Sunday 31 July 2016

oxburgh hall

nggak tahu kenapa, mungkin karena musim panas ini hawanya enak banget, hampir tiap hari minggu kami bertiga selalu jalan-jalan. minggu kemarin kami pergi ke maize-fun farm, tempat bermain anak-anak dengan nuansa peternakan khas inggris. eh, minggu ini tanpa direncana, suami ngajakin ke oxburgh hall.

nggak gitu jauh kok, katanya. paling 50 menit, sejam maksimal dari rumah.


ya udah, akhirnya setelah persiapan piknik seperti biasa, di mana kami selalu bawa makanan, cemilan, sandwich, kue-kue, dan minuman sendiri dari rumah, biar irit lah daripada jajan haha, kamipun berangkat.

memang nggak jauh ternyata. kami nyampai sana malah cuma 45 menitan. setelah parkir manis dan bayar tiket masuk yang harganya £5.90 per satu orang dewasa untuk jalan-jalan di tamannya saja, atau £10.60 untuk masuk ke rumahnya juga, anak di bawah 5 tahun gratis, kamipun masuk ke lokasi melewati gerbang utama yang cukup keren.

di dalam, kami langsung disambut dengan taman bunga yang cantik aduhai. ethan pun langsung lari-larian sambil bilang, mummy, look, pretty flowers! haha. emang cantik sih taman bunganya... tahu aja dia.


seperti halnya tempat-tempat wisata di bawah naungan national trust inggris, oxburgh hall juga terpelihara dengan rapi. sejak dari parkiran, sampai ke dalam di mana halamannya luas membentang ditumbuhi rumput hijau yang terpotong rapi, dan bunga-bunga yang sangat terawat, hingga kawasan utama yaitu bangunan rumah dan hutan kecil di belakangnya yang diperuntukkan untuk treking atau jalan-jalan, semuanya terawat dengan sangat baik.

sangat direkomendasikan untuk tempat piknik keluarga, terutama di musim panas.

halaman rumput hijaunya bisa untuk piknik, sementara anak-anak kecil bisa bermain-main dan lari-larian sepuasnya. bagi yang suka jalan kaki, bisa ke hutan kecil dengan mengikuti rute yang sudah ditandai dengan rapi jadi nggak bakal nyasar. nggak jauh lah, ethan aja kuat jalan kaki ngikutin rutenya. motivasinya? suruh ngejar capung! hehe.


oxburgh hall sendiri adalah rumah peninggalan keluarga bedingfeld yang dibangun dengan desain khusus ala kastil jaman dulu, dikelilingi oleh danau buatan (moat). sebuah jembatan khusus dibangun untuk memasuki gerbang rumah dari arah depan. saat ini rumah ini digunakan untuk tempat wisata dan tidak lagi dihuni. cerita lengkap mengenai sejarah oxburgh hall bisa dibaca di tautan wikipedia berikut ini.

bagi yang pengin ke sana dan mau tahu info-info lebih detil, bisa klik tautan ke website resmi oxburgh hall di tautan berikut ini. ada cafenya juga kalau pengin ngemil atau sekedar beli es krim. satu cafe di luar pintu gerbang masuk bagi yang malas beli tiket karena mungkin udah pernah atau sering ke situ, satu lagi ada juga cafe di dalam hall.

ethan sedang menatap angsa-angsa yang lagi berenang di danau

meski dibandingkan tempat-tempat lain semacam burghley house di stamford atau chatsworth house di derby yang lebih populer, oxburgh hall ini kurang begitu spesial. 

mungkin karena jauh lebih kecil ukuran luasnya. tapi lumayan lah untuk sekedar jalan-jalan hari minggu bersama keluarga bagi yang lokasinya deket-deket oxburgh yang beralamat di PE33 9PS ini. review-nya di tripadvisor juga lumayan bagus.

selamat jalan-jalan :-)

4 comments:

  1. Aku suka tulisanmu, sederhana dan mengalir. sampe aku simpen di boormark :) disela kerja klo lg pas jenuh aku baca2. mudah-mudahan suatu saat tulisanmu bisa kamu bikin buku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas Sodiq di Pekalongan. terima kasih banyak atas apresiasinya. semoga betah di sini :-)

      Delete
  2. Idem dgn mas Sodiq..aku tunggu bukunya mbk Nay

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, lumayan sudah ada dua calon pembeli :-)
      makasih ya Tamasya

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...