Friday 23 October 2015

online banking

seingatku, aku mulai punya rekening pertama di bank itu pas udah mulai kerja di cikarang deh. tepatnya tahun 2000. sebelum itu urusan keuanganku masih seputaran celengan ayam, taruh duit di bawah kasur, diumpetin di buku, dompet, atau celengan bambu gitu deh.

lha yang mau ditabung aja ga ada, ngapain repot berurusan sama bank segala haha #bilang aja miskin

ketika mulai kerja di bekasi, urusan gaji bulanan memang semua ditangani bank. kerjaan sebelum itu (baca: mandor semen) gaji bulanannya selalu diamplopin hehe. sejak punya rekening di bank inilah aku jadi belajar sedikit demi sedikit mengenai manajemen keuangan. meski yang di-manaj ga banyak bahkan seringkali belum tanggal gajian saldonya udah nol duluan haha.


Image result for online banking



saat itu urusan narik duit kayaknya udah bisa ke atm deh. tapi seingatku aku dulu juga sering ke cabang bank deket kantor untuk antri ga tau mau ngapain. kayaknya kalo perlu transfer, atau narik dalam jumlah tertentu yang ga bisa lewat atm gitu deh. ga tau juga pastinya udah ga gitu inget. cuma ingetnya duduk manis di antrian sambil baca-baca majalah bekas, nunggu nomer kita dipanggil sama mbak-mbak pegawai bank-nya.

o ya, karena sejak dulu aku selalu kerja di pabrik, tiap hari pake seragam karyawan pabrik yang sama sekali ga ciamik, tiap kali ke bank dan lihat mbak-mbak pegawai bank selalu tampil oke dandan cantik pake sepatu hak tinggi dan jas bagus, aku dulu sampe pernah pengin jadi pegawai bank lho, haha. kuliahnya salah jurusan!

trus pas pindah kerja ke pabrik yang di jababeka, kebetulan karena pabrik yang ini karyawannya kalo ga salah 10-ribuan (kalo ga salah lho), sampe bank yang dipake untuk transfer gaji karyawan buka cabang lho di lokasi pabrik. selain untuk memudahkan transaksi, juga mengurangi jumlah karyawan yang harus keluar lokasi pas jam makan siang cuma untuk urusan perbankan. tetep aja, tiap kali jam makan siang, meski cabang ini cuma melayani karyawan yang kerja di pabrik ini doank, antriannya tetep panjang, haha.

di lokasi pabrik juga dulu ada beberapa atm jadi karyawan ga usah keluar lokasi kalo cuma mau narik duit aja. tapi karena atm-nya ditaro di deket kantin dan koperasi, seringkali abis narik duit udah langsung abis aja dipake buat jajan! :-D

tahun 2005, aku 'kabur' meninggalkan bekasi, tepatnya meninggalkan tanah air dan pindah ke eropa. dari sinilah urusan perbankan mulai berubah 180 derajat.

***

sejak mendarat di budapest (baca petualanganku selama tinggal di sana di tautan ini) dan mulai menerima uang beasiswa bulanan dari komisi eropa, di sinilah untuk pertama kali aku mulai kenal dengan yang namanya online banking atau urusan perbankan melalui internet!

ga ada lagi acara ngantri, ga pake keluar rumah untuk urusan bank, ga lagi ribet takut dicopet kalo abis narik duit banyak #kayak pernah tajir aja

di eropa, orang jarang ke bank. semua urusan keuangan dilakukan lewat jaringan kabel. bayar membayar pake kartu (debit). dan utang piutang juga pake kartu (kredit). serba canggih, simple dan cepat ga kayak waktu di bekasi dulu. meski sekarang pasti pemakaian online banking di indonesia juga udah banyak sih ya hehe. internet cepat udah nyebar ke mana-mana ga gitu lemot lagi, bahkan online shopping juga udah mulai menjamur. cuma aku aja ga sempet punya pengalaman make online banking dan online shopping di tanah air karena keburu hengkang. jadi pengalaman online banking pertamaku justru pas udah tinggal di eropa.

