Thursday, 10 July 2014

jadi supir taxi

sekarang aku nyambi jadi supir taxi lho!

lumayan sih, buat nambah-nambah pemasukan bulanan, hihi. ga dink, becanda. eh tapi ada benernya juga kok, sekarang aku memang dapat uang tambahan sedikit tiap minggu, cuma dengan nyetir mobil. kok bisa?

gini ceritanya...

ketika tahu cutiku mau habis dan aku akan balik ngantor kira-kira sebulan yang lalu, aku sudah ancang-ancang pengin nyari temen buat berangkat kerja dan pulang kerja bareng. dulu, sebelum punya si ethan, tiap pagi aku memang berangkat kerja bareng temen yang kebetulan rumahnya ga gitu jauh dari rumahku, nyetirnya gantian. minggu ini aku nyetir tiga hari pake mobilku, temenku nyetir dua hari pake mobil dia, minggu depan kami gantian aku yang dua hari dia yang tiga hari. selain mengurangi rasa cape karena nyetir, juga irit bensin jadinya kan bok!

juga tentunya lebih ramah lingkungan demi menjaga kelestarian bumi ini, tsahhhh.....

***
di sini gantian nyetir (tapi pake mobil sendiri-sendiri yah) barengan temen kerja gitu disebut carsharing atau carshare. kalau nebeng mah lain lagi ya. nebeng atau numpang mobil temen ke kantor cuma ikut naik mobilnya tapi ga ikutan gantian nyetir di sini disebut liftshare. nanti deh aku bahas semua sampai tuntas #halah

kenapa pas abis cuti dan mau balik kerja lagi aku nyari temen carshare baru? karena temen carshare ku yang dulu itu dimana kami sempat berangkat dan pulang kerja barengan selama hampir 4 tahun lamanya, sekarang udah ga kerja di kantor tempatku kerja lagi alias udah pindah kerja bok, jadi dah ga bisa saling membantu meringankan beban bensin masing-masing, begitu. sayang yah...

makanya begitu tahu dia resign karena sesuatu dan lain hal (bukan karena aku lho yah, hihi), waktu itu sih si ethan baru umur 3 bulanan deh kalo ga salah pas dia ngabarin kalau dia pindah kerja, aku mikir ntar kalo aku balik kerja musti nyari pengganti dia nih. ada ga yah yang berangkat kerja ke arah cambridge sana dari sekitaran rumahku? tiap pagi mah banyak aja mobil-mobil yang berangkat kerja. tapi kan bisa saja mereka kerja di tempat lain, atau mereka ga mau carshare, atau emang beloknya ga searah denganku. gimana yah caranya nyari temen carshare sementara aku tahu di kantorku ga ada yang tinggal deket rumahku lagi.

dan seperti biasa ketika aku terkena sebuah masalah, jawabannya adalah selalu "tanya mbah google"! dan memang selalu manjur sih, hihi. aku pun tak lama nemu website ini:
https://www.liftshare.com/uk/

caranya gampang banget. kita tinggal bikin profil, nama, umur, cowo apa cewe, gitu-gitu lah, standar data pribadi. trus kita tinggal pilih perjalanan kita tiap hari jam berapa sampai jam berapa, dari poin a ke poin b, hari apa aja, jalurnya lewat mana dengan cara tinggal ngeklik di peta, udah deh. kelar. lalu website ini akan mencarikan profil yang sama atau mirip dengan profil kita. artinya kita bisa melihat orang-orang yang menempuh perjalanan yang sama tiap hari di jam-jam tertentu.

jika ada yang mirip atau klop, tinggal ngontak mereka deh lewat email. lalu tinggal nanya apa mereka mau barengan berangkat kerja bareng-bareng, apa waktunya bisa cocok, apa bisa pulang bareng juga, dll. bebas lah berdiskusi. tugas website cuma nyocokin profil doank sih, mirip website kontak jodoh gitu kali ya #uhuk. cerita selanjutnya ya terserah kitanya masing-masing.

