Friday 25 September 2015

temen cewek

kadang aku ragu, sebenernya aku ini cewek apa bukan ya?!

soalnya dari dulu tuh aku paling ga bisa ngumpul sama sesama cewek. dalam artian nge-grup, nge-gank, kesana kemari bareng, sahabatan, kadang berantem-berantem dikit, bitchy-bitchy-an, trus baikan lagi. atau curhat-curhat melow tentang gebetan/pacar/suami, ngegosip seru, gitu-gitu deh standar cewek normal. tau kan maksudku.

pas sd, aku inget pernah deket banget sama satu orang temen cewek namanya sriyati. hai sriiii #dadah_dadah. kami selalu sebangku sejak kelas satu sampe lulus kelas enam. dia selalu ranking dua di kelas. aku selalu ranking satu #krik. kalo pulang sekolah aku sering maen ke rumahnya karena pas pulang dari sekolah selalu lewat situ. sering ikutan makan siang, ngubek-ubek dapur rumahnya, dan lain-lain.

kebetulan rumah dia selalu kosong pas jam pulang sekolah, jadi kami jajah lah haha. bapak ibunya punya toko pakaian di pasar, jadi aku jarang ketemu mereka karena aku selalu ke sana pas jam kerja. seingatku, pertemanan kami lumayan seru. kalo ga ngacak-ngacak rumah dia, ngerjain pr bareng, kami maen ke pinggir sungai nyari buah kresen! masa kecilku memang bahagia, hihi.

source

***

selain satu temen dekat yang mungkin bisa kusebut sahabat cewek semasa sd itu, aku ga pernah lagi punya sahabat cewek sampe sekarang. itupun sejak lulus sd dan kami memutuskan untuk meneruskan ke sekolah lanjutan pertama yang beda, aku masuk smp negeri 1, sriyati milih smp negeri 2 karena lebih deket rumahnya, kami putus kontak lhoh! huh, sahabat macam apa aku inih...

bertahun-tahun berlalu dan kami sibuk mengarungi jalan hidup kami masing-masing, baru beberapa tahun belakangan ini kami ketemu lagi di fesbuk. aku di-add sama dia, mungkin tiba-tiba dia inget namaku trus di-search kali yah #terharu. sayangnya karena terpisah jarak dan lama banget ga bertegur sapa, sekarang jujur saja jadi kagok sih, ga tau kalo nyapa mo ngomong apa hehe. akhirnya ya saling kepo wall masing-masing gitu aja. maafkan aku ya temanku, kalo aku kurang gaul :-p

meski ga punya banyak sahabat, sebenernya temen yang statusnya sekedar teman sih tetep ada, banyak malah #halah. bahkan satu persatu kini aku mulai lagi saling kontak dengan temen-temen masa sd dulu. lucunya, meski aku dulu tuh pas sd selalu jadi murid termuda di kelas, rata-rata temen sd-ku kok manggil aku 'mbak' ya. tua banget sih kesannya hahaha. bahkan di fesbuk pun tetep mereka manggil 'mbak' #hadeuh. malah aku yang manggil beberapa dari mereka dengan sebutan 'dik' padahal mereka lahir duluan.

mungkin gara-gara sejak kelas 1 sd aku selalu ranking satu sampe lulus bahkan beberapa kali pernah didaulat jadi ketua kelas #krik, jadi mungkin itu semacam penghormatan #halah dan rasa segan mereka ke aku kali ya, hehe. makasih ya temen-temen sd-ku, alumni sd negeri bintoro 7 demak, jawa tengah lulusan tahun ajaran 1986/1987. hadeuh uzur bingits yah :-) #oles_krim_mata

pas smp juga aku masih selalu paling muda di kelas, maklum lahir bulan desember jadi di kelas itu rata-rata kalo ga lahir di tahun yang sama 1975 tapi beda bulan gitu deh, beberapa malah ada yang kelahiran 1974. cuma pas sma rekor-ku dipecahkan oleh temenku yang bernama sri rohmah yang kelahiran tahun 1976 hehe. hai dik sus...#dadah_dadah_juga.