sekarang aku udah terbiasa banget semua urusan bank aku lakukan dari komputer meja, dari laptop, atau bahkan sekarang dari handphone. tinggal klik klik klik touch screen, tagihan kartu kredit bulan kemarin kebayar, transferan ke penitipan anak kebayar, dan urusan tetek bengek lainnya selesai cuma dalam hitungan menit sambil rebahan di kasur nenenin ethan! #iya dia masih nenen meski udah 2.5 taon, emaknya ga mau disapih bukan ethannya, haha

kalo dulu aku masih harus (terpaksa) ke bank ngantri pas jam makan siang kalo mau transfer duit ke indonesia (ngasih jatah emak), satu-satunya layanan yang masih ga bisa dilakukan lewat internet, sejak setahun belakangan ini transfer duit ke luar negeri juga udah bisa dilakukan online, bahkan dari handphone juga bisa. keren lah.

jadi aku masih ga habis pikir kalo ada orang yang masih aja repot-repot ke bank cuma untuk bayar kartu kredit misalnya. kayak masih hidup di jaman flintstones aja, udah abad 21 gitu lho!

daaaaannnnn, percaya ga percaya salah satu orang itu adalah suamiku sendiri! hahaha....

***

suamiku masih terbilang kolot kalau ga mau disebut ketinggalan jaman. meski cuma empat tahun lebih tua dari aku (baca: beda umur), tapi khusus untuk persoalan perbankan dia kayaknya udah kayak kakek-kakek umur 80 tahun deh, tradisional banget! hahaha.

ga sampe nyimpen duit di bawah kasur sih, tapi dia tuh masih rajin nyetir ke bank, repot cari parkiran mobil, ambil nomer antrian, nunggu dipanggil, trus cuma bilang ke teller mau bayar tagihan kartu kredit! haha. so yesterday banget ga sih. perlu kurang lebih 2 jam tuh buat ke bank dan balik lagi. padahal aku cuma butuh 2 menit buat bayar tagihan kartu kreditku lewat handphone. ck ck ck ....

emang dia ga tau soal online banking? emang aku ga ngasih tau kalo semua urusan yang ribet itu bisa dilakukan sambil rebahan di kasur? emang aku ga ngasih liat ke dia kalo online banking itu simple banget? cepet banget? abad 21 banget?

ya udah lah pastinya...

Image result for online banking

justru dia tau banget soal internet, lebih tau dari aku. dia tau banget jaringan teknologi telekomunikasi termutakhir apa yang bakalan rilis, jaringan cyber-optic terkini yang bakal ngegeser layanan kabel tembaga bawah laut, bahkan dia paling tau soal 4G dan kawan-kawannya. lha emang itu kerjaan dia sehari-hari. tapi meski tau banyak, dia tetep ga bisa naruh kepercayaan sepenuhnya sama yang namanya online banking, hahaha.

intinya cuma soal kepercayaan dan rasa nyaman!

kalo aku percaya banget sama jaminan keamanan perbankan lewat internet dan aku ngerasa nyaman banget tanpa keluhan yang berarti, sebaliknya suamiku masih ga bisa percaya dan masih ga bisa ngerasa nyaman make layanan online banking. se-ngeyel apapun aku coba ngeyakinin dia, ga pernah mempan lho. dia masih big no no make internet buat urusan perbankan. dia lebih nyaman pergi ke bank, ngantri, ngomong langsung sama manusia buat ngurusin transferan duit di rekeningnya, hihi.

dan ketika satu waktu (tahun 2010 deh kalo ga salah) rekeningku pernah dibobol maling, suamiku langsung bilang 'ha, see?! it's not safe!' haha.

***

waktu itu sabtu pagi...

kayaknya aku ada perlu mau transfer duit atau bayar apa gitu deh. trus aku login donk ke rekeningku, pake laptop di rumah. dengan yakinnya karena tau aku masih punya saldo di rekeningku, aku buka akun dan siap-siap mau transfer. betapa kagetnya pas ngeliat saldo rekeningku ternyata nol! nol lho, bukan £1, atau £5, tapi '0'. langsung panik lah!

padahal seingetku sisa saldo masih ada hampir sekitaran £2000-an (dua ribu poundsterling, itu kira-kira 40 juta bok). kok tau-tau ngilang aja gimana ga panik coba. yang rekening tabungan lainnya sih masih aman jumlahnya tetep. cuma rekening yang satu ini yang kupake untuk terima gaji malah kebobolan.

