Friday 6 February 2015

usus buntu

kamis malam tiga minggu yang lalu, tepatnya tanggal 15 januari, suami ngeluh sakit perut. kupikir biasalah, mungkin kekenyangan, atau kurang kenyang, atau salah makan doank. no big deal!

kusuruh dia istirahat, supaya besoknya sembuh.

eh, jumat pagi tanggal 16, dia ngeluh masih sakit, dan naga-naganya ga bakalan bisa nganterin ethan ke penitipan anak. kupikir, yo wis lah karena jumat aku ga harus cabut ngantor pagi-pagi, aku deh yang anterin ethan, telat ngantor dikit ga papa #kayak yang punya perusahaan aja

pas di kantor, siang-siang suami nelpon, katanya dia udah agak baikan, jadi sorenya dia yang mau jemput ethan. kupikir, siplah. semua kembali normal.

keesokan harinya sabtu pagi tanggal 17, karena wiken, kubiarkan suami istirahat di kamar terpisah supaya ga keganggu sama si ethan, dan biar cepet pulih lagi. sementara seharian aku dan ethan sibuk maen dan nonton acara kesayangan dia di tv. sambil sesekali nengok suami yang masih tampak kurang sehat dan cuma tidur telentang seharian di kasur sambil sesekali meringis menahan sakit di perutnya. aku sarankan ke dokter saja yuk. kata dia ga lah, beri waktu sampe besok, kalo masih sakit baru dia mau ke dokter.


kebetulan meski wiken, di sini ada yang namanya dokter-di-luar-jam-kerja atau dokter darurat (out-of-hour-GP). GP = general practitioner = dokter umum. ga kayak di indonesia yang dokter dan rumah sakit bisa buka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu karena nguber setoran, di inggris semua layanan kesehatan gratis, jadi kita yang harus nurut ke aturan pemerintah. karena GP biasa cuma bukanya hari kerja doank, kalo sabtu-minggu kita yang harus ke rumah sakit terdekat yang ada dokter daruratnya itu tadi. kupikir ya sudahlah, suami maunya ke dokter minggu, ya aku iya-in aja.

***

sabtu malam.

seperti biasa aku kelonan sama ethan sampai dia tertidur pulas, dan seringkali aku ikutan ketiduran karena capek. tiba-tiba jam 11 malam hape-ku bunyi. rupanya suami nelpon dari kamar sebelah! beda kamar aja pake telpon ya, tereak aja nape hehe...

usut punya usut, dia nelpon rupanya karena udah ga bisa teriak dan ga kuat jalan. sakit di perutnya tambah parah dan dia sampe meringis-ringis sambil guling-guling di kasur. sambil panik dia minta aku nelpon nomor panggilan layanan kesehatan (bukan yang darurat 999 - kalo amerika 911), tapi yang 111. kemarin-kemarin dia udah nelpon nomor ini sih, dan konsultasi mengenai kondisinya, yang disinyalir atau diduga cuma sakit perut biasa, dan akan sembuh dengan minum paracetamol saja!

setelah nyambung ke 111, ibu-ibu di sebelah yang nerima telpon ngedengerin semua keterangan suami yang ngomong sambil mengerang-erang kesakitan dan sesekali harus aku yang jelasin karena dia udah ga bisa ngomong lagi. akhirnya si ibu bilang, ambulan segera meluncur ke sana. tunggu 20 menitan yah. sabar, pertolongan segera tiba! katanya.

hah?! ambulan? oke deh...
 
setelah telpon ditutup, aku langsung sigap sibuk nyiapin ini-itu masukin beberapa baju dan kebutuhan kamar-mandi ke tas ransel yang biasa dipake suami nge-gym.

kenapa langsung sigap? 