***

trus kenapa pas di smp dan sma ga nyari sahabat atau temen cewek baru lagi? ada cerita serunya nih.

jadi pas aku masuk smp pertama kali itu, aku ditempatkan di kelas 1a. ini ceritanya kelas unggulan #uhuk, karena isinya adalah 40 ranking pertama yang nilai ebtanas murni (nem) dari sd-nya tertinggi. pas daftar smp kan diranking menurut nem sd, dan entah idenya siapa, kepala sekolahnya kali, pembagian kelasnya berdasarkan ranking gitu. kesian banget kan ya kelas 1e, karena isinya adalah 40 orang ranking terbawah yang keterima. diskriminasi juga sih hehe.

meski belum tentu juga yang 40 ranking pertama itu sekarang jadi orang sukses semua, dan belum tentu juga yang ada di kelas 1e dan masuk 40 ranking terakhir dulu itu sekarang ga sesukses yang rankingnya lebih tinggi. bisa jadi kebalikan yang dulu di sekolah ga bagus-bagus amat nilai akademisnya, sekarang bisa jadi malah lebih sukses. jalan hidup orang siapa tahu hehe.

nah, pas di kelas 1a ini, sialnya (atau untungnya) jumlah murid ceweknya ganjil sodara-sodara! tahu kan akibatnya? kalo tiap-tiap cewek berpasangan, ujung-ujungnya akan ada satu orang yang ga kebagian pasangan sebangku, dan orang itu dulu adalah aku, huhuhu. kayaknya sih karena aku dulu sd-nya udik. sementara cewek-cewek temenku sekelas yang lain semuanya sd-nya di kota. jadi beberapa dari mereka yang berasal dari sd yang sama udah saling kenal kan. duduk sebangku deh.

sementara aku karena temen sd-ku yang nerusin sekolah ke smp ini ceweknya ga ada sama sekali, karena sahabatku milih sekolah yang lain, sementara temen-temen cewek sd-ku yang lain entah ngelanjutin sekolah ke mana sungguh aku ga tau infonya, jadi ya aku ga punya temen pas awal-awal masuk smp. merana kali yah hiks.

udah gitu aku dulu tuh kecil, mungil, cacingan, kurus gitu deh. ga menarik lah. udah gitu pemalu pula. klop banget deh jadi ga punya temen. sejak itu selama setahun ke depan aku duduk sebangku sendirian lho. kalo istirahat mah masih temenan juga sama cewek-cewek yang lain. sampe sekarang juga masih suka nyapa temen-temen lama di fesbuk. tapi ya gitu deh, ga ada yang nyantol jadi sahabat!

nah, pas naik ke kelas 2 smp, baru situasi berubah dikit. kali ini kami diacak, ga berdasarkan ranking lagi pembagian kelasnya. seingatku, aku dulu dapet kelas 2e dan duduk sebangku sama suryaningrum deh. lupa-lupa inget haha. pas naik kelas 3, aku masuk kelas 3c dan duduk sebangku sama anak baru pindahan dari luar kota yang langsung jadi primadona sekolah karena cakep bangetttt, tinggi bangetttt, dan rambutnya rada-rada pirang tapi asli lho! keren lah. jadi cihuiii, sekalian numpang tenar akunya haha. namanya rosy dena. hai mbak rosyyyy :-)

tapi lagi-lagi meski sempet punya teman sebangku cewek selama dua tahun dan berteman baik bahkan sampe sekarang masih saling sapa di fesbuk, tapi aku ga bisa nyebut mereka sahabat. sebatas teman baik saja.

***

pas sma tambah parah. meski kejadian di sma secara kronologis terjadi setelah smp, aku malah sama sekali ga inget dulu itu sebangku sama siapa saja! bayangkan, segitu jeleknya memoriku. lagi-lagi mungkin karena meski duduk berdua temen cewek selama 3 tahun mungkin dengan orang yang beda-beda, lagi-lagi kedekatanku cuma sebatas teman sebangku, ga lebih dari itu, dan bukan pula sahabat.

apalagi ditambah waktu sma aku lebih sering main dengan sepupuku cowok yang seumur, dan lebih banyak nge-gank sama temen-temennya yang rata-rata tentu saja cowok!

jadi praktis selama tiga tahun di sma, aku lebih banyak bergaul dengan para cowok. pacar? ga ada. aku ga pacaran dan ga kenal pacaran sampe lulus sma. anak alim. catet! haha

dulu gank kami ada ceweknya juga sih, yang sampe sekarang juga masih temenan baik. tapi lagi-lagi ga bisa kusebut sahabat juga karena temen cewek di gank kami ini udah punya gank sahabat cewek sendiri sejak jaman smp pas kami masih di kelas 1a yang ceweknya ganjil itu! bahkan dulu di kelasku ada 2 gank cewek yang masing-masing anggotanya empat orang dan kemana-mana selalu barengan gitu. aku dulu cuma bisa menatap mereka dengan tatapan iri trus balik baca buku lagi #sok_kutu_buku

ga tau sih sekarang dua gank ini apakah masih solid atau udah bubaran hehe. kalo lihat-lihat foto-foto fesbuk sih gank yang satu masih cukup solid tapi yang satunya lagi udah ga denger kabarnya. mungkin mereka masih sahabatan di dunia nyata, aku ga tau. mudah-mudahan sih begitu :-)