***
nah, ketika aku selesai ngisi profilku, aku nemu salah satu akun ibu-ibu katanya umur sekitaran 50-55 tahun, dan dia kerja di cambridge. agak jauhan sih alamatnya dari rumahku tapi masih satu kampung lah, cuma 2-3 menit nyetir gitu,  tapinya dia ga kerja full-time senin-jumat, cuma 3 hari seminggu, hari senin, kamis sama jumat doank. ah, ga papa bisa dicoba nih. lagian aku juga ga ngarepin carshare tiap hari sih. minimal dalam seminggu ga nyetir sehari aja udah cukup lumayan buat istirahat. yang empat hari nyetir sendiri ga papa lah.

akhirnya aku kontak ibu-ibu ini lewat email yang dia kasih di profilnya di website tadi.

eh dibales lho besoknya, ihiy. dan dia semangat banget gitu ayuk, ayuk carshare katanya. karena rupanya sejak bikin profil hampir dua tahun yang lalu #gubrag, belum ada satu orangpun yang ngontak dia buat ngajak barengan! sampe dia lupa katanya kalau punya akun di situ, hihihi. tapi, kata dia, saat ini dia udah ada barengan satu orang lagi, cuma dia bukan carshare-an alias cuma numpang atau liftshare doang. karena penumpang dia ini ga punya mobil sendiri dan ga bisa nyetir.

oh, gitu...

pas aku nanya-nanya lagi soal penumpang yang misterius ini, ternyata dia cewek juga (lega...), usianya jauh lebih muda dan aslinya dari india. o ya ibu-ibu yang aku kontak ini namanya sue, inggris asli. dan cewek muda yang suka numpang di mobil dia namanya keren deh, twinkle. lucu yah namanya, unik dan imut, moga-moga seimut orangnya nanti kalau ketemu, hihi. tadinya kukira itu cuma nama panggilan atau alias gitu, eh ternyata nama beneran lho #infogapenting.

setelah tukar menukar email dan ngatur kapan enaknya mulai carshare, tiap hari apa aja kita bakalan carshare, di mana nanti kita didrop atau dijemput gitu gitu deh, akhirnya hari pertemuan pertama pun tiba.

***

agak deg-degan juga sih...

secara kami belum saling kenal, belum pernah ketemu jadi ga tau mukanya kek gimana, dan ga tau bakalnya kita saling suka apa saling merasa sebal satu sama lain kalau duduk bareng di mobil, hihi (banyak lho penumpang yang menyebalkan! #nomention). cuma aku sempat bilang kalau aku asli indonesia sih, yang tentu juga ga banyak nolong kalau bu sue-nya belum pernah ketemu sama orang indonesia sebelumnya.

apalagi di sini tampangku sering ditebak kalo ga philipina, thailand, ya korea, entah kenapa, haha. yang pasti belum pernah ada yang nebak indonesia sekalipun, dan seringnya orang malah nanya balik, indonesia tuh di mana ya. secara negeri kita yang sangat luas sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan hampir 17,000 pulaunya ini ternyata sangat kurang terkenal dibandingkan dengan negara seupil singapura! #sedih...

maka pagi itu, kalau ga salah hari kamis, aku nawarin diri untuk mulai yang bawa mobil duluan. artinya, aku akan ngejemput bu sue dulu di depan rumahnya yang kebetulan aku tahu kira-kira di mana, lalu ngejemput si twinkle yang biasanya jadi penumpangnya bu sue tiap hari senin, kamis dan jumat. kami janjian jam 7 kurang 5 menit. pagi itu aku semangat banget mau ada barengan di mobil, akupun berangkat jam 7 kurang 10 karena paling cuma perlu 3 menitan ke tempat bu sue dari rumahku.

sampai di tempat janjian, aku lihat ada ibu-ibu rambut pirang berkaca mata, bawa tas tangan, berdiri di pinggir jalan sambil sibuk mainin smartphone nya. pas aku berhenti di depan dia dan parkir di pinggir, sekilas kulihat dia melirik mobil audi putihku, lalu sibuk lagi utak atik hapenya.