karena udah pengalaman diangkut ambulan sekali pas ethan kena serangan alergi kira-kira setahun yang lalu. jadi udah tahu musti gimana dan nyiapin apa aja sambil nunggu ambulan-nya dateng. bener juga kira-kira 20 menitan, ada kilatan lampu biru memasuki pelataran rumah. dua orang paramedis meloncat turun, satu mbak-mbak, dan satu mas-mas. dua-duanya berambut pirang #penting! :-p

setelah aku bukain pintu, aku bawa mereka ke atas menemui suami. langsung mereka melakukan tes ini itu dengan peralatan portabel yang mereka tenteng-tenteng dari ambulan. setelah melihat hasilnya dan interogasi ke suami selesai, keputusan pun diambil. suami akan dibawa ke unit gawat darurat sesegera mungkin, meski mereka belum bisa memastikan suami sakit apa. biar dokter yang mendiagnosa lebih lanjut, kata mereka. tapi yang pasti suami harus segera masuk rumah sakit. karena kondisinya disinyalir sudah gawat!

whoaaaaa.....

sekitar 5 menit kemudian, semua siap. suami dipapah turun tangga dan berangkat ke rumah sakit pake celana kolor dan baju tidur! eh... tiba-tiba si ethan kebangun dan nangis. terpaksa aku angkut dia ke bawah biar bisa melambaikan tangannya ke bapaknya yang diangkut ambulan. kami berdua terpaksa ga bisa ikut karena ga bakal tahu di rumah sakitnya berapa lama. kesian si ethan. jadi suami berangkat sendiri deh. kesian suami juga hiks...

tengah malam jam 12-an...

setelah ambulan pergi, aku berusaha bikin ethan tidur lagi. cepet sih cuma 15 menit dia udah pulas lagi. akunya yang ga bisa tidur. khawatir pastinya takut suami kenapa-napa. untung itu pas hari minggu pagi buta, jadi ga harus khawatir mikir ngantor besok paginya. sekitaran jam 2 pagi, baru bisa tidur, eh... ketiduran. saking capeknya kali. tanpa sadar, karena hape-ku tadi dipake buat nelpon 111, baterenya ngedrop!

jadi dari ketiduran sampe pagi, praktis aku ga bisa dihubungi suami, yang entah saat itu ngapain aja di unit gawat darurat di rumah sakit sana. doh...

***

jam 6 pagi, hari minggu tanggal 18 januari...

aku terbangun tiba-tiba dan langsung panik! di luar masih gelap, maklum musim dingin. semalam suamiku dibawa ambulan, apa yang terjadi? apa yang terjadi? kenapa belum ada kabar? kulihat hape-ku, mati! deg... batere habis! sejak semalam! lupa nge-cas! hadeuh... istri macam apa aku ini. suaminya masuk gawat darurat kok istrinya malah tidur manis dan hape-nya ga bisa dihubungi!

segera kutancapkan hape ke colokan, ada 4 sms masuk, sejak jam 4 pagi. suami coba ngubungi berkali-kali dan akhirnya nyerah dan bilang, pasti kamu capek ketiduran dan hape-mu mati deh. hihi... tau aja dia! #dikeplak

langsung aku sms, aku dah bangun aku dah bangun! soriiii.... eh, dia langsung nelpon dan ngomong buru-buru. "yang (peyang), aku dah mo masuk kamar operasi nih! speak to you later yah...."

lho...lho..lho... sik sik sik toh... apa yang terjadi? kok mo dioperasi? apanya? kenapa?

dia cuma jawab, aku udah jelasin semua di sms, baca dulu makanya! doh, mana sempet baca kalo bangun tidur langsung panik, piye toh mas...

langsung aku nanar buka sms cepet-cepet. dan suami memang udah nulis semua di sana. katanya begitu dia masuk ugd, sama perawat langsung dikasih morfin (whoaaa), karena sakitnya udah ga ketulungan. abis itu dokter datang dan memeriksa berkali-kali, ambil darah lah, ini itu lah, sampe dia harus di ct-scan yang pake suntik radioaktif segala! keputusan akhir kira-kira jam 4 pagi, usus buntu suami pecah! dan harus dioperasi secepatnya! karena bisa mengkontaminasi seluruh organ pencernaan dan bisa fatal! lhahhhh..... katanya sakit perut biasa?!

