Monday, 15 April 2013

gaya hidup sehat

kalau aku bisa nge-ranking hal apa yang paling penting dalam hidup di atas segala-galanya dan selalu ada di ranking nomer 1 dalam hidup, bagiku adalah kesehatan.

ibaratnya kalau kita tiba-tiba nemu lampu ajaib aladin dan si jin di dalamnya cuma bisa mengabulkan satu permintaan saja (bukan 3 seperti di cerita legenda), aku akan minta tetap hidup sehat sampai usia tertentu (100 tahun bolehlah ;-p), lalu meninggal dalam damai tanpa mengalami tahapan sakit terlebih dulu. asik pastinya yah :-)



kalian boleh saja punya daftar ranking sendiri atau punya permintaan sendiri ke si jin di dalam lampu ajaib yang tentunya boleh saja kalau beda dengan pendapatku, tapi menurutku apapun itu selain kesehatan, bukanlah hal yang penting lagi. contohnya misalnya kalian lebih mementingkan harta yang banyak, tapi apalah artinya harta berlimpah kalau badan kita jatuh sakit, menderita dan akhirnya meninggal dunia? atau ada yang misalnya minta suami atau istri yang top markotop, tak ada juga artinya kalau badan kita sakit-sakitan, ya kan?

alasan utama mengapa pada prinsipnya aku percaya kesehatan adalah segalanya, adalah karena jika kita sehat dan bisa beraktifitas dengan sempurna, hal-hal lain dalam hidup bisa kita usahakan dan raih, meski harus melalui perjuangan yang berat sekalipun. jadi mestinya sih, tiap hari semua orang itu cuma butuh berdoa supaya tetap sehat saja ya. ga usah dan ga perlu minta yang aneh-aneh atau hal-hal lain lagi ke sang pencipta. asal sehat, semua pasti lancar jaya :-)

karena kalau minta hal-hal yang lain juga, bisa jadi doa yang panjang minta ini itu tadi ga semua terkabulkan. misalnya saja hal-hal lain yang diminta terkabulkan, tapi doa minta sehatnya terlewat. jadi ga sehat deh meski kaya atau punya segalanya #emang beneran gitu yah prosesnya? ;-p

tapi kesehatan juga ga cuma bisa diminta dengan doa saja sih ya, tapi juga kudu diusahakan. ga mungkin kaeknya kalau kita bergaya hidup sembrono, makan apa saja semaunya termasuk makanan sampah alias makanan tidak sehat, tidak pernah berolah raga, cuek bebek terhadap kondisi badan sendiri, tidak menjaga berat badan dan lingkar pinggang, ya sepertinya mustahil dengan hanya tiap hari cuma berdoa lalu dijamin sehat terus.

usaha untuk sehat inilah yang sempat membuatku berpikir sejak kemarin!

iseng saja sih sebenarnya aku tiba-tiba merenung mengenai hal ini. gara-garanya pas nyetir pulang kantor kemarin kulihat kolegaku yang kerja di bagian software development berlari-lari kecil (jogging) di sepanjang trotoar menuju ke arah pusat kota cambridge di mana ia tinggal, yang jaraknya lumayan jauh juga sekitaran 5 kilometeran gitu (atau mungkin lebih). aku sih sebenarnya udah pernah dengar kalau cowok asli portugis berbadan tegar yang satu itu (mirip rafael nadal gitu meski mukanya beda lah ya hehe) emang tiap hari ga pernah naik angkot, nyetir atau nyepeda pulang pergi ke kantornya, tapi ia selalu pakai kendaraan kaki alias jogging!

