Tuesday 13 May 2014

kidal

aku perhatiin beberapa bulan belakangan ini, ethan lebih sering memakai tangan kirinya ketika memegang atau mengambil sesuatu dibanding tangan kanannya.

apakah itu pertanda kalau ia nanti akan jadi kidal?

sebelum nulis postingan ini, aku sudah berpikir lama mengenai kemungkinan anak semata wayangku ini akan jadi kidal. awal mulanya aku cukup khawatir juga dan selalu berusaha mengingatkan ethan untuk memakai tangan kanannya dibanding tangan kirinya. tipikal orang indonesia lah, atau orang jawa lebih tepatnya, dengan selalu mengatakan kalau tangan kanan itu tangan manis, sedang tangan kiri itu tangan buat (maaf) cebok!

tapi setelah berbincang-bincang dengan mantri kesehatan yang biasa menimbang berat badan ethan, lalu tanya-tanya mbah google dan baca-baca lebih banyak lagi mengenai kecenderungan pemakaian tangan kanan atau kiri dalam hidup keseharian, kini aku ga cemas lagi. karena ternyata aku sampai pada pemahaman bahwa ethan belum tentu kidal. dan kalau toh ia bakalnya akan kidal, ya ga papa juga :-)

intinya, kecemasanku dulu rupanya hanya berdasar pada stigma masyarakat timur, lebih tepatnya indonesia, bahwa menggunakan tangan kanan itu lebih baik dan lebih sopan daripada tangan kiri. padahal setelah aku belajar sedikit dari baca-baca di internet, sebenarnya mau kanan atau kiri itu ya sama saja, sama-sama baiknya. bahkan orang kidal itu punya banyak keistimewaan lho, selain juga unik tentunya!

di dunia ini ternyata cuma 12% pria dan 10% wanita saja yang kidal, selebihnya ya bertangan kanan. sumber dari wiki.

dan masih kata wiki, ada empat macam golongan manusia, yaitu yang terlahir lebih dominan menggunakan tangan kiri (kidal), dominan menggunakan tangan kanan (mayoritas kebanyakan), ada yang bisa dua-duanya secara bergantian, dan ada yang bisa dua-duanya sekaligus meski ini jarang sekali serta sangat sedikit jumlahnya.

lalu, kenapa orang indonesia jarang ada yang kidal yah? serius, aku belum pernah ketemu atau kenal langsung lhoh, sama orang indonesia yang kidal, suwer!

makanya tadinya aku pikir, kidal itu bisa diubah. karena dulu aku ingat, salah satu adikku waktu kecilnya punya kecenderungan selalu memakai tangan kirinya, dan aku ingat sekali ibuku dan nenekku selalu mengingatkan dia untuk menggunakan tangan manis-(kanan)nya, setiap saat. apa karena budaya masyarakat kita yang memandang kiri itu selalu diasosiasikan dengan buruk/tidak sopan/jelek/kotor, maka sangat jarang orang indonesia yang kidal? apakah orang-orang yang terlahir kidal di indonesia jadi bertangan kanan karena diubah paksa? dan apakah adikku termasuk salah satunya? entahlah, sekarang sih ia bertangan kanan :-)

kalau kata internet, kidal itu ga bisa diubah dan jangan dipaksa berubah. karena hubungannya dengan sistem kerja otak yang agak berbeda dengan mereka yang bertangan kanan. baca deh tautan wiki di atas, pasti pusing, hihihi...

padahal indonesia itu penduduknya terbanyak keempat di dunia. tapi kenapa ga pernah ketemu yang kidal ya? justru sejak ada di eropa aku lebih sering menjumpai orang kidal. salah satu mantanku (bule) kidal #uhuk, trus teman sekelas dulu juga ada yang kidal, lalu sekarang ini teman mainku yang anaknya sepantaran ethan juga kidal. belum sejumlah tokoh terkenal dunia termasuk presiden obama, ternyata juga kidal (sumber dari sini). dan rupanya bill clinton, gerald ford, ronald reagan dan george bush senior juga kidal! gila, yang kidal-kidal kok pada hobi jadi presiden yah, hihi.