gubrag! #pingsan

makanya pas dia nelpon terakhir jam 6 pagi itu, dia udah siap masuk kamar operasi dan ga bakal bisa dihubungi karena tentunya bakalan dibius total. lha, terus aku kudu ngapain? aku lihat si ethan yang masih pulas di kasur, doh... aku kudu ngapain? #garuk-garuk kepala

***

minggu siang...

ethan udah bangun, udah sarapan dan udah ganti baju. aku bertekad akan ke rumah sakit hari ini. nengokin suami dan nyari tahu kondisinya sekarang gimana. meluncurlah kami ke sana, ke rumah sakit yang sama di mana aku dulu ngelahirin si ethan, di huntingdon. cuma 20 menitan dari rumah. dan karena hari minggu, jalanan lengang. kami udah parkir manis dan siap-siap menuju ke resepsionis.

sampe resepsionis, aku jelasin ke bapak-bapak yang jaga, bahwa tadi malam suami di bawa ke sini sama ambulan, masuk gawat darurat. tadi pagi suami nelpon katanya dia masuk kamar operasi untuk operasi usus buntu. lalu dia nanya nama suami, tanggal lahir, hobi... eh ga dink, hihi...alamat tinggal, supaya datanya bisa ketemu.

kutak-katik komputer sebentar, si bapak dengan muka bingung nanya ke aku. are you sure, he's been brought to this hospital? (kamu yakin, suamimu dibawa ke rumah sakit ini?)

hah?! emang rumah sakit mana lagi? si bapak jawab, datanya ga ada di komputer kami, mungkin dia dibawa ke peterborough?

what?! peterborough kan lebih jauh, satu jam ke sana. ga mungkin ah. kalopun iya, pasti tadi pagi pas suami nelpon sebelum masuk kamar operasi, dia pasti udah bilang donk kalo dia di peterborough. karena suami ga bilang apa-apa ya pastinya dia dibawa ke rumah sakit terdekat dari rumah, yaitu di huntingdon ini.

si bapak kesian melihat muka memelas-ku, yang sambil ngegendong si ethan yang ngegelendot terus ga mau diturunin, dan tambah lama tambah berat di gendonganku ini. lalu dia bilang, tunggu ya aku cari tau dulu. lalu si bapak resepsionis menghilang dan nelpon sana sini. kira-kira 5 menitan kemudian dia balik lagi dan bilang:

'i've found your husband'

phew! leganya..... gile aja mosok suami dibawa ambulan tengah malam, paginya tiba-tiba hilang gitu datanya. bikin mo pingsan ajah! ternyata, karena tadi malam tuh suami masuknya tengah malam, dan di unit gawat darurat lagi kekurangan tenaga medis, jadi data suami belum sempet di-update di komputer. oalah...data entry-nya males!

si bapak  minta maaf atas keteledoran pihak rumah sakit dan mempersilahkan aku untuk mengunjungi suami yang saat ini lagi pemulihan paska operasi di ruang x, kamar nomer x.

***

sampe ke bangsal perawatan yang dimaksud, aku ke resepsionis lagi. aku jelaskan yang terjadi dan nanya gimana kondisi suami sekarang. si ibu-ibu yang ternyata juga perawat langsung ngejawab lancar karena rupanya dia yang dari pagi ngerawat suamiku. tapi katanya, di rumah sakit saat itu lagi ada wabah virus nyebar dan anak-anak kalo bisa jangan dibawa masuk. aku bengong. lhah, trus ethan mau kutaruh di mana kalo ga boleh dibawa? aku jelasin kalo kami ga punya sanak sodara atau kerabat yang bisa dititipin ethan. 

kesian mungkin ngelihat kami berdua, si ibu perawat bilang gini, ya udah kalian berdua boleh masuk lihat bapaknya ethan, tapi cepet-cepet yah, jangan lama-lama, maksimal 5 menit. nanti ethannya yang kenapa-napa. aku jawab dengan riang, oke-oke sippp!

