Tuesday 23 March 2021

i am back!

halo semuanyaaaa

wow ngga terasa terakhir nulis di sini ternyata bulan mei tahun lalu! gilak yah ini akunya yang malesnya kebangetan atau gimana sih? hehe...

bukan males kok, gais (ini sapaan jaman now kayaknya ya, semuanya dipanggil gais, ngga di yutub ngga di tiktok haha), maapkan buat yang ngga suka panggilan ini boleh marah, bebas aja kok, gratis haha.

jadi memang hidupku beberapa tahun belakangan ini memang sangat menguras tenaga pikiran dan mental, gitu. apalagi sih kalau bukan soal karir atau kerjaan. jadi supaya tetap waras, aku komprominya ya udahlah lagi butuh fokus ke karir ya fokus aja dulu, lainnya ditunda, termasuk hobi nulisku di sini. gitu lho gais, makanya memang ngga pernah punya waktu, tenaga dan pikiran untuk bikin tulisan. untunglah ya belum setahun udah mencoba balik nulis lagi. lumayan lah, hiatusnya ngga kelamaan.


bukti kalau lagi sibuk karir, sampai fotoku dijadiin banner di website kantor hehe


tapi kenapa dulu ngga sempat nulis sekarang jadi sempat lagi? ada perubahan apakah?

banyak gais yang udah berubah! terutama sejak pandemi, dan melewati suka duka working from home, homeschooling anak, dan juga upaya menjaga kewarasan serta kesehatan mental menghadapi masa-masa sulit bagi seluruh penghuni planet bumi ini. paling penting itu sih menurutku. 

kalau kalian gimana? boleh cerita dikit cara kalian menjaga kewarasan mental selama pandemi di kolom komen ya. aku rindu kalian semuanya, ciehhh...

oh ya, ngga nyadar juga lama banget ngga ngintip blog sendiri, ternyata viewpage-nya udah tembus sejuta lebih haha, oh la laaa gubrag! tepatnya per hari ini pas aku ngetik ini ada di angka:

angka cantik, hehe



ngga nyangka haha. dulu pas awal-awal ngetik tahun 2010, ngga pernah kepikiran blog ini ada yang baca hehe. se-pesimis itu aku dulu lhoh. yah namanya realistis ya kan, siapa pula yang tertarik mbaca ocehanku yang kadang ngga ngalor ngga ngidul ini. tapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu, selalu ada aja yang nemu blogku ketika melakukan pencarian di mbah gugel. kebanyakan sih masih soal kawat gigi bwahaha.

lewat pencarian ini pula, aku sampai sekarang ketemu sahabat-sahabat online yang masih setia bertegur sapa dan saling menyemangati satu sama lain. positif banget lah pokoknya punya blog itu. makanya aku selalu sedih tiap ingat yah, blogku agak terbengkalai nih lama ngga ditengok. kapan lagi yah bisa punya waktu tenaga dan pikiran untuk nulis lagi, bla bla bla.

kepikiran doank tapi ngga ada tindakan nyata haha...

tapi karena aku cukup tahu kemampuan jiwa dan ragaku sendiri, aku ngga mau paksain juga, ngerjain semuanya jika memang sebenernya lagi ngga sanggup aja. lagipula punya blog juga ngga pasang iklan atau buat nyari duit jadi buat apa ngoyo ya kan. meskipun seluruh dunia sekarang sedang dirundung pandemi dan sebagian dari kita kehilangan mata pencaharian, aku sangat bersyukur dan merasa sangat beruntung karena kerjaanku ngga terkena imbas korona. justru malah beberapa bulan ini aku sibuk nambah beberapa orang lagi untuk kurekrut jadi timku.

dan satu lagi yang sekarang sangat membantu mengubah keadaanku dari yang tadinya sangat-sangat sibuk dengan kerjaan kantor yang memang ngga pernah ada habisnya itu, menjadi agak lebih manusiawi sejak bulan januari kemarin ketika aku punya bos baru. tadinya kan aku yang tanggung jawab seluruh departemen, sendirian. itu efeknya ke hidupku cukup besar ternyata. tiap malam lembur, kalaupun ngga lembur udah tepar capek banget terkuras semua energiku. boro-boro ngeblog kalau malam, kadang ngurus rumah pas wiken aja ngga sempat. rasanya capek banget lah. lebih ke capek mental sih kayaknya, tapi imbasnya ke badan ngga kuat ngapa-ngapain lagi.

