Monday 17 May 2021

beuh!

tadinya niatnya sih pengin nulis tiap minggu...

tapi ini udah sebulan lebih belum dijenguk juga blognya, beuh! tapi katanya kan niat baik itu udah dicatet dan udah bagus yah, daripada ngga niat sama sekali ye kan #alesan

yang sesungguhnya terjadi sebenernya sih, aku terdistraksi keasyikan ngedit video masakan, gais. seperti udah kuceritain di postingan sebelum ini, aku kan mulai rajin upload video masakan ke yutub. sementara ini cuma hobi sekalian koleksi dan dokumentasi menu aja. kalau ada yang nonton dan jadi manfaat itu bonus lah. jadi ya gitu deh, lebih fokus ke sana sementara ini. kirain sih tadinya ngedit itu cuma butuh waktu sebentar secara di awal-awal kan aku memang pilih pakai template, jadi tinggal drag and drop udah jadi paling butuh 10-15 menitan udah tayang.

eh ternyata salah donk 😜


makin aku belajar ngedit, makin banyak yang aku ngga tau deh. emang sih ya semakin ngga tahu kita itu semakin sok tahu, semacam merasa udah tahu semuanya. tong kosong nyaring bunyinya. eh setelah lebih banyak belajar dan jadi lebih banyak tahu, makin merasa ngga tau apa-apa. seperti ilmu padi makin berisi makin menunduk.

pas di awal-awal bikin video, kupikir yah gini doank mah cepet, gampang. trus makin kuutak atik fitur-fitur lain, wow ternyata banyak banget yang kudu diset-up, yang kudu dipelajari, yang kudu diperbaiki lagi kalau mau tampilan videonya lebih bagus lagi. begitulah...

sejak itu jadi keasyikan ngulik video masak deh, ngga jadi ngeblog lagi haha, zonk!


udah 46 video, linknya di sini


*

oh iya aku udah vaksin donk!

baru tahap pertama sih, dapet astrazeneca. masih satu lagi disuruh nunggu panggilan nanti dikirim via sms. heboh akunya, peristiwa penting dalam hidup kita ye kan? haha. sempat kuatir juga tadinya. selain karena udah nunggu lama pengin vaksin karena parno ama kopit, juga karena takut jarum suntik. lhah kan ngga biasa disuntik gimana bisa cukup latihan? alhamdulillah itu artinya selalu sehat, mudah-mudahan selalu dijauhkan dari segala penyakit, amin.

waktu itu aku booking vaksinnya tanggal 24 april, hari sabtu. pikirnya biar kalau ada efek samping, masih wiken lah bisa istirahat. soale paksu pas abis vaksin bulan maret lalu, doi pusing berat berhari-hari. beberapa kolega juga gitu, bahkan ada yang sampe ijin sakit ngga masuk dua hari, serius donk ya. eh, abis vaksin aku kok ngga ngerasa gimana-gimana, malah maen tenis ama si ethan hihi. soale ngga dipesan kudu istirahat atau rebahan gitu, jadi aku ya santai aja kayak ngga terjadi apa-apa. lengan juga ngga pegel sih abis disuntik. entahlah. 

mungkin badanku jadi lebih fit setelah rajin olga tiap hari kali ya. ngga tau juga. cerita olga nanti kutulis terpisah deh.

cerita heboh lagi pas vaksin tuh susternya kek ngga percaya gitu kalau aku udah cukup umur, haha. maksudnya cukup umur buat divaksin. karena pelaksanaan vaksin di inggris sini kan emang per kategori umur, gais. bagi yang tanpa komorbid yah. paksu kebetulan bulan maret lalu ultah ke-50, eh ngga lama pemerintah pengumuman kalau di atas 50 udah boleh vaksin, jadi doi dipanggil, seneng banget dia.

nah, abis itu kan nunggu tuh, yang di bawah 50 kayak aku masih belom boleh kan. menteri kesehatan inggris aja kudu nunggu belom divaksin juga karna doi baru umur 42 hihi.