kamipun masuk ke kamar perawatan.

kulihat suamiku terbaring lemah di sebuah ranjang di sudut ruangan, bersama 4 pasien lainnya yang mungkin juga baru keluar dari kamar operasi, dengan berbagai penyakit yang berbeda-beda. berbagai selang berseliweran di tubuhnya, beberapa jarum masih menancap di sana-sini, dan hidungnya juga masih harus menghisap oksigen dari tabung. doh, udah kayak robot deh!

begitu melihat kami berdua, dia berusaha membuka matanya dan memaksakan diri untuk tersenyum, yang mungkin terlihat seperti meringis sih....

karena ga bisa ngomong banyak, dan karena kami juga ga boleh lama-lama, aku cuma bilang. syukurlah semua sudah lewat. operasi selama 3 jam berjalan lancar, sekarang tinggal penyembuhan. ga usah mikir yang berat-berat dulu, ga usah khawatir soal kami berdua, fokus saja ke pemulihan paska operasi yah. dia cuma manggut-manggut lemah. kamipun pamit.

***

senin pagi... 19 jan

aku masih kerja setengah hari, meski suami nginep di rumah sakit. alesannya, karena jam jenguk di rumah sakit cuma boleh mulai jam 2 siang, jadi mending ngantor dulu toh daripada bengong.

setelah jam makan siang, aku meluncur ke rumah sakit. kali ini suami sudah dipindahkan dari bangsal operasi yang satu ruangan berisi 5 orang kemarin itu, ke kamar pemulihan. ruangannya luas, dan lebih privat, karena satu pasien dapet satu kamar. mirip hotel lah, komplit dengan kamar mandi dalam, tv, dll. kalau kemarin itu memang di bangsal berame-rame katanya sih supaya deket dengan suster karena kondisi pasien harus dipantau terus-menerus setelah operasi. setelah kondisi stabil, baru satu persatu dipindah ke kamar privat ini supaya bisa lebih tenang beristirahat dan ga keberisikan.

suami sudah tampak jauh lebih segar dibandingkan hari kemarin. meski masih sulit bergerak dengan luka perban di perutnya yang ada 3 biji itu. suster yang jaga bilang (mas-mas dari philipina, namanya bryan), kondisinya membaik. sukurlah. aku di sana selama 2-3 jam lalu harus kembali pulang untuk ngejemput si ethan dari tempat penitipan anak. sebelum pulang, suster bryan bilang, besok kalau semua stabil, suami sudah boleh pulang.

whoaaa....asek!

di inggris, karena layanan kesehatan gratis, pasien sebisa mungkin memang dipulangkan begitu kondisinya stabil, ga perlu berlama-lama rawat inapnya. pas aku lahiran juga cuma nginep semalem. itu kalau aku ga pake acara kena gestational diabetes juga bisa pulang hari itu juga sih ga pake nginep. karena supaya kamarnya bisa dipake pasien berikutnya, gitu.

kalo yang bayar (seperti di indonesia) kan, semakin lama di rumah sakit ongkosnya makin mahal ya kan. jadi buru-buru pulangnya mungkin supaya ngirit. sementara pihak rumah sakit mungkin mengulur-ulur waktu supaya pasien dirawat lebih lama, supaya pemasukan nambah banyak hehe...

selasa pagi... 20 jan

seperti kemarin, aku ngantor setengah hari lagi. meluncur ke rumah sakit seperti biasa lalu ke ruangan suami yang ternyata dia udah siap-siap pake t-shirt dan celana, udah cukur, udah beres-beres, siap mau pulang! kami sempat ngobrol sejenak dengan suster bryan yang sekarang udah mulai ganjen karena tau kalo aku asli indonesia jadi dia berasa ketemu sodara gitu (doh!). lalu dia bilang kalo suamiku kudu cek-up terakhir sebelum dilepas pulang ke rumah. oke deh...

