Friday, 12 June 2015

diburu deadline

i'm back! i'm back!

d'oh, serasa abis pergi jauh liburan ke manaaaa gitu. karena udah seminggu persis aku ga buka blog sama sekali! padahal minggu kemarinnya bisa posting tiap hari, eh minggu ini ngintip blog sendiri aja ga ada waktu *sigh*

apa pasal?

karena aku semingguan ini sejak jum'at minggu lalu sampe kamis kemarin itu dikejar-kejar deadline kerjaan yang maha penting yang mana sampe kudu lembur di rumah meres otak sampe kering kerontang sodara-sodara #lebay


gara-garanya cuma karena bosku lagi cuti, hihi. jadi critanya gini.

sampe hari kamis minggu kemarin tuh cuaca bagus, matahari bersinar cerah, burung berkicau riang #halah, situasi dan kondisi kerjaan semua under control lah. biasa-biasa aja. sibuk sih, tapi ya gitu deh, sibuk yang masih sempet ngeblog gitu lho hehe. ya kalo lagi bete ngintip blog bentar, kalo lagi selo, nge-draft postingan disela-sela kerjaan atau kalo pas lagi istirahat ngetik-ngetik iseng.

sibuk tapi santai lah.

rencana hari jum'atnya aku ambil cuti setengah hari mau cap cus ke manchester nengok neneknya ethan karena dah lama ga ke sana sejak suami operasi usus buntu bulan januari lalu. udah ampir 6 bulan lho, itu udah mo setengah taun aja, bayangpun!

karena begitu suami baikan dan sembuh setelah pemulihan paska operasi, dia trus luar biasa sibuk gitu, travelling ke sana ke sini ngurusin kerjaannya yang ternyata terbengkalai ditinggal sakit, ga ada yang ngegantiin. para klien-nya dia dengan sabar nungguin dia pulih gitu deh. begitu dia bilang udah mulai kerja lagi, langsung deh pada rebutan manggil dia ke arab saudi sampe bolak-balik 2 kali, ke afrika selatan satu kali, ke dubai satu kali, ke lisbon-portugal satu kali.

hadeuh, tenar amat! haha.

jadi baru jumat kemarin itu kami rencana nengok si mamah. karena kalo berangkat sabtu itu serba buru-buru, jadi kami seperti yang udah-udah mending cabut jumat aja, agak santai. sampe manchester langsung cek-in hotel dan bobo manis. besok sabtu pagi seger bisa seharian sama si mamah kan. balik hotel lagi bobo manis, minggunya bisa separo hari ethan maen sama neneknya, trus cabut pulang.

dulu sih pas masih cuma kami berdua ga masalah berangkat sabtu pagi pulang minggu malam jadi bayar hotelnya semalem doank. sejak ada ethan kami selalu bayar hotel dua malam, hiks. demi bisa nyante hehe.


***

balik ke cerita di kantor...

nah, tiba-tiba jum'at pagi tuh pas aku baru buka laptop di kantor, email udah numpuk dan setelah baca-baca sekilas, aku langsung panik deh. ada satu masalah sangat serius yang kudu segera diselesaikan paling lambat dalam waktu seminggu, kalo ga perusahaan tempat aku kerja sekarang ini akan terancam sertifikasinya.

gara-garanya laporan yang udah dikirim ditolak sama auditor karena isinya kurang komprehensif, dan data-data pendukungnya kurang lengkap. ya maklum waktu itu yang bikin laporan adalah orang vendor yang di skotlandia, kami cuma cek-cek aja ga pake dipoles lagi langsung kirim. tadinya sih ragu-ragu sama kualitas laporan itu tapi karena udah lewat deadline seminggu lebih jadi ga ada waktu buat ngebenerin. eh, beneran semua isinya ditolak dan harus ditulis ulang!

nah lo... serius kan? kan? kan? biasa aja sih, akunya aja yang hiperbola haha.

masalahnya bosku kalo jumat ga ngantor, alias kerja dari rumah. masalah yang kedua, minggu berikutnya si bos cuti seminggu karena mo jalan-jalan dan udah di-planning jauh-jauh hari jadi ga bisa di-cancel.

yang ketiga, hari jumat itu aku cuti setengah hari karena mo ke manchester sementara paginya waktuku udah dua jam di-booking sama hrd buat ngasih training ke manajer pemasaran baru yang udah datang jauh-jauh dari belanda cuma buat ngedengerin aku ngoceh ngasih dia training ini itu. ga bisa diundur juga karena si nyonya belanda ini cuma ke inggris buat urusan training doank dan sabtu paginya udah harus terbang balik ke belanda lagi. sementara urusan yang cukup serius ini kudu segera ditangani as soon as possible! demikian mandat dari ceo si bos besar yang orang jerman itu lewat email.