***

lhaaaaa... akunya dicuekin!

kubuka kaca mobil sebelah kiri depan (tinggal pencet tombol kok ga pake ngontel kayak mobil tua pertamaku dulu), lalu aku teriak, helllooooo, it's me, naya! are you sueeee? begitulah caraku memperkenalkan diri untuk pertama kali pada orang asing yang selama ini cuma tukar menukar email dan janjian mo berangkat kerja bareng-bareng. ga elegan banget dan rada-rada norak yah? hihi. demikianlah!

iapun kaget, tersenyum lalu melangkah mendekat dan naruh hapenya di tas. sambil membuka pintu mobil dan duduk di kursi penumpang depan, ia berkata "ow, sorry, i didn't know it was you. we forgot to mention in the email what kind of car we drive, hahaha..." katanya ramah sambil tertawa renyah. ah, orangnya kelihatannya baik dan periang, batinku. menit berikutnya, kami sudah terlibat obrolan pagi yang seru dan saling bertukar cerita, setelah ia sempat bilang kalau mobilku bagus. "punya suami kok bukan punyaku, aku cuma minjem make doank" jawabku standar setiap kali ada yang muji si whitey.

kayak apa sih tampang si whitey ini, kok orang-orang bilang dia bagus? #iniedisipamer #awas #you'vebeenwarned

nih aku kasih intip dikit yah (padahal foto yang mo dipamerin ini udah tayang di fesbuk dari jaman jebot sih). biasa aja kok sebenernya mobil ginian di inggris juga seliweran di mana-mana. 'cuma' merek audi, ga mewah-mewah amat kayak rolls royce, porche, aston martin, ferrari atau lamborghini-nya princess syahrini gitu, hihi. tapi ya karena dulu aku terbiasanya naik mobil merek metromini, kopaja 509 pasar jumat kampung rambutan, atau doyok jurusan lebak bulus pondok labu, termewah paling bus ac patas jurusan cikarang, dan cuma pernah sekali naik transjakarta, eh sekarang diberi kenikmatan bisa naik audi. ya termasuknya lumayan lah yah ada peningkatan taraf kesejahteraan dikit dari segi alat transportasi.

meski toh aku juga ga pernah ngerasa nyetir mobil mewah sih, karena di inggris sini mobil ga lebih dari sekedar alat transportasi doank. cuma ya kalo hidup di indonesia mungkin terbilang udah mewah lah ya punya mobil ginian. punya mobil doyok aja orang indonesia udah bangga lho. apalagi harga mobil di tanah air kita yang berlipat-lipat mahalnya dibandingkan harga aslinya di eropa sini yang memang jauh lebih murah. yang penasaran kenapa begitu, silakan baca tulisan lamaku ini supaya lebih paham apa yang kumaksud.

si whitey siap membawa seabreg penumpang dari indonesia, keluargaku.
ga dink, cuma separo, yang separonya ikut mobil satunya yang ga ikutan kejepret :-p
(foto diambil tahun 2011, sehari setelah kami menikah. lokasi: eaveshall)


udahan pamernya, kembali ke topik...

setelah ngejemput bu sue dengan sukses, perhentian berikutnya adalah ngejemput si twinkle. kami pun meluncur menuju tempat biasa dia mangkal #halah kayak tukang sate saja pake mangkal segala, hihi.

dari jauh kulihat seorang perempuan muda cantik berwajah india banget, berdiri di pinggir jalan sambil nari india, eh salah...sambil (lagi-lagi) mainan hape! itu pasti dia. bu sue juga mengiyakan waktu aku nebak, itukah yang namanya twinkle? ya cuma ada satu cewek india di pinggir jalan pagi itu, ga mungkin lah orang lain, kan di sini bukan little india jadi orang india juga ga gitu banyak bertebaran hehe.