tak lama si suster philipina itu kembali lagi ke ruangan sambil ngedorong-dorong peralatan medik di troli besar gitu. isinya macem-macem alat-alat ukur kedokteran. dengan gesit dan cekatan ia nempelin probe ini itu ke tubuh suami dan mulai ngukur ini itu. lalu dahinya berkerut...

dia bilang "i have to go see the doctor, his temperature has risen"

eh?! apa lagi ini? kenapa tiba-tiba suamiku panas? tak lama, suami yang tadinya duduk manis di tempat tidur dan udah senyum-senyum senang karena mau pulang, tiba-tiba mulai nggigil. makin lama nggigil-nya makin kenceng, bibirnya berubah warna jadi memucat. aku panik. untung si bryan nongol lagi. dia bilang, the doctor is on her way. lalu dengan sigap dia ngebuka jendela yang memang selalu tertutup rapat karena di luar cuaca sangat dingin dan pemanas di ruangan nyala terus, dan dia minta suamiku lepas t-shirt dan celana untuk ganti pake baju rumah sakit lagi yang memang lebih longgar. biar panasnya cepat turun katanya. oh ya, dia juga ngilang lagi buru-buru, mau ngambil es batu katanya!

***

intermezo...

tenaga kesehatan di inggris memang jarang banget diisi oleh tenaga kerja lokal, entah kenapa orang sini pada males ngurus orang sakit hehe. dokter-dokter ahli di sini rata-rata adalah orang dari daratan eropa seperti jerman, belanda dan belgia, dan juga banyak banget dokter-dokter asli india. dokterku selama ini dapetnya kalo ga jerman, belanda, ya india. sementara tenaga suster, perawat, apoteker, juga lebih banyak orang india, pakistan, bangladesh, philipina, dan negara-negara lain. tentu orang inggris asli juga ada, tapi setiap kali ke GP atau ke rumah sakit, tenaga medisnya sangat terasa internasional sekali.

demikian juga tenaga perawat di panti-panti jompo.

negeri ini memang kekurangan sumber daya manusia di bidang kesehatan. oleh karena itu, pemohon visa kerja untuk tenaga medis dan perawat biasanya lebih mudah dikabulkan daripada visa kerja untuk bidang kerja yang lain. tenaga kesehatan masih sangat banyak dibutuhkan di inggris dan saat inipun masih banyak lowongan kerja untuk ahli medis dan perawat. silahkan kalau ada yang tertarik untuk bekerja di inggris, kedua bidang tersebut sangat membuka peluang. kemampuan dan kefasihan berbahasa inggrisnya harus memenuhi syarat tentu saja.

***

tak lama, si mas bryan nongol lagi, membawa segepok es batu di dalam kantung kain, lalu disodorkannya ke suami, suruh naruh di atas kepalanya, biar membantu menurunkan panas, katanya.

kira-kira 10 menit kemudian, dokter masuk ke ruangan. dokternya perempuan, mungkin lebih muda dari aku atau seumuran (nebak), tapi terlihat penuh percaya diri dan ramah. kelihatannya sih kalo ga dari cina, dia dari malaysia (turunan cina), atau mungkin turunan cina tapi udah lama tinggal di eropa dan sekolah kedokteran di inggris (nebak lagi). ia mulai nanya ini itu ke suami, dan ngejelasin kenapa tiba-tiba suhu tubuh suami naik drastis begitu. suami juga dicek ini itu, termasuk luka bekas operasi di perutnya. akhirnya dokter bilang, suami harus rawat inap satu malam lagi, besok diperiksa lagi boleh pulang atau ga-nya.

wuih, untung belum jadi pulang tadi ya. kalo panas dan ngegigilnya pas kami udah di mobil gimana coba. bisa panik aku. ya dah, batal deh jadinya mau ngejemput suami hari ini. terpaksa pulang lagi sendirian.

selasa tengah malam...

lagi enak-enak tidur, tiba-tiba ethan yang ngorok di sebelahku muntah-muntah. mana tengah malam lagi. mana suami masih di rumah sakit lagi. doh, apa yang terjadi? setelah aku bersihkan bekas muntahan ethan, aku kasih dia susu dan akhirnya tertidur lagi. malah aku yang ga bisa tidur. pikiranku kusut. banyak banget sih masalah bertubi-tubi, kurang sesajen aku ini kayaknya.