aku telpon ke bank donk, dengan suara panik tentu saja.

untunglah, pegawai banknya tetep kalem. mungkin udah terbiasa nerima telepon bernada panik hehe. pelan-pelan si mas-mas pegawai banknya ngasih tau aku kudu gimana. pertama-tama dia nanya apakah aku pernah ngasih password ke siapapun. tentu saja jawabnya no way. password perbankan itu kudu disimpan untuk diri sendiri sampe dibawa mati lah. suami aja ga tau, apalagi orang laen. lolos, hehe.

pertanyaan berikutnya adalah pertanyaan standard ngecek tanggal lahir, alamat, nama ibu, nama binatang kesayangan, dll (ini untuk jaminan keamanan supaya orang lain yang ngaku-ngaku sebagai aku ga bakal ngerti jawabannya), sama kayak system keamanan password fesbuk gitu-gitu lah haha.

setelah yakin itu bener-bener aku, dan aku bener-bener kehilangan sejumlah uang, langkah berikutnya kata si mas-nya aku kudu lapor ke polisi! nah lo...

panik lagi donk!

eh, rupanya lapor ke polisi itu cuma untuk dapet nomor laporan kehilangan. cuma untuk referensi kata dia. karena tiap kasus krimial meski di internet, tetep kudu dilaporkan sebagai kriminalitas ke kepolisian setempat. o gitu, ya udah deh aku emang kudu ke kantor polisi. ngeri juga, hiks.

eh, pas nyampe ke kantor polisi di bagian laporan kehilangan, ternyata ga cuma aku lho yang mau lapor. ternyata banyak orang lain yang perlu lapor juga entah mereka kehilangan apa, mana aku tau mosok ditanyain satu-satu bisa kena tampol haha. jadi aku sampe kudu ngantri gitu deh. banyak banget maling ya ternyata hadeuh.

eh, ternyata proses lapornya cepet banget dan ga pake ribet. tentu saja gratis! apa sih layanan umum yang pake bayar di inggris, hampir ga ada, semua gratis hehe. ketika nomor antrian kita nongol di layar, tinggal ke loket, ngisi buku registrasi, trus dapet nomer laporan. udah gitu doank. nomor itu nanti yang harus dikasih ke bank kata ibu-ibu di belakang loket.

dalam waktu kurang dari dua hari setelah aku ngasih nomer laporan ke polisi ke bank, total saldoku yang tadinya raib entah kemana sampe jadi nol tiba-tiba nongol lagi lho, utuh ga berkurang £1 pun. phew, lega banget kayak nemu duit 40 juta di tengah jalan, haha.

***

gara-gara kejadian itu, jujur saja aku memang sempat kehilangan kepercayaan pada online banking, tapi hanya sementara. setelah tahu kalau bank ngeganti duitku yang ilang 100% dalam tempo yang sangat cepat, tanpa ribet, tanpa mempersulit nasabah, dan tanpa pra-syarat ini itu, kepercayaaanku balik lagi.

apalagi ditambah beberapa hari setelah kejadian itu berita utama surat kabar memuat berita tentang tertangkapnya seorang hacker asal rusia (cewek lhoh, keren ga sih haha), masih muda pula, cantik lagi, yang ternyata berhasil ngebobol sistem keamanan perbankan di inggris dan beberapa negara eropa, dan berhasil menggondol duit trilyunan, termasuk duitku!

oalah, ternyata aku jadi korban cyber-crime tingkat dunia...

mungkin gobloknya si cewek hacker ini (meski tentu saja dia pinter banget karena bisa ngebobol bank!) adalah dia nyuri duitnya semua-mua. jadi berapapun jumlah saldo di rekening nasabah, akan hilang disedot sama dia. coba kalo dia cuma nyuri £1 per nasabah dan dapet lima juta nasabah di seluruh jaringan perbankan dunia, kan dapet lima juta poundsterling (100 trilyun rupiah!). dan ga bakal ketahuan sama nasabahnya kecuali yang saldonya cuma sisa £1, haha. ini kayak di film ocean eleven itu lho!