tadinya aku ga percaya dan kuanggap angin lalu saja cerita itu, tapi karena kemarin aku melihat dengan mata kepala sendiri, tiba-tiba aku jadi mikir deh. segitunya yah orang menjaga kesehatan badan... niat banget! :-D

yang selama ini aku tahu sih, tuh cowok tiap kali kami makan siang bareng di dapur kantor, menunya selalu kalau ga salad yang isinya cuma sayuran segar, dia cuma minum blender-an jus yang isinya katanya wortel, seledri, mentimun, dan buah-buahan yang ia modifikasi sendiri kombinasinya setiap hari. udah itu doank. ga pake nasi, atau sayur olahan, atau kentang, atau daging, atau telor, atau gorengan hehehe.... pantes saja badannya bisa tegap berotot dan kekar gitu ga kelihatan lemak sama sekali. lha makannya dan aktifitasnya sehari-hari saja sudah kayak atlit gitu xixixi....

selain si cowok portugis itu tadi, masih ada beberapa orang teman kantor lagi sih yang gaya hidup sehatnya menurutku sangat luar biasa dan perlu dicontoh kalau bisa dan benar-benar niat, tapi tentu saja sangat berat #hihihi #tuh kan dah males duluan

beberapa teman kantor tiap hari mengendarai sepeda ontel ke kantor. mereka ada yang berpangkat engineer, manager, bahkan ada satu dua orang VP (vice president) yang kadang-kadang juga nyepeda lhoh ke kantor bolak balik kalau pas cuaca mendukung. keren kan? di inggris sini bukan berarti dengan bersepeda mereka itu ga mampu punya mobil sih, tapi mereka memutuskan menggunakan sepeda karena pengin hidup sehat! mobilnya ya di parkir di rumah saja.

beda kalau di indonesia kan orang nyepeda karena ga bisa atau belum mampu beli roda dua bermotor. atau orang pakai roda dua bermotor karena belum bisa punya mobil atau pengin irit bensin ga mau pake mobil. sekalinya mampu beli mobil, pasti mereka merasa ga keren lagi deh kalau kudu nyepeda, gengsi donk, kan bisa dikira orang miskin, hihihi. paling kalau pas ada acara bersepeda ria di hari minggu pagi saja sebagai bagian dari acara kumpul-kumpul baru deh sepeda ontel-nya di garasi yang jarang sekali dipakai baru dikeluarin. itupun kadang-kadang ke tempat acaranya tetep pake mobil! ya kan?

lalu di mana gaya hidup sehatnya donk...;-p

sebagai orang indonesia, mind-set-ku juga masih payah sih sampai sekarang ini. artinya, sejak aku punya mobil, yang aku dulu biasa ke mana-mana jalan kaki meski hujan angin atau hujan salju, dan sering lari-lari ngejar bis, sekarang jadi males total! suamiku padahal udah bela-belain ngebeliin aku sepeda ontel buat muter-muter kampung supaya fit, eh, cuma dipake sekali dah itu nangkring dengan manis di garasi sampe sekarang. bannya kempes tentu saja, karena jarang dipake :-p

trus aku yang punya ide beli sepeda statis (kayak yang di gym ituh), juga udah mulai ga dilirik sama sekali dan nongkrong di pojokan ga pernah disentuh lagi, hiks... payah banget aku emang! mungkin memang perlu jadi orang barat dulu ya supaya mind-set-nya untuk fit dan menjaga kesehatan tidak seperti kita orang tropis yang malas berolah raga begitu hidupnya enak sedikit saja hehehe...

jadi untuk sementara ini, caraku menyiasati supaya tetap sehat ya cuma dengan mengontrol asupan makan dan jenis makanan yang masuk ke perutku jangan sampai kebanyakan makanan sampah. selain itu dengan tetap aktif di dalam rumah, rajin beres-beres, ngepel-ngepel, nyapu, masak, nyetrika, berkebun, kan itu olah raga juga yah diitungnya, ga harus nyepeda berkilo-kilo meter jauhnya, jogging, atau nge-gym. dan yang paling penting, tetap bahagia lahir batin, ga terlalu ngoyo, capek dan stres.

tapi itu sepertinya yang paling susah, hihi....



.:kalau kamu suka artikel di atas, mungkin kamu suka ini juga:.

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...