lalu ada angelina jolie, justin bieber, leonardo da vinci, benjamin franklin, albert einstein, celine dion, alexander agung, aristotle, robert deniro, marilyn monroe, charlie chaplin, henry ford, gandhi, michelangelo, bill gates, mark twain, beethoven, mozart (sumber dari sini), dll. banyak deh, google sendiri aja ya. bakalan syok deh pokoknya! #halah

setelah tahu fakta-fakta di atas, sekarang aku ga galau lagi kalaupun nanti anak semata wayangku memang kidal, ya ga papa juga, silahkan saja jadi kidal, hehehe...

selain alami, kidal itu juga unik!

dengan mayoritas penduduk dunia yang 70-80% terlahir bertangan kanan, maka lebih banyak orang beranggapan bahwa bertangan kanan itulah yang 'normal' sementara yang bertangan kiri dianggap 'aneh' atau 'tidak normal'. dan karena tangan kanan adalah mayoritas, maka segala sesuatu didesain dan dibuat dengan mempertimbangkan pemakainya adalah bertangan kanan. hingga seringkali orang yang terlahir kidal, sedikit banyak akan menemui kesulitan dalam hidupnya ketika menghadapi situasi tertentu, karena kebanyakan segala sesuatu di sekelilingnya dikondisikan untuk mayoritas mereka yang bertangan kanan.

contohnya, gitar, biola, mouse (komputer), gunting, keyboard (komputer), pembuka sumbat botol, senapan dll. pernahkah terpikir oleh kita untuk mengoperasikan semua alat-alat tersebut dengan tangan kiri sebagai tangan yang dominan? bakal susah yah, hehe...

makanya untuk orang kidal, gitarnya juga khusus gitar kidal, demikian juga biola, gunting, dll. agak repot ya jadinya kalau apa-apa harus didesain khusus untuk orang kidal. ya kalau gampang nemu dan belinya, kalau susah dan ga ada yang jual gimana donk yah. aku belum pernah denger sih di indonesia ada barang-barang khusus untuk orang kidal. atau mungkin akunya yang ga peduli, jadi ga tau infonya? atau mungkin karena alasan ini juga maka orang-orang kidal di indonesia memang 'dipaksa' oleh keadaan untuk berubah menjadi bertangan kanan, karena ketiadaan barang-barang khusus orang kidal itu tadi? hmm... ga tau juga sih.

o ya, yang menarik lagi, ternyata orang-orang kidal di seluruh dunia itu pada bersatu padu lho. mereka juga memperingati hari kidal sedunia setiap tanggal 13 agustus, namanya International Left-hander's Day. keren ga tuh. bahkan rupanya ada juga perkumpulan orang kidal indonesia dan punya fesbuk segala. ternyata memang ada kok orang indonesia yang kidal, cuma aku saja yang belum pernah ketemu satupun, hehe. 

banyak juga fakta-fakta lucu yang ditulis di internet mengenai orang kidal. google sendiri yah, daripada dikopas di sini, ga seru lah. jadi kesimpulannya, kidal itu alami, jadi jangan dipaksa diubah untuk bertangan kanan. buat para ibu-ibu atau bapak-bapak, kalau anak kita cenderung kidal, biarkan saja, karena itu normal. siapa tahu nanti ia akan jadi presiden atau orang ternama! :-D

2 comments:

  1. Aku juga dulu mikirnya begitu, Mbak. Tangan kiri salah dan tangan kanan selalu benar! Hahaha... Tapi ya sekarang ini mah tangan kiri dan tangan kanan ya sama saja lah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ..maapkan sayah telat mbales. iya aku dulu jg mikirnya begitu, kanan itu manis, kiri itu jelek. itu karena kita dicekokinnya begitu dari kecil. mari kita sama-sama memutus mata rantai yg kurang benar itu, dan ajak yg lain juga dg cara menulis di blog, hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...