Wednesday 6 May 2015

bukan eyd

entah awal mulanya gimana, waktu aku mulai rajin ngetik di blog tahun 2010 lalu, males aja rasanya ngetik sambil mencet-mencet tombol caps lock!

sejak postingan pertama otakkukusut dengan judul yang sama tanggal 18 agustus 2010 itu, semua postinganku memang sengaja ga ikut pakem cara menulis yang baik dan benar sesuai apa yang guru tata bahasa indonesia-ku ajarkan dulu. ga sesuai juga dengan aturan eyd, atau ejaan yang disempurnakan, juga ga ngikut aturan tata bahasa manapun.

pokoknya, gaya ngetikku di blog ini suka-suka aku sendiri lah! :-p

bukan karena aku ga ngerti eyd, bukan karena aku ga paham pakem berbahasa, bukan karena aku malas. tapi karena semua itu memang disengaja. sekali lagi, disengaja!

gini-gini aku selalu ranking satu di kelas sejak sd sampe smp. sma selalu lima besar. nilai bahasa indonesiaku selalu di atas rata-rata, bahkan sering menang lomba mengarang #smug. bukan karena guru bahasanya tetanggaan sama rumah ortu sih, itu mah kebetulan aja hehe, tapi karena aku orangnya termasuk perfeksionis.

kalo udah urusan resmi nulis laporan atau apapun yang emang kudu pake bahasa indonesia yang baik dan benar ya pastinya otakku kerjanya pake eyd lah.

ga kayak generasi alay jaman sekarang yang banyak dikeluhkan suka nyampur aduk urusan resmi dan urusan santai #uhuk. ga bisa ngebedain kapan pake bahasa slang dan kapan kudu berbahasa sesuai eyd. namanya juga generasi alay, hehe.

di kantor, karena kerjaanku salah satunya adalah nge-review dokumen dari semua departemen, kalo ada yang lupa ngetik huruf besar, titik koma ga bener, salah format, karena ternyata orang inggris juga banyak yang kemampuan komputernya di bawah standard lho, ngedit pake ms word aja masih amburadul ck ck ck, atau misalnya salah pake template, dokumennya pasti aku reject. kukembaliin ke yang punya dan sebelum dibenerin ga bakal aku tanda tangan, hehe.

padahal itu ngeceknya kudu sesuai pakem eyd-nya bahasa inggris lho! namanya juga kerja di inggris, mosok ngikut pakem bahasa jawa hehe.

***

trus kenapa blog ini keluar pakem sih? kan jadi ga sesuai dengan anjuran blog-blog tutorial yang selalu isinya tentang 'bagaimana cara menulis yang baik dan benar' itu?

hihi... biarin aja lah orang bikin tutorial.

bagiku, blog ini isinya suka-suka aku aja. ga ngikut pakem eyd ya ga papa. emang kudu gitu? ga juga kan? kesengajaan ini juga dilatarbelakangi oleh beberapa hal. berikut ini daftarnya:

1) konten blog bukan konten resmi, isinya campur aduk cerita sehari-hari. karena emang dulu bikin blog niatannya buat tempat nampung unek-unek doank, sekalian nyatet diari kehidupan #ciehhh. ada yang baca sukur, ga ada ya kebangeten! hehe

2) sengaja semua kalimat ga diawali dengan huruf besar, sekali lagi, sengaja! #ngeyel

meski begitu, pakem penulisan yang lain seperti misalnya kapan harus pake awalan di- yang disambung dan kapan pake awalan di- yang dipisah, aku yakin 100% selalu bener! boleh dicek semua postingan-postinganku #modus. karena banyak banget blogger di luar sana yang make awalan di- aja masih banyak yang salah lhoh! #nomention hihi

3) sengaja ga pake kata-kata baku yang ada di kamus, dan sengaja diselipi kata-kata bahasa planet lain seperti planet jawa, planet sunda, planet alay, planet lebay, dll, supaya ga bisa digugel translate.

kalo ada yang masih nekat ya tanggung sendiri akibatnya kepala bakalan pusing kaga ngerti aku nulis apaan bwehehe.

4) sengaja kalimatnya campur aduk dan banyak ekspresi di sana sini supaya yang gi baca berasa diceritain langsung sama aku gitu lho, jadi biar ga cepet bosen #halah. 

coba bandingin deh sekarang satu paragraf di bawah ini yang aku comot dari satu postingan lama, gimana jadinya kalo ditulis dengan bahasa baku. pasti ngakak bacanya.

"begitu aku tunjukin ke dia dan mulai nyusun keping-keping itu satu demi satu, dia mulai tertarik dan ga lama kemudian udah ngerti aja, keping mana musti dipasang di sebelah mana. yang ga lihat dengan mata kepala sendiri mungkin sulit percaya ya.
eh pas kami kedatangan tamu temen orang indonesia yang nginep di rumah, mereka sampe takjub gitu lihat ethan mainannya udah puzzle 50 keping aja, haha. padahal waktu itu umur dia baru 18-20 bulanan deh."


"Segera setelah aku menunjukkan kepadanya dan ia mulai menyusun keping-keping itu satu demi satu, ia mulai tertarik dan tidak lama kemudian ia sudah mengerti keping mana harus dipasang di sebelah mana. Yang tidak melihat dengan mata kepala sendiri mungkin akan sulit untuk percaya.
Maka ketika kami menerima kedatangan tamu teman-teman orang indonesia yang menginap di rumah kami, mereka merasa takjub melihat kemampuan Ethan yang sudah bisa bermain puzzle 50 keping. Padahal pada waktu itu usia Ethan baru berumur sekitar 18 - 20 bulan."

tuh, garing kan? haha...

5) yang terakhir dan paling penting nih, biar ngurangin kemungkinan untuk dikopas dengan semena-mena sama para pencuri postingan!

karena konten blog ini (sengaja dibikin) unik, jadi yang udah nyolong terpaksa kudu ngedit dulu banyak-banyak biar ga ketahuan kalo hasil colongan. kalo apa adanya dikopas mah pasti langsung ketahuan gaya bahasaku yang ajaib ala otakkukusut ini haha, rasain.

untungnya belum pernah kejadian sih ada yang ngopas tanpa ijin. atau mungkin ada tapi belum ketahuan? ayo angkat tangan siapa yang udah pernah nyolong? sini laporan dulu! #hihi. ga lah, pembaca blog ini alim-alim semua kok, yang ada perlu dengan konten blog pasti pada minta ijin dulu baek-baek. toss dulu lahhh :-)

jadi buat para pengunjung baru yang ngebaca postingan-postinganku lalu dahinya berkerut, dan mikir ini blog kok aneh banget ya ga ada huruf besarnya? atau mikir, kok blog ini ga ngikut aturan eyd dan pakem nulis yang baik dan benar ya? jawabnya ya itu tadi, emang disengaja!

demikian sekilas info :-)

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...