akupun berhenti di depannya persis. seperti halnya bu sue, dengan cueknya ia juga masih sibuk mainan hape meski tahu ada mobil gede berhenti dan ngejogrok parkir persis di depannya. ealah, kok kejadiannya persis sama lagi ya. kubuka kaca jendela supaya bu sue bisa melongok keluar dan manggil dia. begitu melihat muka bu sue nongol dari dalam mobil, ia dengan ekspresi setengah kaget tersenyum dan masuk mobil. dan meluncurlah kalimat senada "ow, sorry i didn't know this is the car we suppose to go with this morning, nice one!".

de javu...

***

lalu dia mulai cerewet nanya-nanya soal si whitey sambil memuji tentu saja. trus dia cerita kalo dia udah lama pengin belajar nyetir juga tapi masih maju mundur alias masih takut, pengin beli mobil sendiri ga nebeng terus sama suaminya, bla bla bla hihi. nyerocos aja dia lho kayak udah kenal lama, padahal baru ketemu!

asik nih dapet dua temen baru, dua-duanya ramah-ramah.

eh suami twinkle ternyata seorang dokter. banyak sih orang india yang profesinya dokter dateng ke inggris untuk kerja dan  menetap, aku tahu beberapa. eh pagi itu jadi kenal satu (istri) dokter lagi yang asli dari india. jadilah di mobil untuk pertama kalinya aku punya dua penumpang yang 5 menit lalu adalah orang asing dua-duanya bagiku, sekarang serasa udah kayak kenal 5 tahun yang lalu. dasarnya cewek, obrolan pun ga putus-putus dari soal rumah, anak, suami, mobil, kerjaan, baju, sepatu, hihi...standar!

untung aku dah lumayan ahli bawa mobil yah. kalo ga, bisa ga konsen kayaknya nyetirnya sambil ngobrol mulu, haha. nah, pas giliran nanya ke bu sue tentang suaminya, dengan sedih dia bilang kalo suaminya dah meninggal tahun kemarin. glek! kamipun ganti topik pembicaraan, supaya bu sue ga jadi sedih pagi-pagi.

singkat cerita, hari itu carshare pertamaku berakhir sukses. nyampe cambridge aku drop mereka ke terminal bis deket tol, lalu aku ngelanjutin perjalanan sendirian ke kantorku yang kira-kira cuma 3 menitan dari situ. sorenya aku jemput mereka berdua di tempat yang sama.

***

sampai rumah, aku cerita ke suami mengenai pengalaman carshare pertamaku tadi, dan sempat nyebutin kalau bu sue tinggal di depan bla bla bla, sampai ke cerita kalau suaminya meninggal tahun kemarin. eh, tiba-tiba suamku nyeletuk. siapa nama suaminya, yang kujawab meneketehe, tadi langsung ganti topik emang kenapa pengin tahu nama suaminya, tanyaku balik.

kata suamiku, dia punya temen bapak-bapak yang punya kebun petak atau allotment sebelahan sama punya suami (pernah aku tulis cerita tentang kebun petak di postingan ini), rumahnya juga sekitaran situ dan tahun kemarin memang meninggal.

wah, jangan-jangan... ah, bisa jadi bukan. suamiku sama bapak-bapak yang namanya collin ini memang berteman baik, karena kebunnya sebelahan. jadi kalau suami lagi di sana bersih-bersih atau nanem-nanem, mereka suka ngobrol berdua ngalor ngidul gitu. aku juga pernah ketemu sih kayaknya dua kali sama pak collin ini meski ga sempet ngobrol, kalau pas kebetulan ikutan suami ke kebun meski ga ikutan kerja hehe.

pernah juga beberapa kali kami dibagi hasil kebunnya pak collin, karena panennya memang berlebih. orang sini memang banyak yang dermawan dan suka ngasih-ngasih sih. jadi pas pak collin ini meninggal, suamiku jadi kehilangan temen ngobrol gitu kalo dia pas pergi berkebun. suka kangen aja dia. kata suami, sekarang kebun pak collin ini diurus istrinya, meski ga sesering dulu pas pak collin-nya masih hidup. dan dia belum pernah ketemu si istri, karena pas dia ke sana istrinya pas ga di kebun dan sebaliknya.

