Tuesday 29 July 2014

surat terbuka

untuk Ethan, anakku...
surat ini ibu tulis untukmu, ketika kamu masih berumur 15 bulan. ketika kamu belum bisa membaca, menulis maupun berhitung, dan belum bisa pakai internet. kenapa ibu nulisnya sekarang? karena ibu lagi ikutan lombanya tante Kimi nih. selain niatnya berpartisipasi, moga-moga juga menang ya, hihi. hadiahnya buku, nanti kamu boleh baca bukunya juga kalau kamu dah gede. lombanya cuma disuruh bikin surat terbuka untuk siapa saja sih, tapi ibu jadi bingung mau bikin surat buat siapa. eh, akhirnya ibu kepikiran kamu, sayang. jadi ibu nulis surat buat kamu saja deh ya. bacanya nanti kalau Ethan udah bisa baca yah, cuma beberapa tahun lagi kok, ga lama :-)

dan biar bisa ngerti isi surat ini, Ethan mulai sekarang musti rajin dengerin ibu kalau ngomong pake bahasa indonesia ya sayang. jangan cuma ngerti kalau pas ibu pake bahasa inggris saja, atau ngertinya kalau pas ibu bilang 'ayo bobok' trus Ethan langsung naruh kepala di bantal sambil senyum-senyum minta nenen, atau pas ayah lagi ngomong ke Ethan, atau kalau pas Ethan di nursery dan diajak ngomong sama mbak-mbak dan mas-mas pengasuh di sana yang semuanya ngomong pake bahasa inggris juga. karena biar bagaimana, Ethan darahnya separo indonesia lho. ibu sih penginnya selain ngerti bahasa inggris, Ethan juga nanti bisa ngomong pake bahasa indonesia, dan kalau bisa sekalian juga ngerti boso jowo sithik-sithik yo cah bagus. ah, ibu memang terlalu banyak menuntut, hehe.
anakku sayang,
indonesia itu jauh. dari rumah kita kalau pengin ke sana harus naik pesawat terbang dulu. itu lho, yang sering kita lihat di langit kalau kita lagi maen di kebun belakang terus kamu nunjuk-nunjuk ke atas kalo pas ada pesawat lewat. terbang ke indonesia bisa sampai 20 jam lebih deh lamanya, belum nunggunya di bandara. nanti kalau jadi, tahun depan kita ke sana ya sayang. ibu ajak kamu pulang kampung. nanti ibu kenalin kamu ke mbah putri, bude, pakde, om, sama bulik-bulikmu, dan tentu saja sama sepupu-sepupumu yang semuanya ada 10 orang itu. kita memang keluarga besar. supaya kamu juga kenal mereka, karena kalian berasal dari darah keturunan yang sama, jadi harus saling kenal meski dalam hidup sehari-hari kita terpisah jarak ribuan mil jauhnya.
indonesia itu negara besar. terdiri dari 17000 pulau-pulau dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. penduduknya banyak, hampir 240 juta orang, nomer empat terbanyak di dunia. inggris sih kalah jauh, cuma seperempatnya saja. tapi meski banyak penduduknya, kita semua bersaudara lho. orang indonesia itu ramah-ramah. nanti deh ibu buktiin pas kita ke sana yah. pasti kamu bakalan disukai banyak orang, dan cepet punya banyak teman. apalagi kamu anaknya sumeh, murah senyum gitu. kan sudah ibu bilang tadi, kamu tuh separo indonesia :-)
indonesia itu negaranya subur. karena banyak gunung berapi di sana yang kadang-kadang meletus hingga bisa nyuburin tanah pertanian di sekelilingnya. kalau kamu besar nanti dan kamu diajak ayah naik gunung di inggris sini, bilangin ke ayah kalau gunung-gunung di indonesia itu tingginya bisa tiga atau empat kali lipat dari gunung yang tertinggi di inggris sekalipun. jadi kalau ayah nanti naik gunung sama kamu dan bangga bisa sampai ke puncak, bilangin deh harusnya ayah naik gunungnya di indonesia saja supaya bangganya bisa empat kali lipat, hehe.