tapi sekarang sejak ada bos baru mulai januari lalu, kayak ada yang diajak berbagi beban gitu deh, jadi tekanan dan tingkat stress-nya sudah jauh agak berkurang, alhamdulillah ya.

hmmm, mau cerita apalagi ya?


sudut london pas lockdown


oh iya, soal lockdown dan vaksin

udah pernah nulis dikit sebenernya tentang korona, tahun kemarin pas lagi awal-awal kejadian kayaknya tuh. 

tadinya sih kirain dengan wfh bakalan lebih banyak waktu luang buat ngeblog gitu eh ternyata perkiraanku salah besar haha. karena kalau kita duduk manis di kantor dan sibuk banget, orang kan bisa ngelihat kita sibuk ya, jadi ngga minta tolong atau minta bantuan macam-macam. nah, selama kerja di rumah ternyata sebaliknya gitu. karena mereka ngga bisa ngelihat kita, jadi email, pesan-pesan itu masuk dari segala penjuru gitu, kayak yang tiba-tiba tuh semua orang nanya ini itu, gimana ini itu, minta pendapat ini itu. 

namanya juga kerjaanku jadi manajer kualitas gimana sih. buat kalian yang kerja di pabrik tahu deh gimana kerja seorang manajer kualitas itu. kayak semua pertanyaan itu masuknya ke situ dan aku kudu ngambil keputusan dan ngasih jawaban supaya pabrik tetep jalan. sibuk? engga sibuk lagi, tapi makin ngga kepegang aja kerjaan sehari-hari karena sejak wfh berubah jadi call centre selama kerja di rumah haha.

tapi yah ada sisi positifnya juga wfh. 

kami bertiga, aku ethan dan paksu, jadi ngapain aja bertiga gitu lah. ethan sekolah juga dari rumah. dia sih nurun bapak ibunya, anak rajin dan tekun belajar ciehhhh. jadi gampang sih asal semua bahan belajar udah diprint pagi-pagi, dia kerjain tuh semuanya duduk manis di meja belajarnya. kalau mentok baru nyari aku atau bapaknya buat nanya. kadang muka dia suka tiba-tiba muncul di kamera pas aku lagi di tengah-tengah meeting haha.

banyak memang ya ortu yang kewalahan ngajar anaknya homeschooling. ya wajar juga karena tipe anak kan beda-beda, ada yang kalem ada yang butuh perhatian lebih. apalagi kalau anaknya banyak, beuh, ngga kebayang pusingnya hehe. semangat 💪 mom, bun, kita bisa!

o ya selama lockdown, karena aku ada kelainan paru-paru gitu lah, coba baca-baca postingan lamaku soal bronkhitis deh (tautan tinggal klik di sini), jadi aku parno banget selama musim korona ini. bukan kenapa-napa, namanya nyawa cuma satu ya kan, karena aku mikir paru-paruku bisa jadi masuk risiko tinggi ya mending cari aman daripada nyesel nantinya. 

kami bertiga bener-bener ngga kemana-mana selama hampir satu tahun, muterrrr aja di dalam rumah. untung rumahnya bukan tipe rsss yah hehe. satu kali doank pas keadaan mulai agak membaik bulan desember kemarin pas aku ultah, kami berdua makan di luar, pas ethan udah masuk sekolah lagi. udah seneng eh abis itu deket-deket natal lockdown lagi haha. gubrag!


foto ultah, sekalinya makan di luar setahun ini


saat ini, seperti udah sering diberitakan, inggris lagi gencar-gencarnya vaksinasi. 

tapi meski yang divaksin udah hampir separo penduduk lebih, aku belum dapet panggilan karena umurku dan kondisi kesehatanku masuk pada kategori prioritas terakhir, gais. meski memang aku ada sedikit masalah dengan paru-paru, tapi cuma mereka-mereka yang mempunyai penyakit parah banget yang memperoleh prioritas untuk divaksin. 