***

hari carshare berikutnya, giliran bu sue sekarang yang nyetir.

dia bilang akan ngejemput twinkle dulu, lalu mobilnya bakal lewat di jalan deket rumahku jadi ga perlu repot-repot belok supaya bisa hemat waktu. aku disuruh nunggu saja di pinggir jalan, sama seperti sebelumnya kami janjian jam 7 kurang 5. aku juga ga tau bu sue nyetir mobil apa karena kami ga saling nanya, jadi pas nunggu berdiri di pinggir jalan, aku juga sibuk mainan hape! hahaha...

sampai sebuah mobil akhirnya berhenti di depanku dan sopirnya adalah bu sue.

aku senyum dan masuk ke mobilnya, yang ternyata standar mobil ibu-ibu (di sini dibilangnya mobil cewek), bermesin kecil dan unyu ga kaya whitey yang gede. belum sempat ngomong apa-apa, eh bu sue dah minta maap duluan karena mobilnya agak berantakan dengan barang-barang segala macem di kursi belakang tempat aku duduk, dan minta maap karena mobilnya ga sebersih mobilku! lha, padahal aku juga ga masalah dan ga protes atau ngerasa gimana-gimana, lagian kan badanku kecil. di mobil mana aja juga muat hehe...

orang sini memang sopan-sopan sih. tanpa diprotes pun mereka udah sungkan duluan kalau ngerasa ga bisa ngasih servis sebaik yang pernah mereka terima. padahal aku juga ga ngerasa ngasih servis apa-apa pas carshare kemarin itu. tapi rupanya bu sue sama twinkle emang sepakat kalo mobilku bersih dan nyaman #ihiy. emang sih, banyak banget mobil orang sini yang berubah fungsi jadi gudang berjalan, isinya segala macam barang dan benda-benda aneh berserakan gitu aja dan jarang dibersihin.

ga kayak orang indonesia yah yang kalau punya mobil sebutut apapun akan selalu ngerawat mobilnya sampai dielus-elus tiap hari karena harganya emang muahal bingitttt, hihi. padahal menurutku mobilku juga ga kinclong-kinclong amat sih, cuma ya aku memang disiplin ga pernah ninggal barang apa-apa di mobil, supaya minimal ga ada yang berserakan dan nyaman dipakai berkendara. sementara di inggris sini mungkin karena harga mobil jauh lebih murah dan terjangkau kali yah, jadi meski rata-rata orang punya mobil tapi mereka ga sampe sesayang sama mobilnya seperti halnya orang indonesia.

ini pendapatku pribadi lho yah... ga setuju juga ga papa.

nah, pas kesempatan kedua ini, di tengah-tengah obrolan, iseng-iseng aku mulai nanya ke bu sue mengenai suaminya, karena suamiku cerita tentang temannya di kebun sebelah yang juga meninggal tahun kemarin. bu sue pun balik nanya, emang kebunmu di mana? aku jawab lokasi kebun suamiku. eh ternyata emang suami bu sue juga dulu kebunnya di situ, di deret yang sama dengan kebun suamiku. wah, deg-degan dong aku jadinya. akhirnya sebelum bu sue bilang apa-apa, aku beraniin nebak, "is your late husband's name collin?" apa jawaban bu sue? "yes! collin is my husband's name".

woalahhhh...

dunia memang sempit yah. bertahun-tahun suamiku udah kenal dan ngobrol baik dengan suami bu sue tanpa kenal istrinya, dan suami bu sue juga ga gitu kenal aku, tahu-tahu sekarang istri-istrinya dipertemukan oleh sebuah website untuk carshare dan berangkat kerja barengan! aneh ga sih...

kamipun jadi serasa lebih dekat dan lebih akrab dari sebelumnya, padahal baru ketemuan dua kali. tahu kalau suami-suami kami ternyata sudah lama berteman meski sayangnya pak collin sudah meninggal, aku pun ga sungkan-sungkan ngajak bu sue untuk bareng-bareng piknik di kebun satu wiken nanti, karena dia juga pengin ketemu si ethan, hihi.

indahnya sebuah pertemanan baru!

