Friday 13 November 2015

joki 3 in 1

waktu itu pas mudik tahun 2009...

meski aku lahir dan gede di jawa tengah, tapi tiap kali mudik aku lebih seringnya ke jadebotabek. alasan klasiknya ya karena semua saudara kandungku sekarang domisilinya di situ, jadi bagian dari kaum urbanisasi ke ibukota hehe. dua-tiga hari biasanya aku sempetin pulang kampung ke jawa sih sekalian nengok kampung, selebihnya ya aku muter-muter di jakarta dan sekitarnya saja.

untuk mempermudah urusan transportasi, pas mudik tahun 2009 yang lalu aku nyewa mobil. karena ga kuat bayar sewa lamborghini, ya aku nyewa honda jazz saja yang murahan dikit! mudik berikutnya tahun 2012 aku malah milih moda transportasi masal semacam taxi, omprengan, bis, kereta, dan minjem mobil kakak ipar hehe. suamiku sih nurut aja. bukan kapok bayar sewa mobilnya, tapi kapok sama macetnya jalanan jabodetabek aja! #ngeles


pas nyewa honda jazz waktu itu kan aku cuma nekat aja.

seumur-umur ga pernah nyetir di indonesia karna ga pernah mampu beli mobil, begitu bisa nyetir dan dapet sim di inggris, jadi nggaya gitu lah. pikirnya mah nyetir di mana-mana sama aja, apa susahnya.

nah, begitu kena macet di jakarta, kena aturan 3 in 1 di seputaran semanggi, dan kaca spion sempat nyenggol pohon gara-gara dipepet di jalanan sempit arah ke cinere (parah banget yah haha), aku jadi paham kalo lulusan sim inggris itu ga ada apa-apanya kalo belum lulus nyetir di jabodetabek.

kalo cuma kena macet mah kadang-kadang di inggris juga suka macet kok, ga beda jauh. ya bedanya paling di sini ga pake dempet-dempetan sama roda dua, gitu aja. trus di sini kalo macet ga ada yang berani nyerobot lewat jalur emergency. kamera di mana-mana bok! polisi nyemprit mah kaga ada, yang ada surat tilangnya tinggal dikirim ke alamat rumah aja kalo ketangkep kamera cuma tinggal lihat plat nomor aja semua data ketauan hehe.

kalo ga bayar sampe batas waktu yang ditentukan, tinggal kasih surat peringatan. tetep ga mau bayar, ya dipanggil pengadilan, sidang. ga dateng ke pengadilan? tinggal dijemput polisi. ngumpet ke luar inggris? dikejar james bond pasti ketemu! haha. susah lah ngelanggar aturan di negara maju tuh, pasti ketangkepnya jadi jangan coba-coba.

jadi yang pas nyetir di jakarta itu emang sempet deg-degan mulu.

terbiasa nyetir santai di inggris dengan aturan yang ketat dan rata-rata pengemudinya patuh meski ga ada polisi, lalu tiba-tiba nyetir di jakarta yang rata-rata pengemudinya cuma patuh kalo ada polisi doank haha, sempet keder juga lho. apalagi pas ga nyadar tiba-tiba ada aturan 3 in 1!

waktu itu ceritanya aku sama (calon) suami jalan-jalan ke semanggi. ga jelas juga ngapain waktu itu lah. muter-muter aja kayaknya. eh pas keluar dari sana ternyata udah kesorean. manalah aku tahu kalo jam-jam tertentu daerah sekitaran itu kena aturan 3 in 1. seumur-umur ga pernah bawa mobil di jakarta ini yang tiba-tiba sok-sokan nyetir di pusat kota. pas jam pulang kantor pula. bunuh diri ga sih, hihi.

pas keluar dari parkiran mall, pikiran kan bisa ya langsung masuk tol, eh ternyata ga bisa. tapi kudu muter dulu lewat jalan belakang mall sebelum masuk bundaran semanggi ke tol. untung waktu itu aku yang nyetir jadi suami ga kepanikan kudu gimana. karena tiba-tiba yang mobil-mobil di depanku pada nepi ke pinggir jalan trus kok orang-orang yang di pinggir jalan itu pada masuk ke mobil.

