Thursday 3 December 2015

life begins at

forty!

tadinya postingan ini tuh sebenernya belum ada isinya. cuman karena aku kejar tayang, judul-judul doank udah di-publish! cih, blogger ga mutu! haha.

maksudnya sih biar dapet stamp-an tanggal 3 desember pas aku ultah kemarin itu aja. tadinya mikir bisa ngetik isi postingan di hari yang sama malemnya, eh malah tepar ketiduran jam sembilan seperempat dan kebangun udah jam 5 pagi!

jadi ceritanya kan tanggal 3 kemarin tuh aku ultah #halah. biasa aja sih tiap tahun juga gitu haha


ga kayak tahun-tahun sebelumnya yang biasanya aku tuh punya waktu banyak untuk persiapan ini itu, termasuk persiapan postingan ultah, yang akhirnya biasanya pada hari h-nya tinggal nempelin poto-poto, trus tayang deh, eh, khusus ultah kemarin ternyata cukup amburadul sodara-sodara.

pertama, bangun kesiangan! haha… 

gara-gara malemnya tidur telat jam satu pagi, kebangun setengah dua pagi, tidur lagi jam 5 pagi, baru bangun jam 8 pagi. bayangpun! kacau banget kan?! si ethan tuh biang keroknya haha, anak sendiri dikerok-kerokin.

aku emang biasa kalo ultah tuh melek sampe tengah malem. kata primbon, eh kata nenekku dulu sih biar afdol aja. jadi pas kemarin itu meski udah ngantuk dan biasa tidur antara jam 10-11 an malem, akunya masih melek nunggu tengah malem. eh pas udah hampir jam 12, malah ada sms dari ibu ngucapin met ultah, trus pake acara miskol segala dari indonesia. sana mah udah jam 7 pagi. rupanya ibu minta ditelpon! haha

biasalah ga mau rugi bayar pulsa internasional indonesia-inggris kan mahal 

jadi daripada mama minta pulsa, ya mending minta ditelpon aja dengan kode miskol. ini ga ada hubungannya ama papa minta saham lho yah, awas jangan dihubung-hubungin! jadilah kami ngobrol ngalor ngidul. biasalah ngobrol ama ibu itu ga bisa 5-10 menit, paling ga pasti sejam, minimal.

jadilah akhirnya meleknya sampe jam 1 pagi!

begitu kepala nyentuh bantal, langsung ngorok aja donk. aku gitu lho, haha. ehhhh, lagi mimpi indah tiba-tiba kedengeran suara ethan kebangun! kulirik jam digital di sebelah tempat tidur, baru jam setengah dua. alamakkkkk, baru juga merem setengah jam, udah panggilan tugas lagi sebagai seorang ibu, huhuhu.

biasanya sih ethan bangun tengah malam karena kakinya butuh diolesi krim lagi. kan aku dah sering cerita dia punya kondisi kulit kering. jadi tengah malam suka kebangun garuk-garuk. dan biasanya sih setelah diolesi krim lagi dia balik tidur lagi anteng ampe pagi. ehhh, ini parah banget. bukannya balik tidur, dia malah kebangun dan ga mau tidur ampe jam 5! duarrr....

karena aku ga mau sengsara sendirian, kubangunin juga suamiku lah. kan bikin anaknya berdua, mosok cuma emaknya yang sengsara. di mana keadilan? hahaha

jadilah acaranya malah melek bertiga sampe pagi huhuhu. ethan baru bisa anteng setelah jam 5 pagi yang mana akhirnya kami semua tepar parah dan terlelap dalam sekejap. alarm bunyi dua kali udah langsung dimatiin lagi aja ga pake ditengok. bangun-bangun udah jam 8 aja donk! telat donk, panic donk, gubrag gubruk donk. 

padahal itu hari kamis, hari kerja, dan hari ultahku!

sambil panik, sempet kepikiran untuk nelpon hrd ijin ga masuk dan ambil cuti. tapi ga jadi karena jatah cuti udah tinggal seupil, pengin diabisin buat cuti akhir tahun aja biar bisa hiatus panjang. lagian kemarin aku yang udah beli-beli makanan kecil buat dibagiin di kantor, karena tradisinya emang gitu yang ultah kudu ntraktir orang sekantor hahaha. ntar makanannya mubazir donk ah kalo ga ngantor.