tapi ini karena hacker-nya kurang canggih dikit dan serakah nyuri seluruh saldo, dan karena korbannya banyak banget, tentu saja orang-orang tereak kehilangan donk. pantesan saja pas aku nelpon ke bank pertama kali dan panik, si mas-nya kalem banget. rupanya bukan cuma aku yang nelpon saldonya ilang haha.

untunglah laporan kehilanganku ga dicurigai mengada-ada, ditangani dengan cepat dan profesional tanpa ribet, baik oleh pihak bank maupun oleh kantor polisi. sejak itu aku ga ragu untuk balik lagi make online banking tanpa kendala yang berarti sampe sekarang. cepat, simpel, bisa diandalkan, dan terpercaya!

suamiku? masih rajin nyetir ke bank tiap bulan, hehe.

14 comments:

  1. e-banking memang membantu banget Mbak. Saya sekarang juga kayak ga pernah dateng ke cabang selama masih bisa diakukan online. :D
    Kebayang sih waktu jadi korban gimana rasanya. Dan saya pernah juga jadi yang terima laporan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada pegawai bank di sini :D
      iya kan nyaman banget ga usah ngantri di cabang tapi kenapa tetep ada aja orang yang suka ngantri sihhh, repot banget ya haha

      Delete
  2. hackernya blm pengalaman kali mba...jd krg lihai.. atau mgkn maruk..jd semua muanya diambll hihi...alhamdulillah uangnya kembali mba.. klo ga kan eman..klo dibeliin krupuk bs dpt brp truk tuh.. *lol wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha krupuknya bisa dibagi bagi dari Sabang sampe Merauke hahaha. Hackernya masih muda sih ya kalo udah ubanan mungkin canggih. Nunggu tua dia sekarang dipenjara, atau mungkin direkrut FBI kayak 'catch me if you can' itu lho haha *banyakan nonton pelem*

      Delete
  3. mbak, aku komen dowo kok ilang :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whoaaaa huhuhu..... Uwis tak cek folder spam karo awaiting moderation ora ono ki... Ngilang nyang endi yo *garuk2 tembok*

      Delete
  4. Alhamdulillah duitnya balik utuh ya mba, kemarin2 heboh juga duit di rekening suatu bank banyak yang raib bikin deg2 splash banyak orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada yg share tulisan ini tapi ngedumel karena rekeningnya juga kebobolan tapi duitnya ga balik. Hmm kesian juga sih. Kalo dah gitu pindah bank aja yg bisa lebih jamin sistem keamanannya lebih canggih. Mungkin beda juga penanganan kasus cyber crime di Indonesia sama di Inggris. Alhamdulillah duitku balik utuh, nyarinya peres keringet hehe

      Delete
  5. Serem banget ya bisa gitu, meski balik dengan cepat duitnya. Online banking emang jadi praktis banget, cuma aku juga masih agak-agak parno (ngapain parno wong tabungannya dikit wkwk) cuma kalo pas lagi pake public wifi, mencegah transaksi online banking atau yang pake CC gitu, takut kenapa kenapa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Una, preventive nya emang gitu, aku sebisa mungkin ga simpen detil pembayaran di internet kecuali perlu banget dan diharuskan kayak paypal. Tentu dengan jaminan garansi dari bank penerbit kartu kreditnya. Di Indonesia regulasi beginian yang masih lemah. Mudah2an ke depannya makin baik :D

      Delete
  6. Kalo baca tulisan mbak ink . Mirip2 di buku pelajaran Kami mbak, kayak mbak nulis ttg sigma enam, skrg mbak nulis cybercrime di bank. Seneng bgt gak cuman bisa ngayal apasih yg dimaksud, tp contoh nyata nya gmna. Bank nya brtanggung jawaaaab banget. Dsini mah, kalo ilang yaudah.. ikhlasih :') *barukejadianjugaa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahhh nyimpen duit di bank di Indonesia belum bener bener aman berarti ya, kesian yg jadi korban donk. emang ga ada perlindungan nasabah apa gimana sih, ga ngerti perbankan di tanah air sendiri. Hiks. Padahal seharusnya uang nasabah harus dilindungi dan ada asuransinya. Entahlah musti nanya orang bank di Indonesia nih.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...