nah lo, panik kan? kan? kan? *tarik napas*

source

lalu telpon di meja kerjaku berdering. bosku si nyonya inggris yang hari itu kerja dari rumah rupanya dah ga sabar mo kasih instruksi hihi. meluncurlah tugas-tugas dadakan yang harus aku mulai kerjain secepatnya (karena takutnya waktu satu minggu ga bakalan cukup!) padahal aku dah ga ada waktu lagi karena kudu mulai ngasih training. ya udah, training-nya dikelarin dulu, katanya. kalo bisa dicepetin, dari 2 jam jadiin 1 jam aja, katanya. haha...okelah bos.

abis training yang mana memang akhirnya aku cepetin jadi 1 jam, dan untungnya si nyonya manajer belanda ini otaknya lumayan encer jadi nangkepnya cepet hihi, si bosku nelpon lagi. kali ini instruksinya bertambah panjang sampe aku akhirnya bilang kalo bentar lagi aku udah mo pulang lho bos kan aku cuti setengah hari! oh iya lupa, kata si bos. ya udah deh lanjutin senin pagi aja, have a nice weekend. yeee, tau gitu kenapa dari tadi panik buru-buru sih, haha. dasar si bos...

meluncurlah aku ke manchester setelah balik bentar ke rumah ngejemput suami dan ethan. di sana wikenan dengan tenang karena begitu keluar dari parkiran mobil aku udah lupa aja urusan kantor hihi, jadi urusan manchester beres dengan sukses. mamah mertua seneng banget ketemu ethan. kami balik ke cambridge minggu sore lalu tepar!

***

senin pagi aku berangkat ngantor telat karena ethan rewel pagi-pagi jadi musti dimanja-manja dulu. sampe kantor aku yang udah lupa aja urusan jumat kemarin. sampe ketika buka laptop lalu tersadar kalo ada urusan yang sangat darurat ini padahal si bos udah cuti, dan email-ku udah numpuk lagi, hadeuh.

untunglah hari jumat pas aku cuti setengah hari itu, bos-bos udah pada mulai sibuk ngambil keputusan ini itu.

walhasil hari senin pagi, aku tinggal yang baca-baca email dan rupanya aku yang ketiban sampur (abis sapa lagi, baca: bedhol desa) kudu ngurusin urusan maha penting yang kudu kelar dalam waktu satu minggu ini tanpa dibantu bosku. untunglah udah ditunjuk seorang konsultan yang dulu pernah diminta bantuan merestrukturisasi perusahaan beberapa bulan yang lalu, yaitu seorang ibu-ibu nyonya inggris direktur perusahaan konsultan, dia sendiri yang punya perusahaannya. ini profil linked-in-nya kalo penasaran. nanti aku cerita terpisah deh tentang si ibu konsultan ini.

orangnya keren dan asik. super-cerdas dan cekatan. kalo nyuruh orang ngasih instruksinya bisa panjang lebar, kalo mimpin rapat yang ngedengerin sampe melongo karena ide-idenya brilian, dan kalo ngasih laporan ke dia pasti selalu ditolak karena pasti ada aja yang kurang atau salah, haha. killer lah!

sampe ada dua orang korban lho yang risain gara-gara si ibu killer ini. dua-duanya manajer proyek. yang satu berantem karena urusan siapa yang berhak ambil keputusan, hihi, satunya gara-gara  kerjaan ga beres-beres ttapi kebanyakan alesan malah nyalahin orang laen. jadilah mereka gabung ke barisan sakit hati hehe.

karena aku dulu udah pernah ngurusin deadline proyek sama dia jadi aku udah tau persis gaya kerjanya dia seperti apa. udah ga kaget lagi lah. pokoknya kerja sama si ibu ini tuh semua laporan harus panjang lebar dan jelas, analisa-analisa kudu cerdas, data-data kudu komplit, dan kalo bisa semua tugas kudu selesai sebelum deadline! keren kan? haha #pingsan

meski aku tau kerja sama si ibu ini bakalan bikin otakku kering kerontang karena bakalan diforsir abis-abisan, tapi aku jadi semangat lhoh. serasa jadi seorang pecinta alam yang hobi mendaki gunung lalu ditantang buat naklukin puncak mahameru gitu lah! memicu adrenalin pokokna.... #halah

***

jadi demikianlah...