ya sutralah akhirnya meski udah kayak zombie karena cuma dapet tidur 3.5 jam malam itu, aku berangkat juga. untung karena udah telat banget, jalanan udah sepi hehe. jadi nyetir rada santai. eh udah telat kok malah nyante sih hihi #karyawan telat-an

***

yang kedua, meja kantor berantakan!

gara-garanya begitu baru nyampe kantor plus telat, udah banyak aja yang naruh kado ultah di meja. baik banget sihhhh temen-temen kantorku. mana kadonya gede-gede haha. padahal aku kan butuh tempat buat ngerjain kerjaan. akhirnya tanpa sempet ngeliat isinya, kado-kado itu sementara aku tumpuk-tumpuk aja dulu di pojokan. eh, belum juga selesai ngurusin kado, tiba-tiba ada suara koor paduan suara dari belakang meja, nyanyiin lagu ‘happy birthday’!

jiahhhh, ada yang bawa kue ultah lengkap dengan lilin nyala diikuti beberapa orang menuju ke tempat dudukku. blom pernah deh ada yang ngasih aku kejutan kue ultah, apalagi dari orang kantor. temen kerja yang lain juga ga pernah ada yang dapet kue deh kalo ultah. aduhhhh, jadi berasa spesial pake telor, aku kan jadi terharu, aku kan jadi pengin nangis, aku kan jadi melow….

“blow the candle and make a wish!” teriak mereka bareng-bareng. 

yah ga jadi nangis deh. malah sibuk niup lilin lalu cipika cipiki. bersamaan dengan itu seluruh ruangan tepuk tangan. hadeuh jadi heboh! trus temen kerja yang baru ngeh kalo aku ultah pada datang satu-satu ngucapin selamat. oke, itu udah kira-kira 15-20 menit sendiri. waktu bergulir cepat.

udah dateng telat, meja berantakan, sekarang tambah lagi ada kue ultah segede gaban di meja kantor! trus aku mau kerjanya gimanaaaaa… #lebay

kue kejutan dari kantor, cantik banget yah
ga tega mo makannya lol

***

yang ketiga, di hari ultah pas banyak deadline!

setelah kehebohan kue berlalu, begitu ada tempat dikit buat ngegeser-geser mouse, aku pun lalu sibuk ngecek email. eh, baru nyadar ada beberapa deadline yang kudu kukerjain hari ini, minimal kudu mulai dicicil hari ini kalo ga minggu ini ga akan kelar. nah lo.

padahal aku kan ngantuk bangettttt….hahaha

abis itu masih ada satu dua orang temen datang ke meja dan minta tolong dokumen mereka direview dan ditandatangani hari itu juga karena ‘urgent’. kebetulan hari itu bosku emang lagi dinas keluar kota, dan kalo dia ga ada di tempat, akulah yang bertanggungjawab untuk tanda tangan ngegantiin dia. deputi lah istilah kerennya. 

alamakkk, kenapa orang-orang ini ga membiarkan aku merenung seorang diri dalam sepi sihhhhh, kan ini hari ulang tahunku, leave me alone nape hehe.

untunglah berkat secangkir kopi meski aku jarang banget minum kopi, lumayan ngebantu ngusir rasa kantukku, jadi aku bisa ngelarin beberapa dokumen dan beberapa tugas. ga bisa mikir banyak sih, karena kepala udah berasa kayak ada bedug masjid ditabuh pas maghrib gitu. dhung…dhung…dhung…

***

yang keempat, surprised!

nah, pas lagi konsen-konsennya ngerjain kerjaan, eh tiba-tiba ada hrd datang lagi ke meja bawa-bawa rangkaian bunga mawar putih segede gaban. whoaaa, surprise dari penggemarku yang mana ini ya. 

setelah bilang makasih dan aku buka kartu yang nancep di potnya, eh ternyata dari suami tercinta, prikitiwww. padahal ga pernah sama sekali dia tuh ngasih-ngasih aku bunga. romantisnya dia mah ga pake bunga mawar tapi bunga bank bwahaha...