aku sih memang sehat-sehat saja kalau lagi sehat, cuma kalau kena batuk aja bengeknya kumat parah hehe. alhamdulillah selama lockdown ini kami mengisolasi diri jadi benar-benar terbebas dari segala macam penyakit dan mara bahaya. dan selama setahun di rumah ya sehat terus. nanti aku cerita-cerita terpisah ya soal gimana belanjanya, gimana pada rebutan tisu toilet pas di awal-awal lockdown haha dan cerita-cerita seru lainnya. 

stay tuned ajah.

soal olahraga

nah, ini seru banget sebenernya, dan kayaknya ini imbas dari lockdown yang kelamaan, sepertinya kita semua secara umum kan jadi lebih berkurang ya aktivitas yang membutuhkan pergerakan fisik. 

yang tadinya kudu gubrag gubrug pagi-pagi siap-siap ngantor, sekarang pake baju tidur aja bisa langsung meeting online asal jangan dinyalain videonya pasti aman aja hehe. trus yang tadinya tiap wiken bisa jalan-jalan kemana gitu sekarang praktis terperangkap di rumah aja. dan kalau udah di rumah, kulkas penuh makanan, sebelahnya ada tv dan sofa empuk, bisa ditebak udah pasti kegiatannya seputar makan, nonton tv, tidur hahaha.

dan tiba-tiba, chubby!!!

siapa yang berada di posisi yang sama tunjuk tangan? haha. 

eh tapi kuamati di sosmed ternyata banyak juga kok yang sebaliknya. banyak juga yang selama lockdown ini malah jadi rajin sepedaan, olahraga, yoga dll. apalagi sejak sepeda lipat brompton yang di inggris sini udah ada sejak lama dan biasa aja, ternyata sejak korona jadi happening banget di tanah air, kayak kalau ngga punya brompton ngga keren. kadang sampe mikir apaan sih nih orang-orang +62 cuma sepeda lipat gitu doank sampe seheboh itu haha #dilempar_brompton

mereka ini bolehlah dibilang masuk kelompok yang aktif. kalau aku sih masuk kelompok emak-emak mager haha. apa kita bikin perkumpulan baru yuk, persatuan emak-emak mager indonesia (PEMI) 😜

udah hampir setahun tuh sejak korona mulai parah dan inggris mulai menutup aktivitas umum bulan maret tahun 2020 lalu, aku blas ngga aktif sama sekali, kerjaannya tiap hari cuma masak, makan, tidur, boker 💩😖, kerja, repeat! haha. setelah hampir setahun, pas ultah nikahan yang ke-10 di awal bulan maret 2021 ini, baru aku nyadar betapa banyaknya tumpukan lemak di badanku yang ngga terasa mulai bertambah setahun belakangan ini karena KURANG GERAK (tuh kan caps lock nyala deh haha). 

nyadarnya ketika iseng-iseng setelah 7 tahun dianggurin di lemari, aku beraniin buat nyoba makai baju pengantinku lagi. ternyata ngga muat gais, bwahahaha. keisengan nyoba gaun pengantin ini bukan yang pertama kali, aku udah pernah iseng dua kali dan kutulis di sini dan di sini, komplit dengan fotonya.


ini baju pengantin yang sesak, belakangnya ngga bisa disleting gais, hehe


dari situ aku mulai berpikir keras. bagaimana caranya supaya masalah kesesakan baju ini ngga sampai di luar kontrol dan aku bisa kendalikan lagi. mungkin ini alami ada di dalam diriku ya, yang apa-apa dikit maunya kudu under-control, maklum manajer kualitas kerjaannya sehari-hari haha. control-freak jadinya 😐

sejak itu, aku putuskan untuk melakukan olah raga!

