 3 minggu sekali makan enak langsung gembul haha. mudah-mudahan engga, we'll see.

hari ke-16, senin 6 september 2021

guess what?

hari ini aku mau mulai ikut kelas yoga hehe. ngga tahu bakalan patah-patah tulang ini apa bakalan lentur meliuk-liuk, kita lihat saja nanti yah. bakalan aku tulis di artikel tersendiri mengenai perjalananku mendalami yoga ini. atau bisa jadi nyoba sekali dua kali aku bosan trus ngga lagi-lagi hihi.

hari ke-16 gais, mulai mendekati garis finish nih, smoothie challenge nya.

kelas yoganya tadi asik sih, cuman kok 5 orang doank yah, udah termasuk bapak gurunya yang umurnya udah 71 tahun tapi masih bugar dan ngajar yoga hehe. dan cuma aku ternyata yang beginner alias blas ngga tahu apapun tentang yoga.

lucunya, si bapak guru bilang ada satu pose dasar yang butuh paling ngga setahun baru bisa mencapai pose itu. tapi kok aku langsung bisa si bapak sampai kaget haha. dia bilang badanku udah lentur dan fleksibel, apalagi di antara semua yang hadir 5 orang itu, akulah yang paling langsing sendiri lainnya udah langsung semua haha.

itulah enaknya punya badan langsing, ditekuk-tekuk gampang aja hihi

hari ke-17, selasa 7 september 2021

anakku ngga enak badan, biasalah anak-anak kalau baru mulai masuk sekolah lagi langsung deh bapil. eh gara-gara covid ini sekolahnya jadi was-was gitu. jadi deh pagi-pagi ini kudu test PCR atau swab buat kejelasan kalau batuknya bukan karna covid. bapak emaknya juga ngga kenapa-napa. kalau emang covid udah pasti aku juga ketularan, lha kalau lagi ngga enak badan si ethan itu manjanya minta ampun, tidur maunya sama emaknya hehe.

karena ini, yang harusnya aku kudu ngantor terpaksa wfh aja hari ini sambil jaga anak sakit. minggu ini ngantor rabu ama jumat aja karena kamis suamiku keluar kota buat meeting.

hari ke-18, rabu 8 september 2021

pagi ini aku nimbang. turun sekilo lagi gais, sekarang 48 kilo cihuiiii.

kayaknya memang laju turun berat badanku segitu, satu minggu turun satu kilo. jadi 3 minggu ini bakalan turun 3 kilo doank tapi itu udah cukup bagus, kalau turun 10 kilo bisa tinggal tulang ama kulit lah haha.

sengsara amat yak, haha

maksi di kantor hari ini membosankan, aku udah malas masak jadi rebus telor aja ama salad. oh ya, hasil swab ethan negatif, hari ini dia balik ke sekolah. 

syukurlah, lega juga.

hari ke-19, kamis 9 september 2021

udah mulai countdown atau hitung mundur nih, 3 hari lagi menuju hari kemenangan ciehhhh...

tapiiiii, kok pagi ini bangun tidur untuk pertama kalinya sejak puasa smoothie, tiba-tiba turun dari tempat tidur kok gelap yah. kayaknya badannya udah mulai protes nih, tekanan darah anjlok hihi. coba kuukur sebentar kebetulan punya alatnya di rumah. sebelumnya aku ngga kepikiran untuk mantau sih, karena memang ngga ada keluhan. baru di hari ke-19 ini aja tiba-tiba terasa darah rendah banget.

udah kuukur masih seperti waktu sebelum puasa sih. berarti masih normal. cuma detak jantungnya aja yang lebih rendah, mungkin karena malam udah mulai ngantuk dan rileks hehe. oke, kayaknya ngga ada yang kudu dikhawatirkan. 

gini doank maksinya, kuat ngga gais? hehe

maksi hari ini tambah mengenaskan karena aku malas masak, cuma telor satu ama rebusan tauge doank haha. parah ya. tinggal 3 hari lagi juga sih, ngga lama. 

semangat!

hari ke-20, jum'at 10 september 2021

hari ini ngantor karena selasa kemarin yang harusnya ngantor aku ambil wfh.

ngga ada yang menarik untuk ditulis hari ini selain ngga sabar nunggu besok hari terakhir nge-smoothie hehe. ntar kalau udah balik makan normal lagi, kira-kira aku kangen apa engga ya ama smoothie-ku? hihi

kita lihat saja nanti.

hari ke-21, sabtu 11 september 2021 - HARI TERAKHIR

akhirnyaaaaaa...

sampai juga ke hari terakhir gais! setelah berdarah-darah perjuangan penuh derita dan air mata #gubrag #lebay_to_the_max

biasa aja kaleeee...

hari ini aku udah punya banyak rencana. selain masih kudu minum 2 resep smoothie lagi, banyak yang kudu kulakukan untuk mengakhiri perjalanan 21 hari yang penuh pembelajaran ini.

pertama - aku pengin potong rambut!

jiahhhh, ga ada hubungannya hahaha. ada sih sebenernya tapi hubungan jarak jauh gitu deh. karena tampangku ini udah kek gini sejak 18 bulan lalu dengan rambut separo item separo pirang gak jelas dan makin panjang aja lama-lama udah kayak ekor layangan, diurai gitu kepanjangan, diikal juga kepanjangan, dikuncir kelihatan aneh, dikepang makin aneh, serba salah lah.

trus kupikir ah ntar abis puasa ini sekalian potong rambut deh biar kelihatan fresh seger gitu.