sesaat aku masih blank dan ga nyadar apa yang terjadi.

baru ngeh ketika orang-orang yang pada berdiri di pinggir jalan itu melambai-lambaikan tangannya dan bilang 3 in 1, 3 in 1! aku tersentak dan nyadar kalo di mobil cuma ada kami berdua, dan di depan ada palang peringatan gede kalo mobilku akan memasuki kawasan 3 in 1 yang berlaku setelah jam setengah 5 sore (kalo ga salah). aku lirik jam di dashboard, udah lewat jam 5! alamakkkkk.....

kami terjebak!

(calon) suamiku yang ga ngerti dan belum ngeh, tambah bingung ketika tiba-tiba aku menepi dan nyuruh seorang anak perempuan usia sekolah menengah untuk masuk ke mobil. pikiranku melesat-lesat secepat kilat dan dalam hitungan menit sudah ambil keputusan ngikutin apa yang mobil-mobil di depanku lakukan.

yup, aku udah ngambil joki 3 in 1!

tanpa direncana, tanpa dipikir panjang-panjang, dan tanpa bilang ke (calon) suami. gimana ada waktu buat mikir kalo sambil nyetir dan kendaraan melaju, aku kudu ambil keputusan cepat sebelum mobilku sampe ke pertigaan dan belok kiri ke arah tol semanggi kan. kalo ga buru-buru mutusin bisa kena klakson dari belakang haha. tau ndiri kejamnya lalu lintas jakarta kayak apa.

begitu pintu penumpang di tutup dan si cewek itu duduk manis di bangku belakang, aku jelasin ke suami cepet-cepet pake bahasa inggris, yang mana sempet bikin takjub penumpang baruku haha, kalo mobil kami kena aturan 3 in 1 dan aku barusan ambil joki kalo ga mau kena tilang!

(calon) suami tetep bingung, tapi aku cuekin dulu sementara haha...

begitu belok kiri, bener aja pak polisi udah siap-siap di depan dengan pentungannya yang bisa nyala itu lho, ngeberhentiin semua roda empat buat ngecek ada berapa penumpang di dalam mobil. sopan banget sih si pak polisinya. "selamat sore ibu, ada berapa orang di dalam bu?" sopan banget kan? hihi. aku bilang "ada tiga pak, kami berdua dan itu satu di belakang" jawabku dengan sopan pula. (calon) suami pasang senyum semanis-manisnya. si cewek di belakang yang aku belum sempet nanya namanya juga pasang senyum manis.

"terima kasih ibu, silahkan dilanjutkan perjalanannya. selamat sore" katanya ramah. aku langsung tancap gas!

di dalam, aku cepet-cepet nanya si cewek itu. "kamu kerja ginian udah lama?". dia jawab "iya ibu, untuk tambah-tambah biaya sekolah". "kamu kelas berapa?" tanyaku lagi. "dua smu bu" jawabnya sopan. ga berapa lama tiba-tiba kendaraan merayap pelan lagi mendekati pintu tol. aku tanya penumpang dadakanku lagi "kamu biasa diturunin di mana?". dia jawab cepet-cepet "biasa di pintu tol depan itu bu, sebelum bayar". "trus kamu biasa dibayar berapa?" haha, aku mah polos banget yah soal beginian. begitu ia menyebut sejumlah angka rupiah, aku minta (calon) suami ngasih sejumlah itu ke dia.

sambil bilang "terima kasih banyak, bu", dengan gesit si cewek smu tadi ngebuka pintu mobil dan meloncat keluar, menghilang di keremangan senja di pintu tol semanggi sore itu. mungkin ia akan berlari ke lokasi di mana ia kujemput tadi, mencari mobil lain yang bisa ia tumpangi, sebelum jeda waktu aturan 3 in 1 selesai tak lama lagi. rejekinya memang tergantung pada rentang waktu jam pulang kantor itu.