ihhhh, gitu doank dipamerin haha. meski bagi sebagian orang olahraga itu hal yang biasa saja, menurutku ini sesuatu yang besar dalam hidupku karena sejak lulus sma tahun 1993 lalu (kalian belum lahir kali yaaa haha), aku udah jarang banget yang namanya olah raga. maksudnya yang rutin ya. kalau cuma ini dikit itu dikit trus stop sih kadang-kadang meski juga jarang banget. pokoknya sejak kuliah, trus kerja di bekasi, trus melanglang buana ke eropa, trus kerja, trus nikah, trus ngurus anak suami rumah, yah gitu deh. 

udah ribet banget hidupku boro-boro kepikiran olah raga, beuh!

bedanya waktu itu karena sibuk dan kegiatan non-stop jadi ya banyak gerak juga meski ngga disengaja. penumpukan lemak di tubuh pun rada-rada diperlambat gitu lah. cuma sejak lockdown korona ini aja jadi berkurang drastis kegiatan hidup, lemaknya lalu bersorak gembira gitu deh mulai nempel di mana-mana. butuh hampir setahun buat menyadari untuk berbuat sesuatu sebelum terlambat!

nah, ini kuncinya. kata "terlambat" itu bagi sebagian orang artinya beda-beda dan aku hargai itu. ngga semua orang akan bilang kalau aku ini gemuk dan butuh mengurangi timbunan lemak di badanku. ada beberapa teman yang bilang, ah mbak masih langsing gitu kenapa panik olga sih, bla bla.

pandangan tiap kepala pasti beda-beda kan. ya sah-sah saja sih.

tapi kan ini badanku gais. aku yang mbawa tiap hari, ya iyalah masak dititipin hehe. dan dengan standar kesaklekanku dalam mengontrol hidup, aku akan merasa 'benar' jika penumpukan lemak di badan ini juga harus kukontrol. kayaknya memang kelihatannya, ihh apa sih gitu doank udah sok panik, haha.

engga panik juga, cuma memang sebelum terlambat, lebih baik diperbaikinya sekarang. lebih mudah juga kan. daripada nurunin lingkar pinggang dari contohnya saja ya, 100 cm ke 70 cm, kan lebih mudah menurunkan dari 75 ke 70 ya kan. inilah yang sering terjadi mengapa masalah obesitas (ngga cuma di indonesia tapi di semua negara yah), sangat sulit diatasi. meskipun lemak itu ngga tiba-tiba numpuk dalam satu malam, tapi bertahap. si pemilik badan nyadarnya kapan itu yang beda-beda. kenapa?

karena persepsi manusia tentang kata "terlambat" itu beda-beda juga!

menurutku, sekarang aja udah terlambat untuk memulai olahraga. tapi bagi orang lain mungkin nunggu dulu sampai benar-benar gemuk baru olah raga, atau baru kepikiran untuk berbuat sesuatu, ya kan malah lebih susah turunnya. gitu aja sih logikaku. kalau yang lain berlogika beda ya terserah juga, badan-badan situ sendiri hehe. baca juga cara berpikirku mengenai logika gemuk vs kurus di tautan ini kalau tertarik. tulisan lama banget 10 tahun yang lalu tapi tetap relevan, karena urusan gemuk kurus itu akan tetap selalu ada sampai dunia kiamat ye kan hihi.

oh ya, olgaku ini gratis ya. ngga bayar gym, ngga bayar subscribe, ngga beli dvd, pokoknya butuh hp ama wifi aja sih, kalau ini bayar bulanan tapi haha. video olga yang aku ikutin ini nih, gais. team body project, cari aja ada di yutub kalau kalian mau pakai juga. ada dari level beginner sampai advance, komplit. aku ngga promosi berbayar ini ya, kenal aja engga hehe. 

ketika nulis artikel ini, aku udah olga tiap hari sampai hari ke 17. apakah ada hasilnya? apakah manjur? apakah bermanfaat?


bergaya setelah olga


jawaban pendeknya iya jelas.

badanku terasa lebih segar, lebih enteng ngerjain sesuatu, ngga terasa ngantuk di siang atau sore hari, dan terasa lebih semangat meski secara berat belum turun. menurut teman kolega yang juga instruktur gym, bisa jadi setelah rajin olga ini berat badanku malah naik, dan itu ngga papa juga. karena logikanya, lemak yang kebakar akan berubah menjadi otot dan massa otot itu jauh lebih berat daripada massa lemak, masuk akal juga sih. targetku kan memang mengecilkan lingkar badan, bukan menurunkan berat badan. jadi biarlah menjadi lebih berat asal lebih padat, gitu lah pokoknya hehe.