mulai senin pagi, seharian itu praktis aku ga bisa megang kerjaan yang lain. semua disingkirin dulu, semua harus ngantri. meski tetep ada satu dua dokumen yang bener-bener darurat dan aku harus tanda-tangan kalo ga produksi bisa macet. jadi ya tetep aku kerjain sih mau ga mau. setelah itu baru balik lagi konsentrasi penuh sama urusan nge-review dan nge-draft laporan penting ini. sampe laptop kantor kubawa pulang kali aja bisa ada waktu ngelanjutin di rumah.

eh, senin sorenya pas aku pulang ke rumah, bapaknya ethan laporan kalo si ethan masuk angin dan barusan muntah! #hadeuh

selalu deh kalo emaknya lagi dikejar-kejar deadline, pasti ethan-nya protes. yang ga enak badan-lah, yang panas lah, yang masuk angin lah hehe. minta perhatian juga! selasa pagi terpaksa aku kirim email ke kantor kalo aku ga bisa ngantor karena ethan ga enak badan. urusan anak tetep nomor satu donk meski kantor mau roboh kek, itu urusan belakangan hehe.

sayangnya, aturan perusahaan memang ga ngebolehin ngejagain anak sambil kerja. tapi karena urusan yang maha penting ini juga sangat penting, akhirnya hrd ngebolehin aku kerja dari rumah sambil ngurus si ethan supaya dua-duanya bisa keurus barengan. hihi... karyawan spesial :-p

untung kemarin bawa laptop kantor jadi bisa dapet akses ke server.

jadi seharian itu aku di rumah ngejagain ethan, sambil meres otak buat ngelanjutin draft laporan penting yang udah kumulai sejak senin kemarin ini. mana dikit-dikit ethan ngajak maen jadi terpaksa laptopku aku anggurin dulu. kalo dia udah asik sendiri baru aku ngetik-ngetik lagi.

sementara aku di rumah multi-tasking kerja sambil momong anak, si bos yang lagi cuti kadang nelpon nanya kalo ada perkembangan. si ibu konsultan yang sebenernya posisinya lagi di perancis liburan tapi dipaksa jadi konsultan dadakan, sibuk ngelobi vendor dan ngelobi auditor yang ngancem mau nyabut sertifikat. tentu sekali-kali dia nelpon aku juga ngecek dan nanya kapan draft laporan-ku kelar jadi dia bisa cek karena pasti akan banyak yang kudu diganti dan diubah lagi.

baru hari selasa lho padahal, dan deadline-nya masih jumat.

source

untunglah kerja di rumah sambil jagain anak itu justru bisa rileks dan mikir santai, ga kayak di kantor yang dikit-dikit ada aja yang datang ke meja nanya ini itu atau minta tanda tangan buru-buru. gangguin konsentrasi aja hihi.

akhirnya selasa sore setelah sempat macet karena musti ngelonin ethan yang kudu tidur siang, sekitaran jam setengah tiga sore draft-nya kelar donk horeeee.... cuma laporan analisa dokumen sebanyak 38 halaman doank kok. all in english? tentu saja lah...

karena udah diforsir abis-abisan sejak hari senin sampe selasa sore, otakku emang jadi rada konslet, pala puyeng. setelah draft pertama aku kirim ke si ibu konsultan, ke bos-ku yang meski cuti dan lagi liburan ke eropa daratan tetep ngecek email di iphone-nya hihi, juga ke bos besar cuma buat ngasih tau kalo draft-nya udah kelar, akupun tepar!

buat refreshing, iseng-iseng aku ke kebun belakang menghirup udara segar, ngejernihin otak, ngebersihin kebun bunga, rapi-rapi tanaman, dan lalu malah sibuk motong rumput segala haha. enaknya kerja dari rumah!

suamiku yang sehari-harinya memang ngantor dari rumah (baca: home-based job) dan kantornya di kamar paling atas di loteng, pas lagi asyik kerja lalu ngedengerin suara mesin pemotong rumput sampe ngebuka jendela dan teriak-teriak "oiiiii, lu bukannya kerja malah berkebun!" aku bales teriak "draft-nya dah kelar kok babe barusan dikirim, ini lagi lunch-break motong rumput dulu bentar!" haha.

