Friday 19 June 2015

kebaikan kecil

satu jam nyetir ke kantor dan satu jam balik ke rumah setiap hari dari senin sampe jumat itu ternyata menyisakan banyak hal untuk direnungkan. ternyata begitu banyak kejadian-kejadian kecil yang mengajarkan aku untuk menjadi lebih santun, lebih hati-hati, dan lebih menghormati pengguna jalan lain.

dan ternyata juga banyak kebaikan-kebaikan kecil yang selama ini terabaikan dan hampir tak terlihat, karena aku merasa itu wajar dan seharusnya demikian. tapi ketika aku berpikir lagi apakah di negeriku sendiri pengendara mobil lain akan melakukan hal yang sama seperti yang sering aku alami di inggris sini? terakhir pengalaman nyetir di jakarta sih ga begitu hehe. aku lalu merasa beruntung karena kebaikan-kebaikan kecil itu sejatinya adalah hal yang patut aku syukuri.

contohnya pagi ini.


aku tuh paling benci kalo ada mobil yang tiba-tiba motong jalurku. motong di sini maksudnya ngambil jalur atau nongol dari pertigaan secara tiba-tiba. selain bisa bikin kaget dan mungkin kita harus nginjek rem mendadak, motong jalur juga bahaya. biasanya sih karena sopirnya buru-buru atau mungkin ga ngelihat kalo ada mobil mendekat dari arah lain. apapun alasannya, motong jalur itu tetep ga sopan.

pagi ini pas lagi asyik nyetir jalurku juga dipotong sebuah mobil dari pertigaan. tiba-tiba nyelonong aja ga liat-liat dan ga sabaran nunggu buat gabung ke jalan utama. meski akhirnya kumaafkan karena ternyata yang motong adalah sebuah maserati! bukan karena merek mobil ini memang satu dari sederet mobil yang bisa dibilang mewah, tapi memang kalo yang motong itu mobil sekelas maserati, lamborghini, ferrari, aston martin, atau mobil bertenaga besar yang lain selalu kumaafkan.


source


alasannya lebih karena alasan teknis.

mobil-mobil kenceng ini memang hobinya suka gitu. tapi karena mereka tahu kalaupun motong jalur orang, mereka bisa nge-gas kecepatan mobil dengan cepat jadi ga bikin mobil yang di belakangnya terpaksa nginjek rem, makanya mobil-mobil mewah ini selalu kumaafkan. setelah itu aku kan jadi bisa ngeliatin bodi mobil wah itu dari jarak lumayan dekat karena aku jadi persis di belakangnya hehe.

yang ngeselin itu kalo yang motong jalur mobil tua atau butut. bukan karena pandang bulu atau gimana sih, tapi udah tau mobil beginian mesinnya ga bertenaga, kenapa musti motong jalur sih, sabar dikit napa. karena mobil butut kalo motong jalur tuh bahaya. mobil yang dipotong harus ngerem mendadak karena si mobil butut pastilah tarikannya udah ngos-ngosan mo nambah kecepatan. ya kalo yang nyetir di belakangnya trampil, kalo ga kan bisa kecelakaan!

dulu pas aku masih punya goldie rover-25 ku yang emang udah butut, aku cukup tau diri untuk ga motong-motong jalur, karena bakalan disumpahin orang hehe. tapi kalo pas bawa audi A3-ku atau A6 punya suami yang bermesin 2 liter turbo ya ga papa karena tarikannya kenceng dan cukup aman untuk ngambil jalur tiba-tiba.

balik ke maserati!

meski tadi hampir sewot karena jalurku kepotong, ternyata si maserati ini justru mengajariku sebuah kebaikan kecil. mobil di depan maserati kebetulan mobil butut. aku tau karena dari tadi kan aku di belakang mobil butut ini sebelum dipotong. pas  akhirnya kami keluar dari area perumahan yang memang batas kecepatannya dibatasi maksimal 30 mil per jam (kira-kira 50 kph) saja, di luar perumahan jalurnya boleh sampe kecepatan 60 mil per jam.