padahal dua minggu lagi kantor mau ada audit. padahal sejak temen kerja dan bosku mengundurkan diri bulan november lalu (baca: bedhol desa), cuma aku satu-satunya yang tersisa di departemen dan harus ngerjain ini itu sendirian. padahal banyak banget kerjaan numpuk di kantor. eh, suami malah operasi dan sekarang ethan-ku ga enak badan. sebodo teuing lah, urusan kerjaan nomer 99, urusan keluarga tetep nomer 1.

dengan mantap aku buka laptop, nulis email ke kantor ngejelasin ini itu, dan bilang maap, besok aku cuti!

rabu... 21 jan

ethan muntah lagi pagi-pagi. tapi setelah itu ia malah seger lho. apapun itu mungkin udah ilang dari tubuhnya kali ya, dan dia udah bisa haha-hihi lagi, meski jadi ga mau makan. sekitaran jam 10 pagi aku nelpon tempat penitipan, dan ngejelasin ini itu. kata mereka, kalo ethannya seger aja, boleh kok dititipin. sip lah kataku. karena bakalan repot kalo harus ke rumah sakit bawa-bawa dia lagi, karena aku harus ngurus bapaknya juga.

setelah ngedrop dia ke penitipan, aku langsung ke rumah sakit. ga heboh kayak kemarin, kali ini suami udah bener-bener stabil kondisinya. dan akhirnya bener-bener boleh pulang meski masih harus didorong pake kursi roda sampe ke pintu depan karena masih susah jalan (aku harus megangin gitu), dan kamar rawat inapnya emang lumayan jauh di bagian belakang gedung rumah sakit. kalo dipaksa jalan bisa encok kan yang megangin, hehe...

dan masih ga kayak di indonesia, keluar rumah sakit di sini ga pake puyeng mikir bayaran. pulang ya pulang aja. mau nginep sehari kek, sebulan kek, setahun kek, ga pake bayar. mau abis obat segala morfin kek, pake ct-scan kek, operasi apaan kek, ga pake bayar. urusan kesehatan rakyat emang tanggung jawab negara, jadi rakyat cuma tinggal jaga diri aja baek-baek. meski kalo toh sakit diurus negara. cuman ya mending sehat lah ya daripada sakit hehe.

kalo udah baikan dan kudu pulang, paling bilang makasih ke suster-suster yang ngerawat. ga ada tagihan, ga ada ngantri di loket buat bayar kamar atau ngantri ngambil obat atau bayar obat, semua-mua udah disiapin sama susternya sebelum pulang. dah kayak raja deh, hehe. segepok obat-obatan juga udah disediain buat dibawa pulang sama petunjuk pemakaian. semua-mua gratis. paling disuruh ngisi kuesioner selembar doank, gimana pelayanan selama di rumah sakit, dan apa yang kurang dan bisa diperbaiki.

dah gitu tok, langsung lenggang kangkung ke parkiran mobil deh. enak yah.... #dilarang iri

kamis... 22 jan

karena ngurus suami lebih penting daripada cari duit, maka aku putuskan untuk kerja dari rumah saja. untungnya kantorku penuh pengertian dan penuh simpati atas deritaku yang tinggal jauh di perantauan ga punya sanak sodara deket buat dimintain tolong ini #lebay to the max

dan untungnya hari selasa kemarin sebelum cuti itu aku kok ya punya ide brilian untuk minta laptop kantor buat dibawa pulang, jadi aku bisa punya akses ke server kantor dari rumah, kali-kali aja perlu. kalo pake laptop pribadi ya ga bisa ngakses server lah. padahal ga tau kalo rabunya bakal ga masuk seharian dan kamisnya ga bakal bisa ngantor karena suami ga bisa ditinggal sendirian. cihui deh jadi tetep bisa ngerjain kerjaan kantor dari rumah, sembari nungguin suami yang baru habis pulang operasi kan. orang kantor juga asik-asik aja, ga bawel!