kalau jawaban panjangnya, ngga ada proses yang instan. 

ngga ada sulap sim salabim. semuanya butuh waktu dan kerja keras. dengan kondisi badanku yang lama banget ngga pernah gerak, aku bertekad untuk memulai pelan-pelan. alias ngga ngoyo. aku pakai video yang paling gampang dan paling dasar dulu, supaya otot-ototku ngga kaget. kalau dibikin kaget dan besok paginya sakit semua, yah jadi malas olga donk ya. jadi harus pelan dan gentle. dan aku sanggup olga nonstop ngga pake malas meski sempat down pas hari ke-4 kalau ngga salah karena lagi dapet bulanan haha. akhirnya berhasil juga mendobrak kemalasan hari itu dan tetap olahraga. pokoknya aku keras kepala aja, ngga bakal nyerah dengan segala alasan ini itu. 

karena alasan itu akan selalu ada seribu satu macam. 

yang sulit itu mengabaikan semuanya dan terus memacu semangat untuk melakukan rutinitas yang terasa berat. akan selalu ada godaan, hambatan, tantangan di depan. baru juga 17 hari. gimana kalau udah 100 hari, 200, 400, 1000!! pengin sih aku mencapai target olga tiap pagi nonstop selama 1000 hari. itu kurlebnya 2.7 tahun sih, bisa ngga yah. taruhan yuk, haha.

soal masak-memasak dan jadi yutuber

kalau ini sih hasil iseng-iseng dan random banget lah gais asal muasalnya kenapa sekarang aku memutuskan untuk jadi yutuber juga. ohhh, mau nyaingin atta halilintar yah? haha.

ngga juga! gilak aja...

gini, niatnya ngeyutub ini awalnya dikomporin teman. karena aku kan suka iseng, kalau abis masak itu foto makananku kadang aku pamerin, baik di akun instagram (ayuk follow bagi yang belum! eh malah promosi akun 😝), maupun di fesbuk. semua link ada di menu kontak udah aku update lagi nih.

nah, trus suka ada yang nanya, resepnya gimana, bikin ininya gimana, bahannya apa, masaknya gimana dll. kepikiran tuh, apa mending divideoin aja yah. etapi malasnya kan ngeditnya, mana ada waktu fulgoso! barusan aja bisa napas dikit buat ngeblog lagi, mau sok-sokan ngeyutub juga haha. ambisius amat mati juga ditinggal semuanya hiks.


beberapa resep gercep masakanku yang videonya sudah tayang


trus aku nemu nih, editor di ipadku itu ada yang udah siap pakai gitu gais. 

jadi begitu videonya kelar, tinggal drag and drop aja, di template yang udah tersedia dengan bermacam-macam tema, jadi ngga yang kudu ngedit berjam-jam gitu, bisa tepar aku.

karena ada alat bantu yang instan inilah aku coba bikin video pertamaku. dan ngeditnya cuma butuh 15 menitan atau 20-an lah. panjangnya juga cuma 1.5 menit doank per video, jadi durasinya sangat pendek banget. 

akupun sebenernya ngga paham bikin video itu kudu panjang berapa durasinya. kan banyak tuh ya video tentang kehidupan sehari-hari yang durasinya sampe jam-jaman semua file diupload, siapa yang nonton yah haha. film lord of the ring yang panjang sampe 3 jam itu aja bikinnya tahunan kali sejak riset, lalu apakah video yang cuma ngoceh sambil jalan-jalan ngga jelas yang durasinya jam-jaman dan bikinnya ngasal itu ada yang nonton? itu aku ngga tahu juga, dan belum ada waktu buat nyari tahu.

sementara ini aku fokus ke bikin video aja. durasi dan lain-lain ngga penting, bisanya bikin video pendek ya udah. sekarang udah masuk minggu kedua sih, dan aku udah tahu sela-selanya ngedit jadi lebih cepet. bisa 10 menit jadi lhoh, satu video.