memasuki tol, kami berdua masih ga percaya dengan apa yang barusan terjadi.

keputusanku yang tiba-tiba karena terdesak keadaan, meski tindakan mengambil joki 3 in 1 itu boleh dikatakan 'curang' untuk ngakali peraturan, cukup membuat (calon) suamiku geleng-geleng kepala. gila yah negerimu! hahaha....

perbincangan selanjutnya ngebahas tentang persoalan kemiskinan, kebutuhan hidup yang selangit di ibukota yang memicu munculnya segala macam dan rupa joki-joki di hampir tiap kesempatan untuk ngakali aturan, bukan hal yang aneh lagi.

meski bagi (calon) suami hal itu sangat aneh karena kejadian yang barusan aku ceritakan ga mungkin terjadi di inggris, tindakanku yang dengan luwesnya ikut-ikutan pengendara lain dengan memanfaatkan jasa joki untuk menghindari kena tilang meski belum pernah pengalaman sama sekali, adalah tindakan yang sangat 'indonesia'.

belajar dari pengalaman ini, lain waktu kalo aku mudik lagi dan harus bawa mobil, aku akan pastikan kalo aku ga akan masuk wilayah 3 in 1 kalo penumpangku kurang dari tiga orang. mending nunggu waktu penerapan aturan 3 in 1 selesai dulu, atau mending ajak seluruh keluarga ke mall jadi mobil penuh.

karena biarpun ada yang bilang kalo ngambil joki 3 in 1 pinggir jalan itu ngasih pendapatan juga ke mereka, menurutku itu tetep salah. harusnya aturan 3 in 1 ga disalahgunakan seperti itu, karena tujuan penerapan aturan itu jadi ga tercapai kan. yang tadinya maksudnya agar para pegawai di kawasan itu ga nyetir mobil sendiri-sendiri tapi barengan temen biar ngurangi macet, jadi ga kesampean kalo pake joki.

aku juga salah waktu itu harusnya kalo udah kejebak ya kena tilang aja. suweknya, aturan tilang juga ga jelas sih. apa bayar ke polisinya trus dikantongin? atau repot ke pengadilan baru bayar, atau gimana? kalo di inggris duit tilang pasti masuk kas negara karena bayarnya online, tapi kena tilang di jakarta tahun 2009 pas gubernurnya masih siapa tuh ya, duit tilangku masuk kas siapa?

ya mending aku kasih ke si joki!

6 comments:

  1. takjub sama tekadnya untuk tetep patuh . saya selama di jakarta nggak pernah berani nyetir, ngeriiiiiii wkwkw paling naek busway atau dianterin. yah begitulah kejamnya jakarta, ngalah-ngalahin kejamnya ibu tiri yang di sinetron wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kan katanya kudu dimulai dari diri sendiri Tadz haha. Emang Jakarta kejam, mau disopirin jg mati bosen lho kena macet lol

      Delete
  2. Seperti berbohong ya mba... ya gak seperti sih tapi sudah... untung di Sidoarjo gak ada jalur 3 in 1 jd gak bingung klo cm berdua, tp pelanggaran peraturan sptnya sdh jamak terjadi bila tdk ada petugas, sekalinya ada petugas dibaik2in deh perilakunya... uhh jd bingung jg sm masyarakat kita. Masih banyak yg sadar hukum.. pemerintah jg mungkin gak kasih contoh yg baik... nah loh kena semua kan.... *tepok jidat

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua mua sukanya berjamaah ya mak. melanggar lalin, jamaah, korupsi juga jamaah hihi... hukum kalo ditegakkannya setengah setengah ya gitu, pilih kasih kalo anak pejabat teras ngelanggar hukumannya ringan, doh...*tepok jidat juga deh* :-D

      Delete
  3. hihihi kebayang (calon) suami mba amazed bgt dgn kelakuan 'kita2' di indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya dulu pas masih calon suka terbengong bengong, sekarang udah jadi suami jadi lebih sering maklum ngeliat kelakuan kita orang indonesia hihi

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...