Wednesday 14 January 2015

cambridge united

aku ga gitu ngerti sepak bola!

meski dah lama tinggal di inggris, meski dah nikah sama pecinta bola yang fanatik jadi fansnya manchester united sejak bocah, meski pernah kerja paruh waktu di old-trafford (ga percaya? baca ini), tetep saja aku ga ngerti tentang seluk beluk bola bundar ini.

kadang-kadang sih ngerti dikit-dikit, dan kadang ngerasa sok ngerti dan sok ahli bola, eh begitu ketemu orang inggris asli dan mulai ngomong lebih panjang, jadi ketahuan kalo pengetahuanku memang ga seberapa, haha #malusendiri


bagi pecinta bola, terutama yang hobi mantengin liga inggris, pastinya paham banget kalo liga ini adalah salah satu liga papan atas di dunia. dan bagi pecinta bola, tentu juga tahu  kalau ada begitu banyak jenis kompetisi yang bisa diikuti oleh berbagai klub bola di seluruh eropa, baik secara regional semacam liga champion (antar klub papan atas di eropa), maupun nasional di negaranya masing-masing. contohnya di inggris ada liga inggris, di jerman ada bundes liga, di spanyol ada liga spanyol yah (hihi, ga yakin), di italia ada seri-A kalo ga salah.

tuh kan, pengetahuanku tentang bola memang cetek, dan ga mutu, haha...

seringkali aku nanya ke suami, kalo aku ga ngerti tentang dunia persepakbolaan, tapi setelah dijelasin panjang lebar, besoknya aku lupa lagi. payah!

***

tapi kali ini aku ga akan sok tahu deh ngebahas hal yang aku memang ga gitu tahu banget.

cuma, beberapa hari belakangan ini kantorku lagi heboh. pasalnya, minggu kemarin (apa dua minggu lalu gitu) tuh terjadi undian penarikan nama klub untuk tahu klub mana akan bertanding melawan klub mana, pada kompetisi FA cup (ayooo, ngerti ga FA cup itu apaan? hihi). setahuku nih, FA cup itu piala yang diperebutkan oleh klub-klub sepak bola di inggris yang tidak mengkotak-kotakkan klub berdasarkan divisi. jadi klub papan atas bisa bertarung dengan klub papan bawah yang ga terkenal, gitu deh.

di inggris tuh kan klub bolanya buanyakkkkk buanget...

saking banyaknya, harus dikelompok-kelompokkan. dan saking banyaknya, kelompok-kelompok itu mempunyai ranking sendiri-sendiri. teratas tentu saja klub-klub di divisi liga inggris yang siarannya selalu nyampe ke seluruh dunia termasuk indonesia itu. siapa sih yang ga pernah denger klub arsenal, chelsea, man united, liverpool dll?

nah, selain klub-klub papan atas itu, ada banyak divisi-divisi lain di inggris yang berisi klub-klub yang prestasinya kurang sebagus klub papan atas itu. sistemnya di inggris sini, kalo ada klub di divisi bawah yang berprestasi, berhak untuk naik pangkat ke divisi di atasnya. sementara kalo ada klub di divisi atas yang prestasinya jelek, harus direlegasi turun pangkat ke divisi di bawahnya. gitu deh kalo ga salah suami jelasinnya, hihi.

untuk info lebih komplit tentang divisi-divisi di dunia persepakbolaan inggris ini, sila buka tautan wiki berikut ini.

***

nah, dari hasil undian FA cup itu ternyata cambridge united yang notabene saat ini adalah termasuk klub sepak bola kecil, dari kota kecil, ga gitu terkenal, jarang masuk tv, (ga tau juga ada di divisi mana di ranking persepakbolaan), pokoknya klubnya ga penting deh (salah satu pemain cambridge united malah ada yang tetanggaan sama aku haha), stadionnya juga ala kadarnya dengan kapasitas terbatas, ternyata dari undian acak FA cup tersebut akan bertanding pada tanggal 23 januari mendatang melawan.....

jeng...jeng...jeng.... #drumroll

MANCHESTER UNITED!!!

heboh kan? gila kan? cihui kan? lol... #gapenting


gara-gara pengumuman ini, hampir tiap hari radio-radio di seluruh wilayah cambridge dan sekitarnya ngebahas ini lho. belum lagi surat kabar dan media internet, rame!

jarang-jarang sih klub kecil sekelas cambridge united berkesempatan main lawan klub raksasa, apalagi menjamu sebagai tuan rumah. jadi nanti man-utd yang akan datang ke cambridge (rooney dkk) bukannya cambridge yang ke old trafford. udah kayak misalnya rumah ibuku kedatangan tamu tom-cruise sekeluarga lah (ngayalnya kejauhan haha).  ga tau juga ini termasuknya sebuah keberuntungan (jadi terkenal dan berasa keren) atau termasuk sial ya, karena ga bakal yakin bisa menang hehe.