supaya simpel dan cepet juga, videoku ngga pakai muka (repot kudu dandan dulu dan jaga imej, beuh), dan ngga pakai suara (repot kalau kudu ngomong, ntar belepotan kudu edit, beuh-2!). dan karena udah makin pengalaman, sekarang posisi kamera pas aku masak juga udah fix, meski masih pake ipad aja ya udah biarin, yang penting udah ngga goyang-goyang lagi hehe.

lucunya, pas mau upload video pertama, kan aku kudu buka akun dulu yah gais, di yutub, eh lha kok ternyata aku tuh udah punya! akunnya pertama sign-up itu tahun 2012 cuma emang ngga pernah kupakai, ketahuan karena aku kan pakai alamat email yang sama, eh ternyata udah ada akun tapi ngga ada videonya hahaha. entah waktu itu maksudnya apaaaaa, pakai bikin akun yutub segala. kayaknya sih mau coba-coba upload video kehidupan sehari-hari gitu deh pas aku mulai hamil. eh tapi entah kenapa ngga jadi, syukurlah. kalau jadi udah viral kali yah semua hidupku terekspos hahaha. 

oh tidackkkkk!!!!

akun masak inipun, niatnya nih ya, sekedar mau upload video masak versi aku yaitu masak gerak cepet atau gercep. kenapa kudu gercep? ya kan aku tiap hari kerja gais, meski wfh tapi kudu tetap di depan laptop sampai jam setengah 6 sore, abis itu paling cuma punya waktu 30 menit - 1 jam sampai jam setengah 7 buat masak, karena ethan ama paksu ngga bisa makan di atas jam 7! selain terlalu telat juga buat ethan yang jam tidurnya jam 8 malam kudu sudah naik kasur. gitu lah, aturan di rumahku. rumah kalian aturannya ya terserah kalian, bebas hehe. 

dengan keterbatasan waktu inilah, tiap hari resep makan malamku harus yang serba cepat. ngga bisa tiba-tiba pengin masak rendang maghrib-maghrib, matengnya tengah malam haha.

di inggris sini, aku memang masak cuma sehari sekali doank. ngga kayak di tanah air yang subuh bangun udah kudu masak buat sarapan, maksi masak lagi, makmal masak lagi, wuih bisa menua diriku masak melulu hihi. di sini sarapannya bule itu gampang gais, paling cereal atau roti. anakku tiap pagi ya itu aja sarapannya sebelum sekolah. aku ngga pernah sarapan (baca tautan ini kenapanya), dan paksu sekarang ikut-ikutan aku ngga sarapan juga hehe.

maksi? ethan maksinya di kantin sekolah. kalau pas homeschooling, dia ama paksu maksi yang praktis aja, sandwich biasanya. aku? maksiku apa aja makanan sisa yang ada di kulkas hehe. baru deh, buat makmal aku masak.

jadi buat bikin video masak, kesempatannya ya cuma sekali sehari. kalau gosong ya udah itu videonya video hasil masak yang gosong haha.

niatnya cuma mau bikin 5 video aja dalam seminggu, supaya ada dua hari libur ngga bikin video. menunya ya apa aja bahan yang ada di kulkas dan makan malam kita sehari-hari gitu. engga yang diplanning jauh hari resep tertentu, ihhh kurang kerjaan. kalau misalnya di kulkas adanya nasi sisa ya jadilah video masak nasi goreng ama telor ceplok hahaha.


baru segini koleksi videoku per hari ini
link ke lamanku klik ini aja

bakalan garing?

ya biarin aja. namanya juga cuma dokumentasi masak harian ya kan. ada yang nonton sukur, ngga ada ya bodo amat. 

dimonetisasi? 

haha, jauhhhh buat mikir ke sana. dan tahu ngga sih, kalau duit dari yutub itu sebenernya ngga banyak juga! cuma mereka yang sekelas atta atau kardasian aja yang dapetnya gede banget. itupun kata atta bukan sumber pendapatan utama dia lhoh karena memang ngga seberapa dibanding gaya hidup dia yah. justru kayanya dia itu ya dari banyak bisnis lainnya gais, jadi jangan mikir jadi yutuber bisa langsung hidup enak yah. itu cuma ilusi!