pas aku telpon bilang makasih dan nanya kenapa tiba-tiba ngirim bunga, dia bilang biar ultah ke-40 ku jadi spesial, ciehhh. alesan dia karena ultah ke-40 dia empat tahun yang lalu emang sangat spesial jadi dia pengin ultah ke-40-ku spesial juga. co cuit banget ga cih. gimana ultah dia ga spesial kalo sehari sebelum dia ultah adalah hari pernikahan kami hehe. sengaja sih biar dia ga kelupaan tanggal aniverseri.

gegara sekarang ketambahan rangkaian bunga, meja kerjaku jadi penuh lagi aja donk haha.

meja kerja di hari ultah
yang biasanya hari kerja biasa kosong kali ini mo nulis aja ga bisa

***

kelima, lupa bawa maksi!

kan pagi-pagi aja udah telat, gubrag gubrug langsung kabur. mana kepikiran belok ke dapur hehe. parah lah aku ini. mana sedari pagi dari nyampe kantor tadi banyak banget kejadian ini itu sampe ga sempet makan apa-apa. emang aku jarang banget sarapan sih, tapi minimal ngemil apaan kek. lha ini sampe jam makan siang aja ga kepikiran makan. untung tadi pagi masih sempet ngebawa makanan kecil cemilan ultah buat temen-temen kantor.

karena malas ke kantin juga, akhirnya aku gerilya deh ke pantry nyari-nyari kalo masih ada cemilan sisa. kesian banget ga sih yang bawa makanan malah ga kebagian haha, salah ndiri dari tadi sibuk beud!

untunglah masih ada beberapa cuil cemilan yang bisa dipake buat ganjal perut. lumayanlah. 

harusnya bisa aja sih aku makan kue ultahku yang dikasih hrd surprise tadi pagi itu. tapi aku pengin bawa pulang dulu ah kasih liat suami, dan karena kuenya cantik banget sayang aja mo makannya hahaha. dipelototin aja jadinya tuh kue di meja kerja.

tapi ga papa makan cemilan aja udah kenyang kok. karena sebenernya kalo aku dalam kondisi dilemma antara ngantuk dan lapar, biasanya yang menang kantuknya sih. seringnya milih tidur lapar daripada bela-belain makan tapi ngantuk hehe.

nah kemarin pas ultah itu kan kondisiku zombie banget, jadi sebenernya makan udah males aja, pengin tidorrrrr... tapi jam pulang kantor kok masih lama ya. dan itu kayaknya jarum jamnya kok ya geraknya lebih lambat dari hari-hari biasa haha.

meski tersuruk-suruk, beberapa tugas akhirnya kelar juga sih. beberapa permintaan dokumen yang butuh ditandatangani urgent juga dah beres. jam masih berdetak lebih lambat dari hari biasa. dan aku semakin tepar!

***

karena udah ga tahan lagi, dan kalopun dipaksain akunya ga bakalan produktif juga, akhirnya aku nelpon hrd, bilang mo pulang awal. daripada ntar aku nyetir pulang sambil tidur malah nabrak-nabrak, kan mending aku pulang cepet kan ya. besok pagi baru bayar utang!

hah, utang apaan?

maksudnya, di inggris sini rata-rata jam kerja kantor emang bisa fleksibel. disebutnya flexi-hour. dalam kontrak kerja kan kita cuma kudu kerja maksimal 37.5 jam seminggu. rata-rata 7.5 jam sehari lah. itu itungannya jam 9 sampe setengah enam sore, istirahat 1 jam buat maksi ama internetan. prakteknya sih istirahat di sela-sela kerjaan juga boleh. internetan kapan aja juga ga papa. ga gitu ketat juga aturannya.

nah, kadang-kadang kalo dalam sehari kita ga bisa kerja penuh sampe 7.5 jam, boleh aja cuma kerja 6.5 jam trus besoknya kerja 8.5 jam, buat ngebayar yang 1 jam utang itu. makanya kusebut bayar utang hehe.

flexi-hour ini perlu buat situasi-situasi di mana bisa jadi karena kita mau masuk telat atau pulang awal. ada juga yang flexi-hournya dateng telat pulang telat, atau pilih dateng lebih awal pulang lebih awal. meski lagi-lagi prakteknya juga suka ngaco hehe. enak sih suka-suka... 

yang penting asal kerjaan beres aja, dan boss hepi kadang-kadang ga diitung juga kerjanya berapa jam. ga pake kartu absen juga kita mah hehe.

nah, kayak kemarin itu akhirnya aku pun minta ijin pulang cepet kabur jam 4.30 sejam lebih awal. padahal datang udah telat. emang karyawan teladan aku mah. jangan ditiru yak.