***

lalu apa hubungannya sih sama supir taxi, kok dari tadi blom nyampe sana ceritanya? hihi, sabar pemirsa, itu tadi baru intro doank kok #gubrag! *pembaca pingsan*

soal supir taxi, jadi gini...

sejak tukar-menukar email dulu antara aku dan bu sue, kami memang sepakat untuk carshare dua hari seminggu saja, sehari aku bawa mereka berdua, hari lain bu sue bawa kami berdua.

karena bu sue ga kerja hari selasa-rabu, dan twinkle cuma bisa ikutan naik mobilnya tiap senin, kamis dan jumat saja, sebelum kenal aku biasanya si twinkle naik kereta ke kantor dua hari seminggu. jadi dia kudu minta antar suaminya pagi-pagi buta ke stasiun yang letaknya hampir 20-30 menitan nyetir, plus dia kudu bangun lebih pagi dari hari biasa kalo ga mau ketinggalan kereta!

nah, di hari-hari pas bu sue ngantor, rupanya dia selama ini jadi penumpangnya bu sue (liftshare) dengan tarif £5 pulang pergi sesuai kesepakatan antara mereka berdua. lumayan kata bu sue buat nambah-nambah beli bensin dan si twinkle juga ga perlu ke stasiun ngejar-ngejar kereta pagi-pagi. duit buat beli tiket keretanya dikasihin ke bu sue, gitu. sama-sama untung toh, simbiosis mutualisme namanya.

nah, setelah ketemu aku, si twinkle ini jadi girang donk, begitu tahu aku kerja full-time dari senin sampai jumat. dia nanya boleh ga jadi penumpangku setiap hari selasa dan rabu, plus hari lain pas aku bawa bu sue juga dengan tarif yang sama? aku iya-iya saja lah ya. daripada nyetir sendiri dan bengong tiap pagi, sekarang ada yang mau jadi penumpang dan dapet duit pula meski cuma £5 tiap kali jalan, hihi.

jadi mulai sekarang nih, kalau dalam seminggu aku bawa penumpang 3 hari, bisa dapet £15 lho.

sebulan bisa £60 kan yah, kira-kira 1 juta 200 ribu lah pakai nilai tukar 20,000 per £1, lumayan kan buat ditabung. hari jumat biasa aku ga terima penumpang dan ga mau carshare karena aku butuh privasi juga minimal satu hari seminggu untuk nyetir sendirian, jadi bisa nyanyi-nyanyi sumbang gitu sepuasnya sambil nyetir :-p

ga dink, alasan sejujurnya sih karena jumat aku pengin nyampe rumah lebih cepet aja, karena kalau carshare kan kudu ngejemput penumpang (kadang mereka suka ngaret juga kalau jalanan pas macet), trus masih harus ngedrop mereka dulu jadi agak lamaan nyampe rumah dibanding kalau nyetir sendiri, gitoh...

dan memang karena pendapatan dadakan ini di luar rencanaku dan tanpa usaha ekstra, alias ada penumpang ga ada penumpang aku tetep kudu nyetir, semua duit hasil sambilan jadi supir taxi ini aku sisihin tersendiri, masuk ke celengannya si ethan! jadi nanti kalau udah banyak bisa diambil buat biaya kuliah kan yah, haha.

dan semoga kerjaan sambilan baruku ini langgeng, bisa membawa berkah seterusnya karena niatnya kan ngebantu orang juga, amin :-)

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...