eh awal april ada pengumuman lagi, sekarang yang di atas 45 udah boleh vaksin. horeee, aku udah 45 bulan desember lalu jadi masuk kategori nih. akhirnya aku booking tanggal 24 itu. sekarang sih kayaknya udah nyampe umur 40 deh, pak menteri udah vaksin akhirnya.

nah pas udah sampe ke tempat vaksin nyetir sendiri, di parkiran memang beragam sih yang antri masuk. beberapa memang terlihat udah berumur, banyak juga yang udah ubanan, jadi kupikir oh, ini kali sisa-sisa umur di atas 50 yang memang belum sempat vaksin, atau generasi lebih tua lagi yang mau vaksin kedua. jadi sejak di parkiran aku tuh udah ngerasa salah tempat, kok aku kayak yang paling muda gitu haha.

eh beneran terbukti.

pas nyampe di dalam, sama susternya yang ditanya pertama kali adalah "are you sure you're over 45?" atau kalau diterjemahin, "mbak yakin udah di atas 45?" haha. jadi dikiranya aku salah masuk, atau salah orang, atau lupa umur gitu. aku sempat bengong sebentar, trus kujawab, "i will be 46 this year", biar sekalian meyakinkan gitu. trus si suster ngecek tanggal lahir di dataku, takut disalahin kan biar yakin juga. eh trus doi bilang "you've done very well for 45!" yang kalau diterjemahin bebas kurlebnya artinya "tapi kok kliatan muda bangettttt" #jiahhhh_hahaha

sambil divaksin aku sempat mikir. sebenernya umur 45 itu kudu kelihatan kek gimana sih? perasaan aku ya gini-gini aja sejak umur 17 ngga berasa berubah #dikeplak

oh ya, aku sempet selfie donk pas disuntik, setelah ijin dengan sopan ke susternya. dibolehin, dia malah yang kasih aba-aba, oke siap, satu dua tiga cussss, kamera cekrek, jadi deh 😆


asekkkk, tinggal nunggu tahap kedua


*

satu topik lagi ya, gais. trus tayang aja, kalau cerita mulu ngga kelar-kelar ngetiknya kapan tayangnya, beuh! kemarin udah dikritik tajam ama salah satu selebblog kalau blogku ini hidup segan mati tak mau karena emang jarang nulis. nyelekit tapi bener juga sih, jadi cambuk aku buat lebih sering nulis lah, ngga ngedit video masak aja, haha.

topik usang kali ini adalah soal paspor baru!

jadi tanggal 7 mei lalu aku sama paksu nyetir ke kbri london buat perpanjang pasporku yang kadaluwarsa bulan ini. tadinya udah was-was karena aku bookingnya sejak bulan januari lalu pas situasi masih ngga jelas, masih lockdown. tanpa tahu bakalan kek gimana situasi di bulan mei. tapi karena emang kudu datang langsung ngga bisa diurus lewat pos atau diwakilkan, ya mau gimana lagi. alasannya karena kan kudu cap semua jari buat direkam biometrinya gitu. mosok jarinya dikirim pos kan horor, haha.

akhirnya ya kami berdua cuti kerja sehari, kebetulan aku memang pilih hari jum'at jadi besoknya wiken bisa istirahat. kebayang memang ke london yang tadinya aku pasti pilih naik kereta aja karena simpel, cepat dan ngga pakai macet, kali ini karena situasi masih bahaya, aku ngga mau naik kereta. dan aku juga ngga mau nyetir sendiri, takut nyasar haha. dasar permaisuri ya gini lah, manja.

masalahnya lagi, nyetir mobil ke london itu asoi-asoi sedap, gais, ngga kayak ke jakarta!