yang bikin heboh lagi, mereka akan bermain di stadion cambridge (abbey stadion) yang kecil dan kapasitasnya cuma 9.617 itu! bandingkan dengan old-trafford yang berkapasitas 75.635! jomplang banget dah ah...

gara-gara ini juga, kantorku yang lokasinya di cambridge jadi heboh, karena beberapa memang fansnya cambridge united. oh ya, di sini tuh orang yang udah ngefans sama satu klub, ga akan tergoda (jarang) untuk pindah ke klub lain cuma gara-gara klubnya ga terkenal. mereka biasanya cinta mati dan setia sama klub lokal di mana mereka lahir dan dibesarkan, meski klub tersebut ga pernah menang sekalipun, hihi.

kalo suami karena kebetulan memang lahir dan gede di manchester bagian barat-laut, jadi ya turun temurun sekeluarga mendukung man-utd. kalo agak ke barat lagi dikit pasti jadi pendukung liverpool atau everton deh. kalo ke arah timur ke selatan semua ikut jamaahnya man-city lah.

orang inggris lucu yah, hehe...

***

setelah heboh ga penting soal bakalan tanding lawan man-utd itu, berikutnya orang-orang pada heboh nunggu kapan tiket dijual donk!

karena ternyata ga gampang untuk ngedapetin tiketnya. selain jumlah tiket yang sangat terbatas, syarat beli tiket juga buanyak. tergantung kapasitas stadionnya, ada aturan yang mengharuskan kalo sekian persen dari kapasitas stadion, kursinya harus dijual ke pendukung klub tuan rumah, dan sisanya baru ke pendukung klub yang bertandang. ga ngerti sih berapa aturan yang ditetapkan untuk cam-utd vs man-utd ini.

setelah itu, prioritas pertama yang boleh beli tiket, hanya pemegang season ticket, atau cuma mereka-mereka yang selalu nonton pertandingan dan sudah beli tiket untuk satu tahun musim tanding doank, alias fans setia!

jadi maaf bagi yang ga punya tiket musiman, biar punya duit segerobak juga ga bisa beli. gila yah...

trus, untuk beli harus ngantri karena lokel penjualan cuma dibuka selama kurun waktu tertentu di hari tertentu. sampe pada ga masuk kerja lhoh orang-orang cambridge, cuma buat ngantri tiket hahaha. kalo aku dan suami sih nunggu aja siarannya di tv, duduk manis anteng di rumah sambil ngemil pempek kapal selam.

penasaran pengin lihat tetanggaku yang pemain cambridge-united itu beraksi di lapangan hijau. padahal aku namanya saja ga tahu, cuma kenal muka doank dan ngobrol ga penting basa-basi tiap kali ketemu di jalan. pernah juga ketemu pas ngajak ethan ke children club karena kebetulan anak dia cewe seumuran ethan dan dulu kami ke kelas ante-natal barengan pas istrinya hamil. sok akrab aja sih sebenernya. orangnya ramah, atletis, dan ganteng soalnya hahaha. sama istrinya juga suka ngobrol kok. jangan ngegosip yah, awas!

buat yang suka bola di indonesia, nonton juga yah FA cup hari jumat minggu depan, cam-utd vs man-utd kalo ada stasiun televisi yang nayangin. meski cam-utd ga yakin menang, pasti seru!

ps: setelah aku cek website-nya cambridge united, tetanggaku itu ternyata namanya liam hughes #hihi! ini profil lengkapnya.

10 comments:

  1. Duhhh kasian klo MU kalah lagi *aku nggak ngerti bola jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, kalo sampe MU si klub raksasa kalah lawan klub mungil Cam-Utd, mending Rooney dkk langsung dipecat aja deh

      Delete
  2. Aku sih nggak suka nonton bola, tapi kalau main futsal suka banget.

    ReplyDelete
  3. saya yang laki sampe bengong baca ini tulisan haha. maklum, kagak ngarti masalah bola wkaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. lhoh... kirain semua laki-laki suka bola, hehe... salah ya

      Delete
  4. wah keren ya kakak, tapi memang begitu euporia ketia tim kecil kedatangan tim besar. memang orang inggris sangat fanatik dan bahkan sepakbola dijadikan seperti agama kedua mereka ya kan kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiii... banyak orang inggris yang agamanya sepak bola hehe

      Delete
  5. aku juga baru suka bola pas SMA. sebenarnya sampai sekarang masih gak terlalu ngerti tata permainannya sih. tapi suka aja nonton bola.


    apalagi kalau pemainnya ganteng kayak Gerard Pique. ahahahaahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehehe...cewe biasa gitu kok, nonton bola krn pemainnya ganteng aja, ngerti ga nya mah ga gitu penting haha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...