Wednesday 5 November 2014

bedhol desa

dah lama banget yah ga pernah cerita mengenai kehidupan di kantor...

setelah aku cek postinganku yang udah terbit sejak bulan juni ketika aku balik kerja setelah cuti melahirkan selama 13.5 bulan (baca: cuti setahun), ternyata emang ga ada satupun postingan yang berbau dunia kerja. abis urusan kampanye pilpres, isu kenaikan bbm, sampe urusan menteri susi lebih seru buat dibahas sih ya hehe. karena lama ga crita mengenai kerjaan, postingan kali ini berisi gosip-gosip di kantor deh ya.

sebenernya ada rasa males sih mau ngetik ini, hiks. karena emang isinya banyakan cerita sedih. tapi sekalian buat diari deh biar nanti kalo dibaca-baca lagi bisa senyum-senyum sendiri mengenang masa lalu.
 
2013 - musim panas
 
ketika usia kandunganku menginjak umur 9 bulan  lebih beberapa hari, aku baru mulai cuti. sengaja nunggu sampe akhir, biar ga kelamaan di rumah nganggurnya. sampe seminggu menjelang hari perkiraan lahir, aku memang masih ngantor meski udah ga sanggup nyetir karena perut udah maju sampe hampir nyentuh kemudi, hihi. terpaksa waktu itu minta antar jemput suami tercinta.

sekitaran musim panas 2013, beberapa bulan setelah lahiran dan lagi sibuk ngurus bayi, aku denger kabar dari kantor lewat temen kerja yang ngirimin sms, kalo kantor lagi heboh! gara-garanya, ada pengurangan besar-besaran alias phk masal! pengurangan ini katanya dikarenakan perusahaan sedang melakukan pembabatan habis para karyawan yang dinilai kurang produktif dan menghambat kemajuan proyek.
 
wadoh...
 
kaget juga sih pas ngedenger kabar itu. siapa saja yah yang kira-kira kena babat? terus bagaimana cara manajemen perusahaan melakukan penilaian siapa yang tidak layak untuk dipertahankan itu? tadinya aku sih berprasangka baik saja. ah, paling cuma satu atau dua orang. ah, paling ga seheboh yang aku perkirakan, dst.
 
ternyata aku salah!
 
ada enam orang yang dibabat lhoh (apa lebih yah...hmm *ambil kalkulator* #halah). keenam orang ini kebanyakan sudah lama banget kerja di perusahaan. keenam orang ini termasuk mereka yang kuanggap senior. selain karena beberapa jabatannya memang lebih tinggi dari aku, juga karena secara umur mereka lebih tua. dan yang bikin paling syok, satu di antara mereka adalah bosku sendiri!

#gubrag *jatuh dari kursi* #lebay
 
iya! bosku yang unyu itu. bosku yang sering aku gosipin di tulisan-tulisanku terdahulu itu. bosku yang akhirnya bikin aku dipromosiin di posisi sekarang ini dan bikin gajiku naik lumayan itu.
 
kok bisa sih?!
 
ternyata memang manajemen menilai dia kurang bisa diandalkan gitu deh. akhirnya dia kena babat juga bersama lima karyawan yang lain. denger-denger sih karena mereka yang kena babat ini sudah berstatus karyawan tetap, jadi dapet pesangon gitu deh. gosipnya sih pesangonnya sampe 6 bulan gaji. lumayan juga sih. karena beberapa ada yang langsung dapet kerjaan lain dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan setelah itu. jadi lumayan toh dapet gaji dobel-dobel.
 
sedihnya, ga lama setelah bosku di'pecat', sekitaran bulan oktober 2013, temen kerjaku yang orang selandia baru itu mengundurkan diri (baca ini). gosipnya sih dia sakit hati sama perusahaan karena minta naik jabatan untuk ngisi posisi bosku yang dipecat itu supaya gaji dia naik, tapi ga dituruti. akhirnya dia nyari kerjaan lain dan dapet. mengundurkan diri deh dia akhirnya. heboh lagi deh kantor. untungnya bulan november penggantinya udah ada. sekali lagi, aku tahu kabar-kabar gosip kantor ini ya dari sms doank.
 
sementara kantor lagi heboh karena pemangkasan dan pembabatan yang udah mirip bedhol desa karena pada keluar bareng-bareng ini, aku sibuk ngeganti popok si ethan di rumah, hiks.
 
januari 2014
 
aku masih cuti dan ngurus popok....
 
satu hari tiba-tiba denger kabar lagi dari kantor, yang bikin syok lagi. kali ini setelah pembenahan posisi dan restrukturisasi perusahaan besar-besaran, ternyata manajemen ga brenti sampe di situ lho. kali ini yang kena babat lebih parah, yaitu bos besar, alias ceo-nya!
 
iya, ceo aja bisa kena pecat, gila yah.....
 
bener kata pepatah, di atas langit masih ada langit! padahal ceo-ku ini adalah salah satu pendiri perusahaan lho. tapi entah kenapa kinerjanya dinilai kurang memuaskan oleh jajaran petinggi yang bermarkas di amerika sana. bulan berikutnya februari, ceo yang baru mulai mengambil alih nahkoda kapal. kalo yang dulu orang inggris, kali ini bos besarku yang baru katanya orang jerman, wuidihhhh....
 