***

masa kuliah...

ketika aku memutuskan untuk masuk jurusan teknik nuklir, aku udah siap mental bakalan ga punya temen cewek sama sekali. kenapa? karena pas ujian masuknya, aku dulu satu-satunya cewek di seluruh auditorium tempat ujian berlangsung di jogja waktu itu. dari ratusan pendaftar yang ikut ujian, ceweknya cuma 1 biji yaitu aku dan sisanya cowok semua hahaha.

tapi untunglah begitu masa perkuliahan dimulai, rupanya dari perekrutan yang dilakukan di jakarta, yang keterima ceweknya ada dua orang! kurang tau yang daftar berapa. lumayanlah ga gersang banget yuhuiiii...

jadi pas kuliah teknik nuklir di batan jogja selama 4 tahun dulu itu seangkatan ceweknya cuma 3 orang. lebih parah kakak angkatanku, ceweknya cuma 1 lho, tomboy pula, hihi. hai mbak respatiiiii ;-)

karena terbiasa ga punya temen atau sahabat cewek sejak lulus sd, ketika kuliah sepi cewek pun aku sama sekali ga masalah, ga kesepian, dan ga ngerasa gimana-gimana. sejak sma kan udah biasa ngumpulnya sama gerombolan cowok juga. jadi pas kuliah ketemu gerombolan cowok lagi ya asik-asik aja.

jujur, bergaul sama cowok itu emang jauhhhhhhhhhhhh lebih enak, asik, dan simpel!

bukan kenapa-kenapa, bukan pula karena cewek itu secara fitrah emang terlahir lebih bawel, ruwet, ribet, njlimet, semrawut, sensitif, lebay, terlalu berperasaan, kurang logis dll, haha, (dibandingkan cowok lho yah), tapi ini lebih karena aku orangnya ga suka ribet aja. jadi suka ga klop kalo ngumpul ama cewek. sampe sekarang pun masih suka ga habis ngerti kenapa dikit-dikit mereka suka tersinggung lalu cemberut. jadi aku suka ga ngeh gitu kalo mereka ngambeg, dan suka ga toleran kalo mereka lagi sensitif, d'oh.

pernah coba gabung sama komunitas cewek di fb aja berakhir dengan gagal total kan kemarin itu #krik. daripada ribet ya udah aku tinggal cabut aja beres, haha. emang ga bakat temenan sama cewek lah aku ini.

jangan-jangan karena aku kebanyakan gaul sama cowok dulu itu yah. jadi aku ga suka yang ribet-ribet. sukanya yang simpel, becanda-canda ngata-ngatain semaunya lalu lupa karena cowok kan ga pernah tersinggungan, besok udah haha-hihi lagi. ga ada yang sakit hati, ga ada acara ngambeg, ga ada acara diem-dieman ala-ala cewek gitu deh. enak kan? asik kan?

jadi jangan heran buat para cewek yang pernah temenan sama aku, kalo ngerasa akunya selalu sengaja jaga jarak. bukan apa-apa, takut nyakitin perasaan mereka aja kalo aku terlalu deket trus akunya jadi ga berperasaan gitu kalo ngomong. konsekuensinya, ya aku ga pernah punya sahabat cewek deh sampe sekarang.

pernah ngerasa kesepian?

ga pernah. karena menurutku perasaan kesepian itu cuma lebih sering dirasakan oleh individu-individu yang pengendalian manajemen emosinya kurang gitu baik lah #ciehhh .

rasa sepi, sedih, duka, merana, atau bahkan gembira kan itu sebenarnya persoalan manajemen emosi diri. ada orang yang pengendaliannya udah pas dan bagus, ada yang kurang. nah, yang kurang-kurang ini jadi suka ga terkontrol emosinya dan membutuhkan input dari luar - semacam consoling dari teman, sahabat, orang tua, keluarga dekat, untuk kembali normal atau sampe emosinya kembali terkontrol. tapi mereka yang secara individu kontrol emosinya sudah baik ya ga gitu butuh input lagi, ciehhh. menurutku ini lho yah.