o ya, karena letaknya di katulistiwa, indonesia itu hawanya panas tiap hari. kayak di inggris kalo pas lagi musim panas gitu deh. ini kadang-kadang yang masih bikin ibu jadi bimbang untuk ngajak kamu ke sana. karena kamu kan lahir di inggris sayang, dan terbiasa sama hawa dingin. kalau musim panas saja kamu cuma maunya di rumah pake pempers doang lari-larian, nanti kalo di indonesia masa kemana-mana pake pempers, kan malu diliatin orang. belum lagi nanti kulit kamu jadi gosong kebakar matahari, pasti ayah maunya kamu pake topi terus deh kemana-mana sama pake olesan sun-cream karena ga mau liat kulit kamu jadi item keling kayak ibu. atau kalo ga, kita ngumpet aja ya di ruangan ber-AC dan keluar kalo dah malem aja, hihi. yah, tapi bisa bosen kalo liburan ke indonesia tapi ga bisa kemana-mana. ah jadi serba salah.
Ethan sayang,
meski negeri di mana ibu berasal mempunyai banyak daya tarik keindahan alam, adat istiadat, budaya dan berbagai macam kelebihan lainnya, sayangnya indonesia juga mempunyai banyak persoalan. masih banyak koruptor yang hidup bergelimang harta tapi merasa tak pernah berbuat dosa atas apa yang dilakukannya. susah deh jelasinnya, nanti ibu jelasin lagi kalau kamu udah agak gedean yah, kamu pasti bisa ngerti. di sana juga masih banyak orang miskin yang hidup kurang layak dan susah makan, masih banyak konflik antar sesama di berbagai wilayah karena perbedaan ras, agama, suku, keyakinan, bahkan pandangan politik. konflik yang mungkin susah terbayangkan bisa terjadi di negeri inggris sini, di mana kita tinggal sekarang.
meski indonesia negaranya subur dan kaya akan kekayaan alam, flora dan fauna, namun sayangnya masih banyak manusia-manusianya yang rakus, tamak dan tidak mengerti arti kemakmuran bersama, serta tidak paham nilai butir kelima pancasila, yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. apa itu pancasila? nanti ibu jelasin juga kalau kamu sudah agak besar yah. akibat sifat tamak dan rakus dari beberapa orang ini, indonesia sampai sekarang masih susah maju, jauh deh dibandingkan negerinya ayah, inggris. karena kemakmuran ga merata, yang miskin makin sengsara, yang kaya tambah menggunung hartanya dan makin merajalela. kalau kamu sudah pintar berhitung, nanti ibu jelasin pake angka-angka dan data statistik deh ya.
Ethan buah hatiku,
ibu harap meski kamu bakalnya akan tumbuh dan besar di inggris, kamu tetep kudu ngerti kalau di tempat lain, orang-orang hidup dengan gaya hidup dan kondisi yang berbeda-beda. belajarlah dan pahamilah arti perbedaan itu. hargailah segala isi alam raya. dan yang terpenting, hormatilah sesama. karena meski kita semua beda-beda, tapi kita setara. kita sama-sama manusia, hidup di atas bumi yang sama, kita bernaung di bawah satu mentari, dikelilingi oleh satu bulan, dan berorbit tak henti di putaran satu galaksi bimasakti. karena itu pula, bangsa indonesia mempunyai semboyan bhinneka tunggal ika, yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. dulu ibu belajar itu sejak masuk sekolah dasar. nanti ibu ajarin kamu juga yah, mengenai semboyan bangsa indonesia dan juga arti lambang negaranya, garuda pancasila.
tahukah kamu anakku,
saling menghargai sesama itu pedoman hidup yang paling utama. di luar sana, sudah begitu banyak korban berjatuhan, sudah terlalu banyak nyawa melayang sia-sia, sudah terlalu banyak air mata duka dan darah tumpah begitu saja, hanya karena manusia-manusia yang tak bisa menghargai dan menerima perbedaan. sedih rasanya, perdamaian di muka bumi ini seperti masih hanya sebuah impian saja. meski di negeri di mana kita tinggal sekarang jauh dari konflik serupa, tapi tak bisa dipungkiri di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang sibuk saling membunuh dan bertikai. hanya karena mereka berbeda.
