Thursday 4 June 2015

mahasiswa joki

baru mau kuliah aja udah ga jujur #ngomong apa sih mbak-e tiba-tiba kok nuduh?

itu lho, yang kemarin rame-rame ketangkep karena pake joki dengan peralatan yang super canggih ala james bond cuma buat nembus tes masuk perguruan tinggi favorit.

bikin aku geleng-geleng kepala dan ga habis pikir. baru mau kuliah aja udah curang, belum bener-bener kuliah, belum bener-bener belajar, dan belum bener-bener ujian kelulusan. mau jadi apa ntar orang-orang itu kalo dah lulus yah ck ck ck.

eh, isu itu lagi masih hangat-hangatnya udah muncul lagi isu baru tentang ijasah palsu! sepertinya dunia akademia indonesia lagi diguncang prahara deh, hehe. atau mungkin masalah-masalah ini sebenernya udah lama ada tapi baru kebongkarnya sekarang-sekarang aja? entahlah...

dari baca-baca di media online seputar masalah perjokian untuk masuk jurusan favorit di universitas favorit yang katanya harganya ada yang sampe 300 juta buat bayar jokinya doank itu *pingsan*, aku makin yakin kalo sebagian kecil masyarakat kita itu sakit mentalnya sudah kelewat akut.

lain lagi kalo mau bicara sakit mental para koruptor yang seenak jidatnya ngembat duit yang bukan haknya, sakit mental para orangtua yang nekat pake segala cara hanya demi si anak tercinta bisa masuk ke jurusan yang diidam-idamkan juga sudah masuk stadium lanjut.


kenapa aku langsung nuduh orangtua mahasiswa joki ini yang sakit mental?

mahasiswa joki = mahasiswa yang masuknya pake joki (ini karanganku sendiri)
joki mahasiswa = jenis pekerjaan (haram) yang membantu para calon mahasiswa untuk lolos ujian dengan cara curang

karena dengan harga segitu, mana ada sih anak baru lulus sma yang bisa bayar pake duit sendiri? pasti ya duit orangtuanya lah. dengan kata lain, orangtua para mahasiswa joki ini pastinya tau kalo anaknya masuk ke universitas dengan cara curang.

oke lah itu duit-duit mereka sendiri, oke lah mereka tajir melintir, oke lah mereka bisa buang-buang duit sedemikian besar dengan mudahnya, tapi di mana tanggung jawab mereka pada kejujuran?

jujur?

makanan apa pula itu? hihi. lha katanya malah ada oknum calon mahasiswi yang ngumpetin peralatan canggihnya dibalik jilbab kok. kalo udah gitu apalah arti moral, akhlak, etika, agama, norma, kebenaran, dan kejujuran? ya emang cuma oknum doank sih ga bisa digeneralisasi, tapi itu menandakan kalo sebagian masyarakat kita hidupnya pake standar ganda. ibadah iya, curang iya. naik haji iya, korupsi iya #jiahhh... poin ini keseringan dibahas mulu deh haha

jangan-jangan orang tuanya sebenernya ya yang maksa anaknya untuk masuk ke jurusan tertentu yang ortunya suka, tanpa mikirin anaknya bakal suka belajar di situ apa ga. lagu lama!

tentu saja kesian bagi mereka-mereka para calon mahasiswa yang jujur dan belajar sekuat tenaga untuk bisa masuk ke jurusan yang mereka inginkan, tapi terpaksa tersingkir karena jatah kuota bangku mereka dirampas oleh calon-calon yang ga jujur tapi (ortunya) tajir melintir ini.

bahkan ada mahasiswa joki di jurusan kedokteran juga lho!

bayangkan kalo nanti mereka lulus jadi dokter, entah dengan cara curang, nyogok, atau apalah. mau apa kita-kita kalo pas sakit ditangani oleh dokter-dokter seperti ini? hiii, serem lah ya. masuk kuliahnya aja curang. berarti para mahasiswa joki ini punya masalah dengan kepercayaan pada kemampuan akademis dirinya sendiri. lha wong ga gitu pinter kok maksain diri. kalo emang dasarnya udah pinter ngapain pake joki? kan logikanya gitu. jadi mereka itu bego sebenernya.

bayangin kalo dengan pake jasa joki mereka lolos dan akhirnya ikut perkuliahan. dengan tugas-tugas yang numpuk, apa yakin otak mereka sanggup tuh ngikutin mata kuliah? paling mentok-mentoknya lulus pas-pasan nyontek sana-sini. atau paling ujung-ujungnya jadi mahasiswa abadi yang ga lulus-lulus #aku kutuk kalian para mahasiswa joki! hihi

moga-moga pemerintah sekarang bisa meluruskan dan membongkar praktek-prakter kecurangan di bidang pendidikan di indonesia, entah itu perjokian, ijasah palsu, suap, soal ujian bocor (pernah kubahas di sini karena aku pernah ngalamin sendiri), dan lain sebagainya yang menodai dan menyakiti hati kaum civitas academica (baca: kelompok/komunitas/warga akademik) lainnya yang jujur belajar, berjuang, dan berkorban tenaga serta pikiran dalam proses pembelajaran untuk menimba ilmu dan mendulang pengetahuan dengan susah payah.

sementara untuk para joki mahasiswa, yaitu mereka-mereka orang dewasa yang otaknya sangat pintar-pintar tapi sayangnya dipake untuk nyari nafkah dengan cara yang salah demi ngeruk banyak uang dalam waktu singkat semata, demi hidup wah dan mewah tanpa harus susah payah kerja bener dan jujur, go to hell aja!

2 comments:

  1. daripada buat bayar joki, duit segitu mending dipake modal usaha ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau mending duitnya dikasih kita yah hehe *maunya*

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...