dan seperti biasa, bagi kalian yang udah lama kenal aku atau baca blog ini sejak jaman baheula 11 tahun lalu pasti udah tahu lah kalau aku ini di kehidupan yang lain sebenernya adalah seorang tukang salon, bwahaha. jadi emang kupotong sendiri rambutku ini semenjak tinggal di inggris blas ngga pernah keluar duit sepeser pun buat bayar tukang cukur.

video sebagai buktinya udah tayang di IG makanya follow donk ah #modus

kedua - baju pengantin

abis punya rambut baru, aku pengin nyoba lagi gaun pengantinku yang ngga pernah muat itu! ngga muatnya udah sejak lama, beberapa tahun setelah punya anak dan menyusui selama 4 tahun, udah ngga pernah kupake. eh tahun ini kucoba pake lagi dua kali. pertama bulan maret lalu, lha ya jelas ngga muat! sletingnya brenti di bagian pinggang doank bwahaha.

gara-gara pandemik semua baju jadi ngga muat hehe


trus aku kayak punya ide jitu gitu, ah kalau olah raga kali bisa nih muat lagi.

hasilnya? zonk! ya mana ada olga doank bisa langsing haha. kecuali olganya lari marathon gitu sehari dua kali hihi. olga cuma senam gitu gitu doank selama 30 menit sehari. setelah sebulan kupikir ah coba pakai lagi itu baju. meski sletingnya udah agak bisa naik dikit, ya tetep aja ngga muat, judulnya. hihi. lihat foto di atas deh.

baru beberapa bulan kemudian setelah aku mengumpulkan info, riset sana-sini, dan persiapan mental, kuputuskan bulan agustus kemarin untuk mulai #smoothiechallenge selama 3 minggu yang selesai hari ini. itupun aku ngga berani pasang target apa-apa, takut kuciwa haha.

tapi sejak tadi pagi aku nimbang dan beratku udah turun dari 51 ke angka 47, dan akupun udah tahu kalau tumpukan lemak di badan ini pelan-pelan mulai melumer dan meleleh selama 3 minggu puasa, aku kayak yakin gitu kalau dengan berat segini akan muat di gaun pengantin lagi.

dan bener aja, gaunnya MUAT lagi gais!

seneng banget aku sampe bikin video muter-muter ala cinderella haha. foto-foto dan video ada di IG juga. ini satu foto aja kukopi di sini yak. suamiku dan ethan ikutan seneng. sesi foto-foto pun berjalan lancar, udah kek model aja haha.

senangnya, bajunya muat lagi setelah jeda 10 tahun


ketiga - before-after foto

nah, ini sebenernya karena aku juga pengin lihat transformasi badanku sendiri. jadi pas di hari pertama mulai challenge ini, aku sempetin waktu itu foto-foto kondisi badan dan perutku yang kembung dan selalu kelihatan buncit tiap pagi bangun tidur, meski udah sit up, udah olga, udah keto diet, udah no karbo, tapi kok ngga ada perubahan. kesel kan hahaha. siapa yang senasib angkat jempol?

tapiiii, 

karena pas hari pertama itu ngga ada target apa-apa alias kayak iseng aja gitu, kali aja berhasil yah kalau gagal lagi ya udah. makanya pas ambil fotonya juga ogah-ogahan, ngga persiapan, apalagi dandan. jadi foto-foto before-nya ya ala kadarnya, alias burem kusem ngga menarik. tapi lumayan lah minimal ada yang bisa dibandingin kan. lebih lengkapnya lihat di IG yah.

nah, karena ternyata hasilnya lumayan sukses, cihuiiii, kali ini makanya aku niatin dandan pagi-pagi, trus potong rambut jadi kelihatan segeran dikit, trus abis sesi foto-foto baju pengantin sekalian aku ambil foto buat before-after deh. mikirin konten banget aku yah, kurang kerjaan. sengaja kuitung kelarnya puasa 21 hari ini jatuh di wiken biar banyak waktu buat berfoto ria hehe.

foto sebelah kanan diambil hari minggu, sehari setelah smoothie challenge selesai


keempat - ukur-ukur

nah, pas di awal hari pertama aku juga kudu ukur-ukur kan supaya angkanya bisa dibandingin juga selain foto-foto.

ini nih hasil komplitnya:

hari pertama
berat badan - 51 kg
lingkar dada - 82 cm
lingkar pinggang - 76 cm

hari terakhir
berat badan - 47 kg
lingkar dada - 78 cm
lingkar pinggang - 66 cm

yang bikin kaget sebenernya hasil lingkar pinggang sih. lainnya biasa aja. karena tadinya kupikir dari 76 cm kalau bisa mengecil ke 70 cm aja aku udah seneng banget, baju-bajuku yang ukuran s dan xs bisa muat lagi. biasanya juga muat aja tapi bagian perut gembul gitu agak aneh hehe. lha kok ternyata pinggangnya meramping lebih singset dari yang kukira. sampe rata gitu meski kulitnya masih agak menggelambir bekas hamil dulu. bisalah habis ini dikencengin ototnya dengan core-exercise. ya ngga kudu six-pack juga, two-pack aja aku udah seneng.

sibuk banget ya wiken ini hihi.

setelah seharian foto-foto dan ngukur-ukur, akhirnya waktu makmal pun tiba. smoothie terakhirku udah siap, dan resep terakhir udah kuunggah di IG. lagu we are the champion-pun berkumandang haha.

sampailah aku di garis finish marathon puasa makan enak selama 21 hari ini. 

horeeeee.....


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...