Sunday 21 July 2019

wong amrik

intermezo, pendek aja ya.
wong itu kata dalam bahasa jawa, artinya orang. amrik itu amerika.

iseng aja tiba-tiba pengin garuk-garuk tembok baca-baca berita tentang perseteruan pak presiden amrik yang kepalanya mirip buah jeruk itu lho, yang suka bikin heboh dengan segala tingkah polah perkataan dan pertwiterannya. tahu kan siapa bapak presiden yang aku maksud, hehe. 😁


kehebohan terakhir ini dia nyuruh-nyuruh empat orang anggota kongres yang kebetulan semuanya perempuan, untuk pulang kembali ke negara masing-masing, tanpa mikir panjang. blunder deh.



ternyata dari keempat anggota tersebut, yang tiga adalah kelahiran amrik, jadi tanah kelahirannya bukan di negara lain. trus disuruh pulang ke mana? cuma satu yang kelahiran somalia dan kebetulan berjilbab, yang akhirnya malah gencar mengkritik balik perkataan si pak rambut jeruk ini.

seru sih, tapi jadi gemes #tepok_jidat  

orang amerika itu emang suka aneh-aneh sih. terutama yang kulit putihnya. mereka itu selalu lupa ngaca. selalu merasa mentang-mentang yang punya seluruh benua. padahal sendirinya juga keturunan pendatang karna nenek moyangnya dulu berbondong-bondong dari eropa ke benua baru buat nyari hidup yang lebih layak. gitu udah mapan, eh ngelunjak!

kata orang kita, ibarat kacang lupa kulitnya...

trus yang bikin ngga habis pikir lagi, banyak banget penulisan di berita yang berat sebelah dan ngga adil. untuk kaum mata sipit yang meski udah lahir dan beranak pinak di amerika selama puluhan tahun, tetap aja ditulisnya asian-american, supaya semua orang tetap tahu dan diperjelas bahwa individu berkulit kuning dan bermata sipit itu keturunan bangsa asia.

dan bagi yang berkulit gelap, meski udah lahir dan beranak pinak di amerika selama puluhan tahun juga, tetep aja ditulisnya african-american, supaya semua orang tetap tahu dan diperjelas bahwa individu berkulit gelap dan berambut kriwil itu keturunan bangsa afrika.

lalu, sisanya yang berkulit terang dan berambut terang? kenapa disebutnya american doank?! minta dikepret kan?! ngehek kan?

padahal kalau mau adil ya, sebutan resmi sisa penghuni benua paling aneh ini, adalah european-american atau euro-american atau caucasian-american alias bangsa amerika berkulit putih keturunan bangsa eropa! sama aja donk, kan sama-sama pendatang juga dulu-dulunya. bagi kalian yang lupa, penduduk asli benua amerika itu suku indian ya guys.

cuma ya, udah dasarnya benua aneh, orangnya aneh-aneh, presidennya juga orang aneh, ya gitu deh. padahal sendirinya juga turunan pendatang, istrinya juga pendatang, eh kok nyuruh-nyuruh orang lain balik ke negaranya masing-masing.

itu sih jeruk makan jeruk ya, eh jeruk ngusir jeruk! 😜
ada-ada aja.

ps: 
malah barusan dapet visa ke amrik berlaku 5 tahun, hihi


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...