Friday, 6 January 2012

yoga

menyambut tahun baru 2012, semua orang perlu resolusi baru. sesuatu yang baru, untuk mengisi tahun ini dengan hal-hal yang lebih baik dari tahun sebelumnya. resolusiku, tahun ini aku ingin badanku lebih sehat. alhamdulillah selama ini aku jarang-jarang sakit, tapi aku ingin lebih sehat lagi.

masalahnya, seumur-umur aku ga suka yang namanya olah raga. dulu sewaktu di smp, kalau dapat kesempatan main bola voli, setiap dapat giliran membuat bola, ga pernah bisa melewati net. payah sekali! sewaktu sma, tiap kali harus pemanasan lari-lari keliling lapangan, selalu menjadi bagian dari kelompok yang sampai paling akhir, yang ga kuat lari lagi tapi malah jalan kaki, dan tetep ngos-ngosan. payah dua kali!

begitu mulai kuliah dan ga ada lagi pelajaran olah raga, baru deh merasa nyaman dari teror pelajaran olah raga. tapi setelah bernyaman-nyaman selama hampir lebih dari 15 tahun, koq ya sekarang malah kepikiran untuk mulai olah raga lagi. kalau suami sih memang rajin nge-gym, karena gym sudah jadi bagian dari gaya hidup orang-orang di sini. lha aku, sejak ga ada lagi pelajaran olah raga di sekolah, paling banter olah raganya main badminton, gratis! raket juga boleh minjem :-)

selain badminton, olah raga jogging (atau lari santai) juga gratis, tapi ga pernah jogging juga. alasannya dulu, jogging di indonesia kan panas. di sini sih enak buat jogging dan dulu pernah niatan mau memulai kebiasaan yang menyehatkan ini. lagipula banyak tetanggaku yang rajin jogging tiap hari. tapi lagi-lagi, dasarnya aku ga bisa lari dan nafasku pendek dan cepat ngos-ngosan, jadi niat jogging ya cuma mimpi saja, ga pernah terlaksana. dan lagi sepertinya koq ga cengli ya sama ribetnya. selain kudu bangun pagi-pagi, kudu pake baju jogging, belum lagi sepatu juga khusus, juga karena hawa dingin inggris di pagi hari yang menusuk tulang. tuh kan alesan lagi deh ...


hingga saat liburan akhir tahun kemarin, tiba-tiba aku niat banget untuk berlatih yoga! awalnya karena ngeliat Wii-ku yang sudah hampir 6 bulan lebih dianggurin karena sudah bosan dengan game-gamenya. memang fasilitas latihan yoga di Wii sudah sejak beli ada, tapi ga pernah dipakai, bahkan dicobapun tidak. mubazir banget ga sih!

setelah nyoba beberapa posisi yoga, eh ternyata enak juga lho. selain untuk melatih pernafasan, gerakan-gerakan yoga ternyata juga bisa untuk mengencangkan otot dan menyegarkan badan. ya iyalah, sudah lama memang seperti itu, aku aja yang norak ga pernah nyoba, meski fasilitas tersedia. dasar pemalas! :-D

tinggal semangatnya nih, jangan sampai cuma hangat-hangat tai ayam saja hehe. mudah-mudahan sih bisa disiplin, terus berlatih untuk memperbaiki postur tubuh, mengencangkan otot-otot badan dan lebih menyegarkan raga. kalau raganya sehat, jiwanyapun sehat, semoga :-)

No comments:

Post a comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...