***

kembali ke persoalan pertemanan...

pertemananku dengan teman-teman cewekku selama ini juga sebenernya ga jelek-jelek amat sih. bahkan ada beberapa yang bisa aku kategorikan sebagai teman dekat, meski kategori sahabat masih tetep kosong. ini kalo aku boleh kategorikan level pertemanan dari skala yang paling dekat sebagai sahabat, lalu agak jauh adalah teman dekat, agak jauh lagi adalah teman saja, lalu kenalan, dan yang paling jauh tentu saja orang asing!

kalo sahabat bisa diajak curhat tentang apa saja, dengan teman dekat, aku hanya merasa nyaman untuk ngomong tentang apa saja, meski jarang yang sampai ke tahapan curhat. untuk teman-teman yang ga gitu dekat, paling ya berhaha-hihi aja gitu. sementara untuk teman yang cuma sebatas kenalan, belum pernah ketemu muka, ya paling sekedar menyapa saja.

gimana dengan teman-teman yang kenal dari dunia maya? beberapa sih jadi temen deket deh, meski sampe sekarang belum pernah ketemu sama sekali. tapi sebagai manusia, kita pasti bisa merasa kok kalo kita 'klik' dan cocok kalo ngomong ke orang tertentu. yang ga pernah ada rasa 'klik' ya paling jadi sebatas kenalan saja, ga lebih dari itu.

bukan bermaksud mengelompokkan individu-individu yang kukenal dalam pertemanan untuk berlaku tidak adil, sama sekali ga ada indikasi ke arah sana. tapi kembali lagi ke soal hati, dan apa yang paling nyaman buat diri kita sendiri dalam menjalani hidup, ya kan.

kalo aku sudah merasa nyaman tanpa punya sahabat cewek, ya gapapa kan. karena aku ga ngerasa butuh juga. aku masih punya ibu yang bisa diajak curhat dari hati ke hati kalo memang pas perlu banget, dan tentu saja masih punya saudara-saudara perempuan (tiga orang) untuk diajak curhat juga. mungkin ada yang bilang kan sodara cewek bisa aja disebut sahabat. ya bener juga, tapi sahabat yang kumaksud di sini adalah orang lain yang bukan anggota keluarga tapi jadi deket banget kayak atau bahkan melebihi saudara kandung.

trus aku juga masih ada suami yang bisa diajak curhat.

kalo ada yang bilang lagi, kan beda curhat ama temen cewek dibandingin curhat ama suami. ya emang beda. tapi intinya kebutuhan curhat tiap individu kan emang beda-beda (balik lagi ke pemenuhan tingkat kestabilan emosional seseorang yang kubahas di atas tadi). sejauh kita merasa nyaman dengan pilihan kita masing-masing ya harusnya hidup itu asik-asik aja. o ya satu lagi, kan aku punya blog ini buat tempat curhat, lupa haha.

ada ga ya cewek yang ga pernah punya sahabat cewek kayak aku?

4 comments:

  1. Akuu mbak. Akuuuu
    Hahaha bukan gak pernah sama sekali sih.. sama seperti mbak, aku pernah punya temen deket di SMA tapi ya gitu.. lulus SMA hilang kontak. Sekarang meskipun udah ketemu di FB, ternyata memang kagok ya.. Yang lainnya paling temen temen biasa aja. Aku lebih nyaman sharing dan curhat sama suami dan orang tua. Kalo sama temen mah gak banyak cerita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh, ternyata aku tak lagi sendiriiii, haha #lebay. iya sih udah emak-emak kayaknya kalo punya sahabat cewek kok gimana gitu ya. sahabat cewek mungkin buat masa-masa usia sekolah aja, buat seru-seruan :-)
      eh tapi yang langgeng sahabatan sampe tua juga banyak kali. sayangnya kita ga termasuk hihi

      Delete
  2. sahabatku cewek mbak.
    temen mulai dari TK. SD pisah, SMP sekelas, SMA dan kuliah pisah, eh sekarang nyambung lagi, bisa deket banget lagi tuh. rumahnya kebetulan agak deket juga. haha
    jaman kuliah sahabatku juga cewek 2 orang. sekarang gak gitu deket lagi karena mereka udah pada nikah dan punya anak, trus gak tinggal sekota. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena rumahnya deketan ya, jadi lebih gampang ketemuannya :-)
      jadi sebenernya sahabat itu mungkin cuma 'pada suatu masa' aja gitu kali ya. setelah masa itu lewat ya udah sibuk sama hidup masing-masing. jadi penasaran, ada ga ya yg sahabatan dari kecil sampe tua apapun yg terjadi sama hidup masing-masing? mari kita tanyakan pada rumput yang bergoyang haha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...