Wednesday 20 January 2016

potty training

sejak lahir, seperti halnya bayi-bayi lainnya apalagi bayi inggris, hihi, ethan langsung pake diaper atau nappy. terlepas dari pro dan kontra antara orang tua yang lebih memilih popok sekali pakai (disposable) vs clodi (popok kain modern yang bisa dicuci dan dipakai ulang), bayi jaman sekarang memang sudah trendi-trendi yah.

popok katun

jaman aku dan kakak adikku dulu, clodi aja blom ada lho. yang ada popok kain biasa berbahan katun yang tipis dan kadang sobek dikit-dikit karena keseringan dicuci dan turun-temurun dipake berkali-kali dari jaman kakaknya lahir lalu dikasih ke adiknya, trus ke adiknya lagi dan lagi dan lagi haha. maklum kami enam bersaudara. jadi popoknya juga turun-temurun pake sistem warisan. hadeuh, dapet warisan kok popok, mbok ya tanah atau rumah gitu ya haha #ngimpi

seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi serta peningkatan daya beli masyarakat, saat ini mungkin makin sedikit ya bayi yang pake popok jaman baheula yang tipis itu. karena pilihan clodi lebih menarik hati, atau pilihan yang disposable bagi yang kuat beli lebih menggoda.


clodi

memang disposable nappy lebih mahal karena sekali pake, jadi harus diitung jumlah pemakaian kali harga per popok. harga awal clodi cuma mahal di awal tapi kan bisa dipakai berulang-ulang jadi jatuhnya murah. eh tapi jangan lupa itung biaya deterjen, mesin cuci, listrik, dan tenaga si mbak asisten rumah tangga-nya juga ya kalo mau itung-itungan lebih rinci hehe. yang pasti clodi sih lebih ramah lingkungan dibanding disposable. semua udah tahu lah itu.

sama halnya kayak pembalut wanita, yang pembalut kain bisa dipake ulang juga lebih ramah lingkungan tapi kok kebanyakan dari kita tetep beli yang sekali buang yah. dasar selfish!

untuk urusan popok juga aku masih selfish, belum bisa jadi pahlawan penyelamat lingkungan, alih-alih penyelamat bumi. karena sejak lahir sampe sekarang pun ethan mengkonsumsi disposable nappy tiap hari. dari ukuran 1 sampe sekarang ukuran 5. paling gede sih ukuran 6 yang kayaknya ga bakal nyampe ke sana karena sekarang dia udah lulus potty training, woohooo.

***

apa itu potty training?

nah ini juga, sebagai orang indonesia tulen, ketika aku ngedenger istilah ini pertama kali, reaksiku cuma "what?!" apaan tuhhhh, kata alm benyamin sueb. ya maklum aku tumbuh gede ga pernah kenal kata potty, apalagi pernah di-training haha. ada-ada saja orang bule ini.

makin ke sini, aku belajar hal baru kalo ternyata potty training itu adalah melatih anak yang selama ini selalu pake popok, entah disposable atau clodi, supaya berhenti pake popok dan ngasih tau tiap kali si anak pengin ke toilet untuk buang air (kecil maupun besar) ke orang dewasa di sekitarnya yang bertanggung jawab atas pengasuhan si anak sehari-hari. ini aku ngarang lho ya, jangan dikopi-pes hehe.

karena ga pernah ngalamin potty training dan ethan adalah anak pertama, tentu saja aku sempet bengong dan ga tau musti gimana kalo tiba waktunya untuk potty training. tentu saja setelah bengong aku ambil keputusan sebagai langkah pencegahan. kubeli beberapa buku mengenai hal ini untuk kubaca-baca nanti kalo sekiranya sudah tiba waktunya si ethan untuk di- potty training.

contoh potty

sampe tiba waktunya libur tahun baru kemarin itu.

kebetulan aku libur dua minggu. iseng-iseng aku bilang ke suami, eh say (sayurrrr...) kita potty-training si ethan yuk selama liburan ini. kalo berhasil sukur, ga juga ga papa lanjut aja popoknya hehe. maksudnya sih ga perlu ngoyo gitu. padahal aku juga belum sempet tuh baca buku-buku yang udah kebeli tapi masih nangkring manis di rak buku karena belum ada waktu ngebaca. modal nekat aja.

eh, ga taunya malah potty-training nya sukses! haha...

yup, sekarang si ethan udah copot popok 100% dari pagi sampe mau bobo, ganti pake celana dalam biasa dari kain katun. kalo mau tidur doank aku masih pasangin popok sih, tapi tiap pagi begitu bangun dan diantar ke toilet, popoknya selalu kering kerontang, artinya dia udah ga ngompol sama sekali. bisa sih kalo mo tidur lepas popok juga tapi ga papa lah buat jaga-jaga aja daripada kudu ngejemur kasur yang mana di sini ga pernah ada matahari haha.

kami punya perlak juga kok, cuma kan kalo dia tidur ga diem di satu posisi. jadi yang diperlakin sebelah mana, bangun pagi dia udah bergeser ke mana-mana.