***

rabu pagi, meski ethan udah sehat, ia masih ga boleh masuk penitipan karena kudu di rumah dua hari setelah muntah. aturannya gitu, hehe. karena aku kudu ngantor dan ngeberesin draft yang kemarin udah kelar tapi pasti masih perlu revisi itu, kali ini suami terpaksa yang harus multi-tasking. kemarin pan dia udah bebas tugas tuh bisa kerja penuh seharian karena aku kerja di rumah sambil momong ethan. hari ini terpaksa dia deh yang nyambi kerja sambil momong hihi.

bener aja, di kantor seharian penuh aku sampe telpon ke perancis berkali-kali.

sibuk ngebenerin dan nge-rivisi draft yang tentu saja ga bakalan lolos sama si ibu konsultan ini begitu saja. rupanya sejak aku kirim file-nya ke dia kemarin sore itu, dia udah sibuk ngoreksi ini itu, komen ini itu, nanya ini itu. akibatnya dokumen draft-ku yang tadinya rapi diacak-acak abis sama dia dan jadi berantakan parah haha. sudah kuduga!

belum lagi aku masih harus ngejar-ngejar si vendor di skotlandia yang kalo nelpon ke sana kupingku kudu ditajemin karena bahasa inggris mereka yang beraksen skotlandia parah itu sangat sulit dimengerti hadeuh. belum lagi mereka sibuk bukan main ga cuma ngurusin kami saja, ada banyak pelanggan lainnya. tentu saja makin aku kejar-kejar mereka makin sewot haha.

ya tapi gimana lagi, data-data pendukung dari vendor buat dilampirin ke laporanku ini memang harus ada dan kudu komplit. ga banyak sih cuma 37 dokumen saja yang lagi-lagi semuanya harus aku cek satu persatu mastiin kalo dokumennya bener dan layak kirim. kalo ada salah kudu aku lempar lagi ke skotlandia buat dibenerin, dan tentu bikin mereka tambah sewot aja.

rabu sore aku pulang dengan kepala berat lagi karena seharian penuh diforsir!

***

hari kamis pagi-pagi tiba-tiba si bos jerman udah nyamperin mejaku. setelah ngobrol bentar, akhirnya pertanyaan itu pun keluar juga. "bisa kan by the end of today semuanya kelar, komplit, dan siap dikirim ke auditor?

eeerrrrr, i'll try my best!

whoaaaa.... hari ini? kan deadline-nya masih besok pagi? kata si bos jerman, "to show them that we are handling this matter seriously and we can finish it before the deadline to make a good impression". halah, ternyata pencitraan ga cuma ada di indonesia, haha.

jadilah, hari kamis seharian aku ping-pong-an lagi sama si ibu di perancis buat moles-moles laporan supaya kinclong dan bebas kesalahan. kamis jam 3 sore, akhirnya semuanya kelar. laporan kinclong, data pendukung komplit, semua ketegangan yang sempat menarik ulur urat syaraf ini-pun akhirnya berakhir sudah.

rasanya lega bukan maen.

si ibu konsultan nelpon aku sekali lagi berterima kasih banyak padaku dan sambil becanda dia bilang akan lapor ke bos jerman kalo bisa aku dapet bonus ekstra karena kerja kerasku yang luar biasa #krik. aminnn, moga-moga becandaan dia terkabul. kalo ga bonus, naik gaji lagi ga papa deh haha.

karena jam pulang masih 2 jam lagi, aku habiskan sore itu buka-buka dan baca-baca detik dot com saja. mau kerja kok males banget karena kecapean. eh malah jadi sedih baca berita-beritanya semua soal si cantik angeline yang berakhir tragis itu, hiks. semoga dia beristirahat dengan tenang di surga sana...

sebagai penutup, hari ini jumat, aku mau rileks saja. aku mau punya waktu buat ngeblog lagi, dan mau ngerjain kerjaan tapi ga mau buru-buru. karena setelah semingguan kemarin kerja kayak orang gila, aku layak kerja sedikit santai sambil menikmati waktu berlalu agak lambat tanpa harus diburu deadline!

phew...

6 comments:

  1. Pengalaman yg berharga tentunya, meski jumpalitan mengerjakan laporannya., akhirnya selesai dan yg terpenting bahagia menjalani rutinitas. Have a nice weekend :)

    ReplyDelete
  2. komen panjang lebarku kehapuss >.<
    ini hectic banget mbak kantormu hahaha serasa lagi nge-rap kalo baca postingan ini :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhoh kok bias kehapus? hiks hiks aku juga suka gitu udah ngetik panjang lebar pas di-publish ilang, abis itu males ngetik panjang lagi hihi.. nyebelin emang!

      iya kalo lagi hectic emang parah, nge-rap kayak iwa-k donk ;-p
      tapi kalo lagi selow ya kadang ampe bisa posting tiap hari di blog haha...

      makasih dah mampir :-)

      Delete
    2. aku mau submit pake akun wp, begitu udah milih profil reply as akun_wp, komen ku malah ilang, yasudahlah hihihi

      iya nih mbak, lagi suka bw tapi males nengok blog sendiri hahaha *ngumpet

      Delete
    3. hehe... ayuk donk blog-nya ditengok! ditengok ajaaaa...ga usah diapa-apain kok haha...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...