masih cuti di rumah, aku selalu memperoleh update-an dari temen-temen kantorku yang rajin ngirim email atau sms ke hape-ku. jadi meski ga ngantor aku masih berusaha ngikutin perkembangan terakhir sebisa mungkin supaya ga gitu ketinggalan info.
 
karena perombakan ini pula, katanya banyak pegawai baru yang direkrut. banyak yang berubah, banyak yang dipindah-pindah ke departemen lain atau dimutasi (termasuk jabatanku yang terpaksa di'hilangkan', nanti aku posting terpisah ya), dan banyak juga yang panik lalu mundur sendiri atau risain (=resign) sebelum kena babat.
 
wadoh!

mendengar kabar-kabar ini, aku sempat cemas juga lah di rumah. gimana dengan kerjaanku yah, gimana nanti kalo balik kerja lagi yah, dll. bos lama udah ga ada lagi, temen kerja udah banyak yang risain, banyak wajah-wajah lama yang didepak, banyak yang berubah dari restrukturisasi, bos besar juga ganti yang pastinya banyak kebijakan yang berubah pula.

whoaaaa....seremnyaaaaa.... #lebay lagi

juni 2014

cutiku selesai setelah absen kerja selama hampir 13.5 bulan. pertengahan 2014 lalu aku harus kembali kerja seperti biasa. jauh-jauh hari, aku sudah kuatkan mental dan mencoba menerima kenyataan kalo kantor yang akan aku datangi sekarang ini meski gedungnya tetap sama, orang-orang di dalamnya sudah bukan orang-orang yang sama ketika aku mulai cuti di akhir april 2013 yang lalu.
 
meski ada rasa khawatir dan was-was, aku mencoba menguatkan diri, dan meyakinkan diri bahwa dengan perubahan yang terjadi mudah-mudahan membawa kondisi perusahaan ke arah yang jauh lebih baik dari sebelumnya. karena tujuan utama perubahan dan perombakan besar-besaran itu pastilah ada alasan yang kuat dan harapan baru yang ditumpukan kepada orang-orang baru yang mengisi jabatan dan meja yang kosong. jadi meski ada perasaan sedih ketika kembali ngantor, aku mencoba berpikir positif #tsahhh
 
dan memang benar. ketika aku mulai bekerja lagi, aku rasakan sendiri bahwa beberapa hal memang berubah ke arah yang lebih baik sih. dan yang penting aku masih punya kerjaan tetap dan ga kena depak #phew
 
bosku yang baru adalah orang lama yang kini memperoleh tanggung jawab lebih, jadi aku sudah mengenalnya sejak aku belum mulai cuti dulu. orangnya memang lebih kompeten dan lebih bisa diandalkan daripada bosku yang lama. jadi aku senang sekali ketika tahu kalo ia kini jadi bosku.
 
sementara teman kerjaku pengganti si selandia baru itu, juga asyik orangnya. bisa diandalkan sebagai anggota team, dan senang berdiskusi. ia juga sangat inisiatif dan yang paling seru meski umurnya cuma beberapa tahun lebih tua dari aku, anaknya ada lima, hahaha. seru aja jadinya kalo cerita soal anak!
 
dengan bos baru, rekan kerja baru, dan struktur organisasi baru, beberapa bulan ngantor ini aku sangat entusias dan termotivasi untuk kerja, kerja dan kerja #terjokowi :-p

banyak proyek-proyek kecil yang diserahkan padaku untuk dieksekusi dan sangat mengandalkan daya analisa dan kreativitasku #jiahhhh, yang mana hal seperti ini jarang terjadi ketika bosku yang dulu masih memimpin. karna bos yang lama emang rada-rada anti-perubahan!
 
tantangan-tantangan baru inilah yang cukup membuatku sibuk, sampai-sampai ga sempet ngeblog sering-sering lagi kayak dulu, hiks... ketahuan ya, aku dulu sering ngeblog di kantor karena bete dan bosan, haha. kerjaan dulu ga gitu menantang sih #alesan
 
november 2014

tapiiii....

sedang asik-asiknya kerja, kerja dan kerja, tiba-tiba ada lagi berita menghebohkan bulan kemarin. temen kerjaku yang baru, posisi quality engineer, berniat mengundurkan diri, padahal dia baru genap kerja setahun doank!

alesannya sih katanya kerjaan barunya nawarin gaji lebih, plus fasilitas mobil kantor, plus bonus tahunan yang lumayan, plus jaraknya lebih dekat dari rumah dia, plus posisinya naik dari engineer ke manajer! entah bener atau ngibul, tapi demikianlah kenyataannya. temen kerjaku yang tiap hari duduk di sebelahku ini bakal selesai masa tugasnya minggu depan. hiks....

baru aja enak kerja se-team sama dia kira-kira 5 bulanan. dah kabur lagi. apa aku bau badan yah jadi pada ga betah duduk di sebelahku #ngendus-endus pangkal lengan sendiri #lalu pingsan #abaikan

eh...belum juga nyadar dari syok...