satu, parkirnya ribet. paksu kudu telpon parkiran umum buat nyari yang tarifnya jelas dan aman. untungnya karena pandemik, justru ngga sumpek dan jarang penuh, kata pengelola parkirnya, jadi kami dipersilakan langsung masuk aja ntar bayar di tempat. kalau dulu sebelum pandemik memang selalu penuh jadi kudu booking in advance. oke, soal parkiran beres, jaraknya cuma jalan kaki 3 menit ke kbri.

trus, ada lagi gais. congestion charge!

bagi yang belum tahu, masuk london itu kudu bayar biaya macet! hah? apakah itu? gugel aja deh ada wiki-nya kok, atau ini website resminya. udah tau kan ibukota di mana-mana itu selalu padat, macet dan polusi banget. salah satu cara mengurangi ini dengan aturan mobil yang masuk area ibukota kudu bayar biaya macet atau congestion charge, tujuannya ya supaya orang-orang berpikir berkali-kali ngga asal masuk aja supaya mengurangi kemacetan. jadi mereka yang nekat ada biayanya. 

oh ya satu lagi, kalau mobil kalian usianya di atas sekian tahun, ada lagi kena biaya polusi haha.

sayangnya kami pake mobil tua paksu jadi kami juga kudu bayar dua kali, biaya macet dan biaya polusi. karena mobil tua memang mengeluarkan karbondioksida lebih dibanding mobil muda. kalau pake mobilku bisa aja karena masih muda jadi ngga kena biaya polusi, tapi paksu ngga bisa duduk nyaman karena audi-TT ku (baca: titi, cerita soal mobil ada di sini) memang lebih sempit dalamnya dibandingkan audi A6 dia. ya sudahlah pasrah bayar dua kali haha.

meski sempat sedikit nyasar dan deg-degan karena hampir telat nyampenya ke kbri, akhirnya kami sampai juga, cuma telat 1 menit dan masih diperbolehkan masuk, ngga disuruh putar balik hihi. bisa nangis aku udah dibelain cuti, udah berangkat jam setengah 10 pagi begitu nganter ethan ke sekolah kami langsung cabut, tapi karena kemacetan ibukota, yah hampir telat juga sampai sana baru jam 12.01! janjianku jam 12 sih, dan itu slot terakhir di hari itu.

ini pertama kalinya juga aku datang ke kbri di gedung baru, di great peter st

sebelum ini, sejak mendarat di uk tahun 2006, aku selalu ke alamat lama di grosvenor square. tapi karena sejak punya anak udah jarang main ke kbri (dulu tiap sabtu karena paksu ikut les bahasa indonesia), jadi terakhir ke kbri itu pas perpanjangan paspor sebelum ini, 5 tahun lalu tahun 2016. setelah itu baru kbri pindah ke alamat baru tahun berikutnya 2017, jadi aku belum pernah ke sana lagi. cerita bikin paspor sebelum ini juga udah kutulis di sini karena sempat penuh drama gara-gara ada yang ngga mau antri haha.


layanan konsuler kbri london, lapang dan keren 👍


begitu sampai sana, agak terpana juga sih, sekarang layanan konsuler kbri sudah jauh berubah, tempatnya lapang ngga lagi di basement, dan di tempat baru sudah ada sistem antrian yang kukritik habis 5 tahun lalu di tulisan lama di atas. kan mengkritik demi kebaikan boleh donk, toh ada yang ndengerin juga kritikannya dan diperbaiki, hehe. makasih, kbri!

sekarang sistemnya sudah jauh lebih rapi, database sudah digital semua (radit, ini kerjaan lu yah? hihi). trus ada protokol kesehatan, social distancing dll. pokoknya ngga kayak kbri yang kutahu jaman dulu. ah, bangga deh. pelayanannya juga sudah oke. tapi kesian juga ih pak Mikki kudu pake PPE gitu seharian apa ngga engap yah, hehe. sungkem bapak, hebat! tetap melayani warga meski kudu berpakaian ngga nyaman demi menjaga kesehatan, salut jempol empat aku bangga sebagai warga  diaspora britania raya 😊 #lebay

satu catatan kecil saja kalau boleh.