***

beberapa catatan dalam proses potty-training yang mungkin berguna untuk para orang tua di luar sana yang mau nge-potty training anaknya juga, silakan simak poin-poin berikut ini:

1) usia anak

umur berapa sebaiknya anak lepas popok? tergantung sih, dan tiap anak relatif. si ethan pas kemarin itu udah 2 tahun 8 bulan baru mulai training. ini mah karena kami permalesan aja sih haha. ya maklum dua-duanya kerja dan sehari-hari ethan diasuh penitipan anak. jadi kami milih yang praktis-praktis aja. kalo pake popok praktis, ya sok lah, pake aja terus hehe. tetangga sebelah anaknya baru 1.5 tahun udah di training, ibunya sehari-hari di rumah soalnya jadi gampang ngawasin.

selain itu, kami nunggu sampe si ethan bener-bener siap dan ga mau maksa dia ngelakuin sesuatu kalo dianya ga suka. ah, permalesan lagi sih ini bokap nyokapnya haha.


popok

oh ya, jangan bilang pake popok kan boros, mahal, kenapa ga ditraining lebih awal supaya ga perlu lagi keluar duit untuk beli popok terus-terusan? ya kan kami 'mampu' beli bok. ga harus jadi konglomerat dulu kan buat mampu beli popok? jawaban songong bin selfish ini sih, tapi ya memang kami ga mau ngoyo kudu ini itu lebih awal cuma supaya irit doank, gitu.


lagian harga popok di sini bisa dibilang relatif murah karena GDP inggris kan jauh di atas GDP indonesia. dengan kata lain, daya beli masyarakat inggris lebih tinggi jadi popok termasuk barang murah lah. itu udah yang merek paling ternama semacam p*mpers lho. pilihan merek lain yang lebih murah sih ada tapi males kan aku ga mau pantat si ethan ruam-ruam ga jelas hehe. jadi kami selalu pake merek yang katanya ternama itu.

2) pengenalan ke potty

ini kami lakukan jauh sejak si ethan masih umur sekitaran 1 tahun deh. waktu itu karena semangat banget, kami memang beli potty lebih awal meski belum perlu banget. tujuannya supaya ethan ngerasa familiar dan kenal sama potty-nya sejak dia masih kecil. sekarang pun semua perlengkapan toiletnya udah ada, meski dia masih pake potty. kami berdua emang kelewat semangat belanja haha. maklum anak pertama!

sejak dia kecil, seringkali aku suruh dia duduk di potty, masih dengan pakaian lengkap, cuma supaya dia belajar ngerasa nyaman aja duduk di situ. awal-awalnya tentu saja dia malas-malasan dan sering lari-larian trus ketawa-ketawa. karena terbiasa, lama-lama dia berasa nyaman juga dan bisa duduk agak lamaan. ini penting karena kalo beneran dia buang air tapi ga mau duduk lama-lama kan bisa berantakan ke mana-mana hehe.

ilustrasi - bukan ethan

3) komunikasi


ethan udah mulai ngomong sejak lama. ngomong ga jelas sih. makanya kami nunggu dengan sabar sampe dia bisa ngomong jelas dan kami bisa berinteraksi dengannya dua arah. menurut kami ini penting karena kalo dia ga ngerti perintah sederhana, ya percuma. kitanya ngomong berebet ga ada yang masuk kuping hehe. tapi kemarin itu karena kita udah bisa komunikasi dua arah sama dia jadi lebih gampang ngejelasin ini itu. diapun ngangguk tanda ngerti, malah kadang-kadang jadi cerita panjang lebarkalo pas waktunya ke potty.

ilustrasi

4) hadiah


ini sebagai motivasi saja sebenernya, supaya kegiatan ke toilet jadi lebih menyenangkan. kami janji beri dia hadiah stiker warna-warni kalo dia ga ngompol di celana dan ngasih tau kami kalo pengin pipis atau pub dan mau duduk manis di potty-nya dengan sabar sampe selesai.

contoh papan stiker

satu buah stiker kalo pipis, dan dua buah stiker kalo pub. stiker itu dia tempel dan kumpulin di sebuah papan karton yang ditaruh di gantungan tembok. dia bangga banget bisa ngumpulin banyak stiker. mau lebih banyak lagi? harus rajin ke potty hehe.