aku udah perprasangka buruk tadinya sama si maserati. kalo itu bmw atau aku yang nyetir audi di belakang mobil butut yang cuma bisa lari 50 mil per jam saja, pasti udah aku salip dari tadi. si maserati tentunya bisa dengan mudah nyalip juga donk. lha knalpotnya aja empat biji gede-gede gitu di belakang pasti mesinnya tenaganya gede juga. tiga liter lah minimal!

tapi apa yang terjadi?

si maserati sabar aja lho ngekor di belakang mobil butut tadi. aku mau nyalip mereka berdua kan jadi malu ati. deuh, yang maserati aja ngantri, baru nyetir audi A6 doank udah ga sabaran! hehe. aku merasa tertohok! #plak

ternyata meski bermesin gede, si pengemudi maserati memutuskan untuk ga mentang-mentang maen nyalip aja. dengan sabar ia ngekor aja ngikutin arus lalu lintas para komuter pagi itu yang seperti biasa memang selalu sibuk. dari situ aku belajar untuk lebih bersabar. kata orang, bersabar itu berpahala :-p

sampe di satu perempatan, si maserati pasang lampu belok kanan, dan aku ambil lurus.

ketika kami para komuter ini lagi-lagi harus ngantri dan merayap pelan-pelan karena mendekati lampu merah, dari kejauhan kulihat sebuah mobil pick-up L200 raksasa berhenti di pertigaan dan mencoba bergabung ke jalur di mana kami merayap. lucunya, ga ada satupun mobil yang ngasih dia jalan lho. apa semua orang pagi ini ga ada yang pengin berbuat baik yah?


source


akupun serta merta memperlambat rayapanku hingga ada cukup ruang antara mobilku dan mobil di depanku, lalu aku kasih sinyal pake lampu ke mobil pick-up tadi. si supirnya yang ternyata bapak-bapak berwajah sangar, gede dan tatoan, begitu kukasih jalan langsung melempar senyum termanisnya untukku dan melambaikan tangan sebagai tanda terima kasih.

eh, pas aku yang harus belok kanan ke kantorku dan harus nunggu arus lalu lintas dari depan reda sebelum belok, tiba-tiba aku dikasih lampu dim oleh sebuah mobil yang dengan sabar memperlambat kecepatannya supaya aku bisa belok lho. ah, kebaikanku barusan sudah mendapatkan balasan.

dan, belajar dari si pengemudi maserati sebelumnya yang mengajariku untuk bersabar, aku jadi merasa lebih rileks, ga terburu-buru lagi nyetirnya. orang jawa bilang ga kemrungsung lah.

setelah kupikir-pikir, kalopun buru-buru juga paling nyampe kantor cuma satu atau dua menit lebih cepat saja sih, ga terlalu signifikan bedanya. jadi kenapa selama ini aku cenderung melewatkan kesempatan untuk berbuat kebaikan di sepanjang jalan yang kulewati tiap hari, meski hanya sebuah kebaikan kecil saja?

mulai besok, aku akan berusaha untuk lebih rileks kalo nyetir. mungkin akan ada banyak kesempatan untuk berbuat kebaikan-kebaikan kecil seperti tadi pagi. dan mungkin aku juga akan menerima lebih banyak kebaikan-kebaikan kecil dari sesama pengendara yang lain.

hidup pun jadi terasa lebih indah :-)

4 comments:

  1. selalu ada pelajaran dari hal-hal yang kadang merupakan rutinitas, ya, Mbak. kalo saya belum bisa nyetir, jadi kagak bisa nyalip haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ..bener, kadang karena kita pikir itu rutin jadi kita lupa belajar hehe. sini sini aku ajarin nyetir, gratis deh ;-p

      Delete
  2. weh, nek kene kuwi bus Sumber Kencono, sing diplesetne dadi Sumber Bencono, sing njur diganti dadi Sumber Selamet sing gaene urakan, mbak.

    tapi bahkan sekarang bus-bus lain juga nganggep dia adalah raja jalanan. celah jalan kecil pun diterobos, gak mau kalah, gak rela disalip. Penumpangnya wis deg-deg ser ngrasakne nyawa diujung tanduk gitu. #lebay

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha salah jeneng yo berarti, kencono dadi bencono hihi... daripada ganti jeneng, sebenere sumber daya manusiane kudune sing dibenahi yo, supire di-training sik ben iso ngati-ati, nggowo nyowo okeh oq bendino ugal-ugalan :-(

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...