minggu lalu, aku denger gosip lagi dari temen yang mau risain ini sambil bisik-bisik "sttt, jangan bilang-bilang yah ini masih rahasia!", kalau bos-ku yang baru juga bakalan risain meski saat ini ga banyak yang tahu. jadi minggu depan seminggu setelah dia kabur bosku juga rencana mau kabur juga.

hah?! demi disamber geledek...apa yang salah dengan mereka?

apa yang salah dengan diriku iniiiihhhhh? #ngaca. jadi bakalan dua kali lho, bosku sama rekan kerjaku kabur bareng-bareng bedhol desa. apa aku galak yah? apa aku kurang mandi yah? apa aku kurang sesajen yah? hihihi....

kalo menurut tebakanku sih, si bos yang ini meski baik banget orangnya, kebapakan, bos yang asik, pinter dll, tapi sejak aku balik kerja bulan juni lalu, aku dah ngeliat gelagat kurang enak yang terjadi antara si bos dengan bos besar orang jerman entu.

tiap kali si bos ngomong ke bos besar seperti ada permusuhan di sana. aku emang suka observasi kelakuan orang-orang di sekitarku sih. hati-hati ya kalo deket-deket aku, pasti kuanalisa hihi. dan tiap kali mereka diskusi sesuatu, yang kebetulan bosku memang mejanya seberangan sama mejaku, bahasa tubuhnya mengatakan kalau dia tuh benciiii banget sama si jerman itu. entah kenapa....hanya dia yang tau. benar tidaknya, hanya dia yang tau juga.

jadi minggu ini, selain sibuk dengan kerjaan yang mulai numpuk karena rekan kerjaku mulai ngasih tugas-tugas hariannya ke aku karena minggu depan dia dah ciao, yang mana tugas-tugas itu aku abaikan saja karena males wong cuma digaji satu kok suruh ngerjain tugas dua orang hahaha.... aku juga diminta mulai ngebantuin si bos untuk wawancara calon pengganti temen kerja.

kemarin ada satu yang diwawancara, udah bapak-bapak, udah posisi manajer, udah berumur. pas baca cv-nya, aku jadi curiga, kenapa dari manajer pengin balik jadi engineer yah? kenapa pengin turun pangkat coba? sepertinya ada udang dibalik gimbal! setelah aku interogasi sampe si bapak salah tingkah, akhirnya dia ngaku kalo dia ga betah di tempat kerjanya sekarang karena dia ditaruh di produksi sama bosnya padahal dia penginnya kerja di kualiti.

apa mungkin dia tadinya ga perform di kualiti jadi dimutasi ke produksi dan dia ga suka gitu? hmmm, bisa saja. karena aku ragu-ragu dengan motivasi pindah kerja dia, maka aku kasih feedback-nya:

coret! #ratu_tega

nanti hari jumat ada lagi yang mau diwawancara. mudah-mudahan lebih meyakinkan daripada bapak-bapak kemarin itu, jadi enak diajak kerja bareng nantinya. kalo ga gitu kan ntar bisa-bisa aku yang bete. trus jadi ngeblog mulu hahaha....

pengganti si bos? belum tahu sih.

tapi sepertinya si bos jerman hari-hari ini juga lagi sibuk ngewawancara lho. kemarin ada satu yang dateng, ibu-ibu gitu. kata beberapa temen yang sempet nguping dan saksi mata sih, orangnya tegas dan keliatan galak gitu. ini penilaian subyektif banget yah, cuma denger dan liat tampang doank, ga ngobrol dan ga kenalan sama sekali, jadi bisa saja 90% salah! hmm...kalo dia diterima kerja, jangan-jangan ibu-ibu itu ya yang bakalan jadi bosku yang baru?

kalo bener galak, kira-kira galakan siapa ntar yah, aku apa dia? hihi...#melintir_kumis_ngasah_golok

***

update terbaru, 05 nov jam 3 sore:

ada email masuk. hari ini ga ada ujan ga ada angin tiba-tiba seluruh karyawan dikumpulkan di satu ruangan dan si bos besar jerman berdiri di depan. semua orang udah kasak kusuk ada apa yah kira-kira meeting dadakan begini? ternyata bedhol desanya kali ini jauh lebih parah dari yang kukira, pemirsa! selain dua orang di departemenku, ada sekitaran 5 orang lagi yang juga akan kabur dalam waktu dekat ini. tiga orang di antaranya adalah bos-bos kecil. gubrag! perusahaan goncang! hadeuh!

dan ternyata ibu-ibu galak kemarin itu memang akan jadi bos sementara atau sebagai konsultan sementara sampai posisi yang kosong ada pengganti permanennya. ini artinya, ibu-ibu galak itu emang bakalan jadi bosku!

alamakkkkk.... matik akyyyuuuuu.... #lebay #umpetin golok

 

2 comments:

  1. Hahaha...emang dirimu galak gitu mbak? Perasaan dl cm berani galak ama si adam aja wkwkwkk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho itu kan cuma perasaanku saja mungkin aku galak jd pada kabur haha. Lha dulu si Adam paling imut siyyyyy *ngakak*

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...