maka dari itulah sayang,
tumbuhlah menjadi manusia penyayang. sayangilah keluarga, saudara, tetangga, teman dan sesama makhluk tuhan lainnya termasuk flora dan fauna. jangan lihat warna kulit mereka, jangan lihat latar belakang dari mana mereka berasal, jangan pernah membeda-bedakan. jauhkan rasa benci terhadap mereka yang beda, jauhkan dari sifat merasa paling benar sendiri, jauhkan dari pikiran merasa lebih tinggi dan superior dari makhluk yang lain. tumbuhlah menjadi manusia yang mempunyai mata hati. karena terkadang mereka yang merasa paling benar dengan apa yang mereka yakini, seringkali justru mata hatinya terbutakan. tumbuhlah menjadi manusia yang selalu merasa kurang dan ingin terus belajar. karena dengan demikian mudah-mudahan kamu akan terhindar dari penyakit tinggi hati.
bumi itu luas, anakku. kalau kamu sudah besar nanti, pergilah. jelajahilah pelosok-pelosok negeri, langkahkan kakimu sejauh kamu mampu. carilah teman sebanyak-banyaknya, hindari permusuhan. galilah ilmu sedalam-dalamnya. jangkaulah daratan sejauh-jauhnya. arungilah lautan sampai ke kaki langit. janganlah berkutat dengan dirimu sendiri dan cara berpikirmu tanpa memahami apa yang orang lain pikirkan. jangan terjebak dalam persepsimu sendiri seperti katak dalam tempurung yang tidak tahu nilai-nilai kehidupan lain yang mungkin berbeda di luar sana.
maka berhati-hatilah Ethan cintaku,
karena terkadang kenyataan hidup itu pahit. karena terkadang realita hidup itu kejam. karena begitu banyak pusaran arus kehidupan yang bisa saja menyeretmu ke jurang kehancuran. berhitunglah dalam setiap langkah kecilmu. pikirkan baik-baik setiap keputusan penting dalam hidupmu yang akan kamu ambil kelak. karena sekali membelok, sejarah akan berubah selamanya. karena mungkin ayah dan ibu tidak akan selalu ada di sisimu setiap saat, setiap waktu.
kalau sudah tiba waktumu, berpikirlah dengan jernih, dewasa dan mandiri. ukirlah sejarah yang indah dalam hidupmu nanti. sejarah yang penuh warna kehidupan dan tarian penuh canda tawa, bukan tangis dan duka. ukiran yang sarat makna dan nilai-nilai hidup yang damai, bukan konflik dan pertikaian.
dan yang terpenting, jangan pernah lupa ayah dan ibu akan selalu berdoa untuk kesehatan dan keselamatanmu. kemana pun kamu melangkah, di manapun kamu berada, dan apapun pilihan hidupmu kalau sudah dewasa nanti, restu ayah dan ibu selalu menyertaimu. cinta ayah dan ibu selalu bersamamu, dan selalu ada dalam setiap denyut nadimu.

ditulis dengan sepenuh hati oleh ibu
pada hari senin
tanggal 28 juli 2014
update 11 agustus 2014:
horeeee :-) akhirnya surat terbuka ini telah terpilih menjadi pemenang pada kontes kuis hari Sabtu di blognya Kimi http://www.insanayu.com/2014/08/pemenang-kuis-sabtu-edisi-surat-terbuka.html?showComment=1407765062677#c966014629690068807


2 comments:

  1. Mbak Naaaay... Aku terharu bacanya. Aku yakin Ethan pasti bisa menjadi anak yang bisa Mbak Nay harapkan dan banggakan. Salam peluk cium untuk Ethan ya, Mbak Nay. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin amin amiennnnnn.... sayangnya dia belom bisa baca yah :-p

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...