jumat... 23 jan

ethan ternyata masih ga enak badan, dan si mbak pengasuh nyaranin buat istirahat aja, jadi ga usah dititipin. hadeuh. akhirnya jumat pagi-pagi aku bawa ke dokter deh. kata dokter dia kena virus stomach-bug. lagi musim. banyak yang kena, terutama anak-anak. tapi ethan kondisinya bagus, karena meski ga doyan makan, he looks well hydrated, kata dokter (yang orang india lagi, hehe). aku bilang ya iyalah, meski ga mau makan nyusunya masih kenceng, dok! good good, kata si dokter sambil geleng-geleng kepala... (yang artinya manggut-manggut ala india!).

jadilah hari itu aku di rumah saja. harusnya kerja dari rumah tapi ga bisa kerja karena punya dua pasien yang perlu dirawat! doh....

sabtu... 24 jan

jadi perawat itu capek yah. apalagi kalo ga pernah sekolah perawat hehe. apalagi kalo pasiennya suami sendiri dan anak sendiri, dua-duanya sama-sama bawel dan sama-sama keras kepala (mirip emaknya). hehe... ga segitunya sih. mereka penurut kok. paling si ethan yang masih susah dibilangin, kalo bapaknya tuh masih sakit jadi belum bisa ngegendong dia. maunya sih pas lihat bapaknya, dia digendong gitu. karena bapaknya jalan aja susah, apalagi ngegendong, ethan-nya ngambek gitu. haiyah!

***

derita belum usai  .... (bersambung) - sudah tayang "usus buntu 2", silakan dilanjut dramanya ^_^

10 comments:

  1. Nayaaaa...
    Ampun deh, harus jadi cewek super dan ngurus semua-muanya sendirian gitu yah Naaay...

    Emang paling sedih kalo sakitnya pada kompakan gitu, kalo aku sih biasanya suka jadi ikutan kebawa sakit juga lho Nay...
    Makanya dikau jaga kesehatan dan banyak minum vitamin yaaah :)
    Mudah2an Ethan & sang suami sehat2 terus yah Naaaay :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Welehhhh, telat biii...ini postingan bersambung karena bagian kedua ceritanya aku emang ikutan kebawa sakit, huhuhu...nantikan tayangnya yah :D

      Delete
  2. Sampai ngos2an aku baca drama komedinya mba Rin xixixiii... ada melownya tp ada ngakaknya wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkkk... Minum extra jos dulu biar ga ngos2an...

      Delete
  3. Salam kenal Mbak Nayarini... Waduh, ceritanya heboh banget... Moga2 sehat2 selalu ya semuanya... Btw suamiku nih termasuk warga EU yang pengen merantau ke UK, tapi masih lagi usaha... Sayang dia bukan tenaga medis :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali bu :) maaf baru sempet bales masih heboh soalnya hehe. Makasih dah mampir, mudah-mudahan niat hijrah ke UK nya kesampean yah, sapa tau tetanggaan hehe :D Salam buat keluarga...

      Delete
  4. Weleh, tadi aku nulis komen kok terus ilang ya? Anyway, salam kenal Mbak Nayarini... ceritanya seru, hehe... Moga2 sehat terus ya semuanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok tuh di atas, emang ga langsung nongol karena perlu dimoderasi dulu :D

      Delete
  5. Duh kebayang ribetnya tapi untung layanan kesehatannya sigap banget ya mbaa. Yang aku bayangin juga dikau ngejelasin ini itu sama perawat n dokternya pake bahasa inggris ya *yaiyalahh hihi maklum bahasa inggrisku lepel minus, kalo aku yang di posisimu, bingung kali mo ngapain hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya juga yah, baru nyadar kalo mereka yg nanganin suamiku sigap banget. Untung inggrisku juga lumayan ya, kalo belibet bisa repot urusannya hihi. Makasih dah mampir ya makkkk ;)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...