***

setelah sibuk angkut-angkut kado, kue, dll ke bagasi, aku pun tancap gas menuju rumah. 

untunglah sampe rumah ethan ga gitu rewel. tau kali emaknya kecapean. atau mungkin dia juga sama-sama tepar gara-gara sama-sama kurang tidur malam sebelumnya hehe. malamnya si ethan tidur cepet, dan pules sampe pagi ga pake acara bangun tengah malem dan garuk-garuk lagi. begitu ethan tidur, aku juga sukses langsung ngorok tanpa sempat ngapa-ngapain lagi. makan malam aja suami yang nyiapin dan kayaknya aku ngunyahnya sambil merem deh, ga inget apa-apa haha.

akut!

kado ultah dan kartu dari ethan ama suami

***

saking banyaknya kejadian yang bertubi dan silih berganti, mana sempetlah aku ngebuka fesbuk hari itu. boro-boro fesbuk, bales sms aja ga kepikiran!

padahal tuh ya, tiap tahun aku tuh selalu sempetin nyisihin waktu beberapa jam, buat ngebales ucapan-ucapan ultah dari keluarga, sahabat, temen, temen jauh, kenalan, bahkan orang ga kenal hehe, di fesbukku. selalu begitu tiap tahun aku bales pesan-pesan itu satu persatu, meski butuh waktu seberapa lamapun, tetep aku bales!

karena aku tuh bukan tipe yang cuma pasang status generik “makasih ucapannya ya teman-teman semua, maaf ga bisa balas satu-satu” hihi - #bukan_postingannyinyir_ini_lhoh

ya orang kan beda-beda. ada yang begini ada yang begitu, ada yang begono ada yang beginu. boleh aja suka-suka, tapi kalo aku mikirnya gini. 

orang nulis ucapan itu butuh waktu lho, butuh konsentrasi, kadang butuh pengorbanan haha #lebay

jadi sebagai penerima pesan, ucapan, atau apalah namanya, aku kudu hargai sekecil apapun perhatian orang lain, dengan ngebales ucapan itu satu persatu. emang sih butuh waktu lama, emang sih bikin pegel, apalagi kalo kesohor dan fans-nya banyak #bukan_aku_itu_mah

untung fans-ku ga banyak-banyak amat, bisa-bisa kudu nyewa asisten buat ngebales pesen fesbuk doank tiap kali ultah hihi

gegara seharian itu aku yang tiba-tiba jadi super sibuk sekali, untuk ultah kali ini fesbukpun jadi ga terjamah karena jam 9 malam lewat sekian aku udah ngorok kecapean!

***

enaknya kalo tidur gasik atau awal itu, dan ga ada gangguan apa-apa jadi bisa pules banget, besok paginya bangun tuh rasanya kayak batere kedip kedip trus ketemu charger gitu deh! doh, analoginya ga banget haha

eh, tidur semalem juga gitu. 

begitu kebangun jam 5 pagi, rasanya seger banget. jeruk aja kalah lah segernya, lol. karena masih kepagian buat ngapa-ngapain, misalnya buat nyuci mobil haha, akhirnyaaaaa, aku jadi ada waktu buat buka fesbuk!

jadilah pagi-pagi tadi aku baru bisa bales pesen-pesen itu satu persatu, sampe tuntas tas tas. karena keasyikan fesbukan pagi-pagi, eh ga nyadar lihat jam udah jam 8 pagi aja! gubrag! aku telat ngantor lagi, hahaha...

