Thursday, 9 April 2015

blog tutorial

sering banget aku liat postingan blog yang isinya adalah tutorial. temanya macem-macem, dari kerajinan tangan, gimana cara kasih watermark ke foto, gimana cara nambahin ini lah, itu lah, anu lah, bahkan sampe cara utak-atik css.

komplit lah pokokna....dari tema a sampe z!

dan kalo diamati lebih jauh lagi, blog-blog yang isinya tutorial ini biasanya iklannya bertebaran. hmm, jadi paham sekarang kenapa isinya tutorial, hehe. karena orang awam kalo nyari jawaban akan sesuatu sekarang ini pasti larinya ke internet. jadi makin banyak postingan tutorialnya, makin banyak pengunjungnya tentu saja. dan makin gede komisi dari si pemasang iklan ;-p

aku juga baru nyadar belakangan ini, kalo ternyata blog travelling, blog tutorial, blog resep itu memang adalah sebuah ladang mata pencaharian bagi penulisnya lho. holoh, baru ngeh, kemana aja aku selama ini, hihi. polos, naif, atau o'on banget sihhh! bukan bermaksud nyinyir lho ini. sah-sah saja donk nyari penghasilan dari blog kan yang penting halal, daripada jadi koruptor hehe.

meski tentu ada juga blog yang kadang-kadang nyelipin tema tutorial, atau resep, atau travel di sana sini tapi emang ga ada 'titipan' iklannya. kan perkecualian selalu ada.

gara-gara ini, aku jadi pengin juga bikin postingan tutorial! #tukang ikut-ikutan

kali aja pengunjungnya jadi banyak dan blog-nya jadi rame ya kan? hihi #ngarep. meski blog otakkukusut ga terima pasang iklan #yang punya udah kaya #minta dirajam, boleh saja kan kalo aku posting tutorial. tapi blom tau tutorial tentang apaan haha.

bukan karena apa-apa sih, pengin aja. dan karena belum pernah sama sekali aku posting tentang tutorial, jadi biar komplit aja semua-mua ada di sini, alias kemaruk. tapi kok serasa kebanyakan niat nih kaeknya.

yang pengin posting ngebahas travelling keliling eropa aja udah janji dari kemarin belum terlaksana. trus masih ada yang niat fashion challenge itu juga blom mulai, malah sekarang ngambil cuti dadakan gara-gara si ethan kena cacar air, hadeuh! eh sekarang mau bikin tutorial segala. banyakan janji deh, ntar kalo ga terealisasi ditimpuk massa lhoh.

iya, iya ngerti. kalian mo bilang, 'nafsu besar tenaga kurang' deh pasti, haha!

ya tapi namanya ide boleh saja toh. kalo ga bisa tayang cepet-cepet ya minimal udah ada di draft dulu lah, hehe.

soal alesan kenapa aku ga pernah nulis tutorial, kaeknya karena aku tuh selalu ngerasa kurang nyaman gitu lho, kalo bikin-bikin tutorial. padahal aku tuh hobi ngajar lho! maklum alm bokap guru. dan tiap kali aku kerja di manapun, selalu deh jadi pengajar (trainer). apalagi aku selalu kerja di bagian kualitas, pasti kudu non-stop ngasih penyuluhan ke para karyawan, hihi. bahkan sampe kerja di kantor sekarang di inggris pun, aku masih ngasih training juga. pake boso inggris pulak! cas cis cus, hewes hewes hewes, hehe. tapi kenapa aku males nulis tutorial sih.

ilustrasi minjem dari sini

setelah aku tanya ke diriku sendiri, ternyata kekurangnyamanan ini mungkin karena dilatarbelakangi oleh beberapa hal. di antaranya nih:

1) serasa menggurui

menurutku lho ini, bikin postingan tutorial itu kayaknya kok seperti menggurui gitu lho. seolah-olah para pembaca itu belum pada pinter gitu. atau belum pada tau, jadi kudu dikasih tau. atau belum pada ngerti, masih primitif, masih kurang berpengetahuan, bla bla bla. padahal sebenernya emang banyak yang pada belum tau sih ya, tentang banyak hal, haha.

mungkin karena perasaan ini pula, aku ga pernah nulis bertema tutorial. padahal kalo dipikir-pikir tema-tema yang diangkat para blogger di luar sana yang selalu posting tutorial, ya tema-tema standar sih. bahkan banyak yang tutorialnya singkat, pendek, to-the-point, bahkan kadang-kadang ada yang isinya kayak yang cuma kopas dari internet berbahasa inggris, trus diterjemahin ke bahasa indonesia aja gitu. kalo yang ini mungkin yang udah kejar tayang dan kehabisan bahan kali yah, hihi #nomention

2) serasa kebanyakan ilmu

nah, ini juga yang bikin aku ga yakin buat bikin postingan berisi tutorial. kayak yang ilmunya udah dalem aja gitu, nulis-nulis tutorial, hihi. 

tapi kalo dibalik lagi, kan dengan nulis tutorial jadi malah bisa bagi-bagi ilmu. kan ilmunya jadi bisa bermanfaat buat yang lain. kan berbagi ilmu itu katanya ibarat menebar benih ikan di lautan, jadi bisa berkembang biak katanya. juga masih katanya, berbagi ilmu itu adalah berbagi kebaikan, ciehhh. atau ada yang bilang kalo ilmunya ga dibagi, berarti pelit donk.

iya deh iya deh. kalo ini aku setuju aja lah. cuma kadang blom yakin gitu sih, ilmuku udah pantes apa blom buat dibagi #halah

3) kurang pede

ujung-ujungnya, mungkin karna aku kurang pede aja sih ya. ngerasa pedenya baru bagi-bagi kisah hidup dan cerita ngalor ngidul ga jelas doank. mungkin kalo udah nyoba sekali, gampang aja kali nanti ya bikin postingan bertema tutorial.

entah cara bikin kerajinan tangan, entah cara utak-atik barang elektronik, entah cara ngebenerin sesuatu (do-it-yourself), entah cara ngedit ini itu, entah resep masakan (kalo ini udah posting beberapa kali sih, meski dah lama mandeg), entah cara ngedesain baju, ciehhh. banyak juga ternyata ilmu yang bisa dibagi yah hihi. mudah-mudahan postingan tutorial pertamaku segera tayang.

stay-tuned!

2 comments:

  1. Bikin tutorial itu capek, soalnya harus fotoin step by step. Dulu pernah suka bikin tutorial DIY craft. Tapi sekarang ngerasa kalo itu ribet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu satu alasan lagi mungkin kenapa males ya. step by step nya kudu difoto, kalo ga discreen-shot hehe... yaaahhh jadi tambah males nih

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...