lagipula, monetisasi yutub itu ada syaratnya gais, ngga langsung asal. kudu memenuhi syarat sekian penonton dalam kurun waktu sekian gitu. baru deh menghasilkan yang benar-benar signifikan. kalau cuma sedolar dua dolar yah capek aja ngurusnya.

terlebih lagi aku kan udah punya kerjaan tetap, kok jadi kayak kekurangan gitu kalau sampai nyari tambahan dari yutub haha. alhamdulillah kalau cuma buat hidup enak di inggris, aku udah bisa ongkang-ongkang kaki cuma dengan kerja harian saja. ngga mau serakah intinya gitu deh.

dan sebenernya ini lhoh yang bikin gimana gitu kadang-kadang. 

kalau denger kata yutuber, langsung deh pada mikirnya duit milyaran $$$ dari viewers ama subscribers. ya ngga gitu juga gais. kenapa sih pada mikirnya duit melulu, ngga ada yang lain buat dipikirin apa yah haha.

bikin video masak ini sama aja konsepnya kayak kalian sebelum makan apa aja difoto dulu trus diupload dipamerin gitu lah. gue ke resto ini nih, lagi maksi di sini nih, cafe ini enak nih, buat dokumentasi juga kan. nah kalau aku, pas masak aku videoin, resepnya kubagi, cara bikinnya gimana kubagi, biar yang pengin masak ala aku juga bisa nyontoh, udah gitu doank.

ya kali masak ala grasak grusuk gitu yang nonton jutaan kan ngga juga. udah buanyak banget video masak lain yang profesional, dan itu kerjaan tetap mereka sehari-hari, bikin video masak! bikinnya di studio, lightingnya bagus, masaknya direncanakan dengan matang, modelnya cantik molek atau ganteng, pakai kameraman handal, editornya profesional, bahan makanannya segar dan khusus dibeli buat difoto, dll.

beda jauh kan, jadi ya realistis aja.

makanya semangatku itu tadi, kalau ada yang nonton sukur, ngga ada bodo amat, yang penting aku upload terus. kalau seminggu bisa 5 video, setahun berapa tuh, 260 gais, yah 200-an udah bagus lah ya dalam setahun hehe. lima tahun masak udah seribu-an video haha. kenapa sih semuanya targetnya 1000? olga 1000 hari, masak 1000 video 😝 etapi blog ini dulu pas mulai nulis tahun 2010 malah ngga pake ditargetin mau berapa pageview-nya, bisa dapet 1000 view udah sukur. lha kok malah udah tembus sejuta aja yah haha. dan, tetep ngga aku monetisasi blogku ini, gais.


ini lho syarat monetisasi yutub, minimal 1000 subscriber, eh 1000 lagi kan hehe

eh tapi nanti yutubku kalau yang nonton udah banyak dimonetisasi ngga ya? ya tergantung, yutub mau bayar aku berapa, haha #sombong #dikeplak

jadi gitu aja yah, udah panjang juga nih, kangen nulis aku tuh soalnya, jadi ngalir aja ngetik ngga bisa brenti. tapi udah sampai sini dulu yah, pegel juga nih bahu udah lama ngga ngetik panjang, tiba-tiba udah segini aja. nanti kapan-kapan cerita-cerita lagi.

terima kasih buat kalian yang sudah baca sampai bawah sini, dan masih mau baca-baca blogku lagi, mudah-mudahan betah ya ndengerin ocehan random-ku ini. bakalan lebih sering nulis pokoknya, kuusahakan minimal seminggu sekali lah, atau kalau bisa lebih sering. semoga dilancarkan niatnya, amin.

so yes, i am back!!!




2 comments:

  1. Mbak Naaay... Aku kangeeen. :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kimi aku jugaaaaaa. Ya ampyunnnn berapa purnama kita ngga saling sapaaaaa #gubrag. Alhamdulillah tulisanku membawamu kembali menyapaku #ini_apaan_sih. Gimana pandemi? Sehat kannnn? Miss you toooo 🤗

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...