***

begitulah kehidupanku sehari-hari, selalu berkejaran sama detik jam.

orang bilang kita sama-sama punya 24 jam sehari. tapi ada yang bisa hidup santai, dan ada yang hidupnya selalu diburu waktu. sayangnya untuk saat ini aku termasuk di kategori yang kedua, damn!

mungkin dengan memasuki umur kepala empat ini, adalah waktu yang tepat untuk ngerem.

mungkin kini saatnya untuk mengurangi hal-hal yang ga atau kurang perlu dilakukan jadi hidupku bisa lebih longgar dikit. mungkin itulah intisari dari frase barat yang kujadikan judul postingan ini, life begins at forty!

kalo kemarin-kemarin hidupku rasanya tuh apa-apa serba buru-buru, makin banyak hal yang pengin dan perlu dilakukan meskipun hal-hal itu ada yang penting, kurang penting atau ga penting sama sekali. sementara sehari kita semua cuma punya waktu 24 jam dan ga bisa ditambah lagi. mungkin kini adalah saat yang tepat untuk menata ulang lagi prioritas-prioritasku dalam hidup.

mungkin ini saat paling tepat untuk memangkas hal-hal kurang berguna, kurang bermanfaat, atau kurang perlu, supaya hidupku bisa sedikit lebih santai dengan urutan-urutan prioritas yang lebih rapi tertata. doh, bisa ga yaaaaa?

mudah-mudahan bisa J

"happy birthday to me"
03.12.2015

14 comments:

  1. Happy birthday! *semoga gak salah tangkep. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. you're right, well done :-) thanks...
      kontennya belum siap tayang. mau capture tanggalnya dulu jadi isinya kosong hehe

      Delete
  2. happy birthday, mbak. Pengen deh kyk mbak, being 40 and fabulous. Masih punya waktu 10 tahun lagi (",)

    ReplyDelete
    Replies
    1. whoaaaa...aku dibilang fabuloussss *langsung melayang serasa terbang ke pluto* hahaha makasih banyakkkkk :-) semua orang bisa kok being 40 and fabulous, yg penting selalu hepi hihi

      Delete
  3. Hebat si mbak Rini, walaupun harus berdarah2, tetep kudu update di tanggal yang telah ditentukan, demi menjaga nama baik diri sendiri ya, mbak, eeeh, hahaha

    Mungkin saya salah satu yang dibales tapi ga kenal, mbak, oia, kalo hadiahnya kebanyakan bisa dibagikan kali, ehem, :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ga sampe berdarah darah lah Days serem amat, paling bonyok ama benjol doank haha.

      eh kita kenal ah, tapi blom pernah ketemu aja, bwahaha. Ada nih hadiah mo peralatan make up apa mo sapu tangan pink? Haha

      Delete
  4. Mbak Naya, selamat ulang tahun. Semoga hari ini meja kerjanya udah bersih lagi dari kue dan mawarmawar putih itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dah dibawa pulang semua kok sekarang meja makan di rumah yang gantian penuh jadi ga bisa makan di situ pindah ke depan tv makannya hahaha...
      makasih bu dokter :)

      Delete
  5. Oh gt ceritanya...knp kmrn bales inboxku telat... *sok sokan ikutan nunggu balesan inbox.... Hahaha... Selisih 4bln dg ya mba...duluan aku 5 agust kmrn 40...dr buku yg prnh aku baca dijelaskan klo usia 40 itu spt jembatan... Mksdnya diusia sblm 40 adalah usia keemasan manusia dan stlhnya nikmat akn berkurang satu2... Yah mgkn bs asam urat, ubanan, pegel encok dsb... Wihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Iro, maap hihiiii. Wahhh agustus kayak ibuku donk, hehe seumuran kita yaaa sama sama sweet forty hahaha. Wadowww tanda tanda encok dah mulai nih mak piye iki hahaha daftar nya panjang banget menyeramkan tutup mata aja deh haha

      Delete
  6. aaaaa. baik bgt teman mbaak, hbd yah mbak, tetep rendah hati dan makin awet muda! amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaa, aminnnnn. Makasih banyak Dindaaaa. Muachhhh

      Delete
  7. Hihihi bisa tau posting hari ini pun trus stampnya diganti tanggal sesuka hati =)) Asiknyaaa banyak hadiahhh... udah 40 nih yee :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha udah tua aja gw ya Una. Lu jadi berasa piyik gitu yah yah yah, lol

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...