petugas di belakang konter kayaknya (agak) ngga sabaran. pas aku datang jam 12 lebih semenit itu, memang langsung dengan cekatan dilayani sih untuk cek dokumen awal, jempol juga untuk ini, keren, ngga pakai lama. tapi meski akhirnya aku yang kudu beli amplop ke kantor pos terdekat dan balik lagi, sampai sana ternyata masih kudu antri selama 1.5 jam kemudian dan baru dilayani lagi untuk wawancara dan rekaman biometrik sekitaran jam 13.30-an, selesainya udah hampir jam 2-an gitu dan aku memang yang paling akhir pengunjung lain udah pulang semuanya. karena pas aku nyampe, di depanku itu ada beberapa yang datang di slot sebelumnya dan masih antri juga. jadi bukan salahku kalau aku dapet slot jam 12 tapi dilayaninya baru selesai jam 2!

tapi pas bayar dan aku ragu kalau aku beli amplop yang bener lalu kutawari opsi untuk beli satu lagi, kelihatan petugasnya agak cranky karena katanya aku selesainya telat banget. lhah bukan salah saiyahhhh kalau baru dipanggil dan selesai jam segitu, wong datangnya juga tepat waktu meleset semenit doank karena kena macet. itu juga masih antri 1.5 jam jadi apa gunanya juga nyampe on-time ye kan. tapi ah sudahlah, ke kbri tanpa drama itu sepertinya memang mustahil sih hihi. biar ada cerita aja. aku juga ngga komplain lho ini, karena secara keseluruhan pelayanannya udah .t.o.p. bangeud!

oke, masih seputaran topik paspor (lhah bakal panjang ini).

ngga lama paspor baruku nyampe dikirim lewat pos. ngga nyampe seminggu. sejak dulu memang cepat sih prosesnya, salut untuk kbri yang selalu cepat untuk urusan konsuler warganya. trus pasporku kutaruh di tempat biasa donk, eh di situ baru nyadar koleksiku nambah lagi sekarang jadi 5 buah paspor. iseng-iseng kufoto bagian depannya, dan kutayangkan di akun IG-ku (link ada di menu kontak). 

nah mulai tuh ada beberapa pesan masuk. 

ternyata lumayan juga yang pada kaget gitu teman-temanku kenapa aku masih punya paspor ijo! dikiranya aku tuh udah lama jadi warga inggris. haha tepok jidat ye...

ini koleksiku, kalau udah urusan paspor pasti selalu heboh


lalu memori lama muncul lagi, gais. kenapa aku masih kekeuh pengin tetap jadi WNI, kenapa ribut-ribut soal kewarganegaraan ganda itu ngga pernah menarik minatku, dan kenapa-kenapa yang lain. makanya ini kusebut topik usang. karena sejak aku dapet ijin tinggal permanen di inggris sejak tahun 2013 lalu, aku sudah memutuskan untuk ngga akan ambil paspor inggris atau pindah kewarganegaraan, meski kalau mau ya bisa aja. tapi aku memilih tetap berpaspor ijo. yang penasaran, topik ini udah kukupas tuntas di sini ya:

dilema 

dua paspor

karena nila setitik

nah, udah jelas yah kenapa aku ngga mau jadi warga inggris meski boleh dan bisa kalau mau? 

mungkin ada yang mikir aku saklek, ya memang sih hihi. sesaklek aku ngga mau nambahin nama belakang suami ke namaku. ini juga udah pernah kubahas di sini. rajin nulis banget aku dulu ya, apa-apa dibahas haha. pas di kbri kemarin juga ditanya, namanya ngga ganti ya mbak, masih sesuai akta kelahiran? engga pak, sengaja ngga nambahin nama suami biar ngga ribet, lahir sampe mati satu nama aja, saklek kan hehe. udah ah, segini aja dulu yah. ntar nulis lagi kalau kumat rajinnya. 

stay safe ya gais, pandemik belum usai!!!


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...