5) konsisten

sewaktu potty training, kami memang niatin pas liburan natal tahun baru. kenapa? supaya pelatihannya bisa konsisten. karena ngelatih anak ke toilet ga cuma butuh satu dua hari. kadang bisa mingguan atau bahkan bulanan, kata artikel-artikel tentang potty training di internet. tapi sukurlah kemarin ethan cuma butuh 5 hari saja. asal konsisten dan disiplin, ternyata lima hari cukup dari yang tadinya pake popok terus menerus, jadi ga pake popok sama sekali dan ga pernah ngompol di celana lagi.

selamat yah ethan, udah lulus potty training.

***

dalam lima hari itu, berikut ini kronologi kejadian-kejadian yang kami alami kemarin. siapa tahu bisa dicontoh:

hari pertama:
pengenalan make celana biasa untuk pertama kali ga berjalan semulus harapan hehe. ethan ga mau make celana pada awalnya, mungkin aneh ya terbiasa pake popok yang tebel dan empuk tiba-tiba kok cuma kain tipis doank nyentuh di kulit, secara ada yang ilang kali hihi. setelah kubujuk, dia mau juga nyobain.

eh, begitu mulai dipake jalan, dia nangis karena berasa aneh haha. bujukan kedua berhasil, dan dia mau pake celana dalam baru dan celana panjang biasa.

celana anak katun

karena memang baru pertama kali ga pake popok, hari pertama itu bener-bener uji mental buat emak bapaknya. karena terbiasa tinggal pipis di popok ga pake bilang, begitu pake celana biasa ya dia pipis aja seperti biasa. walhasil lebih dari 10 kali dia ngompol haha. hari itu kami sampe nyalain mesin cuci dua kali! yang biasa ngelondri seminggu sekali, ini sehari ampe dua kali, hadeuh.

hari kedua:
hari kedua mulai berangsur membaik. meski masih agak telat untuk bilang kalo mau pipis, dua tiga kali dia berhasil lari ke potty sambil teriak "i'm wet i'm wet" hihi, lalu duduk manis meski kadang masih berantakan juga.

hari ketiga:
ethan berhasil lari ke potty lebih sering dibanding hari sebelumnya. sekarang dia sudah mulai bisa kontrol keinginan untuk pipis sebelum terlanjur ngompol dia sudah minta diantar ke potty. sudah 50-50 lah kesuksesannya.

hari keempat:
jumlah londrian mulai menyusut drastis karena ethan di hari keempat bener-bener mulai ngerti konsep pergi ke toilet sebelum terlanjur bocor dan bikin basah celana hehe.

lulus!

hari kelima:
ethan sudah bener-bener pake celana biasa dan ga pernah ngompol lagi. bahkan kalo malam hari meski masih kupakein popok sebelum tidur, dia bangun pagi tetep kering. tapi biasanya begitu bangun dia langsung minta ke toilet sih karena udah penuh hehe. seneng deh, anakku sudah besar sekarang, sudah ga perlu pake p*mpers lagi.

dan pas liburan udah selesai ethan harus balik lagi ke penitipan, kami berdua nganterin karena mau cerita heboh ke staff di sana tentang keberhasilan si ethan. tentu saja mereka seneng banget dan semangat ngajak ethan ke toilet ngingetin tiap jam supaya ethan ga lupa bilang karena keasyikan maen. karena staff udah biasa nanganin anak yang lagi potty training, mereka udah tau banget kudu ngapain, termasuk ngajak ke toilet, cuci tangan, ngeringin, dll.

dan di sana rupanya ethan malah ga mau pake potty khususnya yang dibawa dari rumah tapi lebih milih pake toilet biasa yang udah ditambahin lobang kecil buat anak-anak itu. pottynya kami bawa pulang deh buat di rumah aja. mungkin di penitipan dia malu ama temennya kali ya, potty kan buat anak kecil, aku kan dah gede, ciehhh....

just in case ada kejadian telat lari ke toilet, kami bawa baju ganti ekstra lebih banyak dari hari biasa. setelah balik ke penitipan seminggu, baju ekstra ini juga jarang kepake karena ethan bener-bener udah jago lari ke toilet sebelum pengin pipis, hihi.

semoga bermanfaat yah postingannya :-)

2 comments:

  1. ethan udah hebat euy.. ha emang awalnya berat kalo kt aku sih, tapi udahannya bikin tenang dan bahagia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih bu Tetty. biasa aja euy, itu juga termasuknya udah telat kok bu dibanding yang udah potty-training sejak 1 tahun-an *ada lhohhhh* hihi. iya, sekarang udah tenang dan bahagia emaknya, duit jatah popok